Surat Pembaca

Penipuan dengan Mengatasnamakan Shopee

Saya pemilik akun “ninu100411” dan pengguna setia Shopee. Awalnya pada tanggal 6 Agustus 2021 pukul 19,30 WIB, saya mendapat telepon dari orang yang mengaku dari pihak Shopee, dengan memakai nomor +1(984)262-5253. Katanya saya mendapatkan cashback sebesar 2 juta rupiah. Saya disuruh buka akun Shopee di menu postingan, di situ tertera saya mendapatkan cashback 2 juta rupiah yang membuat saya percaya bahwa itu benar dari Shopee.

Lalu dia menyebutkan nama dan alamat saya dan menanyakan untuk cashback tersebut mau dimasukkan ke saldo Shopee Pay atau rekening bank. Saya bilang masukkan ke rekening saja. Berbarengan dengan saya masih menerima telepon lalu masuk pesan whatsapp Shopee OTP yang di dalamnya ada kode OTP untuk mengaktifkan SPinjam.

Lalu si penelepon meminta kode OTP berikut nomor kartu ATM dan dia memberitahukan SPinjam sudah aktif dan diajukan sebesar 6 juta. Di situ saya baru sadar kalau akun saya sudah dibobol oleh penipu. Saya langsung berusaha telepon call center Shopee berulang-ulang ke nomor 1500702, tapi yang jawab mesin. Lalu saya cek m-Banking BCA dan ternyata m-Banking saya sudah tidak bisa dibuka dengan kode 205.

Kemudian saya telepon call center BCA untuk blokir rekening. Namun saya terlambat, penipu sudah melakukan transfer ke aplikasi DANA dengan nomor 081212372082 sebesar Rp2.700.000, ke nomor 081774853869 sebesar Rp4.500.000 dan yang terakhir ke nomor 0895320147883 sebesar Rp1.550.000. Total kerugian saya Rp8.700.000 (saldo di BCA Rp2.700.000 dan dari SPinjam sebesar Rp6 juta). Saya selama ini tidak mengetahui dan tidak diberitahu kalau akun saya diberikan limit pinjaman oleh Shopee.

Saya sudah membuat laporan polisi pada tanggal 9 Agustus 2021 dan saya juga sudah lapor ke Shopee via email dan sudah dihubungi oleh CSShopee Indonesia (Sdri. Alana dan Sdri. Jane). Namun sampai saat ini saya belum mendapatkan solusinya.

Untuk itu melalui surat ini saya ingin mencari solusi dari pihak Shopee Indonesia untuk penghapusan beban tagihan SPinjam, karena dana tersebut masuk ke si penipu. Saya tidak pernah punya pinjaman di manapun, karena saya di sini hanya KORBAN dan lewat aplikasi Shopee ini saya kena penipuan.

Mohon kiranya bantuan dari pihak Shopee atas kerugian yang saya tanggung. Saya benar-benar tidak akan mampu untuk membayar tagihan SPinjam jika dibebankan ke saya. Saya juga mohon bantuan dari redaksi Media konsumen untuk membantu menyampaikan kepada pihak Shopee agar segera mendapatkan solusi terbaik untuk saya. Dokumen terlampir surat laporan polisi dan mutasi dari bank BCA.

Sekian dan terima kasih.

Ninu
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya kira satu2nya peluang untuk mendapatkan keringanan itu dari cara sistem shopee mengaktifkan sopee pinjam. Kesalahan korban memang fatal dgn memberikan kode otp, tp untuk mengaktifkan spinjam itu harus verifikasi ulang ktp & selfie dgn ktp. Ibu inikan bilang ga tahu soal spinjam, lha kok anehnya tiba2 bisa aktif tanpa 2 hal tsb? Apa sebetulnya hal tsb juga sudah dilakukan dgn arahan si penipu ? Tp klw tidak, mungkin hal tsb bisa diperjuangkan setidaknya. Sebaliknya klw iya, ya wasalam kayaknya

  • Kejadian seperti ini sudah sering terjadi dan terus terjadi. Hal hal yg berhubungan dengan 'mendapatkan sesuatu' emang kadang menyilaukan sehingga mematikan nalar dan logika. Semoga jadi pelajaran buat yg lain agar lebih berhati-hati.

    • Apa boleh buat, masih banyak masyarakat yang tergiur dengan hadiah, sehingga logika berpikir menjadi tumpul dan hadiah yang ditunggu tidak pernah muncul, karena percaya pada tukang ngibul.

  • Turut prihatin atas masalah yang terjadi...
    Setahu saya, shopee tidak punya ni wa...
    Sudah pasti indikasi penipuan...

  • Cashback itu di dunia ecommerce udah pasti kita harus masukin kode voucher/vouchernya sendiri, dan cashback bakal masuk kalau transaksi kita sudah selesai. Kalau ga merasa beli apa2 ya ga mungkin dapet cashback dong, atau klo ga merasa memasukan kode voucher/voucher cashback ya ga bakal dapet cashback juga
    Kalaupun ga memasukan kode/voucher kaya pembayaran gopay, pasti ada kuotanya

  • Dari awal Anda buat akun di shopee pasti ada peringatan bahwa “jangan memberi kode OTP kepada siapapun”. Peringatan itu juga selalu muncul ketika anda sebagai pemilik akun mengirimkan kode OTP via SMS untuk verifikasi ke nomor telfon yang terdaftar.

    Lain kali silahkan dipahami pemberitahuan tsb dan lebih berhati-hati juga lebih bijak.

  • Harusnya sering-sering mampir di Media Konsumen (MK) ini, karena kasus yang sama dengan Anda banyak terjadi disini. Seandainya Anda sering baca MK, dijamin Anda gak akan tergiur iming-iming cashback dari penipu.

    Anda tertipu karena Anda tergiur uang 2 juta, padahal itu hanyalah pancingan supaya Anda memberikan OTP shopee dan nomor kartu ATM beserta SMS verifikasi dari bank. Sejatinya uang anda masih bisa selamat jika Anda tidak memberikan data bank kepada penipu. Jadi, Anda kena tipu 2x, shopee dan bank.

    Karena kesalahan Anda sendiri, jadikan sebagai pelajaran yang berharga, agar dimasa depan tidak mudah termakan rayuan dan iming-iming. Pingin dapat uang cashback malah uang sendiri lenyap. Itu namanya, Anda terlalu canggih!

  • Kenapa gak tlfon CS resmi pas tau dapat hadiah?? Kenapa gak di cek keasliannya dlu?? Jawabannya ya karena pikiran udah tertutup dlu begitu dengar dapat hadiah..
    Sudah berulang kali di beritahukan jngan kasih tau OTP kesiapapun bahkan ke CS shopee, kalo udah gini ya resiko ditanggung anda sendiri.. Anda yg salah karena mudah tergiur dengan iming2 hadiah..

  • Secara sah, sadar dan tanpa keraguan memberikan kode otp akses satu satunya kepada pihak lain secara legal.

  • Turut prihatin dengan kejadian yang dialami. Menjadi pelajaran penting untuk tidak memberi kode OTP kepada siapapun. Semoga ada jalan keluar yang terbaik.