Surat Pembaca

Barang Rusak Saat Pengiriman Ninja Xpress, Pengembalian Dana Penjual di Bukalapak Hanya Setengahnya

Saya adalah seller di Bukalapak, dengan nama toko: Shaka Lim Auto Part. Pada tanggal 23 Agustus 2021 pukul 11.40 WIB ada pesanan masuk. Nomor transaksi: 213175694012, menggunakan ekspedisi kurir Ninja Xpress dengan nomor resi: BLAPK213175694012.

Namun ternyata paket tidak berjalan. Saya menanyakan ke CS Ninja Xpress , ternyata paket dinyatakan rusak, pembeli juga ada komplain. Pihak Ninja Xpress mengalihkan ke Bukalapak untuk klaim pencairan dana penjual, sedangkan dana pembeli sudah dikembalikan.

Dana saya sebagai penjual yang senilai Rp1.930.000, hanya cair Rp1.000.000 pada tanggal 31 Agustus 2021 pukul 19.11 WIB. Saya sudah komplain juga ke CS Bukalapak, tapi dinyatakan tidak menggunakan asuransi.

Saya di sini sebagai seller, kalau asuransi itu tergantung pembeli. Saya merasa dirugikan oleh pihak Bukalapak. Dana saya kepotong hampir setengahnya, dengan nominal yang lumayan. Semoga Bukalapak dapat membaca surat ini dan menindaklanjutinya.

Muhammad Hamzah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Muhammad Hamzah

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada kami melalui kanal Media Konsumen. Bersama surat ini kami informasikan bahwa...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Tolong dibantu untuk Tim Bukalapak, Saya merasa dirugikan disini. Saya sebagai penjual, kesalahan barang rusak bukan dr Penjual

    • Kembalikan Hak saya, Saya tidak akan ikhlas dengan hak saya ditahan. Apabila pihak ninja tidak sanggup menggantinya, kembalikan barang saya. Pihak ninja mengirim email ke saya kalau ini kebijakan dr Bukalapak. Diharapkan tim Bukalapak dapat berkoordinasi dengan pihak ninja akan hal ini. Saya dirugikan disini.

  • tolong team buka lapak ,jangan bikin kapok untuk kesekian kali nya karna juga pernah rugi kaya gini

  • sesuai prosedur sih bukalapak menjalankannya, barang yang ada kendala tanpa asuransi diganti 10X ongkir, kalo asuransi sepenuhnya

    • Seharusnya yg diganti setengahnya pembeli yg tidak menggunakan asuransi saat pembelian. Ini malah pembeli tidak menggunakan asuransi dikembalikan full. Sedangkan saya penjual hanya setengahnya, padahal saya minta kembali brg saja walaupun rusak.

  • Ini juga ada andil salahmu sebagai penjual. Udah tau barang mahal kenapa opsi wajib asuransinya gak dicentang? Abaikan pembeli yang gamau pakai asuransi tuk beli barang mahal.

    Kalau sesuai SOP, emang begitu prosedurnya, barang yang gak diasuransikan ya cuma diganti senilai 10x ongkir. Jadikan pelajaran aja. Sekarang aktifkan opsi wajib asuransinya ya biar gak terulang.

      • Nih ketentuan kurir Ninja Xpress di Bukalapak kalau barang gak ada asuransi

        "Apabila pengiriman tidak menggunakan asuransi, maka Ninja Xpress menanggung biaya penggantian sebesar 10 (Sepuluh) kali dari ongkos kirim atau maksimal Rp1.000.000,00 (Satu juta rupiah), tergantung dari ongkos kirim yang telah dibayarkan. Contoh: Jika ongkos kirim sebesar Rp10.000,00 (Sepuluh ribu rupiah) maka biaya penggantiannya adalah Rp100.000,00 (Seratus ribu rupiah), bukan Rp1.000.000,00 (Satu juta rupiah)."

        Jadi udah benar diganti maksimal 1 juta rupiah, sisanya buat pelajaran anda supaya aktifkan opsi wajib asuransi di produk anda sendiri. Pembeli gak salah terima duitnya balik karena barang belum sampai di tangannya. Disini anda yang ceroboh, jualan barang mahal tapi asuransi gak diaktifkan.

        • Yg jadi permasalahan ini barang dibanting aja ngak akan rusak, dan brg minta dikembalikan walaupun rusak tidak bisa oleh pihak ninja. Jangankan dibanting, dilindes mobil aja ini barang ga akan rusak. Karena berbentuk besi, dan herannya dinyatakan rusak. Sedangkan foto bukti dr ninja ngak jelas gambarnya.

  • harusnya yg pergantian x10 ongkos kirim itu ke buyer bukan ke seller sebagai resiko kalau ga pake asuransi

    • Seharusnya begitu om, ini malah terbalik. Pembeli yg memesan brg tanpa asuransi malah kembali full.

    • Shopee saya ada juga om, sementara Bukalapak saya off kan sampai mslh ini selesai. Buat apa dagang klu rugi om. Mudah2an pihak Bukalapak bisa menyelesaikan mslh ini.

  • Tidak ada perkembangan dr Bukalapak dan Ninja. Masing2 saling melempar, Bukalapak melempar ke ninja klu ini Kebijakannya, begitu juga sebaliknya. Buat seller & pengguna Bukalapak dan ekspedisi Ninja harap hati2 menggunakan Bukalapak & Ninja.