Surat Pembaca

Salah Transfer Rekening Virtual Account Aplikasi Pluang Mengalami Jalan Buntu

Kelanjutan dari Surat MediaKonsumen “Salah Transfer ke Rekening Virtual Account Pluang” yang dimuat pada 24 Juni 2021 sampai saat ini masih mengalami jalan buntu.

Ringkasan kejadian adalah sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 22 Mei 2021 14:26:30, melalui ATM BCA, saya melakukan salah transfer Rp3.000.000 ke Virtual Account Pluang Bank Permata 8623068200316890. Nomor rekening yang benar adalah Virtual Account Pluang Bank Permata 8623068200316809 (nomor account belakang yang salah 90. Yang benar 09).
  2. Dikutip dari suara.com (2 Maret 2021) “Aturan penerima salah transfer tertulis dalam pasal 85 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana. Dijelaskan bahwa ternyata pihak yang menerima uang tidak dibenarkan untuk menguasai dan menggunakan dana tersebut untuk kepentingan pribadi.
  3. HaloBCA dan Bank Permata telah membantu mediasi ke pihak Pluang.

Status saat ini:

  1. Pihak Pluang belum berhasil menghubungi rekening penerima dana; Akan menghubungi saya apabila penerima dana telah memberikan tanggapan (Email 14 Juli 2021).
  2. Rekening penerima dana telah di-nonaktifkan oleh Pluang (Email: 22 Juli 2021).

Kejadian salah transfer seperti ini tentunya dapat terjadi kepada siapa saja terutama di era digital. Untungnya dana salah transfer ini bukan jumlah yang sangat besar (misalnya milyaran rupiah).

Sejak kasus laporan ditutup oleh Pluang per tanggal 22 Juli 2021, Pluang tidak lagi aktif memberikan update melalui email. Sampai saat ini Pluang belum memberikan follow up kabar secara aktif; Hanya menjawab email cepat melalui template dan isi yang sama (22 Juli 2021, 19 Agustus 2021, 1 September 2021).

Bagaimanakah kebijakan proses Pluang dalam menangani kejadian nasabah salah transfer ke rekening Pluang Virtual Account Bank Permata? Apakah mungkin dari pihak HaloBCA / Bank Permata / OJK dapat membantu?

Terima kasih.

Po Arief Poernomo
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Korban apa ya maksudnya? Yg nulis ini bulan korban tp murni kesalahan sendiri kok. Dan yg dilakukan pluang sudah benar, hanya bisa bantu smp disitu, mereka tdk punya wewenang ambil uang yg salah transfer kemudian dikembalikan ke pemilik aslinya.

      • Terimakasih Pluang atas updatenya melalui telpon dan email dan atas kesediaanya untuk menghubungi penerima dana beberapa kali sesuai dengan prosedur perusahaan dan kesediaan updatenya secara berkala.

        Dikarenakan rekening penerima dana tidak aktif digunakan, maka saya pentransfer dana hanya dapat menunggu sampai penerima dana memberikan response terkait kesalahan transfer tersebut. Dana Rp. 3.000.000 masih berada di rekening penerima dana dan tidak digunakan.