Surat Pembaca

Enak Sekali Shopee “Menggratiskan” Barang Toko Saya ke Pembeli dengan Bukti Klaim Seadanya

Pada tanggal 31 Agustus 2021, toko kami menerima komplain pembelian produk termometer yang diklaim tidak berfungsi. Nomor pengajuan: 210831213709994. Bukti yang dilampirkan oleh buyer hanyalah foto termometer yang tidak menunjukkan suhu yang tepat.

Komplain tersebut sudah kami sanggah dengan bukti foto packing dan keterangan di resi yang jelas tercantum, komplain harus disertai video unboxing.

Dirasa bukti pembeli kurang kuat, SHOPEE MEMINTA BUYER MENGIRIMKAN BUKTI TAMBAHAN. Dimana bukti tambahan ini juga berupa foto produk yang sama hanya difoto ulang saja. Tidak menampilkan kemasan kami, tidak menampilkan resi kami, tidak ada video unboxing, tidak bisa dibuktikan bahwa barang tersebut benar adalah barang yang dibeli dari toko kami. Mengingat produk tersebut dijual umum oleh banyak toko toko lainnya, juga tidak menampilkan penggunaan produk yang benar (dipakai untuk mengukur suhu tubuh).

Kami juga telah mencoba chat dengan buyer untuk mengajarkan pemakaian termometer yang benar. Namun tidak ada tanggapan dari buyer.

Sedangkan bukti dari toko kami menampilkan resi yang sesuai, juga sudah mencantumkan keterangan video unboxing, tapi TIDAK DIANGGAP SAMA SEKALI oleh Shopee. Kami juga memiliki bukti video packing yang kami siapkan untuk bukti tambahan.

NAMUN SHOPEE MENGUBAH KETENTUAN PUSRESNYA DAN MENGHILANGKAN STEP DIMANA PENJUAL DIMINTA BUKTI TAMBAHAN.

Di sini letak ketidakadilan Shopee, kalau bukti dari buyer kurang kuat, buyer diminta bukti tambahan. Kalau bukti dari seller dianggap kurang kuat, dana langsung dilepaskan ke pembeli. WOW sangat memihak pembeli bukan??

Enak sekali jadi buyer di Shopee, sampai kami juga berpikir mau loh beli barang yang umum dijual ke 10 toko berbeda, rusakin aja satu lalu klaim tidak berfungsi ke 10 toko tadi, dapat deh barang GRATIS dengan cara yang SANGAT MUDAH. Enaaakkk sekali, tidak diminta bukti resi, tidak diminta bukti unboxing, cukup foto abal-abal seperti yang kami cantumkan di bagian bukti.

Semoga para seller Shopee yang membaca surat ini mengetahui sekarang, kalau PERCUMA Anda semua menyiapkan FOTO PACKING, VIDEO PACKING, dan mencantumkan keterangan MINTA VIDEO UNBOXING di paket. Sama saja TIDAK DIANGAAP oleh TIM DEWA MAHA BENAR PUSRES SHOPEE.

Semoga buyer Shopee yang membaca surat ini mendapatkan manfaat menemukan trik baru dalam mendapatkan barang secara gratis dan mudah melalui metode klaim Shopee. Dan semoga Shopee bisa membaca bagaimana tidak beresnya kerja Tim Pusres-nya dalam memutuskan suatu masalah.

Lucy Rahayu
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hampir mirip dgn saya, namun saya jual produk non fisik, dimana kebijakan shopee sangat2 tidak adil! Bagaimana tidak, perubahan status pesanan dilakukan secara manual dgn mengandalkan bukti chat dgn pembeli. Sangat riskan sekali bukan? Hal ini lah yg dimanfaatkan oleh buyer2 nakal. Dan kerugian yg saya alami lumayan besar bagi saya ??

  • Aku jg pernah nih, jadi jual lampu tumbrl judulnya sudah 50 lamps . Tp pembeli protes dan minta uang dikembalikan krn dia kira 100 lamps . Kemudian tanpa aba aba yg jelas konsumen tersebut digratiskan . Tanpa ada suruhan mengembalikan lampunya . Alhasil saya merugi dan marah . Lalu hanya bisa mengikhlaskan .

  • Saya juga mengalami hal yg sama persis. Kita ada cctv packing barang dan tes barang, buyer boro-boro punya unboxing, cuma modal foto barang rusak, kemudian diminta bukti tambahan malah foto kardus nya. Dah itu aja, langsung approve. Parah. Bukti cctv kami ga di lihat.

    Ga mikir apah, kita sekali ketemu buyer nakal begini, nutup rugi nya harus jual berkali-kali lagi

  • Pada akhirnya ane pindah ke toko ijo.
    Banyak drama di oren meski toko ijo kadang ada yg usil tp ga sebanyak oren..

  • Parah sih skrng shopee, aku jg pernah malah pengajuan pengembalian dana tanpa retur, dan di ACC begitu aja sama adminnya tanpa persetujuan seller, admin di komplain jawabannya jg kyk amatir, cuma ngulang2 kalimat yg sama

  • Saya rasa itu wajar angkanya 90 an karna satuan nya Fahrenheit, lihat tanda F di sisi angkanya. Kalau dijadikan Celcius (C) maka sekitar 36 c. Suhu tubuh normal kan segituan

    Jadi barangnya normal beefungsi. Harusnya seller ajarkan cara menghanti Fahrenheit ke celcius di alat tersebut

  • Kadang2 penjual juga kurang ajar, beli baterai hp yang dikirim baterai bunting alias baterai bekas. Kapok beli barang via online

  • Sepertinya produk yang dikirim tidak rusak. Hanya baik pembeli, penjual, dan pusat resolusi sama2 kurang paham produk yang terjual. Termometer digital umumnya bisa disetting suhu celsius (C) atau fahrenheit (F). Pada foto yang dikirim pembeli termometer menunjukkan suhu 96,7 F artinya sekitar 35,9 C. Jadi tinggal baca petunjuknya dan ubah satuan dari F ke C..kalau pada paham produknya, pasti beres

    • wah mata kk tajam sekali, kami tidak bisa mengenali tanda F di foto buyer yg burek itu. Kami sudah berinisiatif chat untuk dikirimkan video pemakaiannya yg lebih jelas namun buyer tidak membalas chat. Ya ngapain juga repot2 panjang lebar chat dengan seller, duitnya udah dikembalikan sama shopee. Mayan dah dapat termo gratisan