Surat Pembaca

Merasa Dibohongi oleh Bank BRI, Terkait Perubahan Aturan Iuran Tahunan Kartu Kredit Secara Sepihak

Pada bulan ini, saya ditagih iuran tahunan Kartu Kredit BRI sebesar Rp600.000. Dimana pada tahun lalu diinfokan bahwa: Jika ada iuran tahunan tahun depan (2021), maka bisa diajukan penghapusan, yang penting ada pemakaian kartu.

Namun saat saya telepon customer service BRI, untuk tahun ini dan kedepannya tidak ada penghapusan iuran. Kalaupun mau dihapuskan, harus melakukan pembelanjaan sebesar Rp13.000.000. Menurut informasi CS, terms and conditions (syarat dan ketentuan) bisa diubah sepihak oleh pihak bank, sesuai maunya mereka. Per bulan April 2021, secara sepihak Bank BRI memberlakukan aturan baru dan mengharuskan pemilik kartu kredit membayar iuran atau harus berbelanja Rp13.000.000.

Menurut para pembaca, bukankah ini sangat berbahaya bagi para pengguna kartu kredit? Dimana pihak bank tersebut bisa mengubah semua syarat ketentuan berlaku. Artinya pembebanan biaya, bunga serta aturan angsuran bisa diubah semau mereka.

Saya tunggu itikad baik BRI untuk penghapusan biaya tahunannya. Kalau begini caranya, sangat berbahaya dan ancaman buat saya sebagai pengguna kartu kredit.

Dicky Heryanto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hai Sobat BRI, terima kasih atas informasi yang diberikan. Kami sudah menerima laporan dan kami tindaklanjuti. (1)

    • Saya udah by call ke csnya dan saya hanya dj beri opsi BAYAR ATAU BELANJA RP 13.000.000!!

      Kacau!!!

    • Saya juga punya KK BRI, memang bank ini paling inovatif dalam hal mencari income dari nasabah. Ubah aturan iuran untuk Jenis kartu yang sebelumnya gratis, biaya sms notifikasi, biaya macem2 mirip2 lah dengan bank mega. Pokoknya top banget untuk BRI

  • Bukan hanya BRI saja, bank lainnya juga seperti itu. Sales Marketing selalu berbicara manis mengatakan tidak ada biaya tahunan tanpa menjelaskan syarat untuk mendapatkannya. Yang penting target mereka tercapai.

    • Tapi bri paling parah, ganti aturan suka2 ga ada pemberitahuan ke konsumen, di paksa bayar iuran pdhl bank dulu pakai bni ga parah kaya gini

  • Saya punya CC CIMB Niaga Master Gold, sudah hampir 11th. Alhamdulillah gratis iuran tahunan seumur hidup.

    Jadi satu-satunya CC yg dipertahankan sampai sekarang.

    • Citibank juga gratis fee tahunan tanpa syarat apapun. Kalau muncul tagihan fee, tinggal telepon saja ke CS nya untuk minta dihapuskan. Mereka mau kok. Mungkin daripada ditutup CC nya mending digratiskan saja fee tahunan nya.

      • Betul, Citibank memang salah satu kartu kredit yang gampang minta free annual fee. Selama ini saya selalu minta penghapusan iuran tahunan ke Citibank dan selalu disetujui tanpa drama sama sekali.

  • **...maka bisa diajukan penghapusan, yang penting ada pemakaian kartu***
    ==>> Karena diajukan, jadi bisa disetujui dan juga bisa tidak.

    **Menurut informasi CS, terms and conditions (syarat dan ketentuan) bisa diubah sepihak oleh pihak bank, sesuai maunya mereka**
    ==>> Benar itu. Ada kan pernyataan tsb di aplikasi kartu kredit dan dibuku yang datang bersama-an dengan kartu kreditnya. Yah kalau tidak setuju dengan ini dari awalnya, jangan apply mestinya.

    **Menurut para pembaca, bukankah ini sangat berbahaya bagi para pengguna kartu kredit? Dimana pihak bank tersebut bisa mengubah semua syarat ketentuan berlaku. Artinya pembebanan biaya, bunga serta aturan angsuran bisa diubah semau mereka**
    ==>> Balik lagi dibaca S&K-nya Pak.

    Kalau menurut saya, dari pada ribet mendingan tutup saja KK-nya tapi sepertinya mesti bayar Iuran tahunan dulu deh sebelum tutup.

    • Masalahnya dulu pas penghapusan tahun lalu kita dalam kondisi ga di paksa membayar ada alternatif yg masih rasional, karena tahun lalu mau saya tutup tapi karena di bujuk csnya via telepon untuk iuran bisa di bantu hapuskan ya saya tetep pakai..
      Perubahan sepihak tidak pantas di lakukan jika berhubungan dgn uang, apalagi ada janji2 palsu dulu yg pernah di berikan csnya via telepon, saya dulu pakai kartu kredit bni, dan bca tidak separah ini,.
      Kalau tau ngehapus iuran harus belanja Rp 13.000.000 dalam satu waktu mendingan taun lalu di tutup aja

  • Penghapusan iuran tahunan itu sifatnya pengajuan, jadi tidak bisa langsung disetujui walaupun customer service sebelumnya menyatakan bisa dihapus. Itu sepenuhnya kebijakan dan keputusan bank. Customer tidak bisa menuntut iuran tahunannya harus bisa dihapus.

    Saya punya banyak kartu kredit dari berbagai bank. Ada yang iuran tahunannya bisa dihapus, ada yang tidak. BRI memang salah satu kartu kredit yang iuran tahunannya sulit dihapus jika jarang dipakai. Solusi satu-satunya minta penghapusan dan ancam tutup. Jika memang kartunya jarang dipakai, ya minta tutup beneran aja.

    • Iya itu pak syarat bisa di hapuskan harus belanja dulu Rp 13.000.000 dalam satu waktu atau harus bayar, saya minta tutup tidak bisa karena harus bayar dulu iuran, kl tau kacau gini udah dari tahun lalu di tutup, kena bujuk rayu kibul2 cs via telepon sayanya katanya tahun depan akan sama seperti saat tahun lalu..pemakaian cc saya hanya saat case by case

  • Solusinya ditutup ajaa.. Meskipun ternyata konsekuensinya harus bayar biaya tahunan dl.... Jgn terlalu percaya promo ataupun penawaran marketing.. Aktualnya susah. Mending kalo gk butuh gk usah apply

  • Bank ini mmg aneh biaya e billing d kenakan !! 5 rb pdhal e billing lewat email,..ini bank terlalu, mengambil keuntungan,bank mega ada biaya e billing tpi tidak ada biaya notif msih mending,.ini bank BRI ada biaya billing,5 rb d tmbh biaya notif 5rb blum lgi materai 10rb bank negara yg bnyk untung ya..bank ini sma dgn BNI,pbayaran tranfer d kenakan biaya 5 rb,pdhl kita yg tranfer sdh kena 6500 msih d tmbhan kan 5 rb krena pembayaran via transfer,.BUMN kok parah,banget ni

  • Hey..
    Hari ini saya baru ajukan hapus annual fee dan ketentuan dari BRI memang seperti itu.
    TAPI... utk trx 13 jt dlm satu waktu seperti dibilang beliau diatas, perlu saya luruskan bahwa diberikan jangka waktu 3 bulan utk trx dg nominal tsb.
    So.. Simpel banget tinggal gesbray.. duit masuk. bayar pemakain dam annual fee dihapuskan.
    saya mah simpel saja Boss.. hehehhe

    • Kl ga butuh ngapain belanja, maksa bener kaya rentenir lintah darat tuh bank ?
      Taun lalu gak gt, karena aturan mereka berubah sepihak dan dulu csnya ngibulin saya

      Simple2 aja sih bang, apalagi kl gw belanja tapi yg bayarin lu ?