Surat Pembaca

Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Sudah Dibayar Lunas, Tapi Kontak Masih Diteror

Saya menunggak pembayaran tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater selama 2 bulan. Lalu saya tanya ke DC-nya berapa tagihan saya (untuk saya bayar lunas semua) ternyata dapat keringanan. Akhirnya pada tanggal 1 September 2021 saya bayar, dan akan tertera lunas di aplikasi dengan menunggu maksimal 7 hari kerja (berarti tanggal 8/9 September 2021).

Akan tetapi, pada hari Minggu serta tanggal 12 dan 13 September 2021, DC Shopee menelepon kontak saya yang bukan kontak darurat, untuk mencari saya mengenai tunggakan saya. Saya kan udah bayar sampai lunas ya? Kenapa begini?

Kalau memang keterangan lunas di aplikasi membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dari maksimal 7 hari, kan bisa data saya di-hold dulu agar tidak terjadi penagihan lagi. Masa sekelas Shopee begini sih? Mana saya lapor ke Shopee, masih disuruh menunggu 5 hari.

Inayatul Aliyah
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Aku rasa ada yang salah dengan orang ini , harusnya dia bayar luna di aplikasi shopee bukan transfer virtual account , jangan2 dia sudah kena tipu
      Agak2 kurang pintar sih jd orang

    • Dari bukti trx aja udah keliatan kena tipu, klo bayar spaylater atau spinjam pke VA BCA itu formatnya ga gt. Masa dibukti trx 123+nomor ponsel. Itu mah top up shopeepay

    • Yakin itu dari shopee, pembayaran nya kemana? Biasanya kalau bayar langsung ke aplikasi langsung diproses, gak menunggu, paling lama 1 x 24 jam.

      • Seandainya ibu ini tertipu. Pihak shopee tetap harus punya tanggung jawab. Karena tidak dapat melindungi privacy dan data konsumennya.

  • Ngutang Lewat Aplikasi tapi bayarnya Lewat DC. Sudah tahu duit susah di cari tapi tidak hati hati dan tidak teliti.

    Ketiban Rugi berlipat ini mah.

    • MAAF YA, ITU BAYAR LEWAT APLIKASI KALI. TERUS GUNANYA APA DC KLO GA MENAGIH? YA KALI DARI CENTER SHOPEE NYA LANGSUNG YANG NAGIH.

      • Anda itu bayarnya cuma Ngikutin arahan DC, bukan bayar ngikutin arahan Aplikasi di hp Lu kan.

        Itu Nomor VA dikirim oleh DC bukan dari Aplikasi yang Lu punya.

        Sudah jelas anda tertipu, kalo baru nunggak 2 bulan tidak mungkin ada potongan cicilan. Itu juga penagihnya masih pihak pertama belum ada penagihan lapangan.

        Kalo nyatanya anda sudah 2 Tahun menunggak, dan sudah sering ada DC yang kerumah, itu biasanya baru ada Nego Nego karena tagihan sudah di limpahkan ke Pihak Ketiga.

        • udah ngotot salah lagi, jelas2 VA ambilnya dari aplikasi.
          mau pihak kedua atau ketiga kek, yg pasti itukan resmi dari Shopee. klo misalkan dia kasih saya keringanan tipu2 berati dia bohongin saya dong? apa masih dibenarkan hal begitu?
          lagian saya sebelum bayar minta tagihan terupdate kok, dan yg dikasih ya nilai itu.

          terus klo dari dianya yg ngasih nilai salah saya gitu? terus kalo dia ngasih keringanan hanya untuk supaya saya bayar apa hal itu MASIH ANDA BENARKAN?
          lain kali kalo komen lebih mikir lagi ya hahahha

          • Coba anda lihat screenshot foto yang pertama, dibagian paling bawah,

            “ Untuk cara pembayarannya bisa dilakukan sebagai berikut : “

            Itu arahan DC, bukan Arahan aplikasi yang Lu Punya.

            Itu Penipuan.

            Kalo asli itu kayak gini ya :

            DC nyebutin keringanan bayar dan anda setujui. Anda di suruh menunggu sampai 7 hari agar tagihan di Aplikasi Berubah. Ketika sudah 7 hari, Tagihan di Aplikasi berubah menjadi lebih ringan.

            Kemudian Baru Deh anda membayar sesuai Nominal di Aplikasi itu. Ini baru Asli.

          • Saya juga pelanggan shopee sering juga telat setau saya kalau bayar di aplikasi ambil VA dari aplikasi cuma bbrp menit langsung berubah status nya, berubah "selamat pembayaran anda berhasial, gak sampai tggu 7 hari tuh..
            Apalagi sampai di tagih2 lagi..

          • itu ketipu , lu malah tf ke DC nya , mau sampe 7 hari , ya ga akan lunas yg d aplikasi nya , makanya jgn telat bayar , di kasih tau malah ngotot ,

      • Ya intinya klw ngutang komitmen bayarnya sist. Terlepas apapun permasalahan ekonomi anda, situ udah dikasih kepercayaan untuk bisa mendapat benefit dari fitur tsb yg sedikit bnyk telah membantu kehidupan anda.

      • Hallooo mba jadi updatenya seperti apa??
        Saya gak gagal bayar tapi mau melunasi seluruh pinjaman bisa gak yah??

  • “ klo misalkan dia kasih saya keringanan tipu2 berati dia bohongin saya dong? apa masih dibenarkan hal begitu? “

    Lugu Bener.
    Lu hidup dimana sih Buk ?

  • Maaf bu saya maumeluruskan... Saya pengguna paylater juga... Tapi selama saya 2tahun menggunakan gak pernah ada DC mengatasnamakan shoppe... Jika ada tagihan saya yang nunggak pun pihak shoppe sudah punya WA sendiri dan bukan no biasa... Dia langsung shoppe terverifikasi... Dan Anda salah jika membayar tidak pada aplikasi... Anda kena tipu bu... Semua pembayaran paylater/shoppe pinjam harus melalui aplikasi... Saya sering ko nunggak di shoppe tapi gak pernah ada masalah... Lancar lancar aja... Hati-hati bu penipuan berkedok gini banyak...

  • SPinjam dan SPayLater itu kan perusahaan pihak ketiga yg bekerjasama dengan Shopee. Kalo mereka menagih ke kontak di luar kontak darurat, berarti Shopee membagikan data kontak penggunanya yg diperoleh dari aplikasi Shopee, kepada pihak ketiga. ??

    Saya sebagai pengguna Shopee yang tidak menggunakan SPinjam dan SPayLater jadi was-was, jangan-jangan data pribadi termasuk data-data kontak di HP saya, juga dibagikan ke pihak ketiga yang tidak kita ketahui dan setujui sebelumnya. ?

  • Anda itu kena tipu!!! Malah bayar ke VA yg di chat WA. Kalau mau bayar ya ke VA yg di akun shopee paylater ketika klik bayar.
    Begitu bayar ke VA shopee paylater dalam brapa detik jg langsung brubah otomatis. Jadi ini anda sudah fix kena tipu. Itu bukan debt collector tp penipu

      • Mba aku sdh konfrim ke cs shopee . Mba kena tipu ya .

        "Mohon maaf ya kak untuk hal tersebut bukan lah nomor dari pihak shopee ya kak, dan pembayaran tagihan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi shopee ya kak"

        Klo pun bayar tagihan tdk bisa di aplikasi , Shopee HANYA mempunyai No Rek pribadi yg tertera di Aplikasi ya contoh nya no rek di bri , bca dll... D aplikasi sudah jelas tentang informasi pembayaran..

  • uang yang saya transfer itu udah masuk ke aplikasinya, tapi tagihan nya masih ada. itu yg dipertanyakan.