Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Sudah Dibayar Lunas, Tapi Kontak Masih Diteror

Saya menunggak pembayaran tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater selama 2 bulan. Lalu saya tanya ke DC-nya berapa tagihan saya (untuk saya bayar lunas semua) ternyata dapat keringanan. Akhirnya pada tanggal 1 September 2021 saya bayar, dan akan tertera lunas di aplikasi dengan menunggu maksimal 7 hari kerja (berarti tanggal 8/9 September 2021).

Akan tetapi, pada hari Minggu serta tanggal 12 dan 13 September 2021, DC Shopee menelepon kontak saya yang bukan kontak darurat, untuk mencari saya mengenai tunggakan saya. Saya kan udah bayar sampai lunas ya? Kenapa begini?

13/9/2021 BUKTI LOAR KONDAR SAYA MASIH DIHUBUNGI

Kalau memang keterangan lunas di aplikasi membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dari maksimal 7 hari, kan bisa data saya di-hold dulu agar tidak terjadi penagihan lagi. Masa sekelas Shopee begini sih? Mana saya lapor ke Shopee, masih disuruh menunggu 5 hari.

Inayatul Aliyah
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan Shopee:
[Total:130    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

50 komentar untuk “Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Sudah Dibayar Lunas, Tapi Kontak Masih Diteror

    • 15 September 2021 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Aku rasa ada yang salah dengan orang ini , harusnya dia bayar luna di aplikasi shopee bukan transfer virtual account , jangan2 dia sudah kena tipu
      Agak2 kurang pintar sih jd orang

    • 15 September 2021 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Dari bukti trx aja udah keliatan kena tipu, klo bayar spaylater atau spinjam pke VA BCA itu formatnya ga gt. Masa dibukti trx 123+nomor ponsel. Itu mah top up shopeepay

    • 15 September 2021 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Yakin itu dari shopee, pembayaran nya kemana? Biasanya kalau bayar langsung ke aplikasi langsung diproses, gak menunggu, paling lama 1 x 24 jam.

      • 16 September 2021 - (00:11 WIB)
        Permalink

        Seandainya ibu ini tertipu. Pihak shopee tetap harus punya tanggung jawab. Karena tidak dapat melindungi privacy dan data konsumennya.

  • 14 September 2021 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Ngutang Lewat Aplikasi tapi bayarnya Lewat DC. Sudah tahu duit susah di cari tapi tidak hati hati dan tidak teliti.

    Ketiban Rugi berlipat ini mah.

    17
    3
    • 14 September 2021 - (09:56 WIB)
      Permalink

      MAAF YA, ITU BAYAR LEWAT APLIKASI KALI. TERUS GUNANYA APA DC KLO GA MENAGIH? YA KALI DARI CENTER SHOPEE NYA LANGSUNG YANG NAGIH.

      2
      19
      • 14 September 2021 - (10:08 WIB)
        Permalink

        Anda itu bayarnya cuma Ngikutin arahan DC, bukan bayar ngikutin arahan Aplikasi di hp Lu kan.

        Itu Nomor VA dikirim oleh DC bukan dari Aplikasi yang Lu punya.

        Sudah jelas anda tertipu, kalo baru nunggak 2 bulan tidak mungkin ada potongan cicilan. Itu juga penagihnya masih pihak pertama belum ada penagihan lapangan.

        Kalo nyatanya anda sudah 2 Tahun menunggak, dan sudah sering ada DC yang kerumah, itu biasanya baru ada Nego Nego karena tagihan sudah di limpahkan ke Pihak Ketiga.

        17
        2
        • 14 September 2021 - (10:16 WIB)
          Permalink

          udah ngotot salah lagi, jelas2 VA ambilnya dari aplikasi.
          mau pihak kedua atau ketiga kek, yg pasti itukan resmi dari Shopee. klo misalkan dia kasih saya keringanan tipu2 berati dia bohongin saya dong? apa masih dibenarkan hal begitu?
          lagian saya sebelum bayar minta tagihan terupdate kok, dan yg dikasih ya nilai itu.

          terus klo dari dianya yg ngasih nilai salah saya gitu? terus kalo dia ngasih keringanan hanya untuk supaya saya bayar apa hal itu MASIH ANDA BENARKAN?
          lain kali kalo komen lebih mikir lagi ya hahahha

          20
          • 14 September 2021 - (10:23 WIB)
            Permalink

            Coba anda lihat screenshot foto yang pertama, dibagian paling bawah,

            “ Untuk cara pembayarannya bisa dilakukan sebagai berikut : “

            Itu arahan DC, bukan Arahan aplikasi yang Lu Punya.

            Itu Penipuan.

            Kalo asli itu kayak gini ya :

            DC nyebutin keringanan bayar dan anda setujui. Anda di suruh menunggu sampai 7 hari agar tagihan di Aplikasi Berubah. Ketika sudah 7 hari, Tagihan di Aplikasi berubah menjadi lebih ringan.

            Kemudian Baru Deh anda membayar sesuai Nominal di Aplikasi itu. Ini baru Asli.

            13
            2
          • 15 September 2021 - (09:49 WIB)
            Permalink

            Saya juga pelanggan shopee sering juga telat setau saya kalau bayar di aplikasi ambil VA dari aplikasi cuma bbrp menit langsung berubah status nya, berubah “selamat pembayaran anda berhasial, gak sampai tggu 7 hari tuh..
            Apalagi sampai di tagih2 lagi..

          • 16 September 2021 - (10:10 WIB)
            Permalink

            itu ketipu , lu malah tf ke DC nya , mau sampe 7 hari , ya ga akan lunas yg d aplikasi nya , makanya jgn telat bayar , di kasih tau malah ngotot ,

      • 15 September 2021 - (00:48 WIB)
        Permalink

        Ya intinya klw ngutang komitmen bayarnya sist. Terlepas apapun permasalahan ekonomi anda, situ udah dikasih kepercayaan untuk bisa mendapat benefit dari fitur tsb yg sedikit bnyk telah membantu kehidupan anda.

  • 14 September 2021 - (10:35 WIB)
    Permalink

    “ klo misalkan dia kasih saya keringanan tipu2 berati dia bohongin saya dong? apa masih dibenarkan hal begitu? “

    Lugu Bener.
    Lu hidup dimana sih Buk ?

    14
    3
  • 14 September 2021 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Maaf bu saya maumeluruskan… Saya pengguna paylater juga… Tapi selama saya 2tahun menggunakan gak pernah ada DC mengatasnamakan shoppe… Jika ada tagihan saya yang nunggak pun pihak shoppe sudah punya WA sendiri dan bukan no biasa… Dia langsung shoppe terverifikasi… Dan Anda salah jika membayar tidak pada aplikasi… Anda kena tipu bu… Semua pembayaran paylater/shoppe pinjam harus melalui aplikasi… Saya sering ko nunggak di shoppe tapi gak pernah ada masalah… Lancar lancar aja… Hati-hati bu penipuan berkedok gini banyak…

    18
    1
  • 14 September 2021 - (12:32 WIB)
    Permalink

    SPinjam dan SPayLater itu kan perusahaan pihak ketiga yg bekerjasama dengan Shopee. Kalo mereka menagih ke kontak di luar kontak darurat, berarti Shopee membagikan data kontak penggunanya yg diperoleh dari aplikasi Shopee, kepada pihak ketiga. 🤬😈

    Saya sebagai pengguna Shopee yang tidak menggunakan SPinjam dan SPayLater jadi was-was, jangan-jangan data pribadi termasuk data-data kontak di HP saya, juga dibagikan ke pihak ketiga yang tidak kita ketahui dan setujui sebelumnya. 🤔

  • 14 September 2021 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Anda itu kena tipu!!! Malah bayar ke VA yg di chat WA. Kalau mau bayar ya ke VA yg di akun shopee paylater ketika klik bayar.
    Begitu bayar ke VA shopee paylater dalam brapa detik jg langsung brubah otomatis. Jadi ini anda sudah fix kena tipu. Itu bukan debt collector tp penipu

    • 14 September 2021 - (17:17 WIB)
      Permalink

      iya betul sekali hitungan detik sudah bayar langsung ada notif tagihan anda sudah terbayarkan

      • 14 September 2021 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Mba aku sdh konfrim ke cs shopee . Mba kena tipu ya .

        “Mohon maaf ya kak untuk hal tersebut bukan lah nomor dari pihak shopee ya kak, dan pembayaran tagihan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi shopee ya kak”

        Klo pun bayar tagihan tdk bisa di aplikasi , Shopee HANYA mempunyai No Rek pribadi yg tertera di Aplikasi ya contoh nya no rek di bri , bca dll… D aplikasi sudah jelas tentang informasi pembayaran..

  • 14 September 2021 - (14:10 WIB)
    Permalink

    uang yang saya transfer itu udah masuk ke aplikasinya, tapi tagihan nya masih ada. itu yg dipertanyakan.

    2
    4
  • 14 September 2021 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Maaf Bu, kuat dugaan Anda itu kena tipu DC. Betul, tugas DC itu menagih kepada costumer yang menunggak pembayaran, tapi pembayarannya tetap sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan dalam aplikasi. Termasuk keringanan pembayaran harus ada persetujuan dari aplikasi, bukan dari DC. Dan, hati-hati terhadap DC palsu yang menyamar.

    Ahda gak perlu ngeyel mencari pembenaran, itu kan menurut Anda, faktanya tunggakan SPaylater dan SPinjam Anda di Shopee gak berkurang dan DC masih terus menagih bukan? Itu fakta tak terbantahkan yang anda tuliskan disini. Anda telah melakukan kekeliruan yang fatal, pinginnya dapat keringanan justru Anda kehilangan uang pembayaran jutaan rupiah.

    Jika boleh usul, coba konfirmasi kepada Shopee, apakah benar itu DC dari SPaylater dan SPinjam? Apakah benar itu DC dari SPaylater dan SPinjam? Tapi jika anda tidak tahu tentang DC itu, bagaimana Anda mengatakan itu DC SPaylater dan SPinjam? Jalan terakhir, laporkan DC itu ke pihak berwajib.

    Jika itu sebuah penipuan dari DC dengan mencatut SPaylater dan SPinjam, berarti kewajiban Anda dengan SPaylater dan SPinjam belum selesai, dan anda akan terus ditagih untuk menyelesaikan hutang Anda yang sudah macet itu.

    Bersabar ya Bu, DC yang menipu Anda tidak akan tenang hidupnya.

    • 14 September 2021 - (14:21 WIB)
      Permalink

      bisa ya pak emgnya lapor ke pihak berwajib kalo nilai kecil kaya gitu?
      shopee belum kasih tanggepan sih pak smpe skrg. jadi saya tunggu jawaban dia dulu deh.

      • 14 September 2021 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Tunggu aja, itu VA resmi kok. Saya cek barusan juga tagihan telah terbayar, jadi udah beres sepertinya.

        • 14 September 2021 - (16:34 WIB)
          Permalink

          Misalkan tagihan anda cuma 1.998.000 , trus besoknya di sms oleh DC suruh bayar 2 Juta,

          Anda bertanya,

          Anda : Pak kenapa naik lagi tagihannya, kan kemarin cuma 1.998.000

          DC : Iya itu di Bulatin saja, biar di aplikasi/programnya cepat TerProses Pak. Lagian cuma beda 2 ribu aja kok pak.

          Apakah anda yakin DC itu adalah DC asli yang menagih sesuai Tagihan Sistem ?

          Foto Screenshot Pertama itu adalah Tanda tanda memang ini Penipuan.

          • 14 September 2021 - (20:11 WIB)
            Permalink

            tapi di foto bukti struk pembayaran atm tercetak produk sebagai spinjam/spaylater 🤔 gimana menurut analisa anda gan?

          • 14 September 2021 - (22:30 WIB)
            Permalink

            @Warsiti

            Yang penting di perhatikan adalah 5 angka didepan kode VA itu, Apakah 5 angka itu persis seperti kode VA pada Pembayaran Pembayaran sebelumnya ?

            Kalo kita liat disini kode VA nya 12308*********** , Apakah awalan kelima angka itu sama seperti pada Pembayaran sebelumnya ?

            Mengenai tampilan SPaylater yang tertera di struk itu, penipu sengaja mengisi itu pada Nama Produk. Bukan Nama Perusahaan. Sehingga VA membacanya bahwa itu Nama Produk. Bisa saja Penipu menulis nama produknya seperti ini,

            SPaylater 001

            Walaupun di ujung ada angka 001, itu tidak bakalan tampil di Struknya.

      • 14 September 2021 - (22:28 WIB)
        Permalink

        Tenang, itu nomor virtual accountnya spinjam san spaylater kok. Cuma anda dapat nomor virtual tersebut dari aplikasi shopee atau dari DC.
        Kalau dr aplikasi shopee pasti aman.

        Kalau dr DC belum tentu aman, tapi karena uang masuknya ke spinj dan spaylater. Masih bisa di urus.

        Tenang ajah

      • 16 September 2021 - (08:15 WIB)
        Permalink

        Kalau transfer pembayaran via VA, apakah itu pembayaran Shopee atau pembayaran lainnya, nomor VA adalah “kode + nomor hp sendiri”. Jika nomor hp orang lain jelas itu salah.

        Keterangan DC (penipu) itu tidak benar, masa untuk update keterangan lunas di aplikasi membutuhkan waktu sampai 7 hari? Biasanya begitu dibayar langsung terupdate di aplikasi, gak butuh waktu sampai 7 hari.

        Lain kali, jangan mudah percaya dengan keringanan yang dikatakan DC, dan jangan pernah mengikuti arahan DC dalam urusan mekanisme pembayaran. Bayar aja sesuai mekanisme yang ada di aplikasi, jangan mau kalo disuruh bayar ke nomor VA dia.

        Kata-kata DC penipu diatas, untuk keterangan lunas butuh waktu sampai 7 hari, itu adalah cara penipu supaya Anda tenang sampai 7 hari, dan si DC penipu juga pingin tenang udah dapat uang pembayaran dari Anda jutaan rupiah.

        Soal uang, jangan pernah percaya kepada siapapun, yang baik bisa berubah jadi jahat karena uang!

  • 14 September 2021 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Maaf kalau ada komentarnya isdebe☹️ itu anak saya yang baru lepas dari RSJ bulan kemarin karena stress dipecat dari kerjaan.

    7
    5
    • 15 September 2021 - (03:45 WIB)
      Permalink

      Owalah… Masa sih..? 🤔
      Dari komentar²nya *isdebe* bagus & berbobot koq, ga kayak habis keluar dari RSJ 😀🤗

    • 15 September 2021 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Ya ampun Bu, saya malah mikirnya @isdebe itu septic tank Ibu luber belum disedot makanya luber keman-mana hehehe

  • 14 September 2021 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Itu udah bener VA nya dan atas nama yg keluar sdh sesuai username user shopee bukan atas nama org lain/PT (tagihan Pinjol harus a/n yg bersangkutan yg ngutang) saya lurusin sbg mantan DC, DC emg bisa ngasih wewenang potongan/membuletkan tagihan kek gitu apalagi udh keterlambatan satu bulan lebih
    Berlaku buat aplikasi pinjol ojk lainnya, telat sebulan dc bs ngasih wewenang potongan sampai ke byr pokoknya saja dgn syarat tapi

  • 14 September 2021 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Saya komen sebagai pengguna SPaylater juga, yg namanya tagihan bayarnya ya lewat aplikasi shopee tersebut ya kak, bahkan di situ banyak pilihan mau bayar lewat mana, lewat m-banking sampai Indomaret/Alfamart bisa kok. Jangan percaya kalau ada wa masuk mengatasnamakan shopee / cs. Biasanya kalau saya waktunya bayar itu dapat SMS / email dari shopee bukan wa. Itu pun hanya pengingat bukan untuk membayar di luar aplikasi. Semoga ke depan bisa jadi pembelajaran dan biasakan untuk legowo dalam menerima kritik dan saran. 😊

  • 15 September 2021 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Ngutang di shoope bayar ke DC ya udah kena tipu cuma gara gara iming iming ngasih keringanan. Orang nipu kan biar cepat kirim transfer.

  • 15 September 2021 - (16:04 WIB)
    Permalink

    harusny isi aj shopee pay ny..jd pmbayaran ny lngsung d potong dr shopee pay..
    Sejauh make spinjam n spaylater sllu gtu..biar aman aj

  • 15 September 2021 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Spinjam, SpayLater sama kejamnya dengan Kartu Kredit juga ya …
    Sekedar memberi saran, sesusah-susah apapun usahakan pinjam ke keluarga dulu, temen baik, boleh gunakan SPinjam, SpayLater atau Kartu Kredit, tapi harus mampu mengelola keuangan dengan baik.

  • 16 September 2021 - (03:27 WIB)
    Permalink

    Maaf, Seharusnya anda hanya cukup klik button “bayar” dan “bayar sekarang” pada aplikasi dan ikuti langkah-langkah dan petunjuk dari aplikasi, sebagai pengguna spaylater seharusnya anda sudah faham itu dan tidak perlu bertanya lagi kepada DC.

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Shopee?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Sudah Dibayar Lunas, Tapi Kontak …

oleh Naya dibaca dalam: 1 menit
50