Surat Pembaca

Admin Pusat Resolusi Tokopedia Tidak Profesional

Pada tanggal 13 September 2021, saya menerima pesanan di Tokopedia dengan nomor transaksi:
INV/20210913/MPL/1585137658. Karena barang dengan model yang dipesan tersebut stoknya sedang kosong, maka saya pun mengirim chat kepada pembeli (14 September 2021 pukul 12 malam) sebagai konfirmasi pergantian model barang, tetapi tidak merubah kualitas dan fungsinya.

Hingga status chat menjadi centang hijau yang artinya “sudah dibaca”, pembeli tidak merespon chat tersebut. Maka saya menyimpulkan bahwa pembeli MENYETUJUI hal tersebut.

Namun anehnya setelah barang diterima, pembeli ini melakukan komplain dengan alasan “Barang tidak sesuai model/foto”. Padahal saya sudah konfirmasi via chat dan pembeli pun sudah membaca chat tersebut, yang berarti (ketentuan toko saya) pembeli MENYETUJUI pergantian model barang tersebut (dengan catatan fungsi dan kualitas tetap sama).

Kemudian saya lakukan PENOLAKAN KOMPLAIN dengan alasan YANG SUDAH SESUAI dan BUKTI YANG CUKUP KUAT (lihat gambar).

Namun sangat disayangkan, pihak admin Pusat Resolusi Tokopedia tidak menilai alasan penolakan tersebut dan langsung memberi keputusan “Pengembalian Barang dan Dana”, kurang dari 30 menit.

Hal tersebut sudah jelas sangat merugikan saya sebagai penjual. Oleh karena itu, saya sebut admin Pusat Resolusi Tokopedia TIDAK PROFESIONAL. Jadi apa fungsinya “ALASAN dan BUKTI Penolakan yang diminta admin tersebut”? Mungkin para pembaca dan redaksi Media Konsumen ini juga paham dengan kronologi yang saya ceritakan di atas.

Hanya itu yang ingin saya sampaikan di sini. Saya juga akan memuat artikel ini di setiap media yang saya ikuti, dengan tujuan agar pihak Tokopedia memperbaiki kinerja para karyawannya. Terima kasih untuk redaksi Media Konsumen karena telah memuat artikel ini.

Nurliman
Majalengka, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @tujuh fakta apaan? Lo kata ini lg di persidangan? Yg memerlukan pengungkapan fakta. Hadeuhhhhhhh brooo.... CAP CAY DEHHHH.....

  • seharusnya ketika pembeli mengajukan komplain,
    tidak sertamerta anda menolak dg dalih chat sudah centang hijau
    yg artinya sudah dibaca dan pembeli setuju.

    disini pembeli dalam posisi kuat, karena memang barang yg dikirim beda dg yg diorder.
    lagian apa susahnya anda terima komplainnya, atau paling tidak anda menghubungi pembeli terlebih dahulu untuk cari solusi.

    tapi anda malah mencari pembenaran dg MASING2 TOKO PUNYA ATURAN SENDIRI,
    lah anda kan jualan di toped, jadi ya anda harus ikut aturan toped.

    • dan dari yang saya lihat dari beberapa komen anda di atas, anda bukan tipe orang yg mencari solusi, tapi MEMBENARKAN DIRI SENDIRI.

      • SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
        Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
        Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
        Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
        Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

        Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

        Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
        Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
        Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

        Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
        Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

        1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
        2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
        3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
        4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

        Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
        SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

        Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.

      • Saya TIDAK BUTUH komentar anda.
        Jika anda mewakili perusahaan terkait, silahkan sampaikan dikolom "Tanggalan"

        • Hahahaha... nah ini dia jawaban yg paling tepat. KALAU MEMANG YG MBERIKAN KOMENTAR BERKOMPETEN UTK MEMBERIKAN JAWABAN, SILAHKAN BERIKAN TANGGAPAN DI ARTIKELNYA. mampuss... mampuss lo para haters/buzzers/antek2 perusahaan lsg di skak matt. Mati langkah deh....???

    • Sebenernya Tokopedia sudah adil karena mengembalikan uang pembeli karena pesanan tidak sesuai. Ini juga berlaku untuk MP lain kalau pesanan tidak sesuai pasti solusinya refund. Admin MP tidak akan mempedulikan chat an penjual, mereka hanya memutuskan berdasarkan bukti foto dari pembeli. Lain kali mending tolak saja orderannya kalau stok kosong daripada ribet

      • Nah ini dia yg paling bnr.... kalau mau komen bijaksana spt ini. Jgn malah memojokan si penulis

      • Boss. Kalau tidak tau faktanya, sebaiknya tahan dulu, jangan dulu komen.
        Nyatanya, hingga saat ini pembeli belum juga mengirimkan barang yg akan di return, padahal alamat sudah dicatat, di kolom resol, itu artinya, sipembeli ini dengan bodohnya berniat intuk menipu penjual, tetapi dia bodoh.
        Jadi... Kalau tidak tau permasalahannya, jangan berani menyimpulkan mana yang salah dan benar.
        Yang jadi keluhan saat ini adalah: ADMIN TOKPED TIDAK PROFESIONAL. Udah, gitu aja.
        Dan 1 lagi, jangan bedakab hak pembelu dan penjual, semua punya hak yang sama, pembeli butuh penjual, dan penjual butuh pembeli. Dan MP butuh penjual dan pembeli.
        Jadi jangan hanya meremehkan kepentingan penjual.

  • Dear Semua, silahkan berasumsi masing-masing sesuai kualitas akal anda, tampa harus mengetahui pokok permasalahan dan latar belakang dari kendala ini.
    Tetapi saya bisa simpulkan, diantara banyaknya komentar, mana yang benar-benar mewakili kepribadian kalian, dan mana yang mewakili perusahaan.

    Intinya.
    Orang yang MEMBULLY MASALAH/KELUHAN ORANG LAIN ITU ADALAH:
    1. Dia memang TUKANG BULLY, TUKANG GIBAH, TUKANG MENGUSIK URUSAN ORANG.
    2. BUZZER DARI PIHAK PERUSAHAAN YANG TERKAIT ITU SENDIRI.
    Tujuannya, biar banyak yang mengucilkan penulis keluhan tersebut.

  • Saya juga jualan di Tokopedia. Kalau pesanan yang kebetulan barangnya kosong, saya chat dulu pembelinya. kalau gak ada respon saya hubungi via whatsapp karena setiap pembeli pasti nomor yang dicantumkan. jadi gak beh asal ganti barang yang dibeli, cobalah posisikan diri sebagai pembeli apakah anda puas jika membeli sesuatu barang yg model nya disukai tapi diganti dengan model lain?

    jualan itu bukan sekedar cari untung. tapi utamakan berkahnya. kalau sudah dihubungi via chat/whatsapp tapi belum ada respon lebih di cancel. Jadi jangan langsung terima pesanan tersebut sebelum memastikan pembeli setuju atau tidak. Selaku penjual kita harus bisa menerima konsekuensi jika memaksakan diri untuk mengirim produk meski tidak sesuai dengan pesanan.

    ini masukan ya, mau terima silahkan gak terima ya lanjutkan... tapi harus terima konsekuensi kalau ada kejadian serupa

    • Jangan kan chat/WA, barang yang akan dikembalikan juga Tidak kunjung dikirim sampai saat ini,
      Jadi sudah jelas pembeli tersebut BERMASALAH.
      JADI JANGAN MEMPOSISIKAN SEMUA KESALAHAN PENJUAL/PENULIS. Kalau tidak tau latar belakang permasalahannya.
      Iya saya tau, kalau barang tidak dikirim oleh pembeli, maka uang akan masuk ke saldo saya, tetapi bukan itu yang menjadi keluhan saya.
      Ya itu ADMIN TIDAK PROFESIONAL udah itu saja.
      Sudah ada bukti chat, tetapi tidak diperiksa oleh pihak admin, lalu bagaimana jika pembeli ini TIDAK MENGAKU MELAKUKAN CHAT DENGAN JUAL MELALUI WA?
      Disitulah saya menuntut ADMIN HARUS PROFESIONAL.

      • Biasanya dana akan diteruskan oleh tim marketplace dalam hal ini tokopedia kepada pembeli ketika pembeli sudah mengirimkan barangnya dengan memberikan bukti nomor resi.

        Kalau belum ada resi pengembalian barang, tapi dana sudah di cairkan ke pembeli, silahkan hubungi tokopedia care yang ada dihalaman seller.

        • Sesuai informasi yang anda sampaikan diatas, berarti SETELAH PEMBELI MENGINPUT RESI MAKA DANA AKAN KEMBALI KE PEMBELI? Benar begitu?
          Lalu bagai mana jika barang yang dikirim tersebut adalah barang lain yang tidak sesuai dengan transaksi?

          • Bisa komplain ke tokopedia care jika barang yang dikembalikan tidak sesuai disertai dengan bukti.

            Ya biasakan konsultasi jika ada masalah apapun ke tokopedia care. Biar dapat solusi yang tepat.

          • Dan pastikan untuk mengantifkan asuransi pengiriman jika barang yang dijual adalah barang yang mudah rusak. Biar bisa melakukan klaim ketika barang yang direturn tersebut hilang/rusak.

          • Ini ya tahapannya dari tokopedia.

            1. Setelah Pembeli menginfokan nomor Resi Pengembalian Barang, kamu bisa melakukan pengecekan status pengiriman barang dengan menekan tombol Lacak.

            2. Jika kamu sudah menerima pengembalian barang retur dengan baik, kamu bisa menekan tombol SELESAIKAN KOMPLAIN untuk menyelesaikan kendala dan dana akan dikembalikan kepada Pembeli.

            3. Jika barang retur yang kamu terima mengalami kendala, kamu bisa berdiskusi dengan Pembeli di Pusat Resolusi dan akan dibantu oleh Customer Care Tokopedia dengan mengklik tombol Minta Bantuan.

            Jadi ternyata dana cair setelah pemjual menerima barangnya.

          • Kalau retur belum disetujui seller, pembeli tidak akan kirim barang.

            Untuk seller jikat tidak setujui retur dan kirim alamat retur, nanti pengembalian dana ke pembeli tanpa retur.

        • Berarti SANGAT RIBET di TOKOPEDIA, Ya sudah Saya Gulung Tikar saja, Dan Fokus Jualan Dibukalapak. LEBIH AMAN DAN NYAMAN.

          • Semua marketplace begitu kok systemnya kalau ada pesanan yang tidak sesuai dan di return oleh pembeli.

            Lain kali, jika ada yang komplain hubungi aja dulu customer tersebut, dia mau solusi bagaimana. Pembeli yang baik biasanya hanya ingin melihat itikad baik seller. Jadi, berusahalah minta maaf dan memberikan sedikit konfensasi. Jika hal tersebut tidak disepakati, ya terpaksa return.

        • Semua masketplace memang peraturan dan sistemnya sama,, TETAPI KINERJA KARYAWANNYA YANG BERBEDA, Buktinya proses komplain lebih mudah, dan administratornya cepat tanggap dan lebih bijaksana.
          Kalau memang semuanya sama. Tidak mungkin saya keluhkan hal ini di mediakonsumen ini.

          • Ya kalau saya sih, mending berusaha untuk tidak dikomplen oleh pembeli. Memperbaiki pelayanannya ke pembeli. Bagaimana pun, marketplace itu hanya pihak ketiga yang bertanggung jawab ke pembeli dan seller. Kalau pesanan tidak sesuai, dimarketplace manapun pasti akan menyetujui return jika pembeli mengajukannya. Karena itu pertanggungjawaban marketplace kepada para pembeli. Marketplace harus bisa memberikan rasa aman untuk bertransaksi baik kepada pembeli ataupun seller, itulah kenapa ada Pusat Resolusi.

            kalau merasa ribet, ya usahakan meminimalkan kesalahan dalam penjualan agar tidak ada keribetan.

        • Ya kalau saya tau (apa yang akan terjadi dimasa depan) akan begini, saya tidak akan jualan di tokopedia, karna walau bagaimanapun, semua toko sudah saya jajal, dan paling nyaman cuma dibukalapak.
          Itu hak saya, bebas menyuarakan pendapat, dan bebas memilih dan menilai.

        • Siapa bilang? Sy sudah beberapa kali mendapat komplain, jika komplen tersebut dari pembeli yang jujur, seperti contoh barangnya rusak saat pertama dipakai. Ya saya tukar dengan barang yang baru, jika mendapat komplain dari pembeli yang curang, ya itu pembeli yang seenaknya MENCOBA BARANG dan Jika tidak cocok dengan KEINGINANNYA dia lakukan komplain, YA saya tolak komplain tersebut, dan pihak administrator BL juga sangat teliti, sehingga bisa menilai mana yang curang dan mana yang jujur. Dengan memperketat proses komplain dan pengecekan bukti bukti secara adil, antara pembeli dan penjual.
          Kalau tokped? Alasan dan bukti dari penjual sama sekali tidak diperiksa, dan tidak dipertimbangkan, belum sampai 20 menit sudah ada keputusan dari admin resol. seharusnya di periksa dulu, kemudian diberikan penjelasan kalau memang itu sudah sesuai, lalu diberikan kesempatan penjual/pembeli untuk menjelaskan lebih lanjut (menjawab penjelasan pihak administrator), setelah semuanya menyadari, barulah diumumkan keputusan. Hal tersebut telah diterapkan di Shopee dan Bukalapak, Yang setiap komplain wajib menyertakan video.
          Yang jelas tokopedia SANGAT BERBEDA, dan itu penilaian saya, karena saya pun BERHAK MENILAI mana yang lebih baik.
          Saya tau anda siapa, makanya silahkan berdiskusi membela pihak anda, saya disini hanya sebagai pengguna yang merasa kecewa dengan sistem dan pelayanan tidak adil dan tidak teliti.

    • Dan SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN

      Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
      Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
      Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

      Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

      Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
      Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

      1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
      2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
      3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
      4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

      Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
      SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA. Dan jangan menambah permasalahan.

      • Sekedar saran, karena kamu menulis keluhan disini. Jadi, jangan selalu koar2 dengan tulisan ini. Bagaimanapun, ini ruang publik. Semua orang berhak untuk menilai, tinggal pribadi mau menerima saran tersebut atau tidak.

        Jika dari awal tidak ingin orang lain berkomentar, maka jangan posting dimedia.

        • Mereka bebas menyatakan pendapat di artikel ini, ya saya juga bebas dong. Kenapa mereka boleh mencibir sementara saya tidak?

          • Mereka bebas menyamarkan pendapat di artikel ini, ya saya juga bebas dong. Kenapa mereka boleh mencium sementara saya tidak?

  • Terserah sih kalau penulis surat pembaca merasa benar sendiri. Sampai kapanpun marketplace lebih memihak pembeli duluan

    • PEMBELI ADALAH RAJA. Tp kan tdk selalu pembeli itu benar. Akhir2 ini malah banyak ditemukan pembeli yang nakal dgn modus operandi pengembalian barang (akan tetapi barang sdh ditukar terlebih dahulu). Jadi disini sbnrnya pihak marketplace harus terlibat andil dlm menginvestigasi setiap permasalahan dgn serius. Krn disini pihak marketplace ikut mengambil keuntungan dr setiap transaksi yg terjadi. Tentunya disini uu perlindungan konsumen jg harus dikedepankan. Jgn main asal memberikan resolusi tanpa memikirkan para pihak

      • kasus disini pembeli udah komplain, tapi di tolak penjual.
        jadi wajar dong toped refund dana
        disini jelas salah penjual, karena dah jelas barang kosong, masih maksain dikirim.
        dan setelah diterima oleh pembeli, pembeli sudah benar komplain,
        coba klo komplainnya ga ditolak, pasti di return tuh barang.
        tapi disini penjual merasa JUMAWA, dg menolak komplain.
        jadi menurut ane yg pernah jual beli di toped, langkah toped dah bener

        • SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
          Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
          Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
          Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
          Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

          Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

          Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
          Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
          Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

          Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
          Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

          1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
          2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
          3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
          4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

          Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
          SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

          Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.

        • Pembeli yang benar? Kalau pembeli BERES, tentu BISA BACA chat dan tentunya MEMBALAS CHAT.
          Dan yang disampaikan disini adalah AMIN, bukan pembelinya, kalau untuk pembeli mungkin bisa dimaklum dia GAPTEK atau gimanalah. Ini masalahnya ADMIN, memberi keputusan tanpa diskusi dan tanpa memeriksa alasan dan bukti dari penjual. BACA JUDUL DAN ISINYA.
          Terlebih lagi, saya punya banyak BUKTI KETIDAK PROFESIONALAN ADMIN PUSAT RESOLUSI, dan juga TIDAK RAMAH.
          Diantara juga ada ikut berkomentar disini dengan kalimat yang TIDAK MENYENANGKAN.

  • tuh kan apa gw bilang,
    dari komennya udah jelas nih orang MEMBENARKAN DIRINYA SENDIRI.

    dah jelas barang ga sesuai, pembeli dah komplain, tapi ga di acc
    giliran toped refund, dia malah marah
    ANEH

    seharusnya anda terima komplainnya, biar pembeli return barang

    karena anda ga mau di komplain, ya toped berHAK merefund dana pembeli

    masa komen gw di atas dibilang bela toped,
    lah lo jualan di toped tapi ga mau ikut aturan toped. bikin WEB sendiri sana

    • SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
      Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
      Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
      Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
      Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

      Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

      Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
      Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
      Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

      Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
      Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

      1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
      2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
      3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
      4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

      Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
      SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

  • Kalau barang kosong ya lebih baik bilang saja kosong dan batalkan pembelian. Simpel. Kelar urusan.

    Kalau memang penjual mau mengganti dengan tipe lain, ya konfirmasi dan pastikan pembeli mengiyakan. Kalau pembeli belum mengiyakan, ya maka jangan buat asumsi sendiri bahwa pembeli mengiyakan hanya karena chat sudah di-read. Karena tidak seperti itu etika jual beli.

    Mau itu barang lebih bagus dan lebih elegan menurut anda sebagai penjual ya jangan dipaksakan untuk dikirim ke pembeli kalau pembeli tidak mengiyakan dengan jelas karena selera anda dan pembeli kan belum tentu sama, jangan memaksakan kehendak anda lah.

    Pembelajaran untuk anda sebagai penjual bahwa dunia itu tidak melulu sama seperti pikiran anda. Lebih banyaklah mendengar daripada berbicara, niscaya anda akan menjadi penjual yang lebih terhormat dan sukses.

      • Sudah banyak komen diatas bicara tentang bagaimana seharusnya masing-masing pihak bersikap dalam koridor yang tepat dalam kasus ini. Dibacalah. Sikap reaktif anda tidak akan menyelesaikan masalah, hanya membuat anda lelah dan bad mood.

        Ingat, dalam jual beli itu adalah saling rela antara pembeli dan penjual. Kalau pembeli tidak rela karena barang tidak sesuai ya anda harus berbesar hati menerima resiko tersebut karena memaksakan asumsi anda itu.

        Ingat, tidak semua orang itu sama pikirannya dengan anda, berhentilah menyalahkan orang lain karena tidak satu pemikiran anda. Dunia itu luas bung!

        Sekian, saya pastikan ini adalah komentar terakhir saya. Terima kasih.

        • Intinya, Admin tokped memang TIDAK PROFESIONAL.
          Sudah itu saja.

          Tidak percaya, sini, suruh adminnya diskusi dengan saya.

  • Toko dari 2018, badge apa adanya, rating 4.7 , ulasan dikit, tapi di media konsumen berasa seperti seller dengan badge diamond.
    Di kasih tau salah ngotot modal copy paste, ada juga situ yang belum belajar jualan online.

    Barang kosong gausah proses orderan, kecuali memang lapak ente gak laku di Tokopedia, pantes sih toko sepi begitu, makanya takut gagal dapet duit.

    Sesuai nama tokonya "Go Blogs Cell" dibaca "Goblok Lu" ?

  • SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
    Khusus nya untuk akun yang namanya hanya 2 angka @82 (Kemungkinan akun palsu yang bertujuan hanya untuk mengolok-ngolok pengguna lain)
    Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
    Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
    Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
    Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

    Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

    Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
    Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
    Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

    Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
    Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

    1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
    2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
    3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
    4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

    Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
    SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

    Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.

    • https://seller.tokopedia.com/edu/ketentuan-jualan-online-di-tokopedia
      Baca tuh ketentuannya kalau ada produk baru yg berbeda ya bikin lapak baru dan kasih info pembeli link baru. Anda tidak bisa chat pembeli dan dia diam artinya setuju. Itu gak masuk dalam ketentuan toped. Dan klik beli artinya setuju walau barang bentuknya berbeda dan sdh chat. Saya kira toped sdh benar itu. Kalau diretur ya terima aja ngapain lu marah2 toh barang dikirim balik

      • Kalau gw jadi pembeli, dan di hadapkan dgn kasus seperti ini, jelas saya akan komplain dan minta refund. Karena bagi saya, kalau barang bisa di beli berarti stock ada. Stock tidak ada penjual harus batalkan dengan alasan stock kosong. Kalau saya beli barang A di kirim barang B tanpa persetujuan saya itu namanya penipuan.
        Meskipun peraturan toko seperti apa, kalau saya beli di tokped, saya tetap ikut aturan tokped.

        Itu kalau saya jadi pembeli.

        Jadilah penjual yang pintar dan saya rasa fitur tokopedia cukup lengkap. Kalau barang kosong, status bisa di ganti dgn barang kosong.

        • SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
          Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
          Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
          Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
          Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, dan apa tujuannya.

          Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

          Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
          Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
          Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

          Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
          Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

          1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
          2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
          3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
          4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

          Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
          SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

          Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.

          • Sudah salah ngeyel wkwkwkwkwk
            Ini postingan bukan rame karena permasalahan nya tapi rame karena seller kurang smart, memaksa kan kehendak sendiri padahal di luar term & conditions tokopedia.

            Kalau anda kurang senang dengan tokped tutup aja tokonya, jangan jualan di tokped.
            Simple..

  • Semua dikomen hasil copas smp panjang bgt nih surat pembaca biar apa? Malah jd males org bacanya karena keliatan arogan

    Ya intinya sih, sering nemu seller yg iklanin produk ghaib, padahal ga ada barangnya, giliran org beli baru dichat, ga semua buyer ada waktu atau peduli sm chat, byk jg yg notifikasi emg dimatiin krn tau sendiri notif tokped banyaknya kaya apa, kalo emg ga ada barangnya mending cancel, atau kalo maksa ngirim jg ya siap terima resiko komplain retur, toh kalo retur kan sama2 rugi ongkir, udah bagus itu padahal salah seller iklan barang ghaib buyer jd harus nanggung ongkir retur, kalo ga terima komplain terus malah jd rugi total seller, buyer dpt brg gratis, ya salah siapa, intinya semua mau sama2 enak ya harus sama2 ikutin aturan

    • Kalau males ya gak usah dibaca, lagi pula bukan buat ente.
      Kalau sudah dibaca tetapi tetap gak paham, berarti ente buta, buta, buta mata hatinyaaaa...

    • Dia yang SALAH dia yang ngotot BUKAN MAEN,, ups.. kaya iklan rokok.. kalo kalian tidak mendukung kalian SALAH semua itu adalah motto dr penulis ini.

          • Anda ini BOCIL. ITU FAKTA, Coba anda Baca komentar2 anda memang sangat bersifat BOCIL.
            Saya Copas?
            Copas juga kalau tidak dibaca, ya tidak akan paham.
            Makanya BACA, biarpun itu COPAS.
            BUKAN COPASNYA, TAPI ISINYA.
            Kecuali jika anda BOCIL, Sejelas dan sedetail apapun tulisan tersebut (walaupun copas) anda tidak akan pernah paham.
            KARNA ANDA BOCIL
            ITU FAKTA.
            Buktinya ANDA TIDAK PAHAM.