Waspada! Modus Penipuan Online Berkedok Lelang/Auction di Instagram!

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sehat dan sejahtera untuk para pembaca.

Saya di sini ingin menceritakan kronologi terkena penipuan lelang/auction online di Instagram oleh akun yang bernama @auctioncool (akun penipuan). Pertama-tama saya jelaskan dulu apa itu lelang/auction. Lelang/Auction adalah penjualan barang oleh seller (yang menjual barang) yang dititip di perantara (pemilik akun lelang) dan barang tersebut diposting di akun instagramnya pemilik akun lelang, kemudian ditawar oleh calon pembeli di kolom komentar. Hanya pemenang lelangnya yang dihubungi via Direct Message oleh si pemilik akun lelang, untuk melanjutkan ke transaksi jual beli.

Tepatnya pada tanggal 4 September 2021, saya mengikuti sebuah lelang di akun @auctioncool (akun penipuan) atau biasa disebut bid (menawar) satu unit handphone second di akun @auctioncool. Harga open bid yaitu di Rp2.000.000,- (dua juta rupiah). Ada beberapa orang yang menawar di komentarnya, penawaran saya yang paling tertinggi pada saat itu, yaitu di harga Rp2.500.000.

Pada malam harinya, saya dihubungi oleh si pemilik akun lelang, Yang bersangkutan mengumumkan bahwa sayalah pemenang lelang dan diharuskan mengisi formulir identitas dan alamat untuk menentukan jumlah ongkos kirim. Setelah saya isi formulir tersebut si pemilik akun lelang mencantumkan nominal sejumlah uang yang harus saya transfer.

Jumlah uang yang saya transfer: Rp2.500.000 + ongkir Rp67.000, jadi total yang saya transfer adalah Rp2.567.000. Mereka berjanji akan mengirimkan barangnya besok hari. Kemudian saya tunggu beberapa hari. Saya beberapa kali menanyakan resi pengiriman, tetapi tidak ada kepastian.

Bukti transfer

Namun pada tanggal 10 September 2021, akun Instagram saya diblokir oleh akun elang @auctioncool. Sampai pada saat saya tulis surat ini pada tanggal 18 September 2021, tidak ada kabar lagi. Akun saya masih diblokir, percakapan di Direct Message hilang (kebijakan instagram jika kita blokir seseorang, pesan yang kita kirim akan hilang di akun penerima pesan). Maka saya dapat simpulkan bahwa akun Lelang/Auction @auctioncool adalah PENIPU!!

Instagram saya setelah diblokir oleh akun penipu @auctioncool. BID > WIN > TRANSFER > DIBLOKIR

Sebelum saya mengikuti lelang, saya cek baik-baik Akun Lelang/Auction dengan akun @auctioncool. Di highlight akun tersebut, bisa dilihat sempat dipromosikan oleh beberapa selebgram seperti @wahyukadeoo2, @sandys.ss, @ikafadilaah_, @fetafernanda_real, @adindadwinda, @olyviasherly, @widyayulandarri supaya seolah-olah akun lelang (penipu) tersebut terpercaya. Di bio juga tercantum TRUSTED SINCE 2018, Money Back Guarantee. Padahal jelas-jelas akun @auction itu PENIPU!!

Saat ini saya sudah mengajukan laporan ke pihak kepolisian dan laporan online melalui cekrekening.id, lapor.go.id, dan kredibel.co.id. Nomor rekening yang dipakai untuk menerima transfer adalah sebagai berikut:

Bank BRI
Nomor Rekening: 337901046073530
Atas Nama: Muhammad Rizqy Ramadhan

Pesan saya untuk para pembaca adalah, jangan langsung percaya kepada toko online apapun bentuknya, baik itu berbentuk lelang/auction ataupun penjualan langsung! Kecuali yang dinaungi oleh pihak ketiga seperti Tokopedia, Shopee dan e-commerce lainnya. Ada baiknya sebagai tindakan preventif sebelum bertransaksi, cek terlebih dahulu rekening yang akan di transfer di cekrekening.id untuk memastikan apakah rekening tersebut pernah dilaporkan pernah melakukan tindakan penipuan atau tidak.

Untuk menimbulkan efek jera, kepada pihak PENIPU alias pemilik akun @auctioncool, Anda sudah dilaporkan dan sementara diproses oleh pihak yang berwajib. Saya akan terus kawal laporan saya sampai tuntas jika tidak ada idtikad baik dari Anda. Saya sampaikan juga untuk para selebgram yang pernah mempromosikan akun @auctioncool yaitu @wahyukadeoo2, @sandys.ss, @ikafadilaah_, @fetafernanda_real, @adindadwinda, @olyviasherly, @widyayulandarri, Anda semua secara tidak langsung telah berkontribusi dan mendukung terjadinya tindak pidana kejahatan (penipuan).

Berikut saya lampirkan screenshot orang yang mempromosikan akun (PENIPU) @auctioncool:

Sekian surat yang saya sampaikan, saya harap para pembaca dapat manfaat dari peristiwa ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Didin Jati Permana
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:4    Rata-Rata: 3.3/5]

27 komentar untuk “Waspada! Modus Penipuan Online Berkedok Lelang/Auction di Instagram!

  • 20 September 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    [Pesan saya untuk para pembaca adalah, jangan langsung percaya kepada toko online apapun bentuknya, baik itu berbentuk lelang/auction ataupun penjualan langsung! Kecuali yang dinaungi oleh pihak ketiga seperti Tokopedia, Shopee dan e-commerce lainnya]

    sayang sekali tidak diterapkan dari awal pesan ini ….

    btw itu juga salah transfer 2567 tapi ditransfer 2576..

    2
    1
  • 20 September 2021 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Ketika sudah kena tipu, barulah dia menjadi Pintar.

    Kayak anak kecil. Nak jangan pegang api itu ya nak, nanti tanganmu Panas. Aduh Yah, panasssssss. Tuh kan di kasih tahu itu panas kok masih di pegang toh nak nak.

    Kalo orang dewasa. Bro jangan pegang api itu bro, bisa gosong tanganmu bro. Lu sarap ye. Api ya memang panas, itu gue udah tahu lama begooo. Lah kali aja Lo Penasaran kayak anak kecil yang di ceritain di atas itu bro.

    3
    13
    • 20 September 2021 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Anda kayak anak kecil yang baru diajarin Bapaknya.

      Orang yang tertipu di Instagram itu adalah orang yang teramat Aneh. Sudah tahu Instagram bukan aplikasi jual beli. Pencipta aplikasi IG aja sedih kalo tahu kenyataan itu. Iklan boleh saja di IG tapi ya transaksi harus lewat Marketplace terpercaya.

      2
      12
      • 20 September 2021 - (19:58 WIB)
        Permalink

        Masih mending seperti anak kecil, daripada anda cuman jago ngomong doang di MK. Ayo ketemu gw, ini nama asli sama foto asli gw. Yuk, debat sama gw kasus ini secara santai. Berani ga anda? Atau cuman jago pakai foto orang doank di MK anda ya

        6
        3
  • 20 September 2021 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Niat baik memperingatkan yang belum paham soal bahaya belanja di Instagram, yang udah jauh mainnya ga usah nge bully.
    Peringatan juga buat Selebgram agar lebih hati2 endorse akun yang ga jelas, mungkin bisa di comment atau mention di akun para influencers tersebut kalau mereka mendukung penipuan. Biar tidak ada korban lain, ga usah takut kalau udah lapor ke kepolisian. Itu bukti yang kuat

    • 20 September 2021 - (15:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah berkomentar & memberikan pendapat. dari komentar anda bisa dilihat bahwa anda adalah orang yang Santun..

      3
      1
      • 20 September 2021 - (15:49 WIB)
        Permalink

        @Didin

        Anda tertipu karena penglihatan anda kurang jeli. Dan anda mudah percaya dari beberapa sudut pandang saja. Di iklani oleh selebgram menjadikan anda yakin. Akhirnya tertipu.

        Dari kasus ini seharusnya anda bisa lebih jeli, tapi sepertinya anda tetap tidak berubah.

        Kenapa saya bilang anda tidak berubah.?

        “Terima kasih sudah berkomentar & memberikan pendapat. dari komentar anda bisa dilihat bahwa anda adalah orang yang Santun..”

        Hanya dari satu satunya komentar itu, anda sudah yakin bahwa dia orang yang Santun.

        6
        9
  • 20 September 2021 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Sy tidak menyalahkan mungkin Anda masih newbie (polos) sistem jual beli kaya gitu (transfer langsung) sudah berakhir di era kaskus karna waktu itu belum ada Marketplace (Rekber Resmi) jaman semakin maju penipu pun tidak mau kalah cari trik baru buat menjerat korban yang trakhir sy tau penipuan besar adalah Grabtoko. Satu lagi jangan mudah tergiur harga murah promo diskon cuci gudang cuci baju laundry aja sekalian.

  • 20 September 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Dari gambar icon nya aja udah patut dicurigai. Gambar tengkorak monyet yg gak lazim di pakai untuk badan Lelang/Auction. Jelas mengarah ke penipuan. Harus smart di zaman now, zaman digitial, zaman online. Ratusan iklan penawaran bertebaran di media. Nggsk semuanya dpt dipercaya bro. Apalagi ada iming2 hadiah, dan harga murah

    4
    1
    • 20 September 2021 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Indikasi penipuan, terlihat dari durasi lelang.

      “ Tepatnya pada tanggal 4 September 2021, saya mengikuti sebuah lelang di akun @auctioncool.

      Pada malam harinya, saya dihubungi oleh si pemilik akun lelang, Yang bersangkutan mengumumkan bahwa sayalah pemenang lelang “

      Itu start Lelangnya sejak kapan.? Dan berakhir sampai kapan.? Kok tau tau ketika anda ikutan seketika malamnya durasi lelang berakhir dan anda dikatakan sebagai pemenang lelang.

      4
      1
      • 20 September 2021 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Durasi leleng hanya satu hari, close jam 19.00 wib.. yg menang (bid tertinggi) di DM oleh akun tersebut

        • 20 September 2021 - (17:40 WIB)
          Permalink

          Ga usah dibales comment yg ga penting, yg penting situ udah niat baik mau share pengalaman. Yg komen miring, ya itu2 aja kok. Semoga diganti kerugian Abda dengan rejeki yang berlimpah

          6
          3
          • 21 September 2021 - (05:48 WIB)
            Permalink

            Maaf kan. Memang rada m1nus. Dia sedang mengalami tekanan batin mungkin

            2
            3
          • 23 September 2021 - (11:10 WIB)
            Permalink

            beli hp di ig klo beli hp tuh sistem cod duonk

        • 20 September 2021 - (17:57 WIB)
          Permalink

          Setengah hari kale itu bukan sehari. Sehari tuh 24 jam.

          Tuh kan, sudah pasti itu penipuan. Mana ada Penjual yang bisa dapetin harga terbaik dengan durasi lelang sesingkat itu.

          Yang ada itu penjual cari rugi bukan cari untung.

          Setiap Penjual yang ngadain Lelang tuh pasti pakek rumus. Kalo orientasinya mau cari untung, ya pastinya durasi lelang bukan setengah hari. Rugi itu mah.

          Beda halnya misalkan lelang yang hasilnya untuk misi sosial. Misi sosial yang urgent. Yang duitnya harus segera di salurkan secepatnya, ini baru pakek durasi lelang yang singkat.

          4
          3
          • 20 September 2021 - (19:03 WIB)
            Permalink

            Deloken ta.. lambene tak pancet ae arek iki…raup sek kono loh !

            1
            1
  • 20 September 2021 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Terlepas penipuan atau bukan yang jelas itu sangat beresiko, kecuali kalo misalnya anda menang trus barang diambil langsung trus kasih uang atau jika full online, maka menggunakan rekber, semoga ada jalan keluar.

    • 20 September 2021 - (21:36 WIB)
      Permalink

      intinya adalah jangan pernah transfer langsung ke rekening orang pribadi kalo membeli sesuatu.. apapun alasannya……gunakan marketplace aja…

      3
      1
  • 21 September 2021 - (06:07 WIB)
    Permalink

    Harus berhati-hati memang. Kalau mau shopping di instagram sekarang sudah ada fitur instagram shopping yang nanti akan diarahkan ke e-commerce. Tentunya lebih aman.

    5
    1
  • 21 September 2021 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sudah sharing, kadang saya lihat di instagram ada iklan lelang online dengan harga murah memang mencurigakan.

    Btw istri saya dahulu juga pernah ingin beli Stroller bayi dengan harga lebih murah di instagram, dilihat dari akunnya sepertinya trusted. Jika tidak salah harganya 1/2 harga, setelah ditransfer si penipu masih berkilah bahwa perlu dana tambahan untuk bisa keluar dari bea cukai dan diminta bayar full seharga stroller asli nanti dana tersebut akan dikembalikan kembali. Istri saya baru diskusi ketika diminta transfer yang kedua tersebut.
    Akhirnya istri saya sadar bahwa ini adalah penipuan.
    Istri saya mendapatkan pelajaran didunia nyata, semenjak saat itu lebih hati hati dalam melakukan pembelian online transfer langsung.

  • 21 September 2021 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Mantap… kawal terus Bang. Biar kapok mereka itu. Jika sudah tertangkap, post ke sini lagi ya, kabar gembiranya. 👍👍

  • 21 September 2021 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Saran nihh, coba Anda buat akun palsu lagi di IG agar tau perkembangan di IG si penipu.. atau Anda bisa labrak tuhh via DM nya.. yaa siapa tau masalahnya bisa clear.

    1
    1
  • 20 Oktober 2021 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Mungkin yg komentarnya miring termasuk antek2nya penipu. Thanks admin udah mengingatkan.

    Silahkan bully saya!!!

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Waspada! Modus Penipuan Online Berkedok Lelang/Auction di Instagram!

oleh Didin dibaca dalam: 2 menit
27