Surat Pembaca

Shopee Tidak Lagi Ramah Bagi Seller

Kami adalah seller di semua marketplace dengan nama toko ikishabuyaki. Fokus penjualan di Shopee dan Tokopedia karena kedua marketplace tsb menghasilkan penjualan yang tinggi dibanding marketplace lain seperti Lazada, Blibli dan Bukalapak. Hanya akhir-akhir ini merasa berjualan di Shopee tidak nyaman lagi.

Hal terakhir yang menjadi keluhan saya adalah Shopee begitu mudah menghapus produk produk saya begitu saja dikatakan spam dan duplikat dari produk akun lain. yang ingin saya jelaskan disini adalah kami ini adalah produsen dari produk produk tsb. Kami adalah badan usaha resmi baik PT maupun CV dengan izin industri resmi. Status seller kami di Shopee adalah STAR+. Bagaimana mungkin produk yang kami upload adalah produk dari produksi kami sendiri dan kami foto sendiri dikatakan spam dan duplikat dari akun lain.

Kerugian akibat hal tsb ,kami melakukan upload ulang produk tsb dengan memulai jumlah penjualan produk tsb dari 0 yang seolah olah produk kami belum terbeli sama sekali ( kami sertakan foto terlampir ).

Mohon pihak Shopee lebih berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan seller. Sedangkan jika kami berjualan di marketplace lain khususnya di Tokopedia tidak ada kendala sama sekali dan merasa sangat nyaman. Status toko kami di Tokopedia adalah power merchant pro dan di Bukalapak sudah masuk di bukamall yang artinya toko kami adalah official store.

Semoga kedepan Shopee bisa memperhatikan para seller-nya. Terima kasih kami ucapkan ke media konsumen atas terbitnya surat kami ini.

Marisa Setyowati
Pimpinan PT Aplikasi Karya Arek Suroboyo dan CV Aplikasi Arek Suroboyo
Surabaya, Jawa Timur


Update (1 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • menunggu tanggapan dari shopee nya, oh ya.. apakah kakak sudah mengajukan komplain resmi ke Shopee nya, melalui CS / chat mungkin atau baru melalui Surat MK ini ?

    • Hanya di media konsumen ini aja kak , dan menurut saya sangat efektif. Begitu tulisan ini tampil , pihak shopee langsung menghubungi saya dan akan melakukan investigasi internal. Jika sudah tahu permasalahan saya ini , akan dihubungi kembali pihak shopee

  • Jika memang brand dan sebagai produsen saran saya mendaftar saja sebagai shopee Mall brands. Jika ada di posisi shopee mall brands akan ada posisi lebih kuat daripada berjualan sebagai star seller. Biaya dan promosi juga lebih menguntungkan. Semoga cepat selesai permasalahannya

    • Kami perusahaan yg baru dan mulai berkembang kak. Pernah mengajukan ke shopee mall. Salah satu syaratnya hrs pernah beriklan di minimal 4 media nasional dan masih bnyk syaratnya lagi. Semoga dlm waktu dekat bisa terpenuhi dan masuk shopee mall

      • Sy meyakini kalo ada 1 dan lain hal kenapa smpai terjadi spt ini, krn setiap aplikasi pasti memiliki algoritmanya masing2 yg berjalan otomatis. Tp sy jg yakin kalo semuanya ini jg dpt dibicarakan dgn pihak Market Place tsb, misalnya dgn menyertakan bukti2 spt sertifikat merk (HAKI) dan dokumen2 pemilik merk tsb.
        Memang sdh menjadi bagian dr resiko jika kita menjual produk melalui MP dimana kita tentunya hrs tunduk dan patuh thd peraturan dr MP tsb. Oleh sbb itu sebaiknya kita tdk hanya menjual produk kita di MP, ttp kita jg menjual produk kita di platform yg lain spt website misalnya, yg sy pikir ini wajib dimiliki oleh setiap penjual online. Contoh sederhana jika MP tsb membebani dgn biaya ini itu yg semakin lama akan semakin bsr krn mmg pihak MP sampai skg msh mensubsidi para penjual dgn memberikan insentif gratis ongkir misalnya, yg hanya sebagian kecil ditanggung oleh penjual, namun sebagian besar ditanggung oleh pihak MP, dan subsidi2 lainnya. Contoh yg fatal misalnya jika MP tsb sdh tdk beroperasi lagi, entah krn kebijakan pemerintah, ataupun disebabkan hal yg lainnya, lalu apakah kemudian kita tdk lg bisa jual produk secara online? Itulah mengapa website kalo menurut sy sangat penting, krn web itu adalah milik kita sendiri, tdk terpengaruh dr eksistensi MP ataupun sosmed.
        Mudah2an sekelumit pendapat sy ini bisa membantu.

  • Sama gw juga jualan di shopee gitu sampe cape fotoin barangnya tapi ujung ujungnya tetep dihapus sama shopee sampe gw tutup aja penjualan di shopee bikin naek darah.

  • Mamam deh lu shopeedul.
    platform paling kaku sepanjang masa.
    ada yg iseng report, tanpa tedeng aling2, main hapus produknya tanpa investigasi dulu.
    Terkesan masih amatiran.

  • Ini kasusnya sama dengan saya, ada 2 produk yang sudah terjual diatas seribu. Tahu2 dihapus shopee karena spam. Akhirnya memulai lagi dari nol. Ya sudahlah gak papa, bagaimana pun shopee sudah berjasa membantu penjualan saya. Terimakasih shopee semoga semakin baik dan ramah lagi ke penjual2.