Surat Pembaca

Debt Collector Akulaku Menagih Hutang Orang yang Tidak Saya Kenal

Saya tidak pernah menyetujui bahwa saya sebagai kontak darurat orang yang bernama M** A**. Untuk kesekian kalinya, saya diteror melalui telepon. Mereka mencari A** dan saya disuruh menyampaikan kepada A** agar bayar hutangnya di Akulaku. Sudah saya beritahu bahwa saya tidak mengenal A**, tapi mereka tidak peduli.

Akhir-akhir ini malah saya diteror pakai WA. Sampai saya katakan datang saja ke rumah saya dan nanti sama-sama ke tempat A**, kalau tidak ketemu, nanti kita sama-sama lapor polisi. Atau kalau tidak mau datang, saya akan laporkan ke Kementerian Keuangan dan OJK, bahwa Akulaku meneror orang yang tidak berhutang kepada mereka.

Dasar gila semua ini, gara-gara pinjaman online, orang yang tidak tahu apa-apa, kena imbasnya.

Herman Sugianto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Herman Sugianto

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Herman Sugianto pada tanggal 23...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Apakah bermain facebook dsb yg meminta akses kontak? Jika iya bisa jadi dari situ pak di mana kontak bapak ter sinkronisasi dengan kontak si penghutang sehingga di kontak si penghutang terdapat nomor bapak. Saya juga pernah case seperti ini, biasanya saya abaikan (jika hanya sebatas wa atau sms) dan saya blok kontaknya. Tapi kalau sudah meminta bertemu dan lainnya bisa bapak bawa ke pihak berwajib.

    • Cuma getu aja kok ribet ?? Iya diblock aja, ada yg WA no lain block lagi.
      Yg penting tidak ikut hutang, yg bikin darah tinggi karena direspon.

      • Hai kamu klw belm pernah di telor jangan komen ya... Asl tau ya di blok satu dia pasti no yg lain. Paham

        • Aku barusan di tagih dc pinjol ilegal, si dc baru ngoceh bau ngancem mo sebar data. Udah tak sebar data sendiri, tak maki2 sendiri tak bilang penipu lah maling duit perusahaan lah komplotan pinjol lah ke orang2 yg ada di kontak. Dibawahnya tak caption sebelum disebar dc tak sebar dewe. Screen shootnya tak kirim ke dc nya, lah malah auto memblokirkan diri

      • Aku Juga pernah Kaya gitu.... Risih sih cuma cu'xn aja lama lama kalo ga di respon dia cape sendiri terus ngiLang.
        Sengaja mau Ngadu domba,karena mereka tidak mendapat respon dari piHak yang punya utaNg.
        Yang Jadi pertanyaan kenapa dari piHak akulaku ga datang Langsung ya ke alamat yang tercantum,?malah neror kontak orLa?

  • “Dasar gila semua ini, gara-gara pinjaman online, orang yang tidak tahu apa-apa, kena imbasnya “

    Itu kalo di baca oleh pengguna Akulaku, merasa berdosa gak sih.?

    Hei kalian para Nasabah PinjoL Akulaku..!!! Kalian merasa Berdosa gak sih.??????

    Hei kamu yang pernah ngasih bintang 5 di Google Playstore nya Akulaku. Yang artinya kamu sudah promosiin Akulaku, artinya kamu mengajak semua orang Indonesia untuk pakai Akulaku.

    Merasa Berdosa gak sih kamu.??????

    Hei Kamuuuuuuuu

    • Mereka mendapat kontak dari hp kreditur, jadi semua kontak di akses tanpa ijin dan yg gak kenal juga di teror, alasan mereka jadi kontak darurat, alasan BASI karena semua kontak yg disadao dibilang kontak darurat padahal mereka gak tau apa apa, dan pemerintah gk mau menertibkan preman preman berkedok depcolector yg meresahkan

    • Lapor saja pak ke Call Center akulaku u/ hapus kontak darurat. Saya juga bulan lalu ditelpon akulaku padahal saya tidak kenal dengan orang yang dicari. Hampir setiap hari saya di telpon. Setelah saya lapor call center alhamdulillah sekarang sudah tidak ada telpon lagi.

  • Ini sama persis kasusnya dengan saya, nomor pribadi saya ditelpon tiap 10 menit dg nmr² yg tidak jelas yg tujuannya menagih hutang online yang tdk pernah saya kenal orang yang punya hutang, dengan memaki² secara kasar.. padahal dari awal sdh dijelaskan bahwa nomor hp saya bukan atas nama yg mereka maksud dan sayapun tdk kenal dg yg punya hutang, karena saya capek dg ulah penelpon,, saya abaikan saja

    • sama persis, di telp terus terusan padahal gak kenal dengan nama orang yg dia tagih, lama2 kan kesel juga jadinya

    • Dimasa susah seperti ini berjamuran pinjol pinjol baik yang berizin maupun ilegal yang nantinya menjerat dan mencekik konsumen.
      Yang legal harusnya diawasi oleh OJK dan penagihan yang diserahkan ke pihak lain tidak diperbolehkan menurut aturan yang berlaku tapi kenyataanya ..... . ya sudah lah siapapun yang pinjan maupun yang katanya dipakai sebagai kontak darurat tanpa izin sebaiknya dilawan saja

      • Sebetulnya bagi pemerintah gampang blokir semua tapi kenaap ini pemeritntah seolah olah tutup mata tutup telinga cukup dg laporkan padahal tinggal team siber bergerak mereka akan dapat semua ngapain beli alat yg sekian mahala harga nya untuk team siber kalau hanya jadi pajangan saja mah pemerintah harus turun tangan karena dampak pandemi org mencari uang yg gampang

  • Saya juga pernah ngalamin, meskipun bukan di marketplace yang sama. Perlu diperjelas siapa yang bakal jadi kontak darurat, kalau bisa harus ada surat pernyataan. Masalah pinjol yaa instan itu, mereka bisa ngasih pinjaman instan, tapi maunya balik instan juga.

  • Cuekin aja, itu mah dia yang ngaku2 situ dijadiin kontak darurat. Padahal Akulaku bisa akses kontak, bisa jadi no Anda termasuk yang ada di HP peminjam. Jangan dibales, jangan dibuka, jangan diblokir. Cuekin aja, percaya deh 2-3 hari udah ilang, bosen dia.

    • Dear Pak Raditya.
      Maksudnya statement "Cicil aja semampunya walaupun 10.000 per bulan" ditujukan untuk debitur yg sedang dicari oleh DC atau untuk Pak Herman ya... kalau untuk Debitur yg sedang dicari DC saran ini boleh aja dilakukan tetapi jika statement tadi ditujukan untuk Penulis (Bapak Herman) jelas tidak relevan, karena kan dalam penjelasannya Pak Herman sebagai korban sambungan tlp / WA random dari DC dimana Pak Herman sama sekali tidak ada urusan piutang dengan PINJOL tsb dan tidak juga mengenal siapa debitur yg sedang dicari DC tersebut karena PINJOL sudah terlanjur meretas semua kontak HP debitur untuk di teror dengan skenario seolah olah semua nama yg ada di HP debitur itu semuanya dijadikan kontak darurat oleh si Debitur saat melakukan transaksi peminjaman uang di PINJOL...

      Jadi sangat di maklumi jika Bapak Herman yg tidak ada urusan pinjam meminjam dengan PINJOL tersebut menjadi merasa terganggu dengan segala skenario penagihan yang dilakukan DC tersebut sehingga menuangkan kekesalannya di dalam Media Konsumen ini

      • Betul sekali pak royke, mungkin terlalu cepat membacanya sehingha salah penafsiran, thank you pak

    • hahahah...sudah byasyaaaa..pernah kaya gini juga sih..
      ditlp DC..ditanya tanya...cuma aku jawab santai , semua pertanyaan DC aku jawab "gak tau" dan " gak kenal"..ada nada acaman..saya jawab lagi "gak tau & gak kenal" ..

      intinya jangan kita yg emosi, tapi biar DC yang emosi..?????

  • aku juga pernah di tlp kayak gitu.berkali2 nagih akhir nya seluruh penghuni kebun binatang keluar & semha jenis umpatan dan cacian kelur abis itu gak berani tlp lagi. itu bukan kontak darurat..mereka cuma dpt akses ke contact hp ketika aplikasi di instal. dan secara random semua kontak akan di kirim broadcast. yg ngerespon itu yg bakalan di kejar. solusinya blokir.

  • Saya belum lama ini juga mendapat telepon serupa yang mencari seseorang yang saya tidak kenal dengan dalih kalau nama dan nomer HP saya digunakan sebagai kontak darurat.

    Saya tegaskan saja kepada penelpon bahwa tidak mungkin saya ýg tidak saling mengenal dengan debitur (peminjam) dapat dijadikan kontak darurat dan saya ceramahin penelpon kalau trick yg mereka pakai sudah ngga efektif lagi alias sudah basi (sudah banyak tersebar tips mengatasi penelpon model begini di YouTube dll) dan saya katakan kalau saya bukan benar benar sebagai kontak darurat si debitur tetapi pihak kaliàn (PINJOL) yang meretas semua kontak di HP debitur dan menghubungi satu per satu (secara acak) dengan kalimat yang sama kalau yg di hubungi adalah orang yg di tunjuk oleh debitur sebagai kontak darurat (sepertinya di penelpon memang di training untuk membaca script yg sama untuk urusan penagihan ini).

    Kemudian endingnya saya block saja nomer penelpon sehingga sampai saat ìni ama tidak dihubungi lagi (krna jika tidak berhasil maka si penelpon akan mencoba nomer lain yg sudah diretas dari kontak HP debitur) demikian lah skenario penagihan ini berlangsung.

    Jadi tidak udah risau.. block saja dan abaikan semua ucapan kasar penelepon.