Top Tech di Tokopedia Tidak Profesional dan Tidak Bertanggung Jawab

Kasus 1
Pada tanggal 10 Mei 2021 pagi pukul 7.00, saya mencoba bertanya ke beberapa toko online di Tokopedia mengenai ketersediaan stok laptop bermerek Lenovo dan pengiriman yang saya inginkan dilakukan hari itu juga. Mengingat beberapa hari berikutnya suasana sudah mendekati lebaran dan kemungkinan toko dan jasa pengiriman akan libur. Saya saat itu berencana untuk menggunakan metode pengiriman instan.

Top Tech saat itu mengkonfirmasi bahwa stok ada dan pengiriman dapat dilakukan saat itu juga (hari yang sama dengan order). Setelah melakukan transaksi dan melunasi pembayaran, toko seolah menghilang dan ketika dimintakan konfirmasi, saya diberikan alasan yang bermacam-macam, tapi tidak masuk akal.

Setelah dikejar selama 2 hari barulah barang dikirimkan, Patut dicatat bahwa saya menggunakan metode pengiriman instan dan penjual sebelumnya sudah konfirmasi bahwa pengiriman dapat dilakukan pada hari yang sama dengan transaksi.

Kasus 2
Pada tanggal 31 Agustus 2021, laptop yang dibeli di atas, bluescreen dan tidak bisa menyala. Setelah dibawa ke service center resmi, diketahui bahwa kerusakan ada di SSD (yang saat itu saya ketahui merupakan paket dari Lenovo). Kemudian diketahui bahwa SSD bukan merupakan paket dari Lenovo (dilihat dari registrasi laptop yang dimaksud), sehingga saya coba klaim garansi ke Top Tech.

Sangat disayangkan Top Tech merespon dengan sangat lambat. Setelah berdiskusi alot, Top Tech bilang SSD bukan merupakan tanggung jawab mereka, karena mereka anggap ini merupakan bagian dari paket Lenovo.

Melihat kondisi fisik (stiker segel) SSD yang dimaksud dan juga tidak bersedianya Top Tech mengganti kerusakan SSD ini, saya curiga SSD yang mereka jual merupakan barang gelap (bekas atau refurbish). Hingga saat surat ini ditulis mereka tidak menawarkan solusi yang masuk akal, misalnya dengan mengganti dengan sejumlah uang ataupun mengganti dengan barang baru.

Saya tulis surat pembaca ini tentunya bukan untuk protes ke pihak Top Tech (karena saya sudah nyerah dengan mereka), melainkan agar pengguna toko online lebih waspada dan detil memastikan garansi dari tiap komponen yang dijual toko, khususnya bila akan beli melalui toko online Top Tech.

Adhitiya Novfinal
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Beli elektronik yang mahal sudah semestinya kita harus beli langsung saja ke toko nya jg lewat online kecuali kita faham elektronik 😁🙏🏻🙏🏻🙏🏻

      • saya sih paham elektronik, ngutak atik bootloop laptop sampe jalan lagi juga bisa.
        kontrak jual beli juga saya khatam.
        tp kalo ada default dari 1 pihak (dalam hal ini penjual) yg merupakan bagian dari risiko transaksi online, itu di luar kuasa saya. yg saya cuma bisa lakukan adalah protes ke tokonya, dan kalo gak digubris paling curhat di platform surat pembaca (mudah2an sih curhatannya berguna buat netizen lain).

    • @tokopedia toko top tech rating bintang satu dari ulasan pembelinya tak terhingga WoW sungguh Amazing status officialstore tapi tidak bertanggung jawab terhadap produk yg dijual.

    • wakakaka bisa aja juragan ini. double kill ya, ngerugiin konsumen: penjual untung, black campaign: penjual juga untung dapet campaign gratis.

  • Setahu saya garansi laptop itu keseluruhan unitnya apalagi ini yang bermasalah SSD bagian internal laptop yang tidak mudah diakses, selama buka karena human error harusnya masih bisa diklaim garansi oleh service senter resmi.

    Saya juga baru beli laptop di Tokopedia alhamdulillah aman, sebaiknya cek dulu testimoni pembeli sebelumnnya. Kalau memang banyak yang bermasalah sebaiknya jangan beli di toko itu.

    • Kalau pihak Lenovo sampai menolak berarti ada indikasi SSD nya diganti sendiri/dipreteli oleh seller. Mungkin diganti dengan yg merk murah. Official store centang ungu lho padahal. Parah ya.

  • Klo sy pribadi beli brng mahal mending langsung ke tokonya...gak ambil pusing ketimbang lwt online...ujung²nya kena tipu

  • Saya sudah puluhan kali belanja laptop di Tokopedia untuk kantor.
    Dan kebanyakan memang lenovo, tapi gatau apakah SSD itu masuk garansi lenovo atau engga, karena SSD itu gampang dicopot, dan gampang di cloning.

    Rekomendasi saya biasa belanja laptop itu di envic store, sudah puluhan laptop saya beli disana, dan Alhamdulillah sejauh ini aman.
    Next time seller bisa dinilai dari rating dan cara balas pertanyaan.