Surat Pembaca

Pinjol UangMe Tidak Bisa Refund Kelebihan Pembayaran Saya

Selamat Siang, Media Konsumen. Terima kasih atas dimuatnya surat ini. Dengan ini saya ingin menginformasikan, sekaligus media ini sebagai tindak lanjut saya, sampai dengan uang saya kembali.

Nama saya Gilang Pratama, ceritanya saya ada pinjaman di fintech pinjol UangMe (legal OJK). Dimana hari ini saya melakukan pembayaran (sebelum jatuh tempo) dengan tagihan sebesar Rp3.719.100. Namun saya salah memasukkan nominal menjadi Rp37.199.100. Yang tentu saja kelebihan bayar sebesar Rp33.480.000. Ini pure kesalahan memasukkan oleh saya, karena nominal tidak ter-lock pada virtual account.


Setelah dihubungi, UangMe menjawab uang tidak bisa dikembalikan. Tentu saja saya keberatan akan hal itu, karena memang saya saat ini tidak berniat meminjam kembali. Lalu mengapa uang saya dijadikan extra balance untuk meminjam kepada UangMe?? Sangat lucu bukan?? Apakah hal tersebut masuk akal??

Bayangkan uang yang akan terpotong karena harus membayar bunganya kira-kira 20-23%, yang berarti kisaran Rp8 juta uang saya akan mereka potong untuk membayar bunganya.

Saat ini saya sudah menyatakan bahwa saya tidak bersedia uang saya diendapkan seperti itu dan memang sangat dibutuhkan untuk kepentingan lainnya. Hanya itu saja uang sisa saya dan saya meminta sisa dana dikembalikan utuh ke-rekening saya yang terdaftar di Aplikasi UangMe. Apakah sulit seperti itu apalagi rekening saya terdaftar di aplikasi mereka??

Saya mengerti memang adalah kesalahan saya bahwa salah memasukkan nominal, tetapi uang tersebut adalah tetap hak saya dan tidak berhak diendapkan diaplikasi dan memaksa meminjam kembali jika ingin dana tersebut kembali. Apakah masuk akal?

Hari ini saya direspon via telepon oleh petugas CS dan email CS@uangme.com bahwa hal ini sedang ditangani oleh tim terkait, tetapi tidak diinformasikan jangka waktu penanganan sampai kapan walaupun saya sudah desak minta waktu penanganan tersebut sampai kapan.

Media ini saya gunakan sebagai monitoring, sampai dengan uang saya kembali utuh. Agar kita bisa lihat kinerja dari UangMe terhadap nasabahnya. Saya juga sudah merekam semua percakapan dengan CS UangMe.

Apabila prosesnya berbelit-belit, atau hal tidak memuaskan lainnya, selanjutnya saya akan mengadu ke OJK dan kepolisian sesuai dengan email yang saya kirimkan sebelumnya. Tetapi apabila ternyata solusi dan kinerjanya cepat, saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya.

Demikian surat ini saya buat agar dapat dilihat oleh UangMe dan dapat dibantu segera proses refund saya. Terima kasih banyak atas bantuannya.

Gilang Pratama
Jakarta Utara


Update (27 September 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak UangMe sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan UangMe atas Surat Bapak Gilang Pratama

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Pinjol UangMe Tidak Bisa Refund Kelebihan Pembayaran Saya” yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • menurut pendapat sy uang mas itu sprtinya tdk akan dikembalikan oleh pinjol mendingan buat laporan polisi aja
    susah klo urusan sm rentenir walaupun itu uang kita tp kan pinjol itu sprti sayton

    • Alhamdulillah mas, uang saya sudah dikembalikan per siang ini sdh masuk direkening saya. Lega banget.

      • Itu murni uang mu atau lo masih ada kewajiban hutang di tempat lain.?

        Mikir coba.!!!

        Lunasin dulu semua hutangmu, gak da guna saldo berjuta juta kalo masih ada tanggungan hutang.

          • Yah. Ambigu lagi

            Sebenarnya ini penting buat lo jelasin. Lo tadinya gak ada duit, trus lo ngaku terpaksa Minjol dengan bunga gede. Terpaksa karena yakin bisa bayar. Karena yakin bakal dapet rejeki banyak.

            Nah. Lo sudah sangat YAKIN BAKAL DAPAT REJEKI BANYAK.

            Apakah itu.?

            Ini penting untuk di pahami agar bisa menolong yang lain biar terlepas dari belenggu pinjol.

    • Di MK, Lo itu tercatat sebagai Nasabah Home Credit, nasabah Kredivo, dan juga nasabah UangMe.

      Saya gak yakin Rejeki itu benar benar murni uang anda.

      • Ya mau yakin mau enggak ya terserah....hahahahha.... Kan bodo amat bukan urusan sayahhh.....

        Yang penting punya duit, gak julid sama orang...ini tau2 dateng koq sibuk amat?

        Home credit coba baca lagi yaaaa yang teliti, saya bukan nasabah home credit.

        Kredivo alhamdulillah udah lunas semua....

        Ya pasti gak malu juga org kaya situ mah udah nuduh2 tapi salah... Potonya juga poto palsu.

      • Sayangnya tidak dan gak pernah jadi nasabah homme credit...maaf buat anda kecewa. Maaf bgt....
        Coba kalo mau jelek2in orang diriset yg bener yaaa....

        • namanya juga mesin komentar/robot.otak, akal, dan hati nya gak ada.
          dy sudah di program dari sana nya. program yang sudah di tanam di otak nya adalah
          mencibir, menerka nerka , sok tau, dan fitnah.
          cara terbaik lawan robot, abaikan saja. atau di olok olok aja.

          dan buat anda
          alhamdulillah case nya udah selesai.

  • Gilang04... harap dimaklumi nyinyiran dan komentar ngga penting dari Isdebe ini karena kata Ibunya (tertulis dikomentar Surat Pembaca saya yg dimuat di MK beberapa minggu lalu) kalau si Isdebe ini di PHK dari kantornya jadi agak agak terganggung mentalnya jd semua Surat Pembaca yang masuk di MK selalu dikomentarinya. Entah apa maksudnya saya juga tidak paham

    • Terima masih atas respon dan penanganannya serta bantuannya dalam hal ini. Saya sangat mengapresiasi cepatnya keluhan ditangani ? Untuk selanjutnya saya sudah memposting apresiasi terhadap cepatnya penanganan tersebut dan saat ini sedang dalam proses verifikasi oleh redaksi MK. Semoga tambah baik lagi kedepannya ⭐⭐⭐⭐⭐

  • Hei Isdebe.. gaya lo cuma tema yang menarim doang yg lo komentarin.. perasaan gue semua Surat Pembaca yang masuk pasti ada aja komentar elo disana... mungkin ini manusia cari perhatian ya dengan rajin komentar di MK ... kasihan sekali tidak ada yg memperhatikan jadi cari cari perhatian publik di MK ??????????

  • Jelas harus bisa direfund/ dgn bahasa pembayaran keluar sebesar kelebihannya jadi akan setimbang,bukan refund keseluruhan karena request penulis sangat jelas. Oh sudah dikembalikan toh baguslah klo gitu. Good work.

  • Salam Galbay uang me.. ?
    Semua pinjol sama aja, kaga ada yg bener... Mau OJK mau engga.. Sama aja.. ?
    Please Don't try.. ?
    #salam Galbay.. ?

  • Laporkan ke Kepolisian, OJK dan gugat perdata melalui lembaga pengadilan Pak. Itu uang kelebihan bayar adalah hak bapak dan mereka tidak berhak menahan uang tersebut.