Sistem Telkomsel Memotong Pulsa Pelanggan, Meski Kuota Masih Tersedia

Yang Terhormat PT. Telekomunikasi Selular Tbk.

Saya ingin mengeluhkan bahwasanya pada hari Rabu, 22 September 2021 00:11, terjadi pemotongan pulsa saya dari yang seharusnya sekitar Rp 67.7** menjadi Rp61.635 disertai notifikasi pemotongan pulsa via SMS (gambar terlampir). Padahal kuota malam masih tersedia. Saya sebelumnya menggunakan WIFI dan jaringan sedang dalam kondisi mode pesawat.

Pada saat yang bersamaan, saya langsung melaporkan ke CS Telkomsel via Twitter dan diberikan nomor tiket 1-CK577Q9 dan diberikan waktu maksimal 4 hari kerja.

Selanjutnya, saat tanggal 24 September 2021, saya menanyakan progress dari nomor tiket saya. Alangkah terkejutnya saya, ketika saya disalahkan karena tidak melakukan mode pesawat untuk me”refresh” jaringan agar terkonsumsi kuota malamnya.

Padahal saya sengaja melewati beberapa menit dari jam mulai kuota malam berlaku (pukul 00.00). CS Telkomsel menolak untuk mengembalikan pulsa yang terpotong karena sistem Telkomsel yang salah.

Mohon kiranya untuk penindaklanjutan laporan yang ada dan segera mengembalikan kerugian pulsa yang telah dipotong dari akun nomor saya. Terima kasih.

Aquinaldo Boyfame R Sipayung
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Sistem Telkomsel Memotong Pulsa Pelanggan, Meski Kuota Masih Tersedia

  • 26 September 2021 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Plis gan cuma 5rb gitu, lagian agan kuota nya knp gak full 24jam aja sih , kan ribet midnight mah ??????

    3
    24
    • 26 September 2021 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Jangan dibiasakan bang kalo ada kesalahan dari pihak operatornya sendiri.

      Kamu tau sendiri perusahaan plat merah banyak bertingkah, jadi ya kalau tidak keras seperti ini bisa saja terulang di kemudian hari.

      Terima kasih.

      38
      1
      • 27 September 2021 - (22:21 WIB)
        Permalink

        Saya sering banget ngalamain kaya gini jg bang..
        Pulsa terus terpotong pdhal kaga pernah dipakai. Dr 100rb an sampe yg sisa cuma 5rb jg kepotong tuh sampe abiss.
        Trus utk paket internet, dah 2x nih kejadian isi paket bulanan 24jam, sisa 8gb gk bisa digunain terus balance pulsa langsung Rp 0. Pernah report ke telkomsel nunggunya seminggu baru deh 8gb nya bisa dipakai lg. Untuk pulsa yg udah Rp0, mereka cuma minta maaf doang

    • 26 September 2021 - (20:08 WIB)
      Permalink

      Sorry bang, kalau nggak ngalamin jgn bilang ‘cm 5 ribu’
      Kebayang ngga paket saya g ada midnight2an , tp dlm sehari dapat sms potong pulsa ‘cm 5 rb’ tapi 2 kali sampai 3 kali sehari?

      14
      • 26 September 2021 - (22:05 WIB)
        Permalink

        Masih mending bro, saya pake hp jadul aja masih terpotong pemakaian internet itu gmn pula. Memang setelah saya laporkan dan datang ke GraPARI terdekat masalah tersebut tuntas. Mudah mudahan sampai sekarang gak terpotong lagi.

    • 26 September 2021 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Mungkin bagi anda kecil tetapi bagi telkomsel itu sangat besar …yg di atas cuma salah satu contoh yg menyuarakan dan yg tidak perduli seperti anda mungkin jutaan ???kalikan saja broo bisa miliaran

      15
    • 27 September 2021 - (12:45 WIB)
      Permalink

      iya ni saya juga gitu. padahal saya ada kuota 4g ceria eh tiba” pulsa saya kepotong kek abang. kek gak adil gitu jadi nya pihak Telkomsel udah harga kuota mahal sinyal lelet jerah jadi nya pake Telkomsel.

    • 27 September 2021 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Msih mndg 5rb aq prnh ke potong 25rb tpi operator plat kuning sih isi plsa 50rb data posisi off tpi kok msih bisa ke potong ya

    • 27 September 2021 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Kesalahan yo jangan dibela, yang kena kan ga dia aja, 5000 itu cuman dapat gorengan lima, kalo 10 orang itu udah gorengan 50 lah operator itu nasabahnya ada berapa. Karena saya juga kena.

    • 27 September 2021 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Telkomsel memang gitu sih, gw juga sering ngalamin nya. Gw isi pulsa 75k, gw beli paket internet 4g ceria 2x, yakni 20k=sisa 55k. Nah.. sisanya itu habis ludes kepotong terus tiap gw nyalain data seluler. 55k abis ludes cuma dalem 3 hari lho bre ?. Banyak orang tua termasuk tetangga gw yang bilang kalau Telkomsel ini memang suka nyedot pulsa walaupun kita sudah membeli paket internet. Memang layanannya lebih burik dari yang lain. Kalo itung total, pulsa gw abis lebih dari 100k dimakan sama si tuyul, truss hal kek gini juga jadi pelajaran sama kita pengguna tsel bahwasanya kalau ngisi pulsa langsung di abisin aja. Beli paket internet yang harganya hampir setara dengan jumlah pulsa tadi, biar gak kemakan sama si tuyul

    • 15 Oktober 2021 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Cuma 5rb katanya, nah apalagi yang gua, setiap hari kena potong 120 rupiah lah. 240 rupiah lah, coba kalikan berapa pelanggan yang dia buat begitu, udah berapa ratus juta mereka dapat? Aneh gua pakai wifi aja pulsa masih kena potong, nanti gua up setelah akun terverifikasi untuk lebih detail nya, jangan biasa kan “cuma”

  • 26 September 2021 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Sudah bro, tinggalkan Telkomsel. Dulu memang Telkomsel terbaik. Tapi sekarang orang orang Terbaik di Telkomsel sudah Pensiun Semua. Jadilah sekarang Telkomsel operator terKaleng Kaleng se-Indonesia.

    Kalo Lo tetep bertahan banyak ruginya bro.

    Jangan sayang dengan nomor, w pribadi punya nomor Telkomsel sejak 2006, awal tahun 2020 w paksain bebas dari belenggu Telkomsel.

    Hitung 2006 ke 2020 berapa tahun bro……?
    14 Tahun Bro. Mulai tahun 2017 ke 2020 itu w sudah sering dikadalin bro. W bisa sabar karena sayang nomor. Tapi lama lama Telkomsel malah nginjek muka bro.

    Karena sakit hati ya w relain aja nomor itu. Ambil tuh nomor…. Telkomsel gak penting, musnahlah Telkomsel musnah…… Gitu bro harapan w.

    19
    2
    • 26 September 2021 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Untuk nomor karena baru kali ini aja ada dikhianati dan promo juga sering mampir ya tetap setia dong.

      Tapi sudah selesai kok permasalahannya karena bukti semua lengkap dan sudah dikembalikan pulsa semua yang terpotong.

  • 26 September 2021 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini gak jaman lagi sayang sayang nomor. Kalo dirasa sudah merugikan ya buang. Semudah membalikkan telapak tangan bro.

    Kenapa bisa begitu Bro. Sekarang nih komunikasi lebih fokus di WA sedangkan di WA, ketika kita ganti nomor itu gak berpengaruh teman kita bakalan hilang. Lo pahami dulu deh, atau mungkin lo sudah paham. Jadi jangan lagi sayang sayang dengan nomor. Itu pikiran jadul.

    Gue saat ini pakek IM3 itu sudah murah banget. Tapi 2 hari yang lalu gue lihat iklan operator ‘Live On’, terlihat sangat menggiurkan. Ya bisa saja saya tiba tiba tidak mengisi kuota IM3 lagi, dan beralih ke Live On.

    Sekarang ini yang penting sayang duit bro, jaman gak menentu ini butuh sikap hemat. Banyak kebutuhan lain yang jauh lebih penting daripada sayang sama nomor ‘gak penting’.!!!

    9
    2
    • 26 September 2021 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Haha… Bagi yang no HP nya gak terdaftar di SMS banking / aplikasi pembayaran elektronik sih gak penting. Tapi bagi yang nomor HP nya terdaptar di aplikasi Bank / aplikasi pembayaran elektronik ya gak semudah itu bro ??

      10
      • 26 September 2021 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Gak semudah gimana bro.? Apa lo sudah pernah ngalamin susahnya ganti nomor bro.? Pasti belum kan bro.? Di coba aja bro, seperti membalikkan telapak tangan.

        Dulu nomor w terhubung juga di banyak aplikasi, nomor itu sudah 14 tahun bro w pakek, dan nomor satu satunya yang dulu w punya, bayangin. Lo coba dulu bro baru bilang susah, coba aja belum.

        Kalo sudah coba dan ternyata susah, baru lo ceritain lagi bro susahnya dimana.?

        Tapi w jamin gak bakal susah bro.

        3
        2
        • 26 September 2021 - (20:18 WIB)
          Permalink

          secharha, si pembobol akun aja bilang mudah, masa’ si yang punya akun sendiri malah bilang susah.

          1
          1
        • 27 September 2021 - (01:10 WIB)
          Permalink

          Tergantung pikiran masing masing aja ya bro. Yang anggap kecurangan Telkomsel tidak seberapa karena kalian masih merasa mampu untuk membayar. Ya mungkin bagi kalian ngapain ganti nomor, malah merepotkan saja.

          Tapi yang jiwanya sudah berpikir kritis, sudah melihat jaman semakin tak menentu, pastinya lebih baik menjauh dari kecurangan itu bro.

          Usaha ganti nomor tidak makan waktu lama, daftarin nomor yang baru pelan pelan pada setiap aplikasi tidak butuh waktu seminggu. Untuk perubahan nomor M-banking itu aja paling lama 4 hari bro. Sisanya aplikasi aplikasi yang bisa di kerjain cuma hitungan menit.

  • 26 September 2021 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Emberrrran. Aku jg pulsa 135.000. Skr jd 80.000 pdhl kuota ada. Selaluu saja terpotong.tiap harinya. Kubpindah sj ke axis

  • 26 September 2021 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Saya juga sering mengalami hal tersebut. walaupun kepotong pulsanya cuma sedikit sekitar 1k 2k. Ya kalau sering bikin kesal juga. Padahal paket internet masih banyak. Menurut saya Telkomsel ketinggalan fitur. Seperti indosat dengan pulsa safe dan axis dengan pulsa lock di axisnet nya dan xl kontrol pulsa di myxl.

    • 26 September 2021 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Bukan ketinggalan fitur. Tapi Telkomsel sengaja pasang jebakan batman.

      Lo kalo udah sering bolak balik ke Grapari baru bisa sadar, ternyata apa yang tampil di ‘aplikasi MyTelkomsel’ dengan yang tampil di depan monitor komputer Pegawai Telkomsel di Grapari itu, sangat berbeda dan tidak Sinkron.

      Jadi paket apa yang w daftarin itu mereka tidak tahu dan mereka bisa tahu ketika menyontek di aplikasi MyTelkomsel di hp w.

      W daftar paket gratis nelpon, tapi yang kesedot pulsa utama bukan paket gratis.

      Di aplikasi ‘MyTelkomsel’ w daftar paket sebanyak 2 kali di jam menit sekian sekian tapi di monitor Grapari hanya tercatat 1 kali dan jam daftarnya pun berbeda.

      Selanjutnya w dibuatin surat, katanya untuk di teruskan di bagian IT. Setelah seminggu berlalu, mereka mengakui bahwa kesalahan memang dari sistem mereka.

      Dari situ w merasa iiiihhhhhh. Itu kejadian bukan sekali dua kali kayak gitu ternyata memang selama ini bukan salah dari w tapi salah dari sistem Telkomsel. Rugi banget w.

      5
      1
  • 26 September 2021 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Begitu emanh tsel ni…. Saya isi 20 rb. Bli paket mingguan 4G 12 rb yang 8 rb raib… Padahal paket data+tlfn masih ada…..

    • 26 September 2021 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Itu kalo anda datang ke Grapari, mereka melihat di monitor pasti bilangnya anda tidak pernah mendaftar paket itu.

      Coba anda buka Aplikasi ‘MyTelkomsel’ dan tunjukan pada pegawai itu, baru deh mereka percaya.

      Aplikasi ‘MyTelkomsel’ itu penting bagi kalian yang masih setia dengan Telkomsel. Karena yang tampil disitu Jujur.

      Sedangkan yang tampil di monitor Grapari itu, gak tau deh mereka buka apaan kok datanya bisa beda.

      6
      2
  • 26 September 2021 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Saya dulu beli pulsa pakai kartu kredit, sudah tertransfer tuh duit, tapi pulsa ga nambah. Begitu komplain, disuruh sebutin nomor kartu kredit yang 16 angka itu, kalau ga mau sebutin , di suruh ke grapari terdekat. Langsung aja sy masukin ke media konsumen. Komplit dengan nama operatornya. Ternyata ga di bales bales. Saya kasih juga ga bisa di apa apain , lha semua by system koq , tinggal lihat disystem udah bisa lihat, terpotong atau di kembalikan? Nah pikir deh, perlu nomor kartu kredit buat apa?

  • 26 September 2021 - (23:55 WIB)
    Permalink

    SEbenernya bukan masalah nominal pulsa yg terpotong sih.
    Cuma konsistensi dan tanggungjawab operator/provider terhadap pelanggannya.
    Kita udah bayar/beli kuota, masih aja dipotong pulsa. Mau cuma Rp. 1,00 pun kalo masih ada kuota, seharusnya operator/provider tidak berhak memotong pulsa.

    • 27 September 2021 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Setiap pelanggan di potong pulsa 1 rupiah, dikaliin 160 juta pelanggan, sudah 160 Juta tuh Telkomsel dapet duit.

      • 27 September 2021 - (05:39 WIB)
        Permalink

        Wah ini Pak Erik Tohir mesti tahu..
        Telkomsel parah banget,
        Yg pra bayar kehilangan pulsa misterius,
        Yg pasca bayar tarifnya mahal gak masuk akal..!

  • 27 September 2021 - (00:09 WIB)
    Permalink

    kesimpuLannya jgn pake perdana operator bro, mendingan pake WIFI saja, ngikut ngetem/byar dikit stiap kaLee ada pancaran sinyaL wifi tetangga/jalanan/tempat2 hotspot yg dijangkau ama HP Lu

  • 27 September 2021 - (03:40 WIB)
    Permalink

    Pulsa juga kemarin melayang sekitar 100 ribu lebih.. Karena tidak ada sms paket akan segera habis. Setelah saya cek pulsa hilang, paket data habis… Sekarang telkomsel lagi buru target cuan dari pelanggan

  • 27 September 2021 - (04:20 WIB)
    Permalink

    Solusinya jangan ada pulsa yang tersisa sob, tinggal tembak paket internet, paket telpon atawpun paket SMS lebih aman ??????

  • 27 September 2021 - (05:37 WIB)
    Permalink

    Payah ya Telkomsel.. yg pra bayar sering kehilangan pulsa misterius, yg pasca bayar tarif mahal gak masuk akal.!

  • 27 September 2021 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Terlepas benar/salah antara TS ataupun operatornya, sy kurang suka memang sama Telkomsel ini. Kuota data abis, langsung sikat pulsa. Padahal, mana ada pelanggan yg menghendaki pemakaian pulsa tarif Rupiah per kb atas internet? please deh, itu namanya niat maling pulsa. Tirulah provider tri, yg aman dari begal pulsa internet bila paket data habis. Tidak ada tindakan dari menkominfo atas hal ini, telah terjadi PEMBIARAN selama bertahun2 lamanya. Coba kasitau saya berapa ratus miliar masuk ke rekening Telkomsel atas pemakaian pulsa per kilobyte ini?

  • 27 September 2021 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Kirain cuma aku doang yang ngalamin ternyata banyak juga ya… Paket udah 24 jam tapi tetep aja pulsa kesedot pas dipake…. Asem…

  • 27 September 2021 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Operatornya ngelag terus pernah sekali lagi beli paket data terus gak responsif. Niatnya cuma paket data yg 35rb tapi seharian nggak di konfirmasi, saya spam kode smsnya 2x malah kesedot 70rb (soalnya kan saya kira gagal transaksi yg pertama) dah kapok pakai yg segala bentuk telkom”

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Sistem Telkomsel Memotong Pulsa Pelanggan, Meski Kuota Masih Tersedia…

oleh Aquinaldo dibaca dalam: 1 menit
44