Kecepatan Akses Internet XL dan Axis yang Sangat Lambat

Dengan hormat,

Saya adalah pelanggan XL Axiata (XL, Axis, Live.on) sejak tahun 2013. Saya mengeluhkan koneksi internet yang sangat lambat sejak Maret 2021 sampai dengan saat ini.

Screenshot kecepatan internet XL/Axis berlangsung di tes dengan menggunakan aplikasi Speedtes
Screenshot kecepatan internet XL/Axis berlangsung dites dengan menggunakan aplikasi Speedtest

Pada tanggal 31 Agustus 2021 saya mencoba membeli paket XL Akrab 144GB untuk 3 anggota nomor XL. Ketika saya coba ternyata nomor XL saya dan 2 nomor XL lainnya juga mengalami hal yang sama, dimana kecepatan internetnya sangat lambat. Tidak hanya itu, saya juga mencoba membeli paket Bronet Axis 3GB. Hasilnya pun sama, koneksi internet juga sangat lambat.

Hasil kecepatan unduh/unggah internet XL/Axis dengan menggunakan aplikasi Speedtes
Hasil kecepatan unduh/unggah internet XL/Axis dengan menggunakan aplikasi Speedtest

Saya telah berkali-kali menghubungi dan melaporkan keluhan saya di Call Center 817 atau +622157959817 dan melalui email customerservice@xl.co.id. Namun sampai dengan saat ini masih juga belum ada perubahan ataupun solusi. Jawaban dari Call Center, dibuatkan laporan dan di-follow up kembali ke pihak terkait, serta nomor saya di-refresh kembali. Namun koneksi internetnya masih tidak berubah.

Setiap kali saya menghubungi pasti jawaban itu terus. Bahkan saya disuruh untuk selalu melakukan Clear Cache untuk setiap aplikasi yang akan saya gunakan. Sementara jika saya mengganti provider selain XL tidak perlu melakukan hal seperti itu dan selalu lancar.

Begitu juga lewat email, saya sudah mengirimkan bukti screenshot tes kecepatan, buka aplikasi YouTube atau aplikasi media sosial lainnya yang sangat lama. Namun juga tidak ada perubahan.

Aplikasi YouTube lama menampilkan video feeds
Aplikasi YouTube lama menampilkan video feeds

Saya sangat kecewa dengan sikap XL, yang tidak sama sekali merespon keluhan saya dan membiarkan permasalahan saya berlarut-larut atau tidak ada perubahan. Harga yang dibayarkan konsumen harusnya sesuai dengan kualitas yang diberikan. Jika harganya murah, kualitas seperti ini saya terima dan tidak komplain. Ini saya sudah bayar mahal-mahal dan membeli paket kebanggaan XL, yaitu Paket XL Akrab, tetapi kualitas layanannya seperti ini.

Saya mohon tanggapan dari XL Axiata dengan jawaban yang substansial dan merujuk ke penyelesaian masalah, tidak dengan tanggapan atau jawaban normatif seperti yang saya dapatkan di jawaban Call Center maupun di email yang berputar-putar disitu-situ saja.

Terima kasih.

Budi Syahreza
Aceh Tamiang, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:51    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Budi

Jakarta, 13 Oktober 2021 Ref.CM/CU/E/002/1021/NT Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Budi melalui Mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Kecepatan Akses Internet XL dan Axis yang Sangat Lambat

    • 29 September 2021 - (02:17 WIB)
      Permalink

      Bacot, XL, XtraLag awowwkwowk, aku aja dah beralih ke Telkoms*l, provider jaringan gk ngotak, asal isi pulsa masa aktif paling sedikit, padahal isi pulsa 25k, tapi gitu lh,mau gimana lagi…. Setiap jam 22-01 wib pasti selalu gak bisa ngapa2in🤣🤣🤣🤣

    • 29 September 2021 - (03:04 WIB)
      Permalink

      Tolong dong di perbaiki jaringannya kalau pingin konsumen tetap setia,kalau tidak di perbaiki nanti konsumen pindah ke operator lain, karena saya juga pengguna xl/axis merasakan hal yang sama padahal rumah saya dekat sama towernya dan yang jaga towernya juga bapak saya.
      Tolong di perhatikan semua keluhan pengguna Terima kasih.

    • 29 September 2021 - (03:08 WIB)
      Permalink

      Kebalik bro… Tugas sampean kan melayani, yang harus menghubungi ya sampean, jangan karena dia yg butuh,karena dia udah BAYAR hlo untuk beli paket, dan itu pakai uang, bukan daun.
      Jangan hanya marketing dan dc dong yang giat menghubungi customer.

  • 29 September 2021 - (02:58 WIB)
    Permalink

    Betul sekali XL/AXIS sekarang tambah lemot jaringan internetnya apa lagi sudah mulai PKL 18 loading melulu padahal rumah saya dekat sama towernya, towernya juga dekat halaman rumah XL/Axis makin parah

  • 29 September 2021 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Axis emang agak lambat, coba ubah jaringan ke 3g aja…kadang singal 3g agak mending dari pada 4g nya. Itu pengalaman saya di sini. Ga tau deh yang lain

  • 29 September 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Setuju, saya mengalami hal yang sama, sudah DM Maya, tapi tidak ada perubhaan,, masih lemot, paket tidak bisa diGunakan. Parahhhhh min. Percuma beli paket, Pervaiki atau kami tinggalkan.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kecepatan Akses Internet XL dan Axis yang Sangat Lambat

oleh Budi Syahreza dibaca dalam: 1 menit
9