Surat Pembaca

Kasus Penipuan Batu Mulia Palsu Saat Berbelanja di Tokopedia

Saya membeli sebuah batu mulia di Tokopedia, pada tanggal 24 September 2021. Nama penjualnya adalah REZEKI PERMATA, dengan nomor invoice: INV/20210924/MPL/1614804162. Batu mulia tersebut saya terima hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 12:00.

Dikarenakan hari Sabtu siang dan Minggu, GEM LAB pengecekan batu mulia tutup, maka saya baru bisa melakukan pengecekan batu tersebut di hari Senin. Karena batas waktu penyelesaian Tokopedia hanya 2 x 24 jam, maka ketika saya mendapat hasil pengecekan GEM LAB ZCGL yang ternyata batu sintetis (bukan batu natural) pada pukul 15:00, transaksi telah diselesaikan secara otomatis oleh Tokopedia. Sehingga saya tidak bisa mengajukan klaim. Saya telah ditipu.

Saya telah menghubungi Tokopedia untuk mengajukan retur, tapi penjual REZEKI PERMATA dengan nomor 082124864543 tidak bisa dihubungi dan tidak membalas chat di Tokopedia juga. Menurut Tokopedia, mereka juga selama ini sudah menghubungi penjual lewat pesan dan telepon, tapi tidak berhasil juga.

Saya mohon kepada Tokopedia:

  1. Selama kasus ini belum selesai, mohon lakukan pembatasan akun (blokir) kepada REZEKI PERMATA dengan harapan akan membuka hati untuk menyelesaikan kasus ini. Saya lihat dia sudah memposting barang dan foto serta keterangan yang sama untuk dijual lagi ke pembeli lainnya. Mohon disetop agar tidak muncul korban berikutnya.
  2. Mohon Tokopedia tambah fitur Perpanjangan Masa Garansi (masa pengecekan), seperti yang ada di fitur online shop lainnya. Mereka bisa perpanjang masa garansi 3×24 jam. Hal ini memungkinkan pembeli mengecek barang tanpa tergantung masa tutup di hari Sabtu dan Minggu.
  3. Mohon Tokopedia tindak tegas akun penipu dan timnya. Saya cek di Tokopedia ada beberapa akun yang menjual batu yang sama, dengan foto dan keterangan sertifikat sama persis. Di dunia ini tidak ada batu mulia natural yang sama persis dari segi bentuk, ukuran, warna. Saat ini saya merasa tidak aman dan nyaman berbelanja di Tokopedia karena fitur terbatas ini.
  4. Saya mengerti jawaban Tokopedia akan cenderung tidak bertanggung jawab lagi akan transaksi yang sudah selesai. Namun membiarkan akun penjual yang tidak jujur bebas berjualan di Tokopedia, saya rasa tidak bagus untuk portofolio Tokopedia.

Joko Priyatna
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Akhirnya sudah dimoderasi tokonya. Semoga dana nya cepat kembali, pak. Dan diambil pelajaran dari kasus ini. Jangan order hari jumat ya pak :)

  • Terima kasih atas perhatian dan komentar terhadap masalah yang sedang saya hadapi. Saya order di hari jumat karena seller berjanji akan resize ring nya dan membutuhkan waktu 1 hari sehingga barang akan dikirim hari sabtu. Tapi ternyata dikirim di hari yg sama di hari jumat. Ring nya tidak di resize sehingga tidak pas di jari. Sertifikat yg tertera batu sintetis (man made) adalah hasil LAB yang saya lakukan di hari senin. Saya berpikir belanja di Tokopedia Aman, karena saya sudah sering berbelanja di Tokopedia. Walaupun toko nya sudah di moderasi, namun saya masih tetap berusaha agar kasus ini menemui jalan keluar yang baik.

    • Yg anda cek resultnya dari CGL saja kah karena ada 3 lembaga di lampiran gambar berarti dari seler yang SKYLAB dan GRI

  • sulit saya juga pernah tertipu sama persis seperti anda satu2xnya jalan untuk menjebak penipunya saya beli lagi di tokonya sambil nyiapin bukti tuh toko penipu akhirnya terbukti sellernya penipu dan tokopedia bersedia merefund dana pembelian invoice saya

  • Para pendiri market place (tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, fb, dll) hrs punya kewajiban melindungi para konsumen dari seller2 tdk jujur dn nakal, dgn cara memberikan persyaratan kpd calon seller mengenai akun dn data pribadinya sehingga mudah dilacak jika terjadi kasus penipuan, di bawah payung undang2 perdagangan di negara hukum ini. Setiap toko juga mestinya menyertakan penjelasan detail dn edukasi disetiap produknya. Semua ini demi melindungi buyer dari penipuan, menjaga nama baik market place itu sndiri, dn memajukan perekonomian indonesia. Cuma saran aja yg selanjutnya terserah dari para pelaku usaha?

    • Terima kasih pak saya setuju dengan Bapak, seharusnya ada perlindungan konsumen dari pihak online shop. Sampai sekarang saya masih dirugikan dari kasus ini, saya anggap ini jadi pelajaran, mudah-mudahan buyer lain tidak mengalami hal yang sama seperti saya.