Sulitnya Pasang Baru IndiHome di Kalasan, Sleman

Kepada Yth. Telkom Indonesia,

Pada tanggal 5 Oktober 2021 kemarin, saya mengunjungi Telkom Kalasan dan berniat untuk pengajuan pemasangan jaringan Indihome baru. Saya di sini berkomunikasi dengan Bp. T**** selaku manajer di Telkom Kalasan. Saya menyampaikan bahwa saya berdomisili di Perum Grand Shafa, Pakem, Taman Maratani, Kalasa, Sleman, DIY.

Saya jelaskan bahwa lokasi saya berada adalah perumahan baru, sehingga untuk fasilitas tiang dan ODP belum ada. Saya jelaskan bahwa ada ODP yang berjarak 500 meter dari tempat saya. Namun bapak T**** mengatakan kalau jarak maksimal untuk tarik kabel baru adalah 250 meter maksimal. Sehingga beliau menyarankan saya untuk mengajak warga di perumahan saya (minimal 5 orang), untuk memasang IndiHome juga. Agar bisa dibuatkan ODP baru yang lebih dekat di perumahan saya.

Pertanyaan saya, bukankan untuk mengajak dan mengumpulkan konsumen baru itu adalah tugas marketing Telkom? Kenapa hal itu justru dibebankan ke konsumen agar mencari konsumen lain untuk ikut pasang? Saya sebagai calon konsumen Telkom sangat keberatan dengan hal ini.

Saya sebagai calon konsumen hanya ingin mengajukan dan menggunakan jasa dari provider Telkom saja, bukan untuk diberatkan dan dibebani seperti ini.

Eric Triawan
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • memang betul tugas sales dan marketing untuk mencari konsumen, memang betul jika ingin ditambahkan jaringan/odp harus bisa ngajak ya minimal 5orangan dibuatkan odp baru atau sesuai regulasi telkom sesuai tempat domisili.

    semoga setelah diup disini segera terpasang ya pak. Banyak ko yg ngeluh gitu saya juga gitu suruh cari dulu karena odp terdekat tidak ada. dan maksimal tairk 250m.

    • Sepertinya baru kali ini mau pasang internet dirumah y? Memang seperti itu harus minimal 5 , di jasa internet lain pun juga sama jika jauh dr Odp. Saya kala itu juga kesel bgt disuruh marketing tp bukn indhm, eh sebulan kemudian ada tiang Odp baru provider lain aku pakai yg itu akhirnya

  • Sedikit komentar dr ane, sesuai pengetahuan yg ane punya:

    Indihome yg skrg, beda dgn speedy yg dahulu, telah menggunakan kabel fiber optik, yg bisa dibilang lebih tinggi kualitas&kemampuan penghantaran datanya, tapi jg memiliki kerapuhan&resiko yg bisa dibilang lebih tinggi.. semisal, kabel fiber optik nya tertekuk, akan berdampak signifikan terhadap koneksi jaringan internet nya..
    Itu sebabnya, Telkom sebagai provider Indihome mengeluarkan kebijakan bahwa ada jarak max dalam hal penarikan kabel. Semata2 itu untuk mengurangi tingkat resiko dan menaikkan tingkat kecepatan dalam hal perbaikan (bila sewaktu-waktu ada masalah pada kabel fiber optik nya),, kan kebayang, klo misal ada masalah di kabel fiber, terus jarak dr tiang ke rumah kejauhan, masa harus diurutin itu kabel nya meter demi meter.. hehe

    Oiya, untuk pembuatan tiang baru, setau ane, itu ada biaya yg harus dikeluarkan oleh pihak Telkom.. itu salah 1 alasan kenapa mesti ada minimal 5org dl yg pasang baru, baru bisa dibuatin tiang baru,, dengan kata lain, biar bisa nutup biaya pembuatan dan pemasangan tiangnya..

    Emang sih urusan promosi pemasangan indihome itu bagian dr marketing/sales,, tp ya kita sbg konsumen pun ane rasa bisa lbh berlapangdada dlm memahami alasan dan sikon dr pihak Telkom mengenai masalah yg mas nya alami ini..

    Maaf bila ada salah2 kata.. mungkin yg dibawah bisa nambahin/koreksi, monggooooo....

  • Oiya, sy bkn karyawan telkom ataupun indihome, dan sy pun tidak memihak kepada 1 pihak,, komentar sy diatas dimaksudkan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan yg sy punya saja, tanpa bermaksud untuk menyinggung..