Surat Pembaca

Koneksi Internet Biznet Putus Nyambung

Saya adalah pelanggan baru Biznet dengan nomor ID pelanggan: 1100000220102. Saya berlangganan paket 1C dengan kecepatan 85 Mbps selama 16 bulan. Pemakaian internet baru berjalan tidak sampai seminggu. Namun koneksi saya ke modem (router) Biznet putus nyambung.

Sebagai gambaran, pada saat tertentu saat menggunakan Zoom atau saat menonton video di Youtube, tiba-tiba koneksi saya dan anggota keluarga saya terputus. Anehnya sinyal SSID modemnya ada dan penuh, tetapi saya tidak bisa join ke modem saya. Setelah ditunggu beberapa saat, kurang lebih 20 menit, saya baru bisa join dan ini terjadi beberapa kali.

Saya sempet komplain ke website dan disambungkan ke CS Yudha dan berikut inti percakapannya:

Yudha : Jika kami cek untuk layanan Biznet Bapak menggunakan paket layanan 1C, dengan kecepatan 85 Mbps. Sebagai informasi kami Pak, untuk layanan Biznet bersifat share up to bandwidth. Yang artinya apabila lebih dari 1 perangkat yang terhubung modem Biznet, maka kualitas koneksinya akan berpengaruh. Jika kami cek kondisi saat ini adalah limit dalam akses bandwidth yang digunakannya, dan solusi kami kendala tersebut bisa melakukan upgrade ke paket layanan 2C atau Gamers 3C, dengan bandwidth yang lebih besar.

Haryanto : “kualitas koneksi berpengaruh” maksudnya bisa tiba-tiba keputus sendiri ya?

Yudha : Benar Pak. Apabila melebihi limit bandwidth yang disediakan, maka koneksi akan terputus-putus Pak, sehingga solusi kami bisa melakukan upgrade paket layanan.

Yang saya mau tanyakan ke Biznet dan orang yang lebih ahli dari saya (karena saya sendiri mungkin juga masih newbie), apakah benar kalau koneksi 7 perangkat ponsel dan 14 perangkat CCTV/Bardi otomatis ke modem Biznet dengan bandwidth up to 85 Mbps bisa terputus-putus ke modemnya? Sebab setahu saya kalau bandwidth itu berhubungan dengan kecepatan. Jadi kalau banyak yang connect kecepatan akan melambat dan bukan putus nyambung ke modem Biznetnya.

Dulu saya menggunakan provider internet f***t yang up to 40 Mbps saja tidak pernah terputus. Saya komplain ini karena saat akan melakukan meeting via Zoom, tiba-tiba koneksi terputus. Ini sangat mengganggu kegiatan saya dan juga anggota keluarga lain yang menggunakan internet. Bagaimana provider sekelas Biznet, dengan kecepatan 85 Mbps, tapi saat mau pakai internet bisa putus nyambung ke modem Biznetnya?

Saya mau komplain ke sambungan telepon 1500933, tetapi selalu tidak aktif dan tidak bisa digunakan. Saya komplain ke bagian pemasangan hanya di-read. Komplain ke CS dijawab seperti itu. Padahal pas mau berlangganan katanya problem akan solved dalam 1 hari. Namun setelah pemasangan after sales-nya benar-benar mengecewakan.

Haryanto Bandra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Biznet untuk Surat Pembaca Bapak Haryanto

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Haryanto pada tanggal 9 Oktober 2021 melalui portal www.mediakonsumen.com yang berjudul “Koneksi Internet...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • mungkin modemnya tidak kuat melayani koneksi banyak perangkat (bukan kecepatannya), kalau benar seperti itu coba tambahkan router sendiri yang lebih bagus.
    Saya pakai indihome modem bawaannya tidak kuat jika banyak perangkat (saya koneksi sekitar 20 perangkat), akhirnya saya tambahkan router sendiri dan semua koneksi saya atur ke router saya sampai sekarang stabil.

  • Ganti frist media
    Kecepatan 72mbps masih bisa koneksi
    4 perangkat seluler lancar ..
    Tapi klo pas abis di bayar
    Biasa abis bulan jga suka loading ?

  • Apakah wifi yang dipakai builtin modem biznet? Kalau iya mungkin bisa tambah wifi router sendiri

  • saya juga pengguna Biznet di cafe... dan belum pernah alami hal ini kecuali mmg ada gangguan dari biznet... tapi betul mungkin yg dikatakan di atas... mungkin routernya.
    Saya sendiri pakai microtik.

  • Device yg connect terlalu banyak gan, gak bisa dihandle sama router bawaan Biznet. Mending beli router WiFi yg bagus, daripada upgrade speed. Percuma upgrade speed kalo routernya gak support. ?

  • Jangan pakai modem bawaan provider untuk pengaturan karena biasanya mereka pakai versi murah meriah, lebih baik tambah router yg bagus.

  • Gile 7 ponsel + 14 cctv. Jadinya 21 perangkat. Gak kuat bang modem nya digeng beng.

    pelit banget sih bang gak beli router.

  • jgnkan 7 perangkat, saya cm 4 hp aja putus nyambung. Ini baru bbrp hr lalu bener krn kabel putus, nunggu 10 jam br bener, eh hr ini pagi2 modem nyala normal tp NO INTERNET dimana kejadian ini udah ke sekian kalinya. Padahal br byr hampir 4jt loh utk langganan sampai akhir thn 2022. Langganan blm ada 6 bulan tp cm bs dinikmati 2 bulan aman tanpa gangguan, sisanya? ticket komplain saya sampe penuh

  • Saya jg pengguna Biznet 1C 85 mbps, dan so far hampir tidak pernah ada kendala.
    Saya gunakan untuk android tv, 4 hp, 1 laptop. Pun saya berbagi dengan 4 kamar kos. Total kurang lebih ada 8-12 device aktif.

    Mungkin kenapa internet anda putus karna terlalu banyak device yg berjalan bersamaan. Coba tambah router saja. Di rumah saya pakai 3 router untuk support semua device.