Surat Pembaca

Akun Kredivo Saya Dibobol Orang dan Kredivo Tidak Memberikan Solusi, Tetap Menuntut Pembayaran

Pada tanggal 10 Oktober 2021, saya membuka email saya. Karena saya sudah tidak bekerja, jadi saya jarang buka email. Masuklah banyak email dari Kredivo, ternyata pada tanggal 1 dini hari pukul 3 pagi, ada yang mencoba untuk mengganti PIN Kredivo saya.

Lalu dalam 2 menit di email selanjutnya, PIN sudah terganti. Email yang masuk berikutnya yaitu notifikasi transaksi beberapa kali di Tokopedia menggunakan Kredivo saya. Tentunya saya shock, karena limit Kredivo saya itu sudah setahun lebih tidak saya pakai, dan itu dihabiskan oleh si pembobol, dengan jumlah yang tidak sedikit.

Saya sudah setahun lebih tidak menggunakan Kredivo, aplikasi sudah di-uninstall dan bahkan nomor HP yang digunakan untuk login Kredivo pun sudah hangus. Saat saya install Kredivo lagi, saya bahkan tidak bisa login. Saya mencoba menelepon CS Kredivo, tetapi berujung pada pemaksaan untuk tetap membayar.

Ketika saya bantah, mereka dengan seenaknya menutup telepon. Baru pada telepon saya ke-3 kali ya, CS bilang akan diinvestigasi 30 hari, blokir akun sementara, tetapi tetap saja saya disuruh membayar. Bagaimana saya akan bayar yang bukan transaksi saya sendiri?

Saya juga sudah menghubungi pihak Tokopedia untuk meminta bantuan. Namun pihak Tokopedia hanya bisa memblokir akun si pembobol saja, tanpa bisa memberitahu alamat akun tersebut, harus pihak kepolisian. Saya pun sudah membuat laporan ke Polda Metro Jaya dan sedang tahap menunggu penyidikan.

Melihat banyaknya kasus yang sama, berarti kasus tidak terselesaikan dengan baik, apakah sistem keamanan Kredivo begitu mudah dibobol? Atau ada orang yang membobol akun akun yang lama tidak dipakai, atau bagaimana? Karena untuk permohonan ganti PIN saja ternyata harus memasukkan NIK KTP, berarti si pembobol juga punya data KTP saya. Bagaimana penyelesaiannya? Karena saya tidak akan mau bayar transaksi yang tidak saya lakukan.

Yuni A.
Jakarta Timur


Update (16 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian dari pihak Kredivo sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Yuni Angelia

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Ibu Yuni Angelia di Media Konsumen tanggal 15 Oktober 2021 yang berjudul “Akun Kredivo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga kebobolan. Ada yang telepon katanya dari kredivo dengan iming iming hadiah dari tukar poin kredivo. Hampir 10juta dengan tenor 12 bulan. Padahal saya tidak pernah transaksi sebesar itu. Tolong solusinya

    • lapor aja mba ke polisi. kredivo sama bukalapak mah gak mau tau intinya harus bayar.. yg saya aja itu udah jatuh tempoh dr tgl 14 nov kmren. bodo amat gak saya bayar. udh di tlp nin terus sama kredivonya

  • Saya mengalami hal yang sama dan saat datang ke kredivo juga banyak pengguna mengalami hal yang sama. Parahnya saya dua kali datang ke kredivo tapi pihak kredivo tidak mau bertanggung jawab dan saya diminta melakukan pembayaran penuh. Mohon diusut tuntas oleh OJK dan pihak berwenang kenapa banyak sekali pengguna kredivo yang mengalami maslaah seperti ini