Surat Pembaca

Shopee Menghapus Produk Terlaris di Toko Kami dengan Alasan Tak Masuk Akal

Saya adalah pedagang di marketpace Shopee yang sudah lumayan lama dari sekitar tahun 2017. Pada sore kemarin saya dapat notifikasi tidak mengenakan di hati saya, karena produk unggulan dan terlaris di toko kami tiba-tiba dihapus oleh Shopee,

Saya sebelum menulis di sini sebenarnya sudah 2x menghubungi cs Shopee menanyakan alasan penghapusan produk di toko kami tersebut. Bahkan saya sampai membuat laporan 2x, tapi balasannya sama saja dengan yang pertama, bahwa saya harus menyertakan surat legal atau izin distribusi merek SKMEI tersebut.

Pertanyan saya, jika saya melanggar hak distribusi. Kenpa yg di hapus hanya 2 produk terlaris kami. Kenapa gak semua produk yang terkait dengan merek tersebut dihapus? Kalau perlu sama tokoya sekalian jadi alasannya lebih logis.

Semoga dengan saya menulis disini tim Shopee mau menanggapi keluhan saya ini. Terima kasih.

Dede Kusnandar
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masuk akal itu kak, iya juga harus nya semua aja dihapus untuk merk SKMEI nya yaa ide bagus juga kenapa hanya 2 saja yg dihapus. mungkin baru komplain baru2 ini pemegang merknya.

    • Walau mendompleng merek SKMEI yang bukan hakmu, tapi karena terlaris penjualannya maka EGO-mu kehilangan nalar dalam mensikapinya - walau sudah jelas kesalahannya, tetap ego-mu tidak mau terima. Bakal stress sendirian.

      • Maaf sebelumnya memang alasan komen seperti itu kenanpa? Ego kamu aja yg kebangetan orang bertanya baik direspon seperti itu. Jika memang menyalahi aturan pihak yg memegang hak paten tersebut harus menjelaskan secepatnya, kemungkinan konsumen yg membeli merasa diuntungkan juga makanya laris. Jangan pihak shopee tebang pilih sebaiknya semua yg berkaitan dng merek tersebut harus ditertibkan dalam hal penjualan online.

      • Baik lagi ke prosedur sih pak,

        Setidaknya sebelum ditindak harus ada laporan. Giliran ditertibkan tanpa tebang pilih yang disalahkan pihak mereka,

        Sarannya ya mungkin kakak yg berkendala ini bisa ngurus ijin ke distributor lokal, terus itu diajukan bukti tambahan ke shopee.

    • Malas bikin laporan nya x tuh pemilik brand..kan harus mengklik semua produk di toko buat laporin ke pihak shopeenya....tapi seharusnya pihak shopee harus adil .....kalu kena komplain mah ya semua toko dan semua product di shopee hapus saja semuanya. Karrna yakin lah hanya beberapa seller saja yg benar2 mengantongi ijin edar product branded

      • Iya memang kak pmegang izin distribusi hanya importir ja, dan kita si sini sbagai pengecer yg sudah mengikuti harga yg di anjurkan pihak pmegang merek ( izin )
        Trimkasih

    • menurut saya memang agak aneh. okelah kalo utk menjadi marketing produk tertentu harus menjadi resmi punya ijin dulu, ini artinya tidak akan ada pihak lain yg tidak berijin megambil langsung dr pabrik karena distributor/agen diwajibkan punya ijin dulu. berarti sudah sangat jelas kalo retailer ada di bawah jaringan distributor/agen resmi, tidak ambil langsung ke pabrik. apakah sekelas distributor/agen resmi akan sekurangkerjaan gitu menyelidiki retailer kecil bahkan yg dr luar negeri. toh pasti retailer itu ada dibawah jaringan mereka, artinya distributor/agen resmi dapat untungnya ya dr jaringan dibawahnya. akankah mereka melakukan hal seperti itu? saya rasa tidak. aneh memang. bukan kali ini saja lo ada keluhan tentang shopee dengan kasus serupa di media konsumen. ada apa shopee?

      • Tepat sekali kak, kita sebgai penjual kecil jelas di bawah agen / distributor/ importir
        Dan merekalah yg puya izin edar, lah kalo sekelas pngecer harus puya izin jga trus pungsiya distributor apa kan.?
        Ini kali ke 2 kejadian di toko kami dan dengan kasus yg sama, yaitu dengan prodak dengan penjualan di atas 1000,
        Tapai waktu dlu bisa selesai di cs shope dan kembali pulih,
        Tapi yg kemaren ini saya 2x tlpon cs shope alsanya dapt teguran dari pabrik skmei langsung kan aneh juga, masa ga ada kerjaan org skmei ngntrolin prodakya 1 persatu,
        Dan kita juga sudah ikuti tuh aturan ambang batas jual prodak tersebut,
        Trimkasih kak masukanya?

        • ah,,yakin tuh pabrik skmei yg lapor. siapapun yg lapor dr mana dia tau penjual trsebut tidak punya ijin edar. ini toko online, kita gak prnah bener² tau siapa pemilik toko itu. apalagi sampai ke masalah perijinan, bisa tau dari mana. semakin mencurigakan.

    • Alasannya masuk akal. Di Tokopedia juga sama. Kalau ada komplain dari brand2 besar langsung dihapus tapi tidak semuanya apalagi sama tokonya.

    • sya juga SDH muak dngn ulah cs / dan sistem shopee yng main hapus produk2
      seenakny tanpa alasan masuk akal krn sngt merugikan seller yng bayar mahal iklan & promosi agr produk dknal konsumen

      • Produk apa dulu kak?? Produk saya juga hampir semua dihapus setelah saya teliti ternyata semuanya karena saya yang reseller hanya asal nyomot aja foto² yang ada.. padahal ada HAKI yang melekat walaupun itu hanya foto dari distributor..

        Saran saja kak, sedikit luangkan waktu untuk edit foto produk sendiri, kasih bingkai, logo BPOM dll plus Watermark.. karena klo urusannya watermark selesai kita kak.. 5x posting 5x dihapus dengan alasan kebijakan komunitas.

        • Foto di toko kami sudah di bungkai smua kak dan ta ksih logo toko pula untuk sdikit membedakan,
          Trimkasih masukanya?

        • Gak ada hubungannya sama foto, gw sendiri aja jual produk redmi note 10 5G selalu di hapus sampai 6x lebih pdhal pake foto2 sendiri, sdngkan redmi 10 kebetulan bisa lolos pdhal pake pict nyolong

  • Ya klo melnggar sih ga mslah kita terima2 ja,
    Maslahya kita juga jual sudah mengikuti haraga yg di sarankan dri mereka juga, dan kenpa yg di hapus mesti yg pejualn tinggi,
    Ini saya kli k2 dapat mslah serupa,
    Cumn waktu dlu slsai dengan hbungi cs shope,
    Trimkasih

  • Akan saya bantu jawab ya.. karna saya juga mengalami hal yang sama..sebelum di hapus.. shopee sudah memberi peringatan dengan menurunkan produk tersebut ...supaya anda merubah diskripsi ataupun judul ...namun anda tidak memperhatikan hal tersebut.. dan pada akhirnya shopee menghapus produk tersebut. Jika sudah di hapus ..di jamin tidak akan bisa muncul lagi. Lain kali sering" cek di bagian kolom produk...apakah ada produk yang di turunkan/perlu tindakan...cara cek nya..klik bagian produk saya.. lalu ada nggak produk yang tergolong perlu tindakan.. smoga bisa menjawab pertanyaan anda.. karna saya juga mengalami hal yang sama berkali kali kok.. itu karna saya sendiri yang kurang teliti

  • Seblumya saya ucapkan trimkaaih atas masukany,
    Mhon mff kak memng betul kami seeing menglami penurunn produduk dan memng iya haya warning dan msih bisa di perbaiki,
    Tapi ini kejadianya lain kak, tidak ad warning sma skli mkanya kami merasa keberatan,
    Sblmya di tahun yg lalu kami juga mengalmi hal serupa dan persis 2 prodak penjualan di ats 1000,n
    Mengalmi hal sperti ini,
    Tapi waktu itu slesai di stlah kami mengasukan ke cs shopee

    Trimkasih atas masukan nya.
    Kemaren sore tim shopee sudah menghubungi kami pas keluahan ini tayang smoga bisa cepat selesai trimkasih

    • Iya coba aja banding dan trus ngotot.. nanti toko mu di banned baru nangis ????...sok atuh di coba..karna shopee sudah ada prosedurnya .kalau produk di takedown itu kesalahan seller karna kurang teliti .. sudah tentu shopee kasih warning sebelumnya..ayo kejar Trus..sampai akun mu nanti di banned ???

      • Mff bang kita juga lama jualn si shope dan sering dapat warning prodak dan bisa di edit,
        Tapi yg ini tidak ada peringatn dlu , dan kita juga sudah jual jauh dri hrga official ya
        Mereka kan pemegeang merak ngasih pengamn harga minimum ecer.?
        Dan kita sudah ngikuti aturan itu

      • Masalah di hapus akun itu gak ada msalah klo memng ad bukti pelanggran
        Lah shope sendri tiadak bisa ngasih bukti dan tidak bisa jwab argumenya.??

  • Jng di shopee... mending di Bukalapak... atau yang lain... saya juga gitu mengalami hal yg sama... pada template nya tersedia jenis product yg saya jual... namun pas saya upload di hapus... pas saya cek product yg sama bnyk sekali... tpi product semacam Alkohol alat / toy sex lelusa melenggang, padahal kita gak tahu yg beli apa kah sdh ckup usia nya atau belum... saran saya... mas...
    masuk ke playstore >pilih> cari shopee >pilih> klik titik 3 pojok atas kanan layar hp >pilih> tandai sebagai tak pantas > pilih > pembajakan / peniruan indentitas >pilih > edit ulasan kasih bintang 1.

  • Shopee lagi shopee lagi
    Semakin buruk saja pelayanannya..
    Sudah biaya kurir dihantam rata semua, padahal setiap expedisi berbeda harga ongkir dan pihak shopee juga menaikkan tarif hampir 2x lipat dari harga ongkir sebenarnya.
    Anehnya lagi biaya cargo sama dengan biaya normal expedisi.
    Belum lagi biaya asuransi tidak dijelaskan dan tidak tertera dalam rincian ongkir, beda sekali dengan Bukalapak !!

  • Solusi: tdk jualan di shopee/ pindah lapak sebelah. tidak jual produk merk SKMEI.

    maaf, (mungkin) Yg punya merk SKMEI kemungkinan bayar pihak shopee buat menghapus produk yg laris itu, karena alasan bisnis politik (ini hanya kemungkinan). Logika saja kamu mem buat produk dijual rp10.000 (harga pokok 9.000 untung 1.000*) lalu orang lain beli dr kamu dan jual kembali rp12.000 ternyata laris manis (untung 2.000*). Pasti yg buat produk mikirlah, enak bener jadi tengkulak untung banyak melebihi keuntungan pabrik.

  • Semakin besar marketplace nih semakin kasih pressurenya ke penjual..terutama penjual yg kelasnya kebawah..pembeli taunya harga murah gratis ongkir, padahal dibalik itu penjual yg jadi tameng...jika ada kekurangan ongkir, pembeli yg nutupin tapi jika ada kelebihan ongkir disikatnya juga..dan sering banget dilakukan shopee..dah biaya admnya gede banget..dah kapok saya jualan di shopee, lebih besar administrasi nya dibanding profitnya...mending dimarketplace lainnya..masih bersahabat dg penjual.

  • cukup masuk akal sih. mungkin, kenapa semua produk yang terkait tidak ikut dihapus karena mereka masih memberi keringanan? konsekuensi.