Surat Pembaca

Beli Samsung S20 tapi Dikirim Blackberry, Shopee Malah Memenangkan Penjual

Saya memesan sebuah HP Samsung S20 Ultra RAM 12/128 GB melalui Shopee. Nomor pesanan: 2109257KBE55PD, dengan akun penjual “gadgetin aja store“, pada tanggal 26 September 2021. Saya melakukan pembayaran dan pada tanggal yang sama penjual sudah mengirim barangnya dan diterima oleh saya keesokan harinya.

Tanggal 28 September 2021, saya baru melakukan unboxing. Betapa terkejutnya saya, ternyata yang dikirim bukan hp yang saya pesan, tetapi hp Blackberry. Kemudian saya langsung melakukan komplain pengembalian barang dan dana. Namun ditolak penjual, dengan alasan sudah mengirimkan barang yang sesuai. Padahal sudah saya kirim semua bukti yang diminta oleh pihak Shopee dan sudah dilakukan investigasi langsung oleh SiCepat.

Pihak SiCepat pun mengatakan timbangannya hanya selisih 0,05 gram dan ini murni kesalahan penjual. Namun Shopee malah memenangkan penjual, dengan alasan saya tidak memberikan bukti video unboxing saat diskusi komplain. Padahal saya sudah kirim (kebijakan Shopee hanya bisa memasukkan video tidak boleh lebih dari 30 MB).

Saya sudah menjelaskan kalau saya memasukkan video 17 detik, karena di kolom bukti hanya bisa dimasukkan video gak lebih dari 1 menit. Saya sudah bilang video aslinya 1 menit 13 detik dan pihak Shopee meminta screenshot rincian video, juga telah saya berikan. Alasan Shopee memenangkan penjual, karena saya tidak memasukkan bukti video unboxing. Padahal saya sudah kirim video unboxing-nya. Kok jadi saya yang salah? Kan itu kebijakan Shopee sendiri. Kalau gitu ganti saja kebijakannya, supaya bisa memasukkan video dengan durasi yang lebih panjang agar bisa masuk ke kolom bukti.

Pihak penjual a.n. randyefrirahmanda, dengan kata-kata mengejek melalui akun Instagram bernama zenostoregadget, menanggapi video unboxing saya di link: https://www.instagram.com/tv/CUpuVurpEQd/

Saya sebenarnya juga sudah mengirim video yang asli ke pihak investigasi SiCepat serta email ke Shopee (link Youtube). Saat ini masuk ke nomor pelaporan SiCepat untuk Shopee: Shopee-243907 dan masuk ke pelaporan Shopee: 220787352.

Tolong kembalikan dana saya, karena saya menerima barang yang tidak sesuai. Sementara saya menerima balasan email dari Shopee yang menutup kasus terus. Padahal saya tidak menerima hasil keputusan. Pihak Shopee meminta saya menghubungi penjual terus-terusan, padahal saya diblokir oleh penjual. Saya sudah lampirkan bukti juga ke email dan dana telah diteruskan ke penjual sebesar Rp6.000.000 pada tanggal 6 Oktober 2021.

Mohon bekukan akun penjual tsb (sesuai info CS tim terkait Shopee yang telah menelepon saya tanggal 17 Oktober 2021 pukul 10 pagi), karena terbukti adanya indikasi penipuan/kesalahan seller, sesuai info yang telah disampaikan oleh tim internal SiCepat kepada saya.

Pihak SiCepat juga sudah berusaha menghubungi penjual, tapi belum juga berhasil tersambung sampai saat ini. Mohon segera kembalikan dana saya sebesar Rp6.000.000 sesuai dengan kesepakatan. Karena penjual terbukti bersalah sesuai info dari pihak internal SiCepat dan tidak dapat mengirimkan bukti timbangan paket yang tertempel resi awal kirim sebelum dikirim ke gerai SiCepat.

Dewi Natalia
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Terimakasih shopee telah memberikan solusi pada saya atas permasalahan yang saya ajukan. Diharapkan semoga kedepannya pihak shopee mengadakan asuransi barang supaya lebih aman dalam bertransaksi harga barang yang jumlahnya besar

  • SMG cpt terselesaikan dengan baik.. dan tidak ada korban lagi seperti yg anda alami.. terus perjuangkan hak anda

1 4 5 6