Surat Pembaca

Cara Penagihan Shopee SPayLater dan SPinjam Tidak Sesuai Ketentuan OJK

Dengan hormat,

Melalui surat saya ke Media Konsumen ini, saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap DC Shopee SPayLater dan Shopee SPinjam, yang melakukan penagihan di luar kontak darurat. Mereka melakukan penagihan kepada kerabat saya, yang pernah saya kirimkan barang via Shopee dan tidak pernah saya cantumkan nomornya untuk kepentingan kredit saya. Waktu penagihan pun sampai tengah.

Saya sudah berkali-kali meminta relaksasi keringanan proses pembayaran, dikarenakan kondisi saya yang sakit dan usaha yang terdampak PPKM (serta kondisi fisik saya yang terbatas) melalui email.

Sedikit banyak dari yang saya pahami, bahwa fintech Shopee SPayLater dan Shopee SPinjam adalah legal yang diawasi oleh OJK. Namun mengapa cara penagihannya seperti ilegal, yang mengakses data di luar kontak darurat dan mengintimidasi? Hal itu bukan hanya terjadi pada saya, sudah banyak yang diperlakukan seperti itu ternyata.

Saya sendiri pun sudah menunjukan itikad baik dengan berusaha melakukan permohonan relaksasi kredit via email. Akan tetapi jawaban yang saya dapat selalu nihil tidak ada solusi. Sampai malam inip un saya menyampaikan keluhan via CS Shopee, tapi tetap tidak ada solusi. Karena solusi utamanya hanya membayar semua sisa tagihan yang berjalan.

Saya pun sudah memohon agar tidak dilakukan lagi penagihan di luar kontak darurat saya. Saya tunggu kedatangan pihak DC Shopee di alamat saya yang valid berdasarkan KTP. Semoga ada titik terang dari permasalahan ini, karena saya sudah di batas maksimal, dengan segala kondisi yang ada untuk permasalahan ini.

Hanna Febriana Sahelangi
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Shoppey mang gt legal rasa ilegal smua kontak d telp in suruh bayar hutang . Hahahaha bener skalian GK sah bayar nunggu DC nya ntr maki2

      • Saya niat bertanggung jawab membayar tagihan spinjam dan spaylater saya di shopee..
        Biasanya saya juga gak pernah nunggak,, tapi dc menelpon kondar dan semua nomor yg saya pernah berjualan pulsa dari shopee..
        Saya akan mencicil jika uang saya sudah ada,, org* yg tidak tahu jadi menjudge saya.. Mohon untuk tidak menelpon ke no yg tidak ada sangkut pautnya karna bner* mengganggu

      • Solusi hidup tanpa hutang,
        Lebih baik hidup sederhana/hemat dan "Menabung" untuk keperluan di masa yang akan datang ataupun hal darurat.

      • Sy ikut merasakan yg KK alami. Sbg penjual dan terkena dampak pandemi . Penjualan mengalami penurunan yg drastis sdg kan hutang paylater tiap bln wajib dibayar. Belum kalo telat byr pasti dana cepat TDK cair. Penjual terkendala modal. Kalo telat akun toko dibekukan hadeh sudah jatuh tertimpa tangga pula.

      • Ini jg terjadi pada saya,, padahal saya sudah mencicil pembayaran tagihan Shopee saya,, krn pandemi ini usaha yg saya jalani bangkrut,, jadi Tertunggak pembayaran nya pihak Shopee mengancam dan meneror saya lwt WA apakah ini yg di sebut legal?? Bukan saya tidak pnya etikad baik utk membayar tapi sudah sya cicil sedikit2 utk meringankan cicilan saya walaupun tidak sebanyak tagihan yg harus saya bayar tetapi ttp saya cicil membayar nya. Utk aplikasi Shopee paylater dan Shopee simpan pinjam sama saja dengan pinjol lain nya yg berkedok OJK

        • Saya juga sedang mengalaminya kak, tiap hari dikejar" sama dc spinjam dan mereka juga telp ke nomer yang pernah sya kirimi paket padahal bukan kondar, dan mreka ngamcam buat ngehubungi kontak keluarga saya. Bagaimana ya kalau sampai mreka ngelakuin itu, sya bingung

    • Lagi2 pinjol.... Baiknya emang OJK ini harus lebih TEGAS lagi ke pinjol legal maupun ilegal. Utk cara penagihan, menyerang secara psikis ke nasabahnya, efeknya malah lebih berat krn psikisnya diganggu, apalagi dgn meneror/menelpon ke semua kontak nasabah, ini tujuan pinjol lebih besar ke arah mempermalukan orang lain, malah membuat tdk nyaman semua orang. Dan utk para nasabah yg terlilit dgn pinjol2 ini, bila sdh selesai/lunas sebaiknya dijauhi saja urusan ke pinjol ini.

      • Sama aku juga, yang di hubungi keluar kondar. Katanya udah terdaftar OJK tapi kenyataannya rasa ilegal

        • Gampang...biasakan kontak simpan di google atau yg pake xiaomi simpan di akun mi...jgn di tlp atau di kartu...sebab klo di google atau di akun mi...butuh akses atau password kan...dan biasakan klo menghapus app jgn langsung hpus aplikasinya tp hpus dl datanya.dgn cara bgtu data kontak anda ga akan terbaca....1 lg...klo mau mengajukan kan...isi aja nomer kontak anda dgn nomer² dcnya...???

          • Berusaha aja Bayar, habis tu ngga usah minjem2 lagi... Syukuri aja apa yg ada .. ngga usah ngikutin gaya hidup....

    • Hehe i love Indonesia. Orang di sini suka lucu. Menikmati saja negara kalian: di sini apa saja masih santai. Kalau pendapat saya tentang soal ini yaaaaa....saya orang luar, pola pikir saya berbeda jadi percuma saja saya komentar.
      Tapi aku enjoy bgt baca baca komen dari netizen....bikin ngakak ?

  • Yaudah tinggal lunasin kan kelar...jangan melulu menyalahkan dc
    Lakukan kewajiban anda maka anda akan mendapatkan hak anda

    • Di dunia ini ada banyak peristiwa yg tidak bisa disangka bosque, ada yg sakit ada yg di PHK sehingga tidak ada dana utk bayar hutangnya..

    • Komen kamu tidak pakai otak. Kalau saya yang menerima telepon salah sasaran dari DC saya caci maki aja yang menelpon. Orang lain yang berhutang, kenapa saya yang ditelpon?

      • Mohon maaf komentar mana yang salah?Tolong dijaga perkataan nya pak karena saya disini pun sedang mencari titik terang bukan cacian.

    • Hei... Lo dc ya?,, baca donk alasan nya apa,, ga mau tau lo ya... Dasar kurang ajar lo!!, tempat lo di neraka jahanam!!!

      • hei WENDI lu gak punya otak ya... dibilangin kalo DC salah telepon caci maki aja, orang lain yg hutang kok lu yg repot, pakai otak nya donk, kamu jangan mencoba masuk neraka jahanam!!

      • Lu tau apa tentang neraka? Hutang itu adalah kewajiban coy, bahkan di zaman Rasulullah seseorang yang mati syahid tidak bisa masuk surga karena dia masih punya HUTANG.

    • Pinjoll² ilegal semntra sd pada kocar kacir dibubarkan..
      Moga² pinjol² legal pun nyusul juga dibubarkan dibumi nusantara..
      Moga game domino higgs lancar jaya..

  • Semua dc kantor mah sama aja niatny bkin malu & melecehkan yg punya hutang, mreka ga pduli nantinya pemilik hutang akan membayar atau justru tidak karna kelakuan mrka yg udh bkin malu. Mkny sy udh 2x ikut grebek kntor pinjol dan puas bisa ** mreka. Btw dc lpangan jstru santun, ada jg yg songong tp kl kita berani rata2 mreka ciut jg

    • Bener saya salut sama dc lapangan home credit yg ramah, dia cuma nanya kapan bpk ada uang bpk hubungi saya & akhirnya hufang saya pun lunas..

      • Sma saya ngalamin, bunganya ngeri bgt dari pinjam 7,5 jadi 11 lebih, sepertinya harus di lunasi cepat, fitur shopepay n spinjam sangat riskan kalau jualannya ga produktif. .
        Mending pinjam ke tetangga aja yang bisa diskusi untuk modal bisnis...
        Bener2 legal rasa ilegal

    • Ah iya dc lapangan emang santun2, dc DBS. 2x ke rumah ketemu ortu masih santun ngobrolnya gak pake maki2. Trus dateng ke kantor ketemu saya, padahal perawakan dc nya (maaf) kek agak serem (udah pada tau kan dc nya asal dari mana, maaf ?) tapi baik, santun, gak ngegas dan bantu saya buat ngajuin pelunasan. Jadi kalo didatengin dc, yaudah ajak ngobrol aja siapa tau mereka emang bisa bantu.

  • Sy rasa semua pinjol seperti itu mana mau tau kesulitan orang yang dia tau tagihan lunas atau dibuat malu ke semua orang

    • Waktu d telpon dc shopee,
      Bilang aja bulan depan biarin bunganya numpuk, toh bunganya gk separah yg ilegal..
      Atau kalo punya duit bayar salah satunya dulu
      Bayar spinjam trus minjam lagi buat bayar spaylater,

      Pernah saya telat 1 Minggu denda cuma 17ribu kok ..
      Itu dulu

    • Saya termasuk telat bayar spaylater tapi g masuk tempo si penagihan tgl 25 tgl 28 baru bayar nunggu gajian temponya tgl 5 bulan depan tapi Alhamdulillah walau telat bayar jarang ada penagihan kalau ada penagihan dari spaylater mereka kirimnya dengan sopan kok lewat whatsaap ,g pernah lewat kontak2 lain yg ada dihp atau dengan kata2 g sopan

      • intinya klo punya hutang segera dilunasi. klo bisa ya jangan berhutang. apalagi hutang ke pinjol. ingat hutang itu ditagih sampai ke akhirat. kita gak tau kapan kita mati. jadi hati2 aja sama yg namanya hutang.
        buat TS semoga dapat rejeki dan bisa segera melunasi hutang2nya.

        • Hei mas,, semua jg tau,,hutang hrs dibayar... Blablabla.. Blablabla,,... Lagu lo tuh... Kayak orang yg paling benar ajaa... Suatu saat lo atau turunan lo akan terlilit hutang dan ga bisa bayar,, baru tau rasa lo..., orang berhutang pasti ada alasannya,, emang lo mau bantu tu orang bulanannya??,,masuk neraka lo,, lo congkak dan sombong!!

          • lagi lagi lu Wendi... jangan mencoba masuk neraka lu ah!! kayak orang paling bener aja, cuma bisa bacot doang nyuruh² orang bantu bulananya, emang kamu butuh bantuan bulanan ya? buat shoping² gitu? jangan mencoba masuk neraka lah... kalo mau komen itu di pake otaknya, baca dulu yg bener, dikit dikit neraka dikit neraka, emang lu mau masuk neraka ya?! hmmm

          • Setau saya DC shopee pay itu punya prosedur, kalau memang anda kooperatif dan menjawab telepon dengan baik, pihak DC tidak akan menghubungi kontak darurat apalagi kontak yang bukan kontak darurat..
            Lagipula berhutang di shopee itu bunganya rendah, kalau sampai anda tidak bisa membayar berarti anda lah yang tidak bertanggung jawab dan sungguh keterlaluan..
            Coba saja anda pinjam ke tempat lain, ke saudara atau keluarga anda, apakah ada yang mau ngasih pinjaman ke anda dengan bunga rendah seperti di shopee??
            Saran saya: jangan mau berhutang ke mana saja kalau anda belum punya jaminan atau dana yang ditunggu untuk melunasinya. Jadilah manusia yang tampil apa adanya saja, jangan sampai hutang menjadi bumerang

      • Ketika d telpon paling d tanya terus terang sanggup nya kapan,,
        Ketika d tanya seperti itu jawab aja yg pasti
        Dulu aku bilang bulan depan, karna gajian tanggl 10, sementara di telpon tanggal 6
        Setelah nya gk d telpn lagi trus
        Aku bayar tanggal 11 atw 12 kalo gk salah..

        Klo ketika d telpn minta keringananlah, apa lah
        Justru malah d teror trus.

  • solusi sekarang: bayar lunas dan jangan pernah pakai aplikasi itu lagi.

    pencegahan: jangan pakai spaylater, spinjam, jangan pernah melakukan pinjaman online baik legal atau illegal. Utamakan kebutuhan dibanding keinginan, hidup s3derhana bersyukur dg yg ada. Beli barang online bayar lunas transfer pakai atm, sekian

    • Yang sabar kak, Spaylater jg memang termasuk cukup menyebalkan cara penagihannya.
      Dulu bahkan lebih parah, tgl 5 jatuh tempo, tgl 27 bulan sebelumnya sudah di spam Message , lalu di telpon robot jg.

      Saya yang tak pernah nunggak saja merasa sebal, apalagi jika seperti kakak, sy paham rasanya.

      Makanya saya juga sangat jarang pakai spaylater lagi walaupun skr dikasi limit sangat besar, kecuali hanya ada promo baru saya pakai.

      Melihat tunggakan kakak yg belum begitu byk, saran saya pinjamlah dg saudara /kerabat, atau jual barang dirumah yang jarang pakai.
      Jangan hanya karena ratusan ribu, harga diri kita dilecehkan.

      Utk selanjutnya, pakailah hutang dg bijak, dan hanya utk hal produktif atau yang sangat mendesak

      • Ane jg pengguna spaylater,, dan Puji Tuhan ga ampe ditelpon berulang kali gt..
        Paling banter cuma dpt notif di app shopee nya pas tgl 25, di telp robot 1x pas tgl 4.. udah gt aja...

      • Saya yakin semua juga ngak ada niat ngak bayar, kadang mereka ngak mau tau, padahal dengan musyawarah otak dingin pasti terselesaikan. Pernah saya bilang lagi di ATM padahal masih di rumah mereka bisa tau saya masih di rumah alhamdulilah sudah lunas dan paylater spinjam pun dibekukan jadi saya ngak bakalan ngutang lagi.

  • Menurut saya,ttp yang salah ini peminjam. Tau kondisi covid dr tahun2 lalu.ekonomi keuangan bisa di baca keluarga bersangkutan. Ttp hutang. Rata2 mereka hutang,mikirnya ah tr bayar..tr..tr.. eh malah bablas. Harushya,belajar untuk tidak hutang,kecuali emang beber2 kepepet bgt. Dan orang2 seperti ini biasanya tidak jadi benalu.dan orang yang tau kita bukan tipikal penghutang,gampang bilang pinjam.akan lebih memahami dan usaha bantu. Bukan saya nggak prihatin,tapi coba liwt di luar sana banyak bgt.orang yang otaknya lebih mikir kebutuhan premiernya.

  • Ya udah ga usah utang kalau ga bisa bayar...
    Lagian di shopee beli apa HP? TV? Komputer?.
    Angsuran bulanan segitu biasanya barang elektronik...
    Bukan barang primer, kalau ga beli tetep bisa makan kan... Jangan playing victim..
    Intinya pinjol ga mau tau kamu punya duit atau engga... Yg namanya utang ya harus dibayar... Mereka juga punya karyawan yg harus dikasih makan...
    Intinya SADAR DIRI

    • Ngeliat besaran limit, ane rasa itu bukan buat beli barang elektronik..
      Limit & beaaran cicilan ga mungkin segitu sisanya..

      • Yasalamm... gitulah DC. Paylater2 gt bikin ktagihan dan konsumtif. So jgn ksh makan tuu DC...

      • Ini nih tipe orang yg BESAR PASAK DARI PADA TIANG... Spaylater itu pasti digunakan untuk beli barang yg ga perlu... Karena spaylater hanya bisa buat beli barang..bukan untuk pinjam dlm bentuk uang cash..
        Intinya pemasukan dikit pengen tetep gaya..
        Nyatanya MASIH PUNYA HP TUH... Knp ga JUAL AJA ITU HP BUAT LUNASIN????
        SITU NGUTANG BUKAN KARENA KEPEPET TP CUMA PENGEN GAYA AJA...
        Pengen minta simpati dari netizen??.. ngaca woe...
        Sekarang gw tanya, SITU NGUTANG BUAT BELI APA???? JAWAB, BIAR SEMUA JELAS.
        NGUTANG JATUH TEMPO, DITAGIH MALAH NGEGAS...?

        • Lah kenapa jadi disitu yang ngegas?Disitu DC nya kah?Bahasanya kentara sekali layaknya DC..Saya tidak meminta simpati siapapun disini.Dan yang saya pertanyakan bukan mslh hutang saya blm saya bisa bayarkan tetapi kenapa cara penagihan nya diluar kondar saya sehingga org tsbt tidak terima mengira saya mencantumkan nomor nya sebagai kondar pdhl spengetahuan saya shopee dibawah ojk kenapa anda jadi jauh dari konteks yang saya pertanyakan?Saya pake spaylater bukan utk beli barang yang tidak perlu/gaya2an tapi utk usaha makanan online saya biasanya saya lancar & bbrp bulan ini sangat terdampak ppkm sehingga tidak menghasilkan.Sekian penjelasan saya buang2 waktu menjelaskan kepada org seperti anda.

          • Playing victim lagi... Hahahaha
            Situ punya aset yg bisa dijual buat nutup utang.. knp ga dilakuin???
            Nyatanya masih punya hp, masih bisa balas komentar...
            Cari simpati, hasilnya zonk... Tanpa solusi...
            Satu satunya solusi, BAYAR UTANG DG JUAL HP..Cukup lah itu.. nyatanya masih punya hp, masih beli paket internet...
            Diluar sana masih ada yg lebih susah drpd anda...
            Kalau dia sampai kontak ke orang lain, sudah jelas anda susah di kontak oleh DCnya... Mana capture kontak dr DCnya yg kontak kamu? Kamu angkat ga telponnya???.
            Logikanya gitu aja deh...

          • Berpikirlah seribu jali untuk mengaktifkan dan menggunakan spaylater dan spinjam lebih baik belanja manual saja itu lebih bagus. Punya uang belanja, tidak punya uang diam jgn suka gaya2an di gedein

        • Jual hp buat bayar hutang pinjol.
          Bos itu akun di hpe tersebut, trus klo hp di jual gimana bayar nya..
          Masa iya minjam hp lue buat masukin akun shoope ntuk sekedar bayar spaylater n spinjam
          Situ mau apa minjamin hpnya...

          • Norak, lu pikir login shopee hanya bisa di aplikasi hp?.. di web bisa... Kalau komentar otaknya pake dulu..

        • Smurt
          Kan lu ngasih saran hpe nya d jual buat bayar hutang,
          Dan misal itu hape satu-satunya gimna.
          Pinjem perangkat punya kau kah..

          Kau norak boss..

          • Smurt ya pake web emng bisa
            Trus pake perangkat punya siapa,
            Punya temen, yakin temen mau pinjami perangkat nya
            Ke warnet , yakin aman di warnet..

    • Terima kasih byk komentar & pengingatnya..Yuk mampir kerumah saya nanti saya ajak ngopi2 dan saya jelaskan kondisi nya seperti apa biar mas nya paham.Dan disini saya jelaskan tidak ada yg playing victim & pergunakan apk tsbt utk diluar kebutuhan dasar karena baru brp bulan ini saya macet/galbay sebelumnya semua transaksi saya lancar sampai ada kondisi tertentu yg mengharuskan saya tidak bisa membayar full lagi hingga detik ini.

      • Tolong buat attention ya " akun saya di hack hampir mau kebobolan 35jt terus saya ngadu ke shopee karna kebocoran data saya, terus akun saya di bekukan shopee katanya 3hari langsung normal kembali hutang saya di bawah 800 ga kebayar karna 1bulan lebih akun saya masih ga kebuka pihak shopee malah terus nelpon kontak di hp saya otomatis nama baik saya jatuh" mau bayar gmna akun saya masih ga kebuka di suruh dc kerumah malah ga ada padahal saya mau bayar CARA TUNTUT SHOPEE GMNA YA tolong di bantu atau sematkan tulisan saya di sematkan di artikel admin

  • Shoope kalau engga ikuti aturan laporkan saja, nasabah mau bayar kok, baca aturan OJK terbaru

  • Saya juga pernah telat bayar SPL Shopee. Tiap hari jam 7 pagi udah ditelponin. Beberapa hari pertama pakek robot. Setelah itu DC langsung. Maksa minta kepastian, ya udah saya jawab saja tanggal 30 karena tanggal 1 udah masuk tagihan baru, abis itu telpon saya tutup. Lagian jatuh tempo tanggal 11, jam 0 pagi tanggal 12 udah masuk denda 5%, padahal saya udah bayar bunga 4% dan biaya penanganan 1%. Tanggal 29 saya bayar, abis itu ada beberapa telpon gak dikenal masuk, saya diemin. SPL saya masih diblokir. Jadi saya transaksi pakek SP aja. Eh abis itu kebuka SPL nya. Berarti masih ngarep donk ngutangin saya. Pakek SPL tuch, biar gak ribet aja, cukup sekali sebulan ke Indomaret. Tapi ntar kalo saya punya duit, saya janji ama diri sendiri bakalan isi SP sejuta abis isi sejuta lagi. Karena kalo kita pakek SP, maka kita gak akan kena biaya penanganan 1% dan bunga 4%.

  • yang berhutang siapa yang ditagih siapa.
    sebagai sesama pengguna, saya berharap segera ada titik terang untuk kedua belah pihak. satu quote dari Dave Ramsey "We buy things we don't need with money we don't have to impress people we don't like."