Surat Pembaca

Cara Penagihan Shopee SPayLater dan SPinjam Tidak Sesuai Ketentuan OJK

Dengan hormat,

Melalui surat saya ke Media Konsumen ini, saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap DC Shopee SPayLater dan Shopee SPinjam, yang melakukan penagihan di luar kontak darurat. Mereka melakukan penagihan kepada kerabat saya, yang pernah saya kirimkan barang via Shopee dan tidak pernah saya cantumkan nomornya untuk kepentingan kredit saya. Waktu penagihan pun sampai tengah.

Saya sudah berkali-kali meminta relaksasi keringanan proses pembayaran, dikarenakan kondisi saya yang sakit dan usaha yang terdampak PPKM (serta kondisi fisik saya yang terbatas) melalui email.

Sedikit banyak dari yang saya pahami, bahwa fintech Shopee SPayLater dan Shopee SPinjam adalah legal yang diawasi oleh OJK. Namun mengapa cara penagihannya seperti ilegal, yang mengakses data di luar kontak darurat dan mengintimidasi? Hal itu bukan hanya terjadi pada saya, sudah banyak yang diperlakukan seperti itu ternyata.

Saya sendiri pun sudah menunjukan itikad baik dengan berusaha melakukan permohonan relaksasi kredit via email. Akan tetapi jawaban yang saya dapat selalu nihil tidak ada solusi. Sampai malam inip un saya menyampaikan keluhan via CS Shopee, tapi tetap tidak ada solusi. Karena solusi utamanya hanya membayar semua sisa tagihan yang berjalan.

Saya pun sudah memohon agar tidak dilakukan lagi penagihan di luar kontak darurat saya. Saya tunggu kedatangan pihak DC Shopee di alamat saya yang valid berdasarkan KTP. Semoga ada titik terang dari permasalahan ini, karena saya sudah di batas maksimal, dengan segala kondisi yang ada untuk permasalahan ini.

Hanna Febriana Sahelangi
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bayar utang mu biar gak di telp i.
    Dasar tukang utang lebih galak dari pada yabg ngutangi ?

  • Apa kabar yg kena tipu spinjam. Saldo d habiskan dan spinjam d habiskan jg. Tapi saya yg d tagih. Sdh laporan ke cs shopee pun cm PHP ?

  • Sekarang sudah lunas belum kak ?
    selama menunggak tindakan shopee apa aja ? apakah sampe DC Nya kerumah / tempat kerja gitu ? soalnya kebetulan saya dari cirebon juga

    • halo kak apakah mengalami hal yg sama dengan penulis? jika iya mungkin bisa hubungi saya via email rusydaaisyah06@gmail.com kebetulan saya sedang mengerjakan skripsi yg membahas hal ini. Mungkin dapat membantu kaka kedepannya terimakasih

  • Saya juga gitu ..awalnya bisa dibayar kena pandemi usaha hancur...saya malah diancam pihak shopee akan memblokir e ktp saya...mksdnya apa coba,...emang dia dukcapil??

    Makin gk jelas....saya niat bayar kok..saya cicil smmpu saya aja...tpi masih aja diteror kyk minjam ilegal

  • Hari Ini saya dikejutkan dengan adanya WA kepada beberapa kontak telepon di handphone saya yang mendapatkan pesan dari pihak shopee paylater & spinjam. dengan isi "Jika tidak mau terus dihubungi oleh pihak kami, apabila ada relasi dengan bapak/ibu ********* mohon sampaikan ke beliau untuk bersikap kooperatif dengan pihak SPaylater & SPinjam hari ini. Terima kasih"

    Spinjam & Spaylater masih menjalankan protokol illegal dengan menghubungi kontak diluar kontak darurat. Ini sangat buruk. sebenarnya saya juga sama dengan teman-teman lainnya, saya gagal bayar karena usaha saya yang gagal akibat turunnya minat beli. Bahkan saya juga tidak lagi memiliki usaha yang jalan karena tidak mendapatkan pelanggan. Jadi pemasukan minus untuk bayar.

  • saya juga mengalami demikian beberapa hari yang lalu,dc shopee dengan tidak sopan mengambil foto dihalaman instagram saya memberikan kata" pencuri pada foto dan mengirimkan ke semua folowers ig saya,saya berharap dc nya bisa ditangkap polisi dan apk orange ini ditutup,menagih tidak layalnya peraturan yang ditetap kan ojk,keterlambatan seminggu lansung dicaci maki oleh dcnya.saran saya buat yang lain jangan sampai memakai jasa spaylater edan spinjam sedarurat apapun.