Kecewa dengan Akulaku, Barang Tidak Pernah Dikirim tapi Statusnya Diterima dan Tagihan Jalan Terus

Pada tanggal 23 September 2021, saya order produk Tablet Zyrex 10 inchi ZT216 3/3 Garansi Resmi – Hitam Original di Akulaku, dengan nomor pesanan: 1632376589773252595724. Lalu penjual mengubah status pesanan menjadi “Dikirim” melalui ekspedisi pribadi.

Anehnya, setelah mengklaim melakukan pengiriman, penjual mencoba menawarkan produk kepada saya. Artinya produk tidak pernah dikirimkan, tapi penjual klaim telah mengirimkan. Penjual menawarkan produk lain dengan harga sekitar Rp800 ribuan, sementara yang saya beli adalah produk senilai Rp1,25 juta, alias selisih Rp400.000 – Rp500.000. Jelas saya tolak, karena selain harga beda, itu juga bukan barang yang saya cari.

Berikut screenshot chat saya dengan seller Merrick Collection.

Dari chat di atas, pesanan 1632376589773252595724 tidak pernah dikirimkan dan malah seller menawarkan barang lain terus. Eh tanggal 10 Oktober status pesanan tiba-tiba tanpa saya klik terima pesanan jadi diterima!

Padahal saya tidak pernah “Klik Menerima”. Aplikasi juga saya kunci dengan PIN, sehingga anak tidak bisa akses ke aplikasi Akulaku.

Yang tidak kalah menjengkelkan adalah CS Akulaku. Dimana saya setiap hari selalu minta agar transaksi dibatalkan dan dana di-refund ke saldo sejak chat pertama sekitar 24 September 2021 hampir sebulan lalu, tapi dibalas via e-mail dengan balasan robot.

Pada tanggal 9 Oktober 2021, dibalas via e-mail katanya akan diselesaikan dalam 3 hari dan setelah 3 hari bahkan sudah 10 hari (19 Oktober, saat saya menulis) juga belum dibatalkan. Berikut screenshot email dari Akulaku tanggal 9 Oktober 2021.

Beberapa hari yang lalu saya juga komplain via telepon. Duh komplain pakai telepon yang habis Pulsa 23.000 rupiah (13 menit) tidak memberikan hasil apa-apa, karena CS malah menyarankan agar akun saya diblokir.

Saya sangat kecewa kepada Akulaku dan seller karena beberapa hal:

  • Seller tidak pernah mengirimkan barang (bahkan tidak memiliki barang), tapi mengklaim telah mengirimkan barang.
  • Seller masih memajang barang itu di etalasenya sampai saat ini, padahal tidak memiliki barang itu.
  • Akulaku menyediakan model pengiriman pribadi yang resi tidak bisa ditracking serta penjual asal bisa klaim.
  • Saluran komplain Akulaku hanya ada feedback dan telepon. Feedback hanya searah, telepon mahal dan hasilnya juga sama saja tidak ada tanggapan yang cepat. Harusnya ada saluran Live Chat, saya baru tahu karena saya pertama kali pakai. Nyoba.
  • Akulaku sangat lambat merespon komplain, jawaban via e-mail diklik tidak bisa.

Intinya adalah penjual tidak pernah mengirimkan barang. Namun karena saya takut orang – orang saya diteror oleh DC maka tagihan pertama sudah saya bayar pada malam hari di tanggal 9 Oktober 2021. Tentu saja dengan selalu komplain via feedback hampir tiap hari, bahkan kadang lebih dari sekali.

Namun sama saja, Pihak Akulaku seakan cuek. Oh iya, pada saat saya telepon CS Akulaku melalui nomor mahal 1500920. CS mengatakan akan segera menyelesaikan lagi dalam 3 hari dan sampai saat ini juga masih sama, transaksi dianggap diterima.

Mudah-mudahan pihak Akulaku segera memproses permintaan refund ini. Sehingga saya bisa memakai uang yang telah saya setorkan ke Akulaku dan segera saya bisa menghapus dan memblokir aplikasi Akulaku dan bisa hidup dengan tenang.

Saya sudah komplain via jalur Twitter, Facebook dan email eh tidak ada tanggapan. Mudah-mudahan via MediaKomsumen.com ini saya bisa menemukan jawaban dan solusi terbaik untuk masalah saya, yaitu: Refund.

Jujur saja saya resah, stress, dan frustasi. Andaikan saya tahu Akulaku begini tentu saja saya tidak akan meliriknya sama sekali.

Terima kasih.

Rif’an Muazin
Bantul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Rif’an Muazin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Rif’an Muazin pada tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Untuk customer, kenapa masih mau belana di e-commerce ini? Masih banyak yang lebih bagus.....

    Untuk karyawan Akulaku, gak niat keluar dari perusahaan ini? Ga ada beban mental gitu? Hidup ga berkah kalau begini.

      • Saya bli hp di akulaku status nyh sudahh di terma tpi barang kgak Ada
        Di tlpn mlhhan lbih galakkn toko nyh
        Ini akulaku mau ngibullin pembli apa Gmna??

    • Saya lebih parah, Ga pernah ambil atau cicil hp di akulaku tiba2 ada tagihan cicilan hp dan sudah telat hampir 3 bulan. Yg paling aneh lagi kata nya saya pernah bayar cicilan 1kali. Trus pas saya komplain ke cs akulaku saya tidak punya tagihan sama sekali, saya tlpn lagi ke bagian colection kata nya saya punya tagihan cicilan hp sedangkan saya tidak pernah ambil atau cicil hp, di aplikasi pun tidak ada tagihan. Trus saya tanya lebih detail lagi ke bagian collection kata nya barang nya di kirim ke daerah bogor. Sedangkan saya tinggal di Bandung. Dan ternyata data saya di salah gunakan pihak tidak bertanggung jawab.

      • Ya itu karena anda pernah foto selfie sambil pegang KTP, makanya data anda bisa dipakai orang lain untuk berhutang.

        Semua yang sudah pernah mengajukan hutang dengan cara foto selfie sambil pegang KTP, pasti hidupnya tidak akan tenang.

        @Darwis

        Anda terlihat sedang pamer memiliki mobil, ingin dikatakan orang berduit ya pak ?

        Tapi itu tak ada artinya kalau data pribadi anda sudah bisa pinjam online artinya anda sendiri juga pernah pinjam online.

        Anda adalah Orang miskin yang banyak gaya.

    • Sama saya juga pesan paket sembako sampai sekarang ga sampai sedangkan di aplikasi diklik terima barang sudah komplain ke cs ga ada tanggapan

    • Kan katanya nyoba.sekarang sdh tau.
      Bisa tulis keluhan di media konsumen.
      Berarti kan sering baca keluhan mengenai aku laku dimedia ini. Tapi sepertinya "nantangin". Mungkin pikirannya yg lain kena tipu, tapi saya nggak.
      Okelah.kata orang pengalaman guru terbaik

    • Masih ajh belanja di akulaku udh bnyk kejadian, mending ke yg pasti2 ajh deh
      Marketplace besar shopee tokped

  • Masih banyak aja yg pake kredit di akulaku...
    ini banyak merchant abal2... Akulaku juga diem aja dan ga peduli, sudah banyak sekali yg komplain ttg akulaku di MK ini.
    Saingan sama Sopi... komplainannya

  • "Andaikan saya tahu Akulaku begini tentu saja saya tidak akan meliriknya sama sekali"

    cek media konsumen ini, dan search "akulaku" ada buanyaaaaaaaaaak seperti anda...
    tanpa mengurangi rasa hormat pada anda, silakan anda belajar dari pengalaman anda ya...

  • Tolong siapapun yang baca ini..saya stress banget kenapa jadi begini.suami saya beberapa Minggu yang lalu mungkin sudah ada sebulan yg lalu dia pesan hp di akulaku dan sampai sekarang belum sampai saya tunggu2 dan saya cek di aplikasi tersebut ternyata sudah ada tagihan. Saya binggung banget harus gimana,barang belum sampai tapi sudah ada tagihan yg harus dibayar.saya sudah chat penjual tapi gak ada respon. Saya binggung harus gimana lagi apa mungkin saya bisa gak bayar karena belum sampai barang nya. Tolong siapapun yg baca ini saya harus gimana apa ini termasuk penipuan????

  • Saya sih cuma mau bilang
    Yg masih suka berurusan dengn
    Pinjol akulaku..
    Itu orang bodoh
    Gaptek dan jelas ga pernah update berita
    😀😀😀😀
    Kezeeel kezeeel....😧😧😄😂😊

  • Saya pun hampir kejadian yang sama di akulaku.... Untung reselernya bertanggung jawab.... Di karenakan saya pesan handphone yang datang malah plastik doang....