Surat Pembaca

Kecewa dengan Akulaku, Barang Tidak Pernah Dikirim tapi Statusnya Diterima dan Tagihan Jalan Terus

Pada tanggal 23 September 2021, saya order produk Tablet Zyrex 10 inchi ZT216 3/3 Garansi Resmi – Hitam Original di Akulaku, dengan nomor pesanan: 1632376589773252595724. Lalu penjual mengubah status pesanan menjadi “Dikirim” melalui ekspedisi pribadi.

Anehnya, setelah mengklaim melakukan pengiriman, penjual mencoba menawarkan produk kepada saya. Artinya produk tidak pernah dikirimkan, tapi penjual klaim telah mengirimkan. Penjual menawarkan produk lain dengan harga sekitar Rp800 ribuan, sementara yang saya beli adalah produk senilai Rp1,25 juta, alias selisih Rp400.000 – Rp500.000. Jelas saya tolak, karena selain harga beda, itu juga bukan barang yang saya cari.

Berikut screenshot chat saya dengan seller Merrick Collection.

Dari chat di atas, pesanan 1632376589773252595724 tidak pernah dikirimkan dan malah seller menawarkan barang lain terus. Eh tanggal 10 Oktober status pesanan tiba-tiba tanpa saya klik terima pesanan jadi diterima!

Padahal saya tidak pernah “Klik Menerima”. Aplikasi juga saya kunci dengan PIN, sehingga anak tidak bisa akses ke aplikasi Akulaku.

Yang tidak kalah menjengkelkan adalah CS Akulaku. Dimana saya setiap hari selalu minta agar transaksi dibatalkan dan dana di-refund ke saldo sejak chat pertama sekitar 24 September 2021 hampir sebulan lalu, tapi dibalas via e-mail dengan balasan robot.

Pada tanggal 9 Oktober 2021, dibalas via e-mail katanya akan diselesaikan dalam 3 hari dan setelah 3 hari bahkan sudah 10 hari (19 Oktober, saat saya menulis) juga belum dibatalkan. Berikut screenshot email dari Akulaku tanggal 9 Oktober 2021.

Beberapa hari yang lalu saya juga komplain via telepon. Duh komplain pakai telepon yang habis Pulsa 23.000 rupiah (13 menit) tidak memberikan hasil apa-apa, karena CS malah menyarankan agar akun saya diblokir.

Saya sangat kecewa kepada Akulaku dan seller karena beberapa hal:

  • Seller tidak pernah mengirimkan barang (bahkan tidak memiliki barang), tapi mengklaim telah mengirimkan barang.
  • Seller masih memajang barang itu di etalasenya sampai saat ini, padahal tidak memiliki barang itu.
  • Akulaku menyediakan model pengiriman pribadi yang resi tidak bisa ditracking serta penjual asal bisa klaim.
  • Saluran komplain Akulaku hanya ada feedback dan telepon. Feedback hanya searah, telepon mahal dan hasilnya juga sama saja tidak ada tanggapan yang cepat. Harusnya ada saluran Live Chat, saya baru tahu karena saya pertama kali pakai. Nyoba.
  • Akulaku sangat lambat merespon komplain, jawaban via e-mail diklik tidak bisa.

Intinya adalah penjual tidak pernah mengirimkan barang. Namun karena saya takut orang – orang saya diteror oleh DC maka tagihan pertama sudah saya bayar pada malam hari di tanggal 9 Oktober 2021. Tentu saja dengan selalu komplain via feedback hampir tiap hari, bahkan kadang lebih dari sekali.

Namun sama saja, Pihak Akulaku seakan cuek. Oh iya, pada saat saya telepon CS Akulaku melalui nomor mahal 1500920. CS mengatakan akan segera menyelesaikan lagi dalam 3 hari dan sampai saat ini juga masih sama, transaksi dianggap diterima.

Mudah-mudahan pihak Akulaku segera memproses permintaan refund ini. Sehingga saya bisa memakai uang yang telah saya setorkan ke Akulaku dan segera saya bisa menghapus dan memblokir aplikasi Akulaku dan bisa hidup dengan tenang.

Saya sudah komplain via jalur Twitter, Facebook dan email eh tidak ada tanggapan. Mudah-mudahan via MediaKomsumen.com ini saya bisa menemukan jawaban dan solusi terbaik untuk masalah saya, yaitu: Refund.

Jujur saja saya resah, stress, dan frustasi. Andaikan saya tahu Akulaku begini tentu saja saya tidak akan meliriknya sama sekali.

Terima kasih.

Rif’an Muazin
Bantul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Rif’an Muazin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Rif’an Muazin pada tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bangke...kasus nya sama dengan saya bakalan kaya gini juga nih,emang ya aku laku ternyata sdh black list

  • Kalo barangnya gk sampe ke ente, gk usah bayar dan jgn takut di teror, yang penting ente buat laporan ke cs akulaku, di tanggepin atau enggaknya gk masalah, yg penting ada laporan buat tambahan bukti. Kalo nanti jatoh tempo trus ada yg nlp angkat aja gk usah takut. Jelasin kronologi yg sebenernya. Dan bilang gk bakal bayar tagihan karna ente gk nerima barangnya.

    • Setuju,, langkah ini paling bener menurut sy.. sekiranya ga ngerasa salah, ga perlu takut.. klo emang tetep ditagih, apalagi ada pihak DC yg kurang ajar/kurang dihajar, bisa lapor pihak berwajib untuk ditertibkan..

  • TERIMA KASIH INFORMASINYA...IZIN SHARE KELUHAN ANDA SUPAYA SEMUA TAHU DAN AGAR TIDAK BERTAMBAH LAGI KORBAN KOMPLOTAN PENIPU ONLINE.