Surat Pembaca

Pengajuan Pelunasan Seluruh Tagihan Shopee Paylater Dipersulit

Selamat sore

Saya merupakan pengguna aplikasi Shopee dan saya menggunakan pembayaran menggunakan shoope paylater atau spaylater. Saat ini saya memiliki tagihan di spaylater untuk beberapa bulan kedepan.

Saat ini tanggal 24 Oktober 2021 saya berniat untuk melunasi seluruh tagihan saya yang tersisa di spaylater namun saat membuka aplikasi hanya tertera tagihan bulan yang berjalan. Saat saya konfirmasi ke customer service online di aplikasi shopee mengenai maksud saya. Saya diinfo bahwa tagihan spaylater tidak dapat dilunasi sekaligus. Dan saya disuruh menunggu kelanjutan pengajuan saya via email secara berkala.

Namun beberapa saat setelah menunggu saya tetap mendapat jawaban dr email shopee bahwa pembayaran seluruh tagihan tidak bisa dilakuan. Saya bukan nasabah yang tidak membayar tagihan justru saya nasabah yang ingin menyelesaikan seluruh tagihan saya namun kenapa saya malah dipersulit?

Di semua perusahaan pembiayaan pasti bisa menyelesaikan seluruh tagihan atau melunasinya dengan beberapa ketentuan. Apakah perusahaan sebesar shopee begitu sulit memberikan solusi untuk saya yang hanya ingin menyelesaikam seluruh tagihan saya dengan segala bunga dan ketentuannya?

Berikut saya lampirkan juga chat saya dengan cs shopee dan email jawaban dr shopee yang tidak memberikan solusi apa-apa.

Saya harap dengan keluhan saya di media konsumen dapat memberikan saya solusi dari pihak shopee mengenai seluruh total tagihan saya yang ingin saya lunasi. Saya hanya ingin melunasi seluruh tagihan saya..jadi tolong jangan dipersulit seperti ini.

Terima kasih.

Iresa Apriliani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Silahkan baca artikel di bawah
    https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-cara-membayar-tagihan-SPayLater-sebelum-periode-tagihan

    di sana jelas disebutkan "Anda hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh tempo di 1 (satu) bulan berikutnya, dan tidak dapat langsung melunasi semuanya sekaligus."

    itu sudah aturan main spaylater. jika anda tidak suka / keberatan dengan aturan main spaylater, jangan gunakan spaylater.

    sebelum gunakan pahami syarat ketentuan aturan mainnya.

      • Memang lebih baik SPaylater dan SPinjam ditiadakan saja. Biar ga ada masalah-masalah seperti ini kedepannya.

    • Haii ka ini sama bgt sama kasus saya skrg.. saya lg minta surat ke bagian kreditnya tapi belum ada juga...huhuhu
      Berkabar yaa ka klo ada updatenya..

    • Shopee emang seenaknya bikin peraturan yg dia doank bisa ubah sedangkan permintaan konsumen gak bakal disetujui. Sperti shopee paylater seenaknya limit dinaikan tapi konsumen minta diturunin kagak bisa. Seharusnya limit adalah bersifat pengajuan dari konsumen. Limit KK aja bisa diturunkan. Sombong sekali emang shopee

      • Kalau limit naik, jgn d pake aja ?, ga d pake ga akan ada tagihan.. kalo ga d pake berkepanjangan limit pun akan trun sendiri..

  • kayanya engga baca syarat ketentuan yg berlaku ya, tiap badan hukum, perusahaan, komersil, maupun besar pasti ada syarat ketentuan berlaku nya. Ga bisa loh kenapa si a bisa, si b bisa, sedangkan si c engga bisa.
    .semoga ada penyelesaian dari shopee ya

    • Halloo ka s&k ttg melunasi pinjaman lebih awal tidak ada di isi perjanjiannya saya sudah baca..

    • Mungkin saat ini belum bisa karena memang peraturan nya begitu. Tapi semoga dengan adanya keluhan seperti ini Shopee lebih flexible, toh yang bersangkutan juga bersedia membayar bunganya. Dia hanya ingin terbebas dari tanggungan hutang makanya ingin segera di lunasi.
      Berbekal pengalaman Pribadi, saya kapok pakai spaylater. Saya kira kalau Ndak ada keterlambatan bayar Ndak kena tambahan biaya kayak CC, eh tetap ada. Ya udah lah buat pengalaman saja, jangan pernah pakai gituan. menyeramkan..

  • Dari kasus ini bisa di ambil suatu teori bahwa,

    Ketika sudah menjadi Nasabah Pinjol, serta merta anda akan memiliki Mental Baja.

    1. Anda bakalan tidak takut apapun dan siapapun.

    DC yang item besar tinggi mah anda anggap kayak anak kecil yang bisa anda kentutin.

    2. Anda bakalan Lebih Cerdas dari apapun dan siapapun.

    Dalam kasus ini adalah contoh bahwa Anda bisa mengatur Sistem. Jika sistem tidak sesuai dengan kehendak anda, anda yang bermental baja, percaya diri ingin mengubah sistem itu.

    Tagihan sistem hanya bisa di bayar perbulan, atas kehendak anda ingin di ubah biar bisa dibayar sekali lewat.

    Dan pada kasus lain, yang berbau penipuan, anda bahkan bisa menyalahi sistem yang menurut anda sangat lemah, tenaga kerja nya pun anda anggap lelet dan sebagainya.

    Jadi kesimpulannya :

    Ketika manusia sudah terjerat Pinjol, saat itulah semuanya berubah. Di sadari atau tidak, anda sudah tidak seperti dulu lagi.

    • Ya Ampun dari @Muhammad jadi @Umur trus ganti jadi @isdebe dan sekarang create nama baru lagi jadi @ccditiu. Yang namanya sampah mah mau gonta ganti nama beribu kali tetap aja bakal ketauan hehe

  • Aturan kain spaylater memang begitu mas.. ga bisa dibayar sekaligus jika mas nya memilih untuk mencicil dengan tenor 3/6/12 bln..
    Klo ada yg tanya, "knp ga bisa?".. jawaban nya hanya 1: itu adalah salah 1 asal dr keuntungan shopee..
    Jika mas memilih spaylater dgn masa pinjam 1bln, mas hanya akan dikenakan 1x biaya transaksi dan 1x beban bunga
    Jika mas memilih spaylater dgn masa pinjam 3bln, maka mas akan dikenakan 1x biaya transaksi dan 3x beban bunga
    Begitupun dgn tenor 6 atau 12 bln..
    Nah klo konsumen udah pilih tenor panjang, tp, Puji Tuhan, dpt rezeki lebih dan ingin melunasi sekaligus, otomatis keuntungan yg didapat shopee pun akan jd sedikit (jika diperbolehkan)..
    Maka dari itu shopee tidak bisa memproses permintaan mas nya sbg konsumen..

    Saran sy, ada baiknya mas bisa memikirkan terlebih dahulu saat memilih opsi spaylater, apa akan membayar dlm jangka waktu 1/3/6/12 bln,, jd ga bakal ada yg merasa dirugikan di kemudian hari.. toh semua detail cicilan dituliskan dgn jelas saat proses pemiluhan opsi pembayaran..

    Mungkin bawah ane bs nambahin...

  • Jangan nekat, sekalipun kamu lunasi sekaligus secara manual
    Bulan depannya tetep muncul tagihan,
    Disini pernah ada yg mengeluh soal itu

  • Semua yang cicilan kayaknya memang begitu deh aturannya. Kartu kredit juga gt kok ga bisa lunasin langsung.

  • Udah aturannya seperti itu, hanya bisa bayar bulan berjalan dan 1 bulan ke depannya, coba baca lagi syarat dan ketentuanya ka

  • Dih, nih orang OKB ya? Orang kaya baro. Awal nya miskin ngemis2 pakai tenor. Eh ketiban rejeki nomplok malah mau lunasi semua.

    kak, kakak gak pernah ngajukan KPR, KTA, kredit usaha gt? Itu klo kakak udah ambil tenor tertentu, ya gak bisa dilunasi semua.

    kakak diawal mainnya pakai tenor, eh ditengah jalan berubah pikiran, malah nuduh shopee curang. Gak habis pikirrr...

    mau dilunasi semua kak? Caranya ada 1. Misal tenor kakak sisa 3 bulan dan pembayaran per bulan anggap saja 700 rb. Ya kakak isi shopee pay 3x700.000 = 2.100.000 aja. Jd utang kakak lunas. Betul ga? Gitu aja kok repot.

    jadi yang kakak top up di shopee pay adalah sisa tenor x tagihan per bulan maka hutang kakak LUNAS

    • Kalau gak diklik bayar tetap aja gak bisa lunas dengan sendirinya. Mau di shopeepay nya 100jt

      • setiap perusahaan punya aturan sendiri. kl mmg spaylater ga bs dilunasi sekaligus krn itu mmg aturannya spt itu. ga bs dipaksakan berubah aturannya seenaknya. jd dipahami saja spt itu wlp itikad baik kaka untuk melunasi seluruh tagihan. ???

    • KALAU KREDIT USAHA DI BANK BRI BISA BOS... Yg awalnya tenor 3th, ketika punya uang bisa dilunasi SEKALIGUS, tanpa bertele-tele. Itu pengalaman pribadi saya

    • Lah kakaknya yg gak pernah kredit di bank ya??
      Semua pinjaman itu bisa dilunasi langsung ka..