Surat Pembaca

Pengajuan Pelunasan Seluruh Tagihan Shopee Paylater Dipersulit

Selamat sore

Saya merupakan pengguna aplikasi Shopee dan saya menggunakan pembayaran menggunakan shoope paylater atau spaylater. Saat ini saya memiliki tagihan di spaylater untuk beberapa bulan kedepan.

Saat ini tanggal 24 Oktober 2021 saya berniat untuk melunasi seluruh tagihan saya yang tersisa di spaylater namun saat membuka aplikasi hanya tertera tagihan bulan yang berjalan. Saat saya konfirmasi ke customer service online di aplikasi shopee mengenai maksud saya. Saya diinfo bahwa tagihan spaylater tidak dapat dilunasi sekaligus. Dan saya disuruh menunggu kelanjutan pengajuan saya via email secara berkala.

Namun beberapa saat setelah menunggu saya tetap mendapat jawaban dr email shopee bahwa pembayaran seluruh tagihan tidak bisa dilakuan. Saya bukan nasabah yang tidak membayar tagihan justru saya nasabah yang ingin menyelesaikan seluruh tagihan saya namun kenapa saya malah dipersulit?

Di semua perusahaan pembiayaan pasti bisa menyelesaikan seluruh tagihan atau melunasinya dengan beberapa ketentuan. Apakah perusahaan sebesar shopee begitu sulit memberikan solusi untuk saya yang hanya ingin menyelesaikam seluruh tagihan saya dengan segala bunga dan ketentuannya?

Berikut saya lampirkan juga chat saya dengan cs shopee dan email jawaban dr shopee yang tidak memberikan solusi apa-apa.

Saya harap dengan keluhan saya di media konsumen dapat memberikan saya solusi dari pihak shopee mengenai seluruh total tagihan saya yang ingin saya lunasi. Saya hanya ingin melunasi seluruh tagihan saya..jadi tolong jangan dipersulit seperti ini.

Terima kasih.

Iresa Apriliani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Iya memang ga bisa,yaaahh namanya juga riba,pasrah aja deh,giliran mu lunasin full ga bisa,giliran nunggak kena denda??mungkin memang hatus belajar menerima kenyataan dan komitmen,kl mau ngutang,meskipun punya uang buat lunasin,yaa sudahlah ikut aturan mereka,kl gamau ikut,yaaa jgn ngutang,,, meskipun kesel sih???pngen lunasin aja dipersulit

  • Setiap sistem, maupun teknologi, ada algoritmanya masing2, shopee tidak ataupun belum mengizinkan pembayaran kredit secara langsung lunas krn ingin menekan sekecil mungkin pekerja manusia dalam hal ini admin atau customer service untuk hal yg algoritma atau AI blm bisa kerjakan, seperti melayani keluhan pelanggan ataupun penjual dsb, sebaiknya sebelum menggunakan terlebih dahulu membaca syarat ketentuan terlebih dahulu, jgn lgsg scroll saja, atau mau yg lebih expert mempelajari logika algoritma itu sendiri, hehe..

  • Hai kak, sebelumnya aku juga pengguna spaylater, dan setau aku sekarang udah ada fitur "bayar lebih dulu" yang mana kita bisa lunasin spaylater kita walaupun belum jatuh tempo / hitungannya masih beda bulan

    • Mgkn si kakak ini sblmnya pake cicilan 6/12 bulan kak. Klo dia ambil yg bulan depan lunasin sih bisa lunas duluan sblm jatuh tempo. Nah kayaknya krn ada rejeki jadi beliau mau lunasin cicilan, sedangkan ya shopee ga bisa begitu. Sbnrnya jelas sih cuma mgkn ga paham sistem shopee. Krn sistem shopee dan bank yaa jangan disamakan sih hehe

  • Halo kak.. Maaf tidak ada maksud menyalahkan. Saya pengguna shopee sudah 5 tahun. Pertama kali menggunakan spaylater jujur saya juga bingung. Tapi lama2 mengerti. Di shopee ada pilihan bayar bulan depan/3/6/12.. Aturan shopee cukup jelas. Mungkin kakak sblmnya ga menemukan info bagaimana penagihan dan penggunaan spaylater yg bijak, padahal sbnrnya kakak bisa bertanya ke cs sblm menggunakan. Shopee bukan bank (yang bisa kita mintai utk merubah perjanjian) dan shopee bukan budak kita yg bisa kita atur. Mereka punya aturan dan sejauh ini spaylater s&k nya jelas dan baik sejauh kita membayar tepat waktu. Puji Tuhan selama ini saya menggunakan spaylater tdk ada keluhan krn juga sudah paham dg s&k nya.. Jika kkak merasa takut uang utk melunasi spaylater terpakai, saya yakin kakak orang yg bijak, uangnya bisa kakak simpan direkening yg pasti tidak bisa diganggu gugat jadi akan aman tak terpakai. Karena kita tidak bisa memprotes sesuatu yg kita sudah tau (sebenarnya) resikonya. Mgkn harus budidayakan membaca dan bertanya. Terima kasih. God bless..

  • Untuk saat ini baru Spinjam yg bisa pelunasan sebelum jatuh tempo, semoga kedepannya Spaylater bisa bayar lunas juga

  • Kalau dibayar langsung nanti bunganya kecil. Memang beginilah cara shopee melarikan diri dari OJK ?

  • Saya juga mengalami kendala yg sama. Saya sudah menghubungi cs shopee via chat online, email dan telpon. Nihil. Jawabannya Seperti yg kakak dpat.
    Untuk itu sy inisiatif mengisi saldo shopeepay sy senilai jumlah kredit di SPayLater. Jd setiap bulan udh siaga pembayarannya. Ribet, tp mau gmna lg?!

  • Terimakasih yg sudah mau repot bikin tulisan ini. Karena yakin deh banyak yg mengalami hal sama.
    Kita jadikan pelajaran bersama agar tidak terulang & terjebak kesalahan yg sama.
    Hikmahnya adalah kita harus belajar kelola keuangan, belajar dari kesalahan, jangan kepoin lg aplikasi belanja online yg ujungnya tergoda. Klo perlu hapus aplikasi belanja online agar tidak tergoda. Cukup lihat di browser saja. Browser saja lebih aman !!!

  • Iya saya sendiri juga mengalami hal yang sama. baru konsul sama CS nya untuk pelunasan, tapi belum bisa apa gak nya.
    Di surat perjanjian juga tidak di tuliskan klo gak bisa melunasi secara keselurahan nya. Apa harus ke OJK ya biar ada kebijakan dari shopee