Proses Penutupan Polis BNI Life Membingungkan

Dear BNI Life,

Saya Windra Aditya, pemegang polis dengan nomor BSWP9161061827. Saya mengikuti salah satu program BNI Life ini, karena pada saat itu saya punya teman yang bekerja sebagai Bancanssurance Spesialist di BNI Life, untuk membantu teman saya dalam mencari nasabah. Mengingat situasi dan kondisi, setelah hampir 5 tahun keikutsertaan saya di BNI Life, akhirnya saya memutuskan penutupan polis, karena dana tersebut ingin saya gunakan untuk tambahan biaya kesehatan.

Pada tanggal 6 Oktober 2021, saya mendatangi kantor cabang BNI yang ada di BSD (Bumi Serpong Damai) Tangerang Selatan untuk pengajuan penutupan polis.

Tanggal 7 Oktober 2021, saya ditelepon oleh CS dan SMS dari BNI Life untuk melengkapi kekurangan dokumen yaitu surat pernyataan tidak menerima buku polis. Keesokannya saya kembali ke kantor cabang BNI BSD untuk melengkapi dokumen yang dimaksud.

Setelah hampir dua minggu, pada tanggal 21 Oktober 2021, saya coba menghubungi Customer Care BNI Life di 15000 45, saya ingin menanyakan sejauh mana proses penutupan polis saya. Namun CS tersebut meminta nomor resi pengiriman berkas ke kantor pusat BNI Life.

Keesokannya saya balik lagi ke kantor cabang BNI BSD hanya untuk meminta nomor resi, dimana nomor resi tersebut yaitu 152753993. Saat itu juga saya kembali telepon ke Customer Care BNI Life untuk menyampaikan nomor resi yang dimaksud. Namun dari penjelasan CS tersebut, belum ada menerima berkas/dokumen dengan nomor resi tersebut. Saya diminta untuk mengirimkan bukti atau foto nomor resi pengiriman berkas dari cabang BSD ke kantor Pusat yang sesuai dengan No. Resi yang saya sebutkan di atas.

Dari kejadian diatas, yang jadi pertanyaan saya, pertama, berapa lama pengiriman berkas dari BSD ke kantor Pusat (Jakarta)? Dimana masih sesama pulau Jawa dan kota yang berdekatan?

Kedua, nomor resi adalah bukti dan nomor yang bisa kita gunakan untuk proses tracking/pencarian barang pengiriman, kenapa saya diminta untuk memfoto bukti resi yang didapatkan dari kantor cabang? Apa saya harus berulang-ulang dari rumah ke kantor cabang hanya karena nomor resi? Bukankah seharusnya dari kantor pusat yang mengkonfirmasi ke kantor cabang untuk pengecekan nomor resi tersebut? Kenapa nasabah yang diputar-putar?

Ketiga, hingga saat ini, saat saya publikasikan ke Media Konsumen, sudah terhitung 14 hari kerja, saya tidak menerima kejelasan dari penutupan polis saya.

Mohon dengan sangat kepada BNI Life untuk kejelasan mengenai hal ini, karena saya sangat membutuhkan dana tersebut.

Windra Aditya
Bogor, Jawa Barat


Update (29 November 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak BNI Life sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BNI Life atas Surat Bapak Windra Aditya

Yth. Bapak Windra Aditya Sehubungan dengan pemberitaan Bapak Windra Aditya di mediakonsumen.com pada tanggal 25 Oktober 2021, dapat kami sampaikan...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Proses Penutupan Polis BNI Life Membingungkan

  • 25 Oktober 2021 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Sy capek dg asuransi.. Janji manis berakhir pahit, malas kaloo taruh apapagi uang pensiun d Asuransi.. Banyak potongan susah klaim dll, padahal kalo dipikir uang sendiri.. Mending disimpan sendiri ato taruh d RD.

    3
    2
    • 26 Oktober 2021 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Sama mas.. Ortu saya di axa mandiri jg bgtu,. Giliran urus tutup polis, semua di ribet kan,. Kan dana nya bisa dipake utk mengisi masa pensiun. Ini jg mau saya UP masalahnya,. Tinggal bongkar berkas yg penting tau berapa nomor polisnya

  • 26 Oktober 2021 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Saran saya bu, kalo untuk asuransi lebih baik asuransi murni. Bukan ada embel embel investasi. Jadinya kalo mau tupol ga repot. Kalo kita telat bayar, pasti ditagih terus. Giliran mau klaim dipersulit.

  • 27 Oktober 2021 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Halo maaf menggangu apa boleh saya tahu syarat untuk tutup polisnya. Karena saya ada asuransi BNI life yang dibuat ibu saya, dan baru kemarin saya temukan buku polisnya. Karena ibu saya stroke, saya berniat untuk tutup saja polisnya. Sudah hubungi CS malah diminta bayar polis 4 juta. Dan tidak ada kelanjutannya hingga harus bolak balik ke BNI.

 Apa Komentar Anda mengenai BNI Life Insurance?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Proses Penutupan Polis BNI Life Membingungkan

oleh Windra dibaca dalam: 2 menit
6