Surat Pembaca

Pelayanan Buruk Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah

Pada tanggal 28 Oktober 2021 sekitar pukul 10:00 pagi, saya datang ke Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah, untuk mengurus kartu ATM BNI saya yang tertelan di mesin ATM, yang disebabkan ATM error. Setelah di depan pintu masuk, saya disambut oleh satpam dan ditanya “Bapak keperluannya apa?”. Lalu saya jawab “Saya mau ngurus ATM saya yang terblokir”. Bapak satpam menjawab “Bapak ke sini lagi besok pak, pukul 6 pagi. Untuk ambil antrian, karena ini sudah penuh. 1 hari hanya 40 orang”.

Pada tanggal 1 November 2021 saya sampai di BNI Cibubur Indah pada pukul 05:40 pagi. Di sana sudah ada yang mengantri, dengan berbaris di depan ruko untuk mengambil nomor antrian. Lalu saya ikut untuk mengantri dalam barisan nomor 4. Saya mencatat nama saya dan keperluan saya di sebuah halaman kertas yang disediakan. Setelah selesai, saya disuruh pulang terlebih dahulu dan datang kembali pada pukul 07:30.

Akhirnya saya pulang dan datang lagi pada pukul 07:30, karena saya tidak mau telat (saya harus mengerjakan pekerjaan saya). Pada pukul 07:50 bapak satpam keluar sambil dari dalam kantor bank dengan membawa nomor antrian, sambil berkata “Yang sudah catat namanya baris”.

Saya ikut baris lagi dan diberi nomor antrian B028! Saya bilang “Pak saya kan tadi catat nama saya di nomor 4, kenapa ini nomor 28?” Jawab satpam “Iya ini sesuai dengan barisan”. Dalam hati saya kecewa dan menahan emosi, lalu saya terima nomor antrian.

Karena kondisi rame dan menunggu di dalam dibatasi, saya menunggu di warung kopi yang dekat dengan BNI. Sekitar pukul 09:00 saya lihat nomor antrian baru di B012, saya bertanya ke bapak satpam “Kalau nomor antrian B028, kira-kira jam berapa ya?” Jawab satpam “Saya tidak tahu”.

Saya pergi ke tempat kopi lagi, karena saya menghindari kerumunan. Pada pukul 11:00 saya lihat lagi nomor antrian baru sampe di B019, Karena masih lama, saya putuskan untuk makan terlebih dahulu (dari pagi saya belum makan).

Saat saya makan, hujan besar turun. Sambil menunggu hujan reda, saya menikmati makan siang saya yang dekat dengan Bank BNI. Pada pukul 12:30 hujan tak kunjung reda. Saya sudah gelisah, takut terlewat nomor antrian saya. Saya lihat ada anak kecil yang menyewakan payung. Saya panggil dan menggunakan jasa dia. Dalam kondisi hujan, saya melangkah ke BNI.

Setelah sampai sana, ternyata sudah terlewati 2 nomor. Saya panggil bapak satpam “Pak ini terlewat karena hujan di luar”. Bapak satpam menjawab dengan menunjuk tulisan di bawah nomor antrian: “SILAHKAN MENGAMBIL NOMOR ANTRIAN BARU BILA ANTRIAN ANDA TERLEWAT”.

Saya tanya “Pak bisa dibantu nomor antrian baru buat saya?” Jawab satpam “Besok ke sini lagi pak, masih banyak yang antri”. Dengan rasa kecewa, saya berkata tolong panggil manajer BNI-nya. Jawab satpam katanya masih makan, sambil berjalan pergi menjauh saya.

Tak tahan saya dengan pelayanan seperti ini. Saya mau langsung masuk ke dalam Bank BNI untuk menemui manajernya. Namun karena pertimbangan takut mengganggu konsumen lain, saya putuskan untuk kembali.

Kepada Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah, dengan nama BUMN yang disandangnya, saya sangat kecewa dengan layanan Anda. Dengan surat ini, saya harap Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah dapat memperbaiki pelayanannya.

Joni Iskandar
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Pelayanan Buruk Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah

Menanggapi keluhan Bapak Joni Iskandar di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 2 November 2021 dengan judul “Pelayanan Buruk Bank BNI...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Menurut saya, Itu sudah resiko nasabah, seharusnya Bapak tersebut tetap antri Stay di tempat, apabila lewat emang sewajarnya harus ambil antrian baru, hal demikian juga pastinya untuk menghindari komplain nasabah yg antri stay lama di Banking Hall yg kebetulan juga tidak melihat Bapak tersebut antri..
        Semoga jadi pelajaran buat Bapak tersebut kalau budaya antri itu harus tetap stay di tempat tanpa terkecuali, dan BNI tentunya pasti akan selalu meningkatkan standar layanan nya demi kenyamanan serta loyalitas Nasabah..

      • Mungkin kebetulan ke outlet yg lagi ngelayanin bansos jadinya agak hectic juga. Kalo saya, kalo emang kepepet langsung cari outlet BNI terdekat lain yang sekiranya longgar, karena setahu saya semua keluhan atau ngurus ini itu bisa dilayani di cabang manapun. Puji Tuhan sampai skrg belum nemu masalah berarti dg pelayanan petugas BNI

      • Saya rasa ini hanya kesalahfahaman saja dan tidak perlu dibesarkan ke media konsumen, krn secara aturan memang sudah benar arahan pak satpam, jika kita mengantri kemudia terlewat karena kita tidak berada ditempat saat dipanggil no antriannya, terlebih masih masa pandemi.. maka kita harus ambil no antrian baru sebagai wujud sebuah resiko..maka alangkah lebih baik kita tidak harus keluar jauh lokasi agar mudah saat dipanggil no antriannya...pelajaran buat kita semua bahwa ini hanya kesalahfahaman saja dan hal yg sangat biasa terjadi tak perlu dibesarkan....terima kasih

        • Eh bodoh, penulis datang jam 5.40, lalu dicatat antrian 4. Lalu datang lagi jam 7.30 dapat antrian 28. Jadi buat apa datang jam 5.40 blok govlok?

          lalu penulis kelewatan nomer antrian, itu si satpam gak ada rasa iba apa ya? Udah datang jam 5.40 lalu nunggu dari jam 7.30, eh malah ambil antrian lagi.

          Blok, coba bayangin lu kaya (gw tau lu miskin), lu pakai duit lu untuk sesuatu yg mudah atau susah dengan harga yang sama?

    • Saya juga sering bertransaksi di BNI untuk beberapa keperluan. Alhamdulillahnya selalu dilayani dengan baik. Saya malah diajarin cara pake Mobile Banking biar kalo ada kendala terhadap rekening saya ga perlu khawatir. Pernah waktu itu lagi buru-buru mau ganti kartu karena hilang, saya dikasih tau oleh satpamnya keberadaan mesin yang bisa ganti kartu sendiri tanpa antri yang lokasinya ada di mall. Sangat membantu

      • Kmrn ATM BNI ketelen cuma sehari langsung dilayani. Mungkin itu kantor BNI nya lagi full ngelayanin orang2 yang dapet Bansos. Semoga kedepannya bakal ada perbaikan buat layanan BNI.

      • Iya bener kak aku juga gitu, di bni kartu hilang cuma 3menit aja gak lama. Kalau kalian mau ganti kartu cari aja bni yang ada mesin “digics” jd gak antri lagi ke cs

      • Menurut pengalaman saya selama menjadi nasabah BNI, saya selalu mendapatkan pelayanan yg sangat baik, satpamnya sigap membantu diawal, cs nya ramah menyelesaikan seluruh kendala saya, apalagi tellernya cepet banget dlm transaksi saya yg biasanya bawa banyak transaksi.. semoga BNI selalu bisa menjaga konsistensi layanan yg baik utk semua outlet.

    • Kemaren juga pas mau ganti kartu atm karena expired di BNI ternyata cukup mudah, ga perlu antri di CS bisa lwr mesin digi CS, Prosesnya cepet banget ga sampe 5 menit, Keren BNI

    • Kalo sesuai SOP, antrian terlewat ya memang harus ambil antrian lagi kan? Nah tinggal komunikasikan aja dengan baik. Kan pasti ada solusi.

    • Saya sudah lama menjadi nasabah BNI dan tetap nyaman karna memang BNI menyediakan banyak fasilitas, contohnya saya kmrin ganti kartu yg berchip munggunakan mesin BNI sonic / digiCS sangat mudah dan cepat , selain ganti kartu dulu juga pake buat bikin rekening cuma 3 menit ajaaaa dan mesinnya aktif 24 jam, jd gakperlu masuk ke dalam bank dan mengindari kerumunan.

    • Menurut saya, Itu sudah resiko nasabah, seharusnya Bapak tersebut tetap antri Stay di tempat, apabila lewat emang sewajarnya harus ambil antrian baru, hal demikian juga pastinya untuk menghindari komplain nasabah yg antri stay lama di Banking Hall yg kebetulan juga tidak melihat Bapak tersebut antri..
      Semoga jadi pelajaran buat Bapak tersebut kalau budaya antri itu harus tetap stay di tempat tanpa terkecuali, dan BNI tentunya pasti akan selalu meningkatkan standar layanan nya demi kenyamanan serta loyalitas Nasabah..

    • Setauku, BNI udah atur antriannya. Klo boleh kasih saran, jgn lgsg tulis2 antrian di kertas asal asalan.. minta ke Satpamnya nomor antrian yg bener sesuai standard BNI nya. Klo ngga ya ky gitu. Aku juga pejuang BSU tapi alhamdulillah BNI bantu kasih solusi. TOP

  • Semoga bisa menjadi kritikan yang membangun untuk BNI tersebut biar pelayanan jadi lebih baik dan bijak.

    • Sepengalaman saya pribadi, bertransaksi di BNI cukup dimudahkan dengan fasilitasnya. Kurang lebih sama nih kondisinya dlu, karena saya aktif juga di mobile banking BNI jadi transaksi sya masih tetap berjalan. Penarikan tanpa kartu bisa di ATM ada menu tarik tunai klo gak salah namanya. Mau ganti kartu dulu pernah juga diarahkan ke mesin ATM digital, cepet juga penggantiannya. Semoga menambah informasi.

  • Ganti sama satpam BCA. ?

    Untuk pelayanan CS bank, harus diakui memang BCA jauh lebih baik. Selain satpamnya yg helpful, di dalam jg ada CS yg selalu keliling menanyakan keperluan kita dan siap membantu.

      • Dalam kasus ini kita harus lebih bs bersikap juga. Untuk bs mendengarkan masalah dari kedua pihak. Baik itu nasabah maupun satpam. Karena kita perlu tau juga permasalahan detail nya. Takut ada info yang belum tersampaikan. Jadi lebih baik dipertemukan dan saling kasih solusi yang baik. Bukan kah saling memaafkan itu lebih baik ??

    • Saya juga sering bertransaksi di Bank BNI alhamdulillah saya dilayani dengan baik sesuai harapan saya. Apabilag memang transaksi kita bisa dilakukan dirumah, sebaiknya kita menggunakan layanan e-channel aja yang ada di BNI karena kita bisa melakukan tanpa antri ke Bank dan bisa dimanapun dilakukan transaksinya.

  • Emang bener si sekarang satpam BNI agak lebih baperan dibandingkan yg dulu
    Mungkin mau bikin pencitraan kalo satpam BNI tegas dan taat SOP tapi sayang caranya salah
    Mungkin BNI harus mempertimbangkan ganti vendor security nya

    • Kemarin2 saya ke BNI juga gak boleh ambil antrian, disuruh duduk dulu karena lagi error' sistemnya. Trs setelah itu si satpam kasih nomer antrian ke orang2 yg nunggu dengan acak. Trs kalo aku gak ngomong juga dia gak akan ngasih, kecewa +, jelek sih quality nya. Mungkin bagi dia bodoamat ?? biar gak cape trs cpet pulang.

      • Saya sudah bertahun-tahun menjadi nasabah BNI, Alhamdulillah sejauh ini puas dengan pelayanannya. Pernah saya ingin ganti kartu atm saya krn blm ber-chip, satpam menyarankan saya untuk mengganti kartu melalui mesin, transaksinya sangat mudah dan tidak perlu repot antre. Selain itu saya juga menggunakan fasilitas mobile banking yang fiturnya sangat lengkap, dan mesin setor tunai. Jd lebih praktis.

      • Semua karena bni ikut menyalurkan bansos program pemerintah jadi nasabah mendadak membedakan,jadi harus bisa menyikapi dgn bijak atau bni tidak usah lagi menyalurkan bansos.

      • Makan tuh SOP. Enakan juga SOP AYAM. kalo ada SOP yg mudah, napa lu betah sama yg ribet?

        Orang kayak lu hidup nya gak bahagia deh

  • Beberapa bulan yg lalu kartu atm saya tertelan di mesin atm BCA. Saya bilang ke satpam, setelah mendengarkan dia pamit buat ambil telfon. Saya telfon call center setelah di sambungkan satpam BCA atm saya di blokir dlu karena hari itu sabtu dan saya gak bawa ktp senin saya di suruh ke sana lagi. Senin pagi bilang, dia pandu saya buat atm baru di mesin khusus dan di telfon ke bca total g ada 30 menit atm saya sudah jadi dan aktif. Terima kasih BCA pelayanan selalu semuaskan. Sejak 8 tahun yg lalu tidak berubah

      • Emang beda, gak bisa disamakan. Pelayanan BCA di langit, pelayanan bank lu di bumi, jadi orang bumi gak usah ke langit ya. Kita di langit bebas hambatan. Emang kayak bank lu di bumi yang penuh antrian??

  • Untung engga punya rek bni, persepsi orang beda beda ya. tapi melihat kinerja dan tata cara kaya diatas idiwww, masa iya karena terlewat ambil antrian lagi. harusnya bisa dilayani walupun terlewat. Nasabah aja digituan yaa BNI

    • Memang betul 100% pelayanan bni yg notabene bank bumn besar seperti itu pelayanannya sangat menjengkelkan saya bahkan harus datang 3x dalam tiga hari utk ganti kartu atm itupun setelah minta tolong saudara yg kerja di bni baru beres terbayang kalau gak ada katebelece mungkin gak pernah bisa ganti kartu, alasan mereka adalah bni sekarang melayani bantuan upah program pemerintah tapi haruskah mengorbankan konsumen lain, apakah petinggi bni tidak bisa mencari cara lain agar kayanan bisa tetap jalan walau ada blt pemerintah. Coba anda datang ke bca minta ganti kartu anda cuma ditemukan dg satpam dan mesin proses tak sampai 5 menit itu kartu sdh jadi saya sampai terkaget kaget, semoga bni bisa meniru kinerja bank swasta yg sdh baik. Tks

      Yoko

      Bekasi

  • Sy suka narasinya si Bapak kyak membaca cerpen menarik.. Sy dukung bwt Bank pelat merah bikin pelayanan lebih baik masak kalah ama swasta pdahal nasabah nya loo banyak fee based income jg gede tapi pelayanan kuno.. Tinggal contek sistem nya BCA ato Bank yg customer focusnya bagus apa susahnya sih..

  • Pakai bank Digital saja Pak. Urusan kartu ketelan mesin ATM tinggal blokir lewat aplikasi, terus lanjut pengajuan pembuatan kartu baru juga lewat aplikasi. Tinggal tunggu saja kartunya dikirim bank. Atau buat jaga-jaga bisa pengajuan kartu tambahan juga

  • Kepada BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah

    Prihal Surat yang saya kirimkan melalu mediakonsumen kepada BNI Cibubur Indah telah Mendapat Respon langsung dari bpk Wendra selaku manager BNI Cibubur Indah, Kendala saya sudah terselesaikan dan bpk wendra sangat menerima keluhan saya dan menjadikan masukan untuk BNI Cibubur Indah untuk lebih baik lagi dalam pelayanan, bpk wendra dengan rendah hati memohon maaf kepada saya atas kejadian yang saya alami, terlihat akhlak dan moral yang beliau junjung saya yakin BNI Cibubur Indah akan lebih baik lagi

    Saya ucapkan Trimakasih juga kepada mediakonsumen sudah menjadi jembatan

    Trimakasih dan sehat slalu

    • Nah dah terselesaikan kan? Sekarang tinggal buka rekening BCA, lalu transfer semua nya ke rekening BCA via ATM. Jd gak usah ke bank tutup buku. Mau kejadian serupa terulang?

        • Alhamdullillah selama jadi nasabah BNI selalu dilayani dengan baik. waktu itu mau ganti kartu yang sudah expired tapi dibantu sama satpamnya untuk ganti di mesin yang bisa cetak atm sendiri, jadi lebih gampang dan ga perlu antri.

      • Menurut saya bni pelayanannya bagus apalagi satpamnya selalu aktif dan memberi informasi maaf pak itu kan udah ad di kertas antriannya tulisannya apabila terlewati ya ambil nomer baru lagi

    • Alhamdullilah sudah terselesaikan, tentunya menjadi pelajaran utk BNI menjadi lebih baik lagi. Alhamdullilah selama Saya transaksi di BNi dilayani dengan baik oleh seluruh pegawainya.

    • Kalo dari yang saya baca. Saya masih kurang paham case nya ATM tertelan atau terblokir. Tapi sepengalaman saya kalo utk terblokir saya pernah dibantu oleh satpam BNI karena melihat antrian rame, dibantu di arahkan lewat Call center dan dipinjam kan tlvn oleh satpam tersebut utk tlvn call center (kebetulan yg buat ATM terblokir itu suami & karena saya masih ingat pin terakhir), lalu setelah dibantu oleh petugas Call Center, saya di arahkan utk mencoba nya setelah 5 menit ke mesin ATM kembali, lalu saya diarahkan satpam kembali ke ATM dan diarahkan mencoba kembali ATM dengan pin terakhir yang saya ingat. Alhamdulilah dengan bantuan bapak satpam saya bisa menggunalan ATM saya kembali. Semoga bisa menjadi pengalaman yang mengalami ATM terblokir???

      • Menurut saya, Itu sudah resiko nasabah, seharusnya Bapak tersebut tetap antri Stay di tempat, apabila lewat emang sewajarnya harus ambil antrian baru, hal demikian juga pastinya untuk menghindari komplain nasabah yg antri stay lama di Banking Hall yg kebetulan juga tidak melihat Bapak tersebut antri..
        Semoga jadi pelajaran buat Bapak tersebut kalau budaya antri itu harus tetap stay di tempat tanpa terkecuali, dan BNI tentunya pasti akan selalu meningkatkan standar layanan nya demi kenyamanan serta loyalitas Nasabah..