Surat Pembaca

Admin Shopee Tidak Profesional dan Sangat Merugikan Penjual

Surat pembaca ini terpaksa kami buat karena merasa diperlakukan tidak adil dan keputusan Admin Shopee sangat tidak profesional dan tidak sesuai fakta.

Saya adalah pedagang (reseller) di beberapa marketplace, salah satunya di Shopee, dengan nama toko Palem88. Saya telah menyelesaikan ribuan transaksi, dengan rating bintang 5 sebanyak 858 transaksi, dan banyak produk yang sudah dapat badge “Dijamin Original” dari Shopee. Info ini perlu kami sampaikan sebagai gambaran, bahwa kami bukan penjual musiman.

Cerita berawal tanggal 28 Oktober 2021, pembeli chat ingin membeli produk smartwatch Vyatta Fitme Soul Warna Hitam dan kami menyanggupi permintaan tersebut. Sehingga order masuk 3 unit Vyatta Fitme Soul Smartwatch dengan nomor transaksi: 211102164365798, seharga Rp795.000/unit, dengan total pembayaran Rp2.392.000.

Kami memproses pesanan tersebut dan kami segera PO ke Vyatta Indonesia dan mengirim ke pembeli. Singkat cerita, produk telah diterima. Namun tanggal 02 November 2021, pembeli mengajukan komplain karena produk yang diterima berbeda, terdapat angka 2 pada kemasan yang menandakan produk. Tentu kami shock dan langsung verifikasi ke Vyatta Indonesia, selaku produsen dan supplier kami. Kemudian pihak Vyatta menjawab bahwa Vyatta Fitme Soul Gen II adalah barang yang sama, yang merupakan versi upgrade Vyatta Fitme Soul.

Secara logika, seharusnya pembeli sangat senang dan berterima kasih, karena membeli produk yang sama, sesuai permintaan warna hitam, dengan spesifikasi lebih bagus. Namun anehnya, pembeli malah melakukan komplain dan meminta pembatalan transaksi.

Kami menduga, pembeli sengaja mencari alasan mengada-ada untuk membatalkan pesanan, karena di official store sedang diskon BESAR Rp589.000 (harga normal Rp1.599.000), sehingga pembeli bisa hemat Rp618.000. Tentu kami tidak terima dipermainkan seperti ini dan kami mengajukan bantuan ke admin Shopee.

Kami sangat kecewa dengan admin Shopee yang tetap menerima pengajuan pembatalan pembeli, dengan alasan penjual tidak mengirim bukti. Padahal kami mengirim BANYAK BUKTI 2 jam setelah admin meminta upload bukti.

Seandainya saja admin Shopee memutuskan membatalkan pesanan dengan memberi alasan yang masuk akal, tentu kami tidak sekecewa ini. Mohon empati admin Shopee ke pedagang kecil seperti kami, yang berusaha memenuhi permintaan pembeli di saat harga modal tinggi. Namun saat ada harga yang lebih murah karena sedang diskon, produk kami dikembalikan dengan alasan yang mengada-ada.

Marlon Hutapea
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 1. Penjual berasumsi pembeli akan senang dengan produk yang lebih baru, padahal faktanya penjual mengirim produk tidak sesuai yang diiklankan.
    2. Penjual berasumsi sepihak alasan pembeli membatalkan karena ada promo di off-store.
    3. Penjual menyalahkan shopee.

    Ini contoh penjual yang WAJIB dihindari.

    • 4. Penjual minta empati dari Shopee dengan alasan pedagang kecil, yang mana seharusnya kepuasan pelanggan nomor satu.

        • Terimakasih Admin Shopee A/n Agung yang sudah Aktif Memberi Solusi dan Edukasi. kami selaku pedangan Merasa di Hargai dan Sangat Berterima Kasih.. Dari awal kami tidak merasa benar dan mengakui salah dan lalai update deskripis dan Judul produk dalam transaksi ini. Yg kami keluhkan adalah pelayanan dari tim shopee yg kurang komunikatif, dan terkesan mengabaikan penjual. Padahal kami sudah menjual ribuan transaksi dengan Jujur dan menjaga reputasi.
          Dengan ini kami menyatakan masalah ini sdh clear di media. Dan akan melanjutkan case ini di App Shopee.. Terimakasih Tim Media Konsumen dan semua partisipan. Terutan tim Shopee.. Salam Sehat :)

          • Disini sudah jelas Penjual mengaku salah. Jelas admin akan berpihak kepada yang benar / tidak salah. Trus apalagi yang diharapkan dari admin Shopee?

    • pasti ada aja, yang namanya bisnis itu ga selalu lancar. apalagi bisnis online. semoga kedepannya lebih baik lagi, mau salah atau benar kita bisa selalu belajar dari PENGALAMAN.

  • Selama yg dikirim sama harusnya gak bisa dicancel pembeli tp kalo beda barangnya entah itu model/warna/fitur bisa ditolak kecuali ada persetujuan sebelum dikirim dgn bukti chat kalo memang dropshiper balikin aja barang ke produsen dgn alasan yg sama

  • 1. Pelanggan adalah RAJA
    2. Apabila ada perselisihan ingat nomor 1
    3. Apabila ada komplain ingat nomor 1&2

    Memang marketplace itu aneh, mereka mendapatkan penghasilan Dr seller, iklan, potongan penjualan, pinjaman modal, tapi yang dipress habis habisan seller...

  • Intinya harus sesuai foto dan deskripsi, saya juga belum tentu mau kalopun ada upgrade versi terbaru dari suatu produk. Karena akad nya tadi sesuai yg di pesan di awal.

  • Marketplace itu makelar, mendingan jangan bertumpu 100% resiko kita sebagai seller sangat dirugikan.

    Kita input produk ke marketplace , mereka udah untung Karena ada karyawan gratis entry data.

    Barang kita laku ...kena potongan ..

    Intinya mulai beralih ke offline, online jangan bertumpu ke marketplace. Mereka itu rata rata udah ga Tau diri... Udah dapat untung Dr seller tapi yang di press habis habisan seller

  • yang dikirim kan beda jelas pembeli komplain, jika memang yang ready lebih bagus seharusnya anda tanya dulu mau/ga sebelum kirim.
    Mungkin lain kali jangan dropship supaya anda pegang barangnya dulu dan bisa konfirmasi ke pembeli.
    Lagipula kan barangnya diretur, anda rugi apa?barangnya kembali ke anda utuh.

  • Seller nya berimajinasi liar, barang tidak sesuai deskripsi hak pembeli membatalkan, dan hal pembeli cari di toko lain akak

  • Itu hak pembeli toIoI, lu beli obat jantung lalu di kasi obat tidur karena lu tau tidur itu bagus karena jika tidur, pasien tidak akan merasakan sakit apa - apa. Lalu lu di komplain kenapa tidur mulu, lalu lu komplain lagi ke produsen ambruk dah bobrok.

    Makanya kirim sesuai produk jika tidak mau ada masalah tuoIoI.

        • dibaca tulisan anda kasar,mengatakan orang tolol,apakah anda tidak merasa ?berkomentar yang bijak, ukan hurupnya.paham?

    • Terimakasih sudah berpartisipasi. Masalah ini kami lempar ke publik dan Apapun komentar publik kami terima sbg pelajaran untuk membuat kami lebih baik lagi. Maaf sedikit koreksi terkait perumpamaan yg kaka beri kurang tepat. Krn kita mengirim Obat Jantung yg sama dengan formula yg termutakhir . Kami tdk menyalahkan pembeli mohon baca dengan teliti, judul dan paragraf terakhir surat pembaca kami. Terimakasih

      • Sama saja "beda", minta Paramex di kasih Histigo dengan formula yang termutakhir. Sama² obat sakit kepala, tapi di komplain ngadu ke MK, yang dimana sudah jelas² beda barang. Pembeli adalah Raja. Gak mau di komplain, gak usah jualan.