Surat Pembaca

Traveloka Mengirimkan Email Hoaks Perubahan Jadwal Penerbangan?

Hai, salam hangat untuk semua pembaca Media Konsumen. Terima kasih sebelumnya telah memposting keluhan saya. Saya ingin membagikan cerita tentang pengalaman menggunakan Traveloka.

Saya mendapatkan email pemberitahuan dari Traveloka, bahwa jadwal penerbangan saya dari Yogyakarta ke Palembang pada tanggal 15 Maret 2020, terjadi perubahan jadwal. Yang semula pukul 20.30 menjadi pukul 13.30. Saya telepon ke call center Traveloka dan benar ada perubahan.

Karena acara saya di Yogyakarta baru selesai pukul 19.30, saya menolak dengan perubahan tersebut. Saya bertanya apa bisa saya mengajukan refund ke call center dan jawabnya bisa. Saya pun membeli tiket maskapai baru.

Singkat cerita, refund telah saya ajukan pada hari itu juga, 10 Maret 2020. Status refund saya pun disetujui dan status terakhir menunggu pencairan dana.

Namun hingga saat ini status pencairan dana saya tidak ada kejelasan. Saya hubungi lagi pihak Traveloka dan jawaban pihak Traveloka seperti ini:

Kepada Yth.
Ibu Dyta

Salam hangat dari Traveloka,

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, seperti informasi sebelumnya, bahwa tiket Anda sebelumnya tidak terdapat perubahan jadwal dari pihak maskapai, sehingga pengajuan refund Anda tidak dapat kami lanjutkan prosesnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Terima kasih,

Mey
Refund Specialist

Refund saya tidak dapat diproses, karena penerbangan tidak dibatalkan oleh maskapai. Yang mengirimkan email perubahan jadwal itu Traveloka, sesuai email yang saya screenshot. Status refund yang disetujui dan menunggu pencairan pun ada. Sekarang tiba-tiba Traveloka bilang tidak bisa di-refund karena tidak ada perubahan jadwal?

Jadi itu email HOAX? Itu email yang dikirim Traveloka menjadi dasar bagi saya melakukan refund. Saya merasa sangat dirugikan oleh Traveloka dengan email HOAX-nya.

Demikian,

Dessyra Eviandyta Putri
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wkwkwk Traveloka, numpang ketawa aja hahaha. Penipu parah.
    Saya dulu pelanggan traveloka, krn sering travelling. Terakhir pesan hotel bintang 3 uda bayar, tau2 30mnt dbilang full book. Tau dkasih pengganti apa? Hotel bintang 1, dengan toilet rusak, berdebu dan bonus kuntilanak wkwkwk.
    Dan saya dipaksa untuk tetap dsana sampai bookingan selesai. Ogah. Sejak itu no more pake traveloka. Penipu parah.

    • Ya, numpang ketawa sist. Dulu juga pelanggan, tapi... Cwihh!
      Aku juga pernah dua kali permohonan refund tidak disetujui. Memang bukan karena jadwal, artinya tidak bisa fleksibel, tidak bisa di bantu, padahal tanya maskapai bisa, tapi harus lewat agen. Jadi aku beli beli tiket aku pindah langsung ke maskapai.
      Sekarang pakai traveloka app buat beli makanan. Hahahaha

    • Traveloka semenjak bermasalah dengan paylater nya emang menurun banget kualitas pelayanan nya beda sama era 2017-2019
      Pengalaman pribadi beli tiket bus tujuan Yogjakarta padahal dapet seat nomer 3 eh pas mau keberangkatan ternyata data saya ga ada dalam manifest PO bus nya alhasil harus debat dulu Ama crew dan pengurus PO nya akhirnya saya tetep bisa berangkat tapi nomer kursi saya dipindah ke paling belakang Deket toilet darisitu kapok saya beli lewat Traveloka
      Saya komplain ke travelokanya ga ada tanggapan dan menganggap saya masih tetep berangkat dan ga ada masalah