Surat Pembaca

Meminta Surat Lunas dari Akulaku Sangat Lama

Nama saya Stephanie, dengan nomor handphone 085**900697*. Saya membeli handphone menggunakan jasa cicilan Akulaku, selama 12 bulan. Pada bulan ke-3 saya ada kekurangan bayar dan langsung saya bayar dan lunasi selang beberapa hari. Akan tetapi status di SLIK OJK saya sudah kol 2.

Keterlambatan kekurangan bayar kira-kira 4-5 hari, dan saya baru mengetahui bahwa keterlambatan tersebut mempengaruhi SLIK OJK saya di bulan Agustus, ketika saya ingin mengajukan kredit di bank lain. Mengetahui hal tersebut, untuk mengantisipasi supaya tidak lagi terjadi keterlambatan dan untuk memperbaiki status SLIK OJK, saya langsung melunasi seluruh tagihan saya di Akulaku. Tagihan telah saya lunasi semua tanggal 26 September 2021.

bukti pelunasan

Pada tanggal 28 September 2021, saya menelepon customer service Akulaku untuk meminta Surat Lunas. Setelah verifikasi, customer service hanya menginfokan bahwa untuk surat lunas ditangani oleh bagian collection. Dimana saya harus mengirim email, beserta dengan bukti tagihan telah lunas di aplikasi. Saya pun langsung kirim email hari itu juga.

Namun email yang saya kirim tidak ada tanggapan. 5 hari kemudian saya telepon lagi custoimer service. Lalu ada laporan bahwa pihak collection mencoba untuk menghubungi saya, tapi nomor tidak aktif, sehingga tidak di-follow up lagi, bukannya dicoba untuk telepon lagi di hari lain.

Kemudian pada tanggal 15 Oktober 2021 kalau tidak salah, akhirnya saya mendapatkan telepon dari pihak collection Akulaku. Saya menjelaskan bahwa saya butuh surat lunas tersebut, atau setidaknya balasan email dari pihak Akulaku yang bisa mengkonfirmasi bahwa tagihan saya sudah lunas.

Pihak collection mengatakan bahwa dia bisa bantu untuk langsung mengirim email ke saya, bahwa surat lunas sedang dalam proses, dan mengkonfirmasi bahwa tagihan telah lunas. Dia juga mengatakan bahwa selambat-lambatnya surat akan dikirimkan lewat email dalam 9 hari kerja. Akan tetapi kenyataan ya saya tidak dikirimi email, dan surat lunas sampai hari ini juga belum ada.

Semenjak itu saya selalu menelepon pihak Akulaku untuk meminta kejelasan dari permintaan surat lunas itu, karena saya sangat butuh. Namun sampai hari ini tanggal 8 November 2021 tidak ada konfirmasi. Tidak ada lagi pihak dari Akulaku yang menghubungi saya. Setiap saya telepon hanya diinfo masih dalam proses. Kalau saya bilang ini melebihi jumlah hari yang telah dijanjikan, pihak CS mencoba mengoper saya ke pihak collection Akulaku, dan setelah menunggu sekitar 15 detik telepon saya langsung terputus sendiri.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk meminta pihak Akulaku membantu saya dalam menanggapi permintaan saya. Surat lunas tersebut masih ditunggu dan dibutuhkan sebagai dokumen pendukung. Keterlambatan saya 4 hari, tapi minta surat lunas bisa 1 bulan lebih. Menurut saya sangat lambat penanganannya.

Bagi pembaca mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan, karena kalau sudah mempengaruhi status SLIK OJK, pihak Akulaku sama sekali tidak membantu untuk mempercepat surat lunas tersebut. Terlampir bukti bahwa tagihan saya telah lunas.

Lim Stephanie
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Lim Stephanie

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Lim Stephanie pada tanggal 10...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • benar meminta surat lunas dari pihak akulaku sangat lamaaa,,,pengalaman saya pengguna apk ini saya berusaha bayar tagihan tepat waktu,,tp knp di slik ojk saya ada col 5 ,,,padahal kesalahan ada di pihak akulaku harusnya mereka bertanggung jawab sudah membuat nama saya jelek di perbankan,,,bilangnya 7 hari kerja nie sudah 7 hari blm ada email sama sekali,,,,
      Kecewa bangggettt dgn AKULAKU,,,

      • Benar meminta surat keterangan lunas dari akulaku sangat lama,saya sudah membayar tagihan dari bln juni,saya meminta surat keterangan lunas dari tgl 4 juli tp sampai saat ini tgl 18 juli surat keterangan lunas belum saya terima,setiap menghubungi cs akulaku tidak ada kejelasan selalu bilang menunggu3-5 hari lagi di proses

  • Mbak mau minta surat lunas sementara atau permanen?pengalaman saya semenjak kirim ke bagian collection baru sebulan dibales sama saya juga dapat Email ada yang coba nelepon tapi memang hp selalu saya airplane baru saya bales lewat Email kurang 2 hari sih dapet surat lunas sementara kalau mau permanen harus tutup akun dulu

  • Benar sangat lama dan responnya lambat sekali telpon CS selalu disuruh email ke collection akulaku. ditunggu tidak pernah ada jawaban. Kasus diatas persis sama kayak saya. Di IDeb saya terbaca tunggakan 20 rbu dan masuk kol 2, sehingga tidak bisa ajukan kredit kemudian saya lunasi semua tagihan saya lunasi tpi lama sekali jawabannya. Minta surat lunas lama sekali , akulaku mau dibayar aja tapi kewajibannya ke customer lama sekali ditanggapi. Saya sampai komen di semua sosial media mereka tapi dihapus.

  • Halo semua, karena kemarin saya uda bener2 kepepet, hari itu ak telp jg customer service nya yang sangat tdk membantu. Karena di tanya apa apa ga tau. Cuma jawab nya akan kami follow up. Akhirnya saya memberanikan diri LANGSUNG KE KANTOR PUSAT AKULAKU yg berada di sahid centre. Disana saya mendapatkan pelayanan yg cepat. Cuma 10 menit bygin! Smua pulsa saya nelponin cust serv akulaku, mending langsung aja deh ke kantor pusat. Petugas yg melayani jg ramah. Saya jujur kecewa kenapa bs smua laporan permintaan saua seperti tidak di kerjakan. Tapi ya sudahlah saya hanya berpikir yg penting dapet lgsg di tangan saya surat lunas tsb.

    Akhirnya saya memutuskan utk menutup akun permanen saja. Sebab pelayanan nya akulaku sangat lamban.

    • Kak bisa minta nomer wa kah
      Mau tnya seputar nanti kalau ke kantor pusat akulaku apa saja yg harus dilakukan dan di bawa