Surat Pembaca

Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan

Saya pengguna lama Gojek, yang baru saja aktif order dengan Gojek. Namun tiba-tiba akun saya dibatasi, tidak bisa menggunakan voucher dan segala promo. Waktu ditanyakan kenapa, saya tidak diberi jawaban. Hanya diinfokan bahwa akun terindikasi aktivitas mencurigakan.

Aktivitas mencurigakan apa yang dimaksud, tidak dijelaskan. Jawaban CS Gojek hanya “maaf” dan keluhan saya langsung ditutup sepihak.

Saya lihat history terakhir ada order GoCar dan karena bawa barang banyak dan sudah menjelang maghrib, driver minta cancel. Saya tidak ingat, yang membatalkan driver/saya, karena setelah ditolak saya buru-buru pesan dari aplikasi lain. Itu saja transaksi terakhir sebelum akun saya dibatasi.

Selain itu, akun Gojek hanya saya pakai beberapa kali saja untuk order makanan untuk keluarga di kota lain. Saya rasa ini juga tidak menyalahi, karena banyak orang setahu saya juga begitu.

Ternyata banyak kasus seperti ini, marketplace dan penyedia layanan seperti Gojek yang secara sepihak membatasi akun tanpa penjelasan. Customer banyak juga yang tidak paham peraturan masing-masing penyedia layanan. Sangat tidak fair bila secara sepihak akun dibatasi tanpa diinfokan atau setidaknya diberikan peringatan sebelumnya.

Fonnie Ernawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Gojek Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Fonnie Ernawati

Yth. Redaksi Media Konsumen Di tempat Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Fonnie Ernawati pada tanggal 11 November 2021 di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Udah banyak banget yang aduin issue ini di media konsumen tapi kayaknya pihak gojek masih acuh aja ya?
    Sorry to say, tapi di sisi lainnmasih banyak orang yang ngebanggain gojek karna aplikasinya "karya anak bangsa" padahal main programmernya orang india semua wkwkwk. Awal sih emang manis banget gojek ini, tapi makin kesini malah makin arogan dimulai dari beberapa driver dan merchant gojek yang bisa dibilang "sengsara" karna kebijakan yang dibuat gojek saat ini. Dan kalau ada yang ikutin berita tentang gugatan GoTo pasti paham betapa arogannya mereka dengan kedok "mensejahterakan UMKM"

  • sama eh akun saya kena blokir dan ada gopay nya 1jt? tidak tahu harus mengadu kemana, cs juga sma aja tidak bisa ngasih solusi cuman suruh nunggu sampai kapan gokil deh ini aplikasi kek ************

  • Kalo gw liat sih screenshot di atas kayanya lu pemain goclub ya hayoo ngaku, karna rata2 pemain goclub itu pasti gak bakal dapet voucher apapun karna sudah terdeteksi di sistem gojek yg namanya GOJEK SHIELD dan itu sistem gak bisa bohong kecuali malfungsi.
    Karna biasanya itu pemain goclub itu gak ada yg mau ngaku jadi seakan akan dia yg terdzolimi

    • Akun saya Goclub juga, udah Anak Sultan ya normal2 aja voucher juga bnyk ga kepake, karena pemakaian juga normal. Sepertinya sistem GojekShield ada yang dirubah baru2 ini, bnyk banget yang dinonaktifkan akunnya. Mungkin karena TS udah lama ga kepake akunnya, tiba2 sering order jadi terbaca mencurigakan. Sering cancel atau bahkan keseringan cek harga di GoFood/GoCar dll itu juga ga boleh sekarang, bnyk yg kasus gitu.

      • Masa cek harga gak boleh, kalo keseringan cancel order mungkin iya. Contoh kita mau beli kecap ke Alfa buat cek harga terus ke indomart juga masa gak blh kan aneh.

        • Boleh tapi sering banget diluar batas kewajaran ga boleh, bnyk kasus seperti itu di MK juga ada beberapa. Ya silakan tny kepada Gojek jelasnya, saya hanya menyampaikan info yang saya tahu.

  • Jangan salahin sistem gojek, mungkin yg pesan gojek motor atau gocar itu ga punya otak. Pesan gocar bawa barang banyak ya driver cancel lah dengan alasan yg jelas, karna layanan gocar atau goride itu hanya untuk orang bukan barang kalo bawa barang banyak mending pesan gobox atau gosen .mangkanya pake otak kalo pesan gojek motor atu mobil bawa barang jangan banyak2. Mungkin driver kesal dengan harga yg murah bawa barang banyak, paling sama drivernya di adilan ke operator gojek supaya akun penumpang di bekukan