Surat Pembaca

Sudah Melunasi Tagihan Akulaku, tapi Status SLIK OJK Belum Update

Berikut ini bukti bahwa tagihan saya yang sudah lunas di Akulaku. Namun waktu saya mau mengajukan pinjaman di bank, terbaca Kol 2 dengan 43 hari tunggakan (update tanggal 15 November 2021).

Semua tagihan saya

Kemudian saya telepon CS Akulaku. Saya hanya mau agar status SLIK OJK saya bersih, supaya bisa mengajukan pinjaman ke bank. Namun saya hanya disuruh untuk meminta surat pelunasan. Sedangkan bank tidak menerima itu, harus menunggu sampai bersih SLIK-nya.

Ternyata yang terdaftar di SLIK itu adalah dari Bank Neo Commerce. Hal ini membuat pihak bank tidak menerima surat lunas dari Akulaku. Padahal tagihan itu benar dari aplikasi Akulaku. Saya meminta Akulaku melapor ke Bank Neo Commerce, untuk  memproses ke OJK agar SLIK saya bersih kembali.

Tolong kooperatif, saya sudah melunasi tagihan dan saya meminta hak saya kembali. Tolong segera update laporan SLIK saya. Terima kasih.

Nur Ari Kurniawan
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Nur Ari Kurniawan

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Nur Ari Kurniawan pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setau saya kalau uda lunas paling di laporkan sudah lunas. Dan kol 2 ttp terbaca sampai kolomnya abis alias 2 tahun. Karna emang pernh nunggak.

    • Sepengalaman saya di bank BNI tidak seperti itu.
      Sebagai contoh kasus saya, Pelunasan kartu kredit tgl 13 mei 2019.
      Saya coba buka di data slik ojk 3x tetao terbaca masih terbaca.
      Coba tlp ke pihak BNI tidak bisa membersihkan data, cuman bisa memberikan data surat pelunasan. & di infokan kembali setelah 2 tahun baru hilang di data slik ojk. Tpi sudah berjalan 2 tahun masih tetap terbaca di data slik ojk.
      Apakah masih wortith OJK utk nasabah ato dikembalikan saja ke BI, karena mereka lebih proaktif ke nasabah.

      • Cek untuk bulan depan. Biasanya jd kol 1, klo kita bi check untuk bulan desember atau januari. Nama baru benar2 bersih itu 2tahun.

        • Saya sudah pelunasan di akulaku tpi sampai sekarang masih muncul status macet,coba dari awal saya tau walaupun pelunasan tdk mempengaruhi status macet mendingan galbay,rugi buang2 uang untuk pelunasan tpi tetap tdk berpengaruh di status macet

      • Sama kejadian nya seperti punya saya juga
        Tagihan ngak pernah telat
        Tetapi di slik OJK nya masuk COL 2
        Di tgl 15 November 2021
        Sedangkan semua tagihan saya ngak pernah telat sama sekali

  • Siapa suruh nunggak?? Ya itu resiko & hrs nunggu entah brp lama smpe bnr2 bersih. Jgnkan 12 atau 43 hari, 1 hari telat jg pasti dianggap nya macet.

      • Sama kaya saya .saya sudah lunas payleter sopi .. saya cek di OJK ternyata masih ada . Dendann any LG .. alhasil saya komplen kata ny tunggu satu bln baru bersih .. jd saya mau pengajuan BPKB dibank BRI di tolak ..kesel jadi ny.

  • Berarti kalau sudah terlanjur telat, lebih baik sekalian galbay sj yah? Karena dibayar atau tidak, nama sudah tetap rusak di slik

    • Beda...
      Kl ga di bayar, akan slamanya ada..smakin bsr hutang dan akan blacklist... akan sulit melakukan pinjaman bank...

      Kl lunas, mmg ga otomatis hilang catatanya tuk bbrp waktu.. status mmg lunas tapi ada pembayarannya...
      Ibaratnya, slik itu riwayat hutang kita selama 2 thn terakir...

  • Pengalaman Update slik ojk itu biasanya 6 bulan dari pelunasan hutang baru terupdate bersih sering sering cek dan update slik tidak bisa cepat atau instan.

    • Liat data SLIK diatas, saya pernah kol 2 12 tapi bulan berikutnya udah kol 1 , jadi ga btuh waktu lama , hanya butuh tanggapan responsif dari pihak akulaku untuk lapor ke bank chanellingnya biar cepat update.

      • ini sih kasus saya pernah baca dr artikel orang lain sebelumnya yg mengalami jg.
        cmn beda perusahaan.
        cmn dikasus itu si A ini pinjem ke pinjaman online B (salah satu pinjaman online terbesar)
        nah kasusnya si A ini tdk pernah terlambat membayar ke si B hingga lunas.
        hingga pada suatu waktu si A mengajukan KPR ke Bank dan ditolak, ternyata karena beliau collect 2.
        padahal dia sblmnya tidak pernah ada cicilan, sblm meminjam ke perusahaan B ini.
        diusut pny usut, simpelnya kaya gini.
        si A mengajukan kredit ke perusahaan B, perusahaan B mengajukan pinjaman ke Bank C dengan atas nama si A.
        nah yang konyolnya.
        si A melakukan pelunasan/cicilan terakhir ke pihak B 7 hari sebelum jatuh tempo, tetapi pihak B baru menyetorkan uang tsb di 14 hari stlh jatuh tempo sehingga si A namanya menjadi col 2 di slik ojk.
        kesimpulan :
        perusahaan B hanya perantara antara Pihak A dengan Pihak Bank C.
        pihak B mengambil keuntungan dengan menjadi perantara seperti admin dan bunga yg pastinya lebih besar drpd bank.

        duitnya dikemanain ya ?
        pelunasan di H-7 tetapi pembayaran ke Bank C hingga H+14 dari waktu jatuh tempo.

        sungguh sangat meresahkan sistem yang seperti ini.

  • itulah akulaku kalau nasabah telat bayar gercep lapor ojk, buru2 backup biar di ganti sama asuransi, giliran tunggakan udah lunas ga lapor lagi kl nasabah sudah melunasi hutangnya.....

    • hadeh, akulaku lagi, akulaku lagi... udah deh,. jangan berurusan dengan itu aplikasi. Saya juga salah satu korban dari kebiadaban dan fitnah dari akulaku. dan ga tau apa alasannya OJK masih aja melindungi itu aplikasi yang sering mencuri data masyarakt, giliran di complain respon mereka ga kooperatif sama sekali akulakunya.

      Sekarang kita harus lebih pandai, semakin banyak kita blow up itu akulaku, semoga segera di bumihanguskan... sudah banyak korban karena kebiadaban akulaku dan antek2 didalamnya...

      • Iya mas mreka mau taunya lunas aja dikejar2 tapi kewajibannya ngelapor ga dipedulikan. Yg jelek akhirnya nama Nasabah di SLIK. Tlpon CS juga ga kooperatif malahan mau dihentikan pembcaraan saya. Saya punya bukti rekamannya kalau CS slalu mau mengakhiri telepon. Bner2 emng akulaku.

        • bener mas, mereka licik. kita juga harus lebih defensif dan menggunakan cara licik juga. kok casenya sama, setiap telpon CS nya saya juga hampir selalu di berhentikan pembicaraanya.

          tapi saya selalu rekam pembicaraan mereka.
          semangat mas,
          mohon sharingya ya mas.

          dan Ijinkan saya untuk meminta tolong mas agar memberikan click tandatangan di petisi change.org agar OJK segera mereview Akulaku dan mudah2an ijin usahanya di cabut dari OJK.
          https://chng.it/8BWNxjYWvD

          mas juga laporin aja mas kesini
          https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Website/Konsumen#
          konsumen@ylki.or.id,
          pengaduan@afpi.or.id

          semoga membantu mas

        • Ya gak korporatif lah. Emangnya akulaku berkuasa atas SLIK? Aneh lu. Makanya belajar dulu apa itu SLIK. Nah? Selamat ya 2 tahun gak bisa ngutang ente. Nama lu dah BUSUK di perbankan

          • Lah gajelas lu!! Akulaku jelas2 punya kewajiban ngelapor ke pihak channelingnya untuk lapor ke OJK lah. Pelunasan juga jauh sebelum japo. Tapi kebaca nya nunggak. Yg salah ya akulaku lah

          • Kewajiban lapor emang. Cuma klo dah masuk blacklist, walau lu dah lunas, lu nunggu 2 tahun. Emang yg punya SLIK itu BAPAK lu? Banyakin makan mi instan biar tambah GOVLOk

      • kerja dimana? pihak akulaku atau pihak ke-3 nya akulaku? atau kerja di pinjol2 juga? ngegas amat wkwkwk

        toh mereka yang ngutang, mereka yang udah lunasin,
        mereka lapor ya hak mereka, perkara di kabulkan/kaga ya urusan nanti.

        segala "govlok" in orang, selama masih sama2 makan nasi, masih takut KTP ilang, ngga usah sok pinter dah wkwkwkw

    • Saya terlambat 1,5 bln aja udah di wa kolektor akulaku klo data saya udah masuk daftar hitam??? telat 1,5 bln nominal ga sampe 1 jt nagihnya aja luar biasa tiap hr di wa lwt voice note di ancam/ditakut2i klo saya se enaknya maka kolektor akulaku jg bisa seenaknya dengan data saya ??? terornya luarbiasa sehari 4org via wa ganti2 poto profil dan nomer wa

  • Hati2 berurusan dengan pihak ketiga bro karena pada dasarnya aplikasi semacam akulaku itu dilemparkan ke pihak lain yg bekerjasama dgn mereka hindari jika dilemparkan ke bank maka bisa terjadi hal tersebut dan anda jadi rugi sendiri.

    • bener mas chsris, btw terimakasih sudah coment dan memberikan saran di berita saya.. verry veery helpfull mas, sehat selalu ya mas...

  • untuk mas Nur Ari Kurniawan, terus berjuang mas untuk keadilan dan Hak2 kmu...
    kamu tidak sendiri, jangan mau nyerah dengan Kebiadaban AKulaku... banyak korban,, kamu tidak sendiri...
    terus kawal case ini sampai akulaku Tumbang dan menjadi arang di Neraka....

    ow ya, aku cuman bisa kasih saran, laporin case kamu ke OJK melaluin link ini.
    https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Website/Konsumen#

  • GOVLOK..!! Emang nya SLIK itu punya nya akulaku? Nama lu masuk SLIK berarti lu kena blacklist. Blacklist itu hukuman buat kaum kaum elu yang nunggak bayar angsuran. Hutang lunas, berharap SLIK langsung hilang nama lu? Banyakan makan mi instan lu, makanya pinginnya serba instant, jadinya GOVLOK gitu.

    SLIK itu punya nya negara, yang mencegah Bank dan lembaga pembiayaan lainnya terhindar dari kaum kayak elu. Paham ente?

    • Cieeee. Kerja di akulaku yah mas.atau pinjol illegal. Ketar ketir nih. Takut ditangkap juga . Kayak yang dari cina itu.
      Xixiixiixixi

  • Bang SLIK itu update nya sebulan sekali bang.. sabar napa nanti tgl 15 Desember 2021 bakal balik lagi kolektibilitasnya ke golongan 1 hadeuhhh

  • Proses update clear jika sudah lunas memang lama 3 - 6 bulan gak instan apapun alasannya itu yg bilang org ojk sendiri dan disarankan selama 6 bulan itu jangan pengajuan apapun dulu sampe bener bener flek di slik ojk bersih.