Surat Pembaca

Penagihan Tunaiku Sangat Meresahkan

Saya sebagai konsumen Tunaiku. Ini pinjaman yang kedua kalinya, dengan nomor pinjaman 96498723. Pengajuan pinjaman saat ini menggunakan nama saya, tetapi memang uangnya bukan saya yang pakai. Setelah itu, karena yang pakai uangnya gak bisa bayar, akhirnya saya yang dihubungi oleh DC pihak Tunaiku terus setiap hari.

Saya sudah menjelaskan bahwa saya tidak pakai dananya. Namun memang karena ini pakai akun saya, mau tidak mau saya harus bertanggung jawab. Saya sudah mengutarakan bahwa kemampuan saya tiap bulan sebesar Rp500 ribu sebagai tanggung jawab saya melunasi.

Namun kemudian DC Tunaiku telepon ke kantor dan yang mengangkat atasan saya. Saya memang salah karena meminjamkan nama, tapi apakah perlu sampai atasan saya tahu dan orang-orang kantor diberitahu bahwa saya menunggak, dll.

Saya sudah minta pengajuan restrukturisasi ke pihak Tunaiku via email, tapi selalu jawabannya tidak bisa terus. Solusi yang benar gimana? Apa perlu sampai saya keluar dari pekerjaan? Justru nanti malah saya tidak bisa bayar tagihan.

Michiel Patricia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Michiel Patricia

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Michiel Patricia Santosa sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Michiel...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Turut prihatin dengan kejadian ini, namun karena yg mengajukan pinjaman adalah anda sendiri maka pihak kreditur akan menjalankan prosedur penagihan sesuai aturan apabila terjadi tunggakan pembayaran cicilan pinjaman, dalam hal ini pihak kreditur pastinya tdk tahu menahu siapa yang mempergunakan dananya karena pasti dana awal yang disetujui di transfer ke rekening yg mengajukan (Anda) jd mau tidak mau Andalah yang harus melunasinya untuk urusan penagihan Anda ke Teman Anda itu adalah urusan internal Anda dengan ybs. Semoga saja teman anda beritikad baik untuk tetep membayar kewajibannya setiap bulan karena sudah ditolong oleh anda dan Anda segera terlepas dari masalah ini.

    • Tunaiku memang meresahkan.. bunga sama DC nya gak ngotak.. gini kok legal di bawah pengawasan OJK .. anehh bgt....tutup TUNAIKU

  • Haduh kok ya mau maunya akun anda digunakan pinjam orang lain? Mereka tidak peduli, taunya anda yg pinjam, mau pakai alasan apapun statusnya yg pinjam ya tetap anda. Yg diteror dc ya tetap anda.

    • sudah, awalnya saya niat pinjamin nama saya karena ya sdh kenal baik. cicilan pertama juga tdk ada masalah. bahkan sy hubungi by wa, tlp sm dtg ke rmhnya juga seakan kabur gitu.

      • Buat pembelajaran ke depannya deh, jangan mudah percaya dengan orang lain, meskipun sudah kenal baik.

      • Kalau sudah urusan uang tidak ada teman, tidak ada saudara. Saudara kandung saja bisa bunuh-bunuhan demi uang. Anak bisa menggugat warisan dari orang tua. Apalagi teman bisa makan teman.

  • Keluarga aja kadang susah bayar. Kalau minjemin uang ke orang lain kita sudah harus siap kehilangan uang itu. Jadi paling tidak pakai uang sendiri jangan pinjem lagi le pihak lain apalagi rentenir online.

  • Tidak ada pertemanan atas nama uang.. Kenapa gk pake namanya sendiri.. Krn emang udah diniatin kabur kalo gk bs bayar.. Banyak sih yg begitu..

  • Hati hati,dimasa pandemi karena covid,bnyk orang baik datang ke kita,pinjam 20jt pakai akun kita,kita di tagih teman baik hilang,bsk kita kena prank dr pinjol??????

  • Enak memang kalau berutang dan tidak enak saat ditagih. Ayolah ini kewajiban diingatkan terus bayar. Lucu jg sih nama digunakan orang lain. Uangnya punya bank sih. Ini mah malu maluin diri sendiri. Maaf ya, harusnya datang sejak awal atau cek yg pakai itu utangnya. Tdk ada yg salah juga ditagih selama tdk kasar dan tidak beradab.