Surat Pembaca

Transferan Dana dari Pinjol Modal Nasional (Monas)

Saya Sutriah. Pada tanggal 16 November 2021, saya awalnya meminjam di aplikasi pinjol Ada Modal. Dari aplikasi pinjol Ada Modal, ada notifikasi bahwa dana akan ditransfer 30 menit oleh mitra kami: Modal Nasional (Monas).

Kemudian saya download aplikasi pinjol Modal Nasional. Saya lihat menu pinjaman, lalu saya klik. Di situ ada notifikasi “Anda tidak memenuhi syarat sebagai peminjam”. Selang setengah jam, saya hapus kedua aplikasi pinjol tersebut (Monas dan Ada Modal).

Keesokan harinya di ATM saya (sebelumnya masih ada saldo Rp30 ribu), tiba-tiba bertambah jadi Rp940.000. Lalu saya cek mutasi tanggal 17 November 2021, ternyata ada transferan sebesar Rp910.000 dari pinjol Modal Nasional.

Kemudian saya download lagi aplikasi Monas. Di situ saya melihat tagihan saya sebesar Rp1.278.000, dari pinjaman Rp1.150.000, tapi yang cair hanya Rp910.000. Itu gila menurut saya, bunganya Rp368.000 dalam kurun waktu 14 hari.

Saya tidak menunggu lama, langsung saya kembalikan dana tersebut ke Monas. Karena saya merasa saya sudah tidak meminjam dan saya tidak mau membayar bunganya. Mudah-mudahan surat saya cepat dibaca oleh pihak pinjol Modal Nasional.

Sutriah
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Modal Nasional atas Pengaduan Sdri. Sutriah

Sehubungan dengan permasalahan yang diadukan oleh Sdri. Sutriah mengenai hal tersebut, untuk pengaduan tersebut sebelumnya kami sudah melakukan pengecekan data...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya itulah pinjol, mosok tidak tau? Mbok cari info dulu sblum terjun di kubangan pinjol.

  • Dimana mana pinjol ya begitu, gimana sih nih orang?
    Kalau mau minjam duit ke badan usaha apapun, ya di cek dan ricek dulu biaya biayanya..udah th 2021 tinggal browsing kok ..

    Lagian aneh, udah ada keterangan di setujui akan di transfer 30menit kemudian, trus kok aplikasinya malah sengaja di delete?gk habis pikir

    Sekarang tinggal pilih mau ngotot kembalikan tuh duit sesuai yg ditransfer dengan resiko makan hati dan semua kontak diteror dr tetangga, sodara sampai rekan kerja dan bos anda kena maki, atau ikhlasin bayar dengan bunganya sekalian 368 ribu sebelum jatuh tempo...se simple itu aja

      • hampir semua pinjol seperti itu... tenor pendek dan bunga tinggi dah biasa... jangan harap OJK ngasih sanksi.. mereka bayar iklan mahal saja bisa apalagi suap oknum OJK.. lihat saja OJK bertindak/membiarkan...

      • Mohon maaf bapak\ibu. Saya sangat mencinta Indonesia dan masyarakat nya, sampai pada akhirnya saya pilih negara ini sebagai rumah baru saya.
        Tapi terkadang saya tetap masih heran sama pola pikir netizen +62 ini.
        Yang di bilang bapak ini betul tapi balasan yang dia menerima itu negatif semua. Dia benar: di tahun 2022 semua sudah tahu pinjol itu biaya administrasi tinggi, bungga gila2an dan jatuh tempo nya sangat singkat. Setiap hari ada orang yang mengelu dan cerita pengalaman buruk di website ini dan di sosmed lain lain. Lagian, sebelum kita terima dana nya pasti dikasih tahu terms and conditions nya....
        Kenapa jadi pinjam kalau tidak setuju sama yang ditawarkan? Tabrak tembok dan yang disalahkan bukan diri nya sendiri tapi tembok nya. Mohon maaf, soal begini sering saya lihat terjadi di Indonesia.....orang tidak bisa bertanggung jawab atas kesalahan diri sendiri tapi yang disalahkan itu pihak ke tiga.
        Betul, pinjol itu sering tidak terlalu beda dari kriminal. Apa lagi sikap dari debt collector yang seharusnya benar benar jadi perhatian polisi. Dimasukin penjara yang ancam konsumen.

        Tapi tidak adil juga serang orang yang ingatin pada kita bahwa pinjol tidak akan masuk hidup kita jika kita tidak ajak mereka. Di panggil karyawan pinjol atau debt collector. Mohon maaf, itu sikap yang tidak dewasa. Kita manusia. Kita harus punya tanggung jawab. Pinjol itu api, tapi kalau itu kita sendiri yang dengan sengaja sentuh api.....kenapa kita mengelu, salahkan api nya dan merasa korban?
        Pinjam duit di bank. Beres. Atau tunggu kumpul duit dulu, baru beli yang di inginkan.

    • Bukannya itu ada keterangan tidak memenuhi syarat ya kok malah di transfer.
      Pinjol emang beda cara menjebaknya...

      • Nah iya kan ada keterangan tidak memenuhi syarat ,, kenapa masih ditransfer ya wajar lah langsung dibalikin ,,

    • Klw mau menanggapi baca yang bener dulu bos,, di situ kan udah di tulis sama peminjam ada notifikasi anda tidak memenuhi persyaratan..

    • Sebetulnya bunga pinjol itu berapa sih?soalnya temen saya pinjol,nerima 12jt di potong admin...ci2lan 959000..hingga 30bulan..sangat sangat wooow gitu

    • Pinjol semu dajhal rentenir...pemberi ijin dan legalitas... pemerintah dan ojk jg sama dajjal rentenir....jd pemerintah dan ojk sebagai pihak penjerumus dan pencekik rakyat

      • Ah sayang banget dah dibalikin. Padahal kesempatan dapat duit gratis itu dari pinjol illegal. ?

    • Baca sing bener,, ada notif "anda tidak tidak memenuhi syarat buat peminjam"..
      Tp knapa di transfer???

    • Ada yg ngegass nih,,,kan dah ada keterangan tidak memenuhi syarat td fi blg nya

  • Itu Modal Nasional,AdaModal dan Pinjamindo seatap. Dan setau saya baru aja dicabut ijinnya oleh OJK. Ga usah balikin harusnya, lumayan dikasih fuit pinjol ilegal.
    Pinjol ini juga bnyk menaungi pinjol ilegal.

  • Iya sama saya juga gitu.
    Saya coba pinjam di aplikasi modal nasional dari tgl 13-15 November, selalu ditolak
    Dengan alasan " Anda tidak memenuhi syarat sebagai peminjam "
    Besok nya di tgl 16 November tiba-tiba ada masuk email notifikasi dari bank kalau ada masuk tranferan dana sebesar 2.070.000
    Dari jumlah pinjaman 2.600.000 dengan tenor 14 hari. Jumlah yang harus di kembalikan 2.891000

  • Saya juga gitu mbak.
    Di tgl 16 november
    Setengah 3 sore tiba-tiba ada email dari bank. Kalau ada masuk transferan dana sebesar 2.070.000
    Saya bingung, karena semua aplikasi yang saya coba, semua nya menolak pengajuan pinjaman saya, dengan alasan " Anda tidak memenuhi syarat sebagai peminjam"
    Saya bilang ke suami. Bang ini ada masuk uang ke rek 2.070.000 , saya gatau uang ini dari mana, sedangkan setiap pengajuan di aplikasi manapun pasti di tolak.
    Kata suami saya anggap aja itu rezeki dari Allah.
    Besoknya saya cek satu² aplikasi pinjol, ternyata ada tagihan dari MODAL NASIONAL sebesar 2.891.000 dengan tenor 14 hari.

  • 40% an dlm 14 hr... Ngeriii... Bisnis kyak lintah darat ini makin merajalela.. Cuannya gede.. Urusan galbay tinggal teror habis2an .. Ngeri.. Emang gk ada aturan resmi max brp y..

  • Monas pinjol ilegal,,udah ga usah dibayar ?
    hindarin pinjol, ,hindarin pinjam bank...
    hidup seadanya ✌️