Masalah Top Up ShopeePay yang Tak Kunjung Selesai

Dear redaksi,

Dengan saya mengirim email ini, saya ingin memberitahukan dengan pelayanan akun e-commerce Shopee. Jujur saya kecewa banget dengan pelayanan akun Shopee. Berawal saya top up ShopeePay lewat m-banking Mandiri sebesar Rp50 ribu pada tanggal 08 November 2021. Namun saldo di ShopeePay tidak bertambah, padahal saldo di m-banking saya sudah terpotong.

Saya awalnya berpikir mungkin jaringan sedang gangguan. Sampai akhirnya keesokan harinya saya cek lagi, tetap tidak ada saldo masuk ke akun ShopeePay saya. Saya mencoba menghubungi pihak Shopee lewat live chat CS.

Komplain dan chat saya pertama di-handle CS yang bernama Anita. Saya ikuti prosesnya dengan mengirimkan bukti m-banking bahwa dana sudah terpotong. Saya disuruh menunggu 1x 24 jam. Kemudian saya tunggu, sudah lebih dari 1×24 jam, tapi belum juga ada masuk top up saya.

Kembali saya komplain melalui live chat dan di-handle oleh CS bernama Nuris. Lag-lagi saya harus mulai dari awal, dengan mengirimkan bukti m-banking dan bla bla bla. Saya turuti, tapi lagi-lagi saya kecewa saya disuruh menunggu lagi 3×24 jam.

Saya masih sabar, meski pada akhirnya setelah 3×24 jam tidak juga ada saldo masuk ke ShopeePay saya. Kembali saya komplain melalui live chat . Saya harus mengulang dar iawal buat laporan komplain dan lagi-lagi jawaban mereka disuruh menunggu 5×24 jam hari kerja. Mereka berjanji bisa lebih cepat dan disuruh menunggu sampai tanggal 17 November 2021.

Sampai pada akhrnya malam ini puncaknya, sudah tanggal 19 November 2021 ,saya cek di akun saya juga masih sama, tidak ada saldo masuk ke ShopeePay akun saya.

Lagi-lagi saya komplain melalui live chat. Saya gak tahu sudah ke berapa kalinya saya harus mengulang laporan dari awal. Masih saya turuti dengan memulai laporan dari awal, tapi hasilnya masih sama, tidak ada penyelesaian dan pihak CS hanya berjanji dan janji lagi. Saya disuruh menunggu 1 jam nanti ada email konfirmasi. Setelah saya tunggu 1 jam lebih, saya sudah cek email dan akun ShopeePay saya, lagi-lagi nihil. Tidak ada email masuk atau saldo saya bertambah.

Kemudian saya kembali komplain melalui live chat ke Shoope. Namun tidak saya duga, jawaban mereka saya masih disuruh menunggu lagi 3x 24 jam hari kerja.

Saya harus menunggu berapa lama lagi dan harus bersabar seperti apa? Apakah seperti ini pelayanan Shopee yang benar-benar buruk dan mengecewakan? Memang nominal tidak seberapa, hanya 50 ribu rupiah, cuma di mana tanggung jawab pihak Shopee? Solusinya bagaimana? Harus menunggu berapa lama lagi?

Lanny Erissa
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya td juga top up pakai bca, saya cek kok tdk tambah, tidak ada notif dll. Kemudian saya cek dgn masuk shopeepaynya ternyata sudah masuk. Update shopee yg terbaru memang jelek, berat. Kl dr mandiri mungkin mandirinya yg error, soalnya beberapa waktuterakhir banyak jg yg komplain tentang livin mandiri.

    • Saya sudah cek berkali2 ...bahkan akun SHOPEE saya sdh saya logout terlebih dahulu kemudian saya buka kembali ttp sma nihil hasilnya. Dan setelah surat ini tayang barulah pihak shopee email kesaya mengatakan bahwa yg masuk di shopee cuma 50.000 harusnya 50.500 Krn ada biaya admin. Lha jelas2 saya sudah kirimkan report dr mbanking saya dsitu sudah terpotong 50.500. kemudian saya replay email-nya dan saya kirimkan kembali bukti transfer mbanking saya.eh sampe detik ini tidak ada jawaban ataupun replay kembali dr mereka.

      • Berarti yg 50rb nya dah masuk yah? Kalo begitu berarti udah sukses transaksinya, ada biaya admin 500 rupiah. Top up ShopeePay via VA memang dipotong biaya adminnya dari saldo ShopeePay yg masuk. Beda dengan OVO atau GoPay, yang menambahkan/membebankan biaya adminnya ke rekening tabungan kita saat kita mau transfer VA.

      • Loh kan sudah benar top up 50.000, yang 500 admin dipotong oleh pihak bank mandiri tidak masuk ke shopee

        • Mohon maaf ya kak,, klo kakak pake m-banking cek mutasi rekening aja,, ato klo ingat saldo awal tinggal cek saldo via ATM, ato kk hub CS bank terkait. Soalnya saya juga pernah mengalami hal serupa waktu itu sya top up 2jt via ATM,, nah di mesin ATM berhasil dan keluar resi debit dana, tapi saldo di shopee pay gk bertambah,, kemudian sya konfir k pihak shopee jawabannya sama dg yg kakak alami,, kemudian sya k bank untuk minta konfir mana tau ada kesalahan jaringan di pihak bank dan ternyata pas di cek sama CS bank uang itu udah masuk lg k rekening sya,, tapi di hp gk ada notif kredit masuk, sampai saat ini sya pun gk tau ini kesalahan jaringan bank ato shopee. Semoga membantu ya,,

  • Saya jg transaksi di dana waktu itu ke shope. sampainya 2harian baru masuk. Mungkin gara2 updatean baru 1212 ini nih jd lama sistemnya. Semoga bs lebih baik lg ya shope

  • Yg pernah sy alami, saat top up saldo shopeepay lewat e-banking bank permata, top up 500rb, yg diterima hanya 499.500.. ada potongan 500 buat admin bank permata.. dan memang sudah ada pemberitahuan dari shopee sebelumnya ttg potongan admin tersebut..
    Dan, perlu diingat jg bahwa pengisian saldo e-wallet (baik itu shopeepay, dana, linkaja, gopay, ovo, dll) selalu lewat pihak ketiga, entah itu minimarket, bank, ataupun driver ojol.. jd ada baiknya saat mengalami kejadian seperti penulis diatas, dilakukan pengecekan jg kepada pihak ketiga nya,, siapa tau yg bermasalah bkn dari shopee nya..

    • Dear Redaksi,

      Saya ucapkan Terima kasih kepada Pihak Media Konsumen yang telah menayangkan kan surat saya pada tgl 20 November 2021,perihal Top up Shopee pay yg tak kunjung selesai.lewat Media Konsumen apa yg menjadi kendala bisa di tanggapi oleh pihak Terkait yaitu Shopee. saya menginformasikan bahwa kendala tersebut sudah terselesaikan oleh pihak Shopee yaitu dgn Mbk Dita yg sdh menghubungi saya by phone ,walaupun baru di respon setelah surat saya tayang di Media konsumen dan Alhmdllah sudah beres . jujur awalnya kecewa Krn sempet di ping Pong sana sini oleh pihak Cs Shopee dan setelah saya menulis di Media Konsumen barulah pihak Shopee merespon . Sekedar masukan saja buat Shopee. Tolong lebih diperhatikan kembali complain customer dan jangan di pingpong sana sini kemudian hanya janji janji belaka. Lebih bijaklah untuk mencari solusi dan memberi kepastian terhadap customer. Sebenernya customer tidak membutuhkan bonus atau apalah Krn kelalaian dr pihak Shopee,yg paling utama adalah service yg bagus dan bisa menyelesaikan masalah atau solusi yg terbaik dr kedua belah pihak. Mohon ditingkatkan lagi pelayanan dr Shopee.
      Untuk Redaksi Media Konsumen sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih dan semoga semakin maju.

      Lanny Erissa
      Jakarta selatan

  • Sebenernya shopee itu bagus, mungkin karna kendala sistem aja sih. Cs nya juga fast response. Semoga tidak terulang kembali lah yaa...

  • Saya ngga baca full kronologi karena malas 😂
    Tapi pernah mengalami dan tidak ada salahnya dicoba, komplain ke cs via email terus pepet sampe minta dicek ke rek va shopeepay kita, kalau sudah sampai ujung/tidak ada dana masuk, tinggal komplain ke bank pengirim waktu itu saya topup shopeepay 400k dari bank jago via va BRI ajukan komplain 2 pihak alhamdulillah masuk juga, hampir 1 minggu krn menunggu 3x24 dari shopee dan bank jago

  • Puji syukur sih kalo lewat Shopee belum pernah ada kendala sama sekali, dari puluhan atau bahkan ratusan transaksi baik barang maupun jasa bahkan tagihan semua selesai sebelum estimasi waktu. Kalaupun ada beberapa kali masalah juga bisa selesai dengan cepat dan baik. Bahkan kalo untuk top up shopeepay (biasanya pake mBCA) ga ada 10 detik saldo langsung masuk.
    Untuk masalah keuangan atau transaksi elektronik memang penuh resiko, tapi kembali lagi ke kita biasakan baca syarat dan ketentuan kemudian bagaimana mekanisme sistemnya bekerja sampai pihak-pihak yang dimungkinkan terlibat dalam transaksi. Jadi kalo ada kendala atau perkembangan baru kita bisa menyikapinya dengan bijak.

  • dulu sy jg pernah top up shopeepay via va mandiri ga langsung masuk. dlm waktu 1x24 jam baru masuk. ini salahnya lebih ke pengirim. alangkah baiknya komplen ga hanya ke pihak penerima (shopee) namun ke pihak pengirim (mandiri)

  • Halo kak, apa kaka sampai sekarang bisa mengakses shopeepay? Saya sudah 2 hari ini tidak bisa melakukan pembayaran dengan shopeepay