Surat Pembaca

Traveloka PayLater Bisa Digunakan Belanja di Marketplace; Hati-hati Jika Pesanan Dibatalkan, Tetap Ada Tagihan!

Traveloka PayLater saat ini punya fitur baru bernama virtual number, yang bisa digunakan untuk berbelanja di e-commerce dan marketplace. Sebelumnya saya belanja di Shopee, tapi 10 menit setelah checkout, saya membatalkan pesanan karena saya salah input alamat. Pesanan saya batal dan saya pesan ulang.

Namun Traveloka “menipu” saya. Saya pakai limit untuk berbelanja senilai Rp418 ribu, tapi yang dikembalikan hanya Rp89 ribu, dengan alasan biaya asuransi dan pengiriman. Padahal pesanan tersebut belum dilakukan pengiriman dan masih dikemas. Traveloka “mencuri” uang customer-nya senilai Rp320 ribu.

Hati-hati untuk menggunakan fitur baru Traveloka. Saya tak akan bayar tagihannya, karena pesanan tersebut murni batal. Saya kecewa saya dengan Traveloka, potongan fee pembatalan pesanan kok sampai 80%? Itu bukan potongan namanya, tapi “pencurian”.

Zulfadri
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sebenarnya kalau hanya ubah alamat tidak perlu dicancel. bisa kok kak. jadi setelah bayar masuk aja ke bagian dikemas. nanti ada tulisan ubah alamat kalau kakak klik barang yg sudah dikemas tadi.

  • Sebelumnya juga sudah pernah ada yg tulis di MK pakai Traveloka paylater pesanan dibatalkan pembeli karena berbah pikiran tapi tetap harus bayar bunganya karena s&k nya begitu. Akhirnya bunga dihapuskan setelah tulis di MK.

    • Sedang saya alami nih...caranya gimana ya spya bisa menghapus tagihan

      Pada tanggal 12 nov 2021 ,dengan ID 214 3124 9 melakukan pembelian diLazada menggunakan Vurtual Account Traveloka (sistem pembayaran seperti Kartu kredit) sebesar Rp.2.780.000 dan muncul tagihan traveloka Rp.3.310.424
      Dan pada hari itupun pihak lazada membatalkan pesanan dengan alasan penjual barang habis,dan pihak lazada mengembalikan /merefund uang ke pihak traveloka sebesar Rp.2.780.000

      Dan masalahnya saya selaku pembeli harus tetap membayarkan bunga dari pembelian barang yang tdibatalkan pihak lazada,yaitu sebesar Rp.530.424 (3.310.424 dikurangi 2.780.000)
      Padahal saya tidak pernah menerima barang tersebut karena dibatalkan oleh pihak seller dari Lazada

      Tidak mungkin saya membayar bunga untuk barang yang tidak saya pakai/gunakan manfaatnya
      Dan saya merasa dirugikan harus membayar bunga untuk barang yang tidak saya pakain manfaatnya.

  • Saat ini perlindungan konsumen terhadap paylater masih rendah. Banyak peraturan yang diterapkan paylater yang sangat merugikan pelanggan. Pelanggan harus banyak bersuara agar sistem merugikan itu bisa dirubah.

  • Pengalaman saya menggunakan virtual paylatter traveloka di JD.ID yg pesanan ya dibatalkan. kita harus tetap membayar tagihan traveloka paylatter meski pesanan sudah dibatalkan, setelah membayar tagihan cs traveloka akan menghubungi kita via email untuk minta no rekening buat refund dana yang sudah dibayarkan.

  • Kalo kek gtu, mending pas email yg dikirimin di awal di jelaskan terlebih dahulu secara rinci proses pengembaliannya bagaimana jafi customer nggak shock mbak..tapi saya hari ini sudah dihubungi oleh pihak travelokanya dan kekurangan dana tersebut akan dikembalikan ke limit saya, karena travelokanya berdalih kalo ada lesalahan sistem

  • Kewajiban pengguna paylater ya membayar apapun itu kecuali sudah ada investigasi dr penyedia paylater