Surat Pembaca

Komplain Beli Barang di Alfamart melalui Aplikasi Alfagift

Kronologinya, pada hari Senin 22 November 2021 pukul 21:39, saya melakukan order pembelian di Alfagift (resi terlampir). Saya melakukan pembayaran menggunakan saldo Virgo dan saya memilih opsi pengambilan barang di Alfamart untuk pukul 8-10.

Kemudian pada hari Selasa 23 November 2021 pukul 09.00 saya datang ke Alfamart yang (tertera di resi). Nama Alfamart sudah sama, alamatnya juga sama, tapi memang nomor teleponnya beda. Waktu saya datang, saya tanya ke kasir dan menunjukkan resi tersebut. Kasir Alfamart bilang bahwa orderan itu belum muncul di sistem Alfamart.

Saat itu saya masih sabar, mungkin karena masih pagi, jadi mungkin sistemnya belum update. Kemudian saya kembali lagi malam harinya pukul 22.00 untuk menanyakan pesanan saya. Akan tetapi kasirnya bilang masih tidak ada pesanan atas resi tersebut. Nah dari sini saya mulai menyesal beli di Alfagift.

Resi pembayaran

Kemudian hari Rabu pagi tanggal 24 November 2021 (hari ketika saya menulis surat ini), saya mencoba dm CS Alfamart dan Alfagift di Instagram. Namun balasan mereka lama sekali dan jawabannya pun tidak menyelesaikan masalah. Boro-boro ditanya detail pesanan, saya malah cuma dijawab “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, apakah sampai saat ini pesanan belum kakak terima?”.

Dari sini saya jengkel banget dengan pelayanannya Alfamart. Karena di detail pesanan Alfamartnya tertulis “Toko Tidak Bertanggung Jawab Atas Kehilangan Barang Jika Tidak Diambil Dalam 3 Hari”. Saya memutuskan untuk menulis surat di Media Konsumen, dengan harapan pihak Alfamart membaca surat saya dan dapat menyelesaikan masalah ini (hingga artikel ini ditulis, DM CS Alfamart di Instagram masih belum dijawab).

Febri Duwi Hijayanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Betul mas, pengalaman saya juga sama. Beli di alfagift dengan metode ambil di toko. Di aplikasi toko yang harus saya datangi sangat tidak jelas, komplain via Twitter tidak menyelesaikan masalah, malah diminta dicoba datangi Alfamart di jalan X sesuai app, lah di jalan X ada 5 Alfamart masa saya harus tanya satu-satu?

    • biaaskan kalau mau koment dipikir dulu, mas.
      jangan asal koment, nanti ketahuan bodohnya.
      ponsel pintar, yang pegang tidak pintar

    • gini ya, itu sedang ada promo bayar pakai virgo alfagift, walau cuma 25k, ya lumayan kan?

  • kenapa pas kesana ga sekalian diambil aja. klik indo aja aman sih kako alfagift blm pernah.

  • Kalo gak muncul disistem mungkin jaringan Alfa jelek, kalo dah biasa order alfagift ditoko itu tapi gak ada dimenu mungkin sudah diprint struknya sama tmn shift tapi gak bilang pernah kaya gitu

    • Emang alfagift ini apk ribet saya pesan galon Aqua 2 pcs dari pagi sampe ketemu malem ga dianter Ama petugasnya
      Begitu saya ke toko ternyata pramuniaga dan kasir ga ngecek pesanan online dengan alasan sedang rame
      Akhirnya saya bawa sendiri tuh galon Aqua nya
      Niat mau praktis eh malah harus bawa sendiri juga ujungnya

  • Heran sm penulis, kalo emng diambil sendiri knp hrs order via aplikasi. Tinggal dtg lgsg ke alfa, ambil yg mau dibeli trs lgsg bayar beres dah, kecuali delivery order ya hrs lwt aplikasi.

    • belom pernah nyoba alfagift? disitu ada pilihan ambil di toko, kan gaperlu bawa uang cash juga. lebih simple pikirku. lagian itu ordernya malam hari. kalau masih heran, coba dibaca sekali lagi cermat cermat

    • Selamat malam, saya salah satu pelanggan alfamart ingin komplain mengenai rokok SAMPOERNA , rokok yang saya beli ternyata sudah kadaluarsa 2 bulan yang lalu, bisa tolong jelaskan mengapa barang kadaluarsa di alfamart masih di jual

  • Mangkanya pake gomart donk. Gomart nya gojek tinggal santai duduk mqnis dirumah, barangpun sampai dengan cepat

  • Barusan jg dapet pengalaman buruk dengan alfagift, udah pengiriman lama terus karyawannya ga ramah sama sekali. Alhasil auto uninstall aplikasinya.