Speed Oxygen.id Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan oleh Sales

Karena tertarik dengan promo 200 Mbps yang ditawarkan (untuk berlangganan internet fiber dari Oxygen.id milik Moratelindo), saya menghubungi sales di nomor yang ada di website, dan dilayani oleh sales yang bernama Joe.

Karena saya sudah hafal dengan gaya dan style sales-sales internet provider yang biasa manis di awal, saya dengan clear ingatkan bahwa saat ini saya sudah berlangganan dengan provider lain dan speed yang saya dapatkan TANPA LAN (ini penting) di kisaran tidak pernah di bawah 80 Mbps. FYI di provider existing saya saat ini, saya hanya berlangganan di paket 100 Mbps.

Saya juga dengan clear infokan bila Oxygen.id tidak bisa stabil dan drop speed terlalu sering, saya tidak mau berlangganan. Sales Oxygen.id tsb infokan ke saya, bahwa Oxygen.id sangat reliable. Bila ada maintenance hanya malam, sangat jarang sekali trouble, jaringan sangat stabil bla bla bla. Yang terpenting kata kunci angka speed oxygen.id paket 200 Mbps, seburuk-buruknya di angka 180 Mbps.

Ok done, deal. Saya bayar setahun di depan, nomor pelanggan Oxygen saya: 24504501.

Datanglah hari dimana teknisi akan melakukan pemasangan. Namun ternyata semua jualan dan janji yang diberikan hanya menipu saja. Saat dilakukan test speed, hanya 139 Mbps, jauh dari bualan yang dijual di depan. Untungnya saya minta teknisi oxygen.id membandingkan dengan internet yang berlangganan saat ini, jadi dia bisa melihat sendiri.

Saat dia test provider saat ini di 137 Mbps. Teknisi aja kaget, saya langganan 100 Mbps di existing provider malah pas dites lebih dari 100 Mbps. Sedangkan yang Oxygen.id malah kebalikannya, langganan 200 Mbps, disunat hampir separuhnya. Langsung firasat saya merasa sekali lagi ditipu oleh sales yang tidak bertanggung jawab.

Speed Oxygen
Speed provider saat ini

Saya hubungi sales Oxygen.id dan betul saja, jawabannya seperti seorang pengecut yang menarik semua ucapannya. Dia bertingkah seperti saya ini orang yang tidak mengerti internet dan berlagak lupa dengan segala ucapannya. Contoh: “Pak itu 200 Mbps kalau pakai kabel LAN (amnesia), kalau pakai wifi sharing pasti tidak bisa full (alasan kosong)”.

Saat saya menghardik kembali bahwa teknisi Anda sendiri sudah mencek langsung dan kita bandingkan hanya satu perangkat yang join, speed oxygen.id sangat jauh dibawah ekspektasi. Sales ini dengan mudahnya bicara ke saya “Bapak silahkan hubungi customer service dan komplain, karena kalau nggak pakai LAN nggak akan dapat 200 Mbps”.

Cakep luar biasa sales Oxygen.id ini. Saya nggak tahu sekolah di mana sales ini. Yang mengecewakan, sampai hari ini tidak ada satupun perwakilan dari Oxygen.id yang menghubungi saya untuk memediasi permasalahan ini. Sedangkan uang sudah mereka terima satu tahun di depan.

Akhirnya Oxygen.id menjadi perusahaan amatir yang dengan cara apapun jebak pelanggannya di depan. Asal uang sudah masuk dari customer, maka servis tidak penting, tinggal berkilah saja kalau dituntut oleh customer. Karena customer pasti salah dan kalah. Luar biasa Oxygen.id.

Troficiendy Suroso
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Oxygen.id atas Surat Pembaca Bapak Troficiendy Suroso

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Troficiendy Suroso dengan No. Pelanggan 24504501 pada tanggal 25 November 2021 lalu, dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • maju terus pak, semoga yg jadi haknya segera dapet. untuk koneksi mending yg dulu atau sekarang pak? atau sama saja jaringan internetnya.

    • Mending yg myr** pak, ia aku join yg 100 malah dapatnya lebih yg oxygen ini ampun deh yg ngeselinnya jelas2 teknisinya oxy sendiri yg tes masih bisa berkelit mesti pake LAN baru fair...gubrakkk

      • Ini langganan yg upto atau dedicated? Kalau yg up to ya hoki2an kalau banyak user di sekitar kita suka download dijamin gak akan bisa maksimal. Coba test speed di jam 2-5 pagi. Kalu test wifi sangat tergantung chipset wifi router dan client dan juga kondisi lingkungan apakah banyak access point yg menyebabkan interferensi.

  • Nyaring bunyinya kosong isinya, oxygen,id gak cocok penyedia internet cocok penyedia oksigen sesuai nama

  • Duh jauh bener dari spec yg dibeli....
    Lagian konek via Lan ataupun Wifi kalo cuma alat ya ga beda2 jauh mestinya kalo 1 alat.
    btw... ini dapet router yg 4 antena itu kan ?

    Ayo mana oxygen.id beresin tuh dan sekalian tatar salesnya... sales butuh pinter ngomong dan loby, bukan pinter boong.

    • Ia sis keselnya itu padahal teknisi nya udah lihat sendiri pas test yg myr**p aku kebetulan masih langganan kan dibanding yg oxy dia tapi ya itu tetap Lan yg dibawa2 ampun deh..ngga ada dosa bener pas ngibul ke kitanya kaya aku baru newbie internet

      • Dan tambahan sis yg router 4 antena ngga dikasih cuma huawei biasa yg basic..pokoknya jauh banget ngga kaya my rep..klo my rep langganan 100mbps aja dapet yg huawei and router 4 antena..oxygen 200mbps ...no router tambahan..plain vanilla aja huawei..

  • Kalau di cek pakai LAN bisa real, kalau pakai wireless ya begitulah. Perangkat juga pengaruh. LAN 100 Mbps atau sudah 1G apa belum?
    Wifi nya 5G apa 2G?
    Perangkatnya support tidak?

    • lah... itu kan alat dari pihak oxygen kan.. yg setting juga orang oxygen.... setting wifi 5 GHz atau gak mrk harusnya paham... btw wifi 2G yg mana ? 2,4 GHz kan maksudnya ?
      Terus masalah Lan, TS kan ga mau test pake Lan... lagian jaman skrg rata2 ya sudah 1000Mbps.

    • Both wifi test pakai 5ghz baik oxygen dan myrep hanya satu perangkat yg connect tidak ada yg lain.. itulah kenapa teknisinya pun ngga bisa berkelit pas test karena comparison side by side myrep 137 (langganan sy 100mbps) yg oxy 139 (langganan sy yg 200mbps).. itulah kenapa muncullah jurus mesti LAN

  • Ingat jangan pernah percaya omongan marketing/sales. Kalau perlu direkam dan ttd hitam di atas putih sebagai bukti ucapan mereka.

    • Ia mas..itu yg miss di sy rekaman pas janji speed dan stabilitas koneksi.. harusnya sy rekam pas penawaran akhirnya ya gini deh jadi berkelit begitu ditagih langsung ucapannya "bapak salah mengartikan penjelasan sy" ..cakepp bener deh pokoknya berkelitnya

      • Untungnya pas ttd yg kunjungan teknisi sy ngga mau sign.. itu yg sy kecewa harusnya dari oxygen tahu begitu sy ngga ttd hasil teknisi kan berarti customer tidak korfirm dan masih ada kendala yg harus dimediasi..tapi ya even sampai saat ini pun belum ada satupun followup dari oxygen..yg seseknya sy sudah bayar setahun didepan lagi.. apes deh

  • Update dari sejak 25 november sampai saat ini masalah masih belum terselesaikan.. terakhir tanggal 2 desember dari pihak oxygen menghubungi sy (sdri Nissa) menjadwalkan hari sabtu (4 Dec 2021) jam 10 pagiakan mendatangi teknisi untuk pengecekan fan penyelesaian masalah tapi sampai jam 12 siang masih belum ada teknisi yg datang. Dan begitu sy menghubungi ke CS yg diterima sdr Iko mengatakan tidak ada penjadwalan kedatangan teknisi di tanggal tsb. Sepertinya main2 oxygen ini dalam pengatasan masalah customer. Sudah kedua kali berarti sy di bohongi lagi oleh oxygen.id. hati2 untuk teman2 yg ingin berlangganan khususnya yg sudah ikut paket bayar setahun dimuka.

  • Setelah 1 bulan sudah selesai akhirnya permasalahannya.. response dari customer service cukup bagus terima kasih untuk sdr.Bagas yg menangani complaint sy. Beberapa yg sy ingin berikan masukan untuk kedepannya agar tidak terjadi lagi kasus seperti sy.
    1. Agar sales diberikan tutorial dalam menjanjikan customer ada baiknya setiap pembicaraan pebawaran sales direkam sehingga ada efek serius dan tidak main2 dalam menawarkan produk.
    2. Koordinasi antara sales, cs dan teknisi harus diperbaiki karena beberapa kali sy dijanjikan akan didatangi teknisi dari pihak cs tapi teknisi tak kunjung datang
    3. Khusus untuk yg ingin berlangganan speed 200mbps perlu di infokan bahwa dari oxygen hanya menyediakan modem ont huawei yg notabene kecepatan transmission hanya di 2.4ghz sehingga tidak akan mungkin bisa dapat speed yg dijanjikan jangan hanya di infokan masalah lan saja (khususnya yg pelanggan ingin pindah dari my*** seperti sy yg mana bila di my*** pelanggan speed 100mbps sdh diberikan modem ont huawei dan modem prolink 5ghz) sehingga kecepatan bisa maksimal.
    Overall mudah2an kedepannya oxygen.id bisa lebih baik dalam pelayanan khususnya pre-sale.. karena kalau dari awal diinfokan dengan clear harusnya hal ini tidak terjadi,anyway terima kasih sekali lagi untuk sdr.Bagas sebagai mediator dari pihak oxygen.
    Salam

    • Kayanya memang hubungan relation oxygen dengan customer benar2 busuk.. hanya jeda sehari dari terakhir sy update sy kira permasalahan sy selesai sekarang sy di curangi lagi yg saat ini sdb untuk tv yg bermasalah. Sdb tv yg sy gunakan tidak berfungsi dan setelah sy complain ke cs a/n Nita.. dengan entengnya dia bilang (sekarang ini kebalik mesti pake wifi bukan pake lan) toppp sekali..kalau kemarin dari teknisi dan sdr Bagas bicara sama sy untuk sdb bisa pakai lan dan port 3 dan 4 sudah dibuka..sekarang ini cs berbicara yg berbeda yg dimesti dipakai port 1 atau 2 ...sudah begitu sy minta untuk dibuatlan laporan supaya sdr.bagas menghubungi sy karena informasi yg diberikan lagi2 menipu cs nya dengan sombongnya ngga mau lho ...ampun dehh.. dan yg keren lagi memang oxygen ini tidak takut dengan nama baik perusahaan..sy tawarkan untuk penyelesaian masalah ini daripada sy raise masalah ini ke media mereka lebih memilih di raise ke media. Karena sekali lagi yg salah pasti customernya kan kalau dari segi korporasi selalu memandangnya.. guys hati2 dengan oxygen avoid deh atau at least kalau kalian mau langganan bener2 di drill baik segi sales dan cs nya dan ingat rekam karena sangat buruk sekali level of servicenya hindari kesalahan sy yg terlanjur bayar setahun jadi sudah tidak bisa lepas. ini kaya mundur dua puluh tahun gaya perusahaan seperti ini nipu2 pelanggan. Sadly even cs pun kayanya di di oxygen bukan kepanjangan customer service tapi customer stu***

  • myrepublic bapak yang 100 mbps itu paketan yang mana ya pak? setau saya cuma ada max 75 mbps itu yang internet only