Jasa Pengiriman dan Penanganan CS J&T yang Sangat Buruk

Halo semuanya, di sini saya ingin mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi terkait pengalaman saya menggunakan jasa kurir pengiriman J&T. Sebelum saya melanjutkan seluruh penjelasan terkait masalah ini, apabila saudara/i semua hendak memilih jasa kurir, hindari menggunakan jasa kurir J&T, lebih baik memilih jasa kurir yang lain saja.

Pada awalnya saya membeli barang dari salah satu online merchant. Seller sudah mengirimkan paket saya pada tanggal 19 Oktober 2021 menggunakan ekspedisi JNT, dengan nomor resi: JD0145712144. Namun pada tanggal 27 Oktober 2021, saya baru ingat ada paket yang belum sampai dan saya cek resi, tertera status pengiriman sudah sampai.

Lalu tanggal 27 Oktober 2021 saya melakukan komplain via WA & Email J&T status pengiriman sudah sampai, tetapi paket belum diterima. Namun CS terkesan ogah-ogahan menanggapi komplain saya dan selalu mendapatkan jawaban template yang sama, hanya disuruh menunggu karena dalam penanganan tim terkait.

Hingga hari ini, tanggal 27 November 2021, proses/hasil laporan belum selesai.

1. Proses penanganan customer service (CS) yang buruk dan tidak membantu sama sekali.

Hampir setiap hari saya komplain ke pihak WA/Email J&T. Saya meminta agar ada tim dari J&T yang dapat segera menghubungi saya untuk memberikan klarifikasi dan update terbaru dari paket saya. Semua CS mengiyakan, tapi hingga saat ini belum ada sama sekali tim J&T yang menghubungi saya. Tim CS tidak bisa memberikan kepastian terkait kondisi paket saya, padahal sudah jelas-jelas ada kendala. Kemudian, laporan-laporan yang dibuat seakan-akan hanya formalitas.

2. Etika Tim CS dan manajemen Tim Resolusi yang buruk.

Di sini saya yang jelas-jelas dirugikan, tapi saya juga yang harus aktif komplain ke pihak J&T. Bahkan saat saya menghubungi pihak CS untuk kesekian kalinya, pihak CS sudah menanyakan nomor aktif WhatsApp saya untuk bisa dihubungi dan saya minta pada hari itu juga untuk segera dihubungi. Tetap saja, NIHIL. Mana etika pelayanan terhadap pelanggan yang jelas-jelas dirugikan?

Yang lebih parahnya, saat saya menanyakan bagaimana feedback untuk laporan-laporan yang sudah dimasukkan sebelumnya, pihak CS mengatakan bahwa belum ada tanggapan dari Tim Resolusi terkait permasalahan tersebut. Artinya semua laporan saya diabaikan dan dianggap angin lalu saja. Percuma saya menghubungi pihak CS J&T.

Secara garis besar, saya paling kecewa terhadap pelayanan dari tim J&T dalam memberikan keterangan dan klarifikasi terkait proses investigasi. Tim J&T sangat pasif dan tidak memberikan feedback ke customer. Sehingga muncul asumsi apabila memang paket saya tidak diproses atau hilang atau rusak dan sengaja ditutup-tutupi kondisi aktualnya.

Customer berhak mendapatkan informasi terkini terkait paket dan mendapatkan penjelasan terkait mengapa proses investigasi berlangsung sangat lama,  sudah 1 bulan lebih. Semoga pihak J&T segera membaca surat ini dan memberikan klarifikasi terkait paket saya. Terima kasih.

Hendra Wijaya
Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya normal2 saja pakai j&t. Ya mungkin pas apes dapat kurir freelance sehingga error.

    • Kurir nya parah sih ini tidak ada coba datang ke lokasi dan tidak ada yang menghubungi saya.
      CS J&T sendiri tidak ada menghubungi saya sama sekali untuk sekedar konfirmasi proses laporan padahal no hp saya sudah ada saat membuat laporan.
      Yang paling saya kecewa sama CS Online nya WA/EMAIL sama saja tidak membantu sama sekali. Namanya doang CS tapi gak bisa kerja memproses laporan konsumen. Setiap hari saya kejar dan sudah satu bulan lebih tidak ada kepastian proses laporan saya. Berbanding terbalik dengan JNE saya komplain lewat Email saja langsung gercep balasnya. Bahkan CS nya langsung menghubungi dan mengabari saya di hari itu juga. Jadi klo gak ada proses yg dilakukan tim terkait seharusnya jangan bohong!!! Lebih baik tiadakan aja CS Online klo tidak mau menerima komplain lewat online!!!

  • Saya pun juga begitu...sebagai seller merasa di rugikan,,, apa lagi pengiriman cod hanya di kasih batas waktu 3 hari kerja barang di simpan di DC klo ga kita sendiri yg minta no kurir ga bakalan tuh paket di anter anter...

  • Transaksi lewat online shop di market place bukan kak? Kalo iya, harusnya komplain lewat market place nya juga, biar dibantu investigasi

    • Sudah saya minta bantu ke si pengirim paket untuk menghubungi pusat namun tidak ada jawaban yang pasti. Yang paling saya kecewa sama CS Online nya WA/EMAIL sama saja tidak membantu sama sekali. CS J&T sendiri tidak ada menghubungi saya sama sekali untuk sekedar konfirmasi proses laporan padahal no hp saya sudah ada saat membuat laporan. Namanya doang CS tapi gak bisa kerja memproses laporan konsumen. Setiap hari saya kejar dan sudah satu bulan lebih tidak ada kepastian proses laporan saya. Berbanding terbalik dengan JNE saya komplain lewat Email saja langsung gercep balasnya. Bahkan CS nya langsung menghubungi dan mengabari saya di hari itu juga. Jadi klo gak ada proses yg dilakukan tim terkait seharusnya jangan bohong!!! Lebih baik tiadakan aja CS Online klo tidak mau menerima komplain lewat online!!!

  • Klu paket nyangkut mending datang langsung ke gudang ekspedisi wil bersangkutan, dr nmr resi khan ketahuan kurir yg bawa namanya siapa, kelamaan klu menurut saya sich komplain via email atau wa cs

    • CS J&T sendiri tidak ada menghubungi saya sama sekali untuk sekedar konfirmasi proses laporan padahal no hp saya sudah ada saat membuat laporan.
      Yang paling saya kecewa sama CS Online nya WA/EMAIL sama saja tidak membantu sama sekali cuma hiasan doang. Namanya doang CS tapi gak bisa kerja memproses laporan konsumen. Setiap hari saya kejar dan sudah satu bulan lebih tidak ada kepastian proses laporan saya. Berbanding terbalik dengan JNE saya komplain lewat Email saja langsung gercep balasnya. Bahkan CS nya langsung menghubungi dan mengabari saya di hari itu juga. Jadi klo gak ada proses yg dilakukan tim terkait seharusnya jangan bohong!!! Lebih baik tiadakan aja CS Online klo tidak mau menerima komplain lewat online!!!

  • Lain kali coba pakai pos Indonesia. Kalau komplain ke cs jawaban bukan template. Dan bener2 di sampaikan ke kantor pos yg bermasalah. . 😁. .

    • Lah yang salah kan anda, beli barang online tapi nggak di cek.. paket dikirim dari tanggal 19 dan udah sampai tanggal 23 tapi komplainnya tanggal 27.
      Elu mau pakai jasa ekspedisi manapun gak akan nerima keluhan ente kalau sudah lewat begitu lama.

      • Salah gua ?? Jadi klo pembeli lupa ada paket yg belum sampai karena sibuk atau banyak nya paket yg datang setiap hari gimana?? Boleh gitu seenaknya membuat status pesanan sudah sampai secara sepihak?? Kurir juga tidak ada yg datang ke lokasi bahkan menghubungi saya. Terus gunanya CS J&T Online itu apa?? Klo komplain masalah seharusnya di investigasi segera bukan malah diabaikan dan dianggap angin lalu saja. Saya hampir setiap hari chat WA J&T namun tidak ada jawaban pasti bahkan CS J&T sendiri tidak ada menghubungi saya sama sekali untuk sekedar konfirmasi padahal no hp saya sudah ada saat membuat laporan. Berbanding terbalik dengan JNE saya komplain lewat Email saja langsung gercep balasnya. Bahkan CS nya langsung menghubungi dan mengabari saya di hari itu juga. Jadi klo gak ada proses yg dilakukan tim terkait seharusnya jangan bohong!!! Lebih baik tiadakan aja CS Online klo tidak mau menerima komplain lewat online!!!

    • Saya tidak bisa memilih jasa kirim karena si seller kirim tanpa konfirmasi ke saya. Yang saya kecewa disini CS WA J&T dan Email sama saja mengabaikan laporan konsumen dan dianggap angin lalu saja. Saya hampir setiap hari chat WA J&T namun tidak ada jawaban pasti bahkan CS J&T sendiri tidak ada menghubungi saya sama sekali untuk sekedar konfirmasi padahal no hp saya sudah ada saat membuat laporan. Berbanding terbalik dengan JNE saya komplain lewat Email saja langsung gercep balasnya. Bahkan CS nya langsung menghubungi dan mengabari saya di hari itu juga. Jadi klo gak ada proses yg dilakukan tim terkait seharusnya jangan bohong!!! Lebih baik tiadakan aja CS Online klo tidak mau menerima komplain lewat online!!!

  • Saya sebagai seller saja skrg lsg nonaktifkan j&t, pelayanan buruk pu seenaknya kadang di ambil kadang nggak,semenjak intensif di hilangkan jdi kurirnya malas2an,di saat expedisi lain memberikan layanan full service terhadap seller, j&t malah sebaliknya mundur kebelakang, dulu awal kemunculan id express dan anteraja paket j&t terjun bebas, kurirnya pada ngemis suruh aktifin j&t,padahal paket j&t dalam sebulan ribuan sendiri,gw cape packing sore2 suruh anter gerai ogah amat,masih banyak expedisi lain yg menghargai seller,lihat kedepan klo shopee expres expansi seluruh wilayah Indonesia paling jnt tinggal kenangan 😂,lazada dengan Lex,ninja sementara sicepat, anteraja masuk toped, shopee
    Sayangnya id express lgi di take down pihak shoope sehingga paketnya menurun,j&t cuma ngandelin shopee banyak gaya