Surat Pembaca

Mau Menutup Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit, Malah Muncul Lagi Tagihan

Saya salah satu pemegang kartu kredit Bank Mega Visa, dengan nomor 4201 92** **** **00, atas nama Merry. Sejak tahun 2020 lalu, saya sudah menghubungi call center Bank Mega untuk menutup kartu kredit Bank Mega saya. Saya merasa sudah melunasi semua tagihan yang ada.

Akan tetapi, pihak Bank Mega menolak penutupan kartu kredit saya, dengan alasan tidak ada rekening buku tabungannya. Mereka meminta saya menyimpan aja kartu kreditnya bila tidak mau dipakai lagi, serta annual fee yang sudah dibayar akan dikembalikan.

Mendengar itu saya sangat kesal dan marah. Kenapa nasabah yang tidak menunggak dan tidak memiliki rekening tabungan tidak bisa menutup kartu kreditnya? Saya benar-benar kecewa. Ketika jatuh tempo, ternyata ada tagihan email dari Bank Mega. Memang benar annual fee dikembalikannya lagi sebesar Rp400.000. Akan tetapi uang tersebut tidak saya pake sama sekali. Saya biarin aja tetap di kartu kredit saya.

Setelah itu saya tidak pernah menggunakan lagi kartu kredit Bank Mega dan tidak pernah dapat email tagihan dari Bank Mega lagi. Saya pikir bahwa itu sudah clear, tidak akan ada tagihan apapun lagi, seperti yang Bank Mega bilang.

Namun sekarang bulan November 2021, tiba-tiba saya mendapat email jatuh tempo annual fee sebesar Rp450.000, ada tagihan sebelumnya Rp24.601 serta biaya e-billing statement November Rp5.000. Total semuanya Rp479.601.

Saya sudah lama loh membuat permintaan penutupan kartu kredit ini, tapisekarang malah muncul tagihan annual fee dll. Saya merasa keberatan dengan semua tagihan itu. Dari mengajukan penutupan kartu hingga sekarang saya tidak pernah menggunakan kartu kreditnya lagi. Masih dikenakan tagihan sebesar itu? Di mana hati nurani Bank Mega ini?

Uang lebih saya di kalian gak pernah saya pake dan saya bukan nasabah menunggak. Saya nasabah lancar bayar, kenapa untuk menutup kartu begitu dipersulit?? Wajarkah kayak itu?? Ini sudah termasuk menyalahi hak asasi manusia.

Merry
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan “Mau Menutup Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit, Malah Muncul Lagi Tagihan”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Ibu Merry yang disampaikan melalui mediakonsumen.com (29/11), dengan pengaduan berjudul “Mau Menutup Kartu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kurang tegas saat mau menutupnya. saran saya coba lebih keras dan jika perlu "marah-marah" saja. bank ini memang terkenal suka menunda/menghambat penutupan kartu nasabah yang track recordnya bagus

    • Pernah menutup kartu kredit dari Bank Mega, via Call Center, 2 kartu sekaligus. Lumayan cepat. Yang penting bayar sisa tagihan jika ada, dan minta closing statement. Jika closing statement sudah di tangan, pasti aman dah.

  • harusnya dulu ngotot tetap mau tutup apapun alasan itu CS.
    dulu sy juga pernah ditahan2 sm cs bank U*B & D*S, sy dibujukrayu jgn ditutup, sayang, dsimpan aja, dll. Namun sy kekeuh utk menutup, ada kali nego nya selama 15 menit, ya gpp, yg penting sy puas, ketimbang sy ngalah malah bisa kena masalah di kemudian hari

  • wkwkwk, itu ada charge e-statement 5.000 buset dah, udah paperless masih dicharge jg dah kayak bri ini mah tagihan lewat email dicharge, wkwkwk

  • Alasan yg tdk masuk akal. Hrsnya annual fee itu dikreditkan lg ke limit kartu kreditnya, bkn ke tabungan.

    • pengembalian annual fee sehingga limit kartu kredit melebihi dan untuk itu perlu dicairkan ke rekening bank nya. setelah dicairkan baru bisa ditutup. kira-kira seperti itu

  • Bank Mega, jangan kau takut kehilangan nasabah. Ingat pepatah, "mati satu, tumbuh seribu". Janganlah mempersulit kemauan nasabah.

  • Waktu pengajuan tutup kartu harus ngeyel, kalau perlu bentak dan marah. Dulu saya waktu menutup CC Permata juga diulur-ulur, sampai 30 menit telpon nomor premium lho itu! Akhirnya saya bentak, mbak sengaja panjang lebar begini biar pulsa saya habis ya?! Saya bisa tuntut lho ke bank, ingat percakapan ini direkam by system! Setelah itu langsung dia minta maaf dan diproses penutupan CC nya, 2 hari kemudian sudah dikirim lewat email surat penutupan resmi, dan waktu di cek lewat internet banking, no kartu sudah tidak aktif.

    • Sudah dikirimi surat penutupan resmi dari PERMATA emang udah beres?????

      Belum!!!!

      Tdk percaya?

      Tunggu aja 2 sampai 3 bulan lagi, emailnya masuk lagi dari PERMATA ???

      • Sudah lewat hampir 2 tahun. Itu kejadian di tahun 2019 sebelum covid. Sudah tidak ada statement yg dikirim lagi. Sudah ditanyakan ke AR Permata di cabang terdekat, dicek di database nasabah, CC sudah dihapus.

      • Saya juga mau nutup karena limit dikurangin, tetap dirayu gak bisa ditutup alasan sayang byk bonusnya, dan dijanjikan otomatis dikembalikan limit asal,... JANJI PALSU, 2 hari ada sms gak bisa, di takutin pembicaraan ini direkam..JANJI PALSU DIPERSULIT YAAA....

  • Apakah Bank Mega atau cs nya bisa diadukan ke polisi krn menghalangi nasabah close yg menyebabkan kerugian bagi nasabah ? ?