Surat Pembaca

Estimasi Pengiriman Pos Indonesia 30 Hari Kerja

Saya selaku pengirim dari Kota Bandung dengan tujuan Sanana, Kepulauan Sula; dengan nomor resi pengiriman Pos: P2111130063958. Saya kirim paket tanggal 13 November 2021, tapi sampai hari ini tanggal 30 November 2021 paket tidak kunjung sampai. Sebelum mengirim paket, saya sudah cek di website www.posindonesia.co.id, estimasi pengiriman adalah 9 hari kerja (bukti terlampir).

Sejak 2 hari kemarin, saya mengontak CS Pos via telepon di 1500161 dan disampaikan paket sudah sampai di Kota Ambon. Lalu disampaikan estimasi pengiriman yang benar menjadi 14 hari kerja (di website 9 hari kerja). Hari ini terhitung sudah 17 hari sejak saya mengirimkan paket.

Tiba-tiba hari ini, tanggal 13 November 2021, disampaikan paket pindah ke Kota Makassar dan masih dalam proses transit. Mengapa dari Kota Ambon yang sudah dekat dengan Sanana malah menjauh ke Makassar? Yang lebih mengejutkan CS menyampaikan estimasi pengiriman yang benar adalah 30 hari kerja. Ini setiap kali telepon CS memang informasinya akan selalu berubah atau bagaimana?

Jika memang 30 hari kerja, mengapa di website resmi Pos Indonesia tertera 9 hari kerja? Itu kan jauh sekali rentang waktunya.

Di halaman tracking, paket sudah berhenti sejak tanggal 19 November 2021, update paket terakhir hanya sampai Tanjung Priok. Untuk pengajuan klaim pun tidak digubris dan CS Pos mengarahkan agar keluhan diarahkan pada kantor Pos tempat saya mengirim. Bukannya di mana-mana komplain diarahkan ke Pos pusat atau setidaknya online (via email)? Ini malah saya diminta untuk membuat komplain di tempat saya mengirim. Bahkan saya disalahkan oleh CS Pos-nya, mengapa pakai pengiriman Pos Jumbo Ekonomi.

Jika layanannya seburuk itu (seperti kata CS-nya), kenapa disediakan? Saya sudah 5 tahun memiliki online shop. Saya juga sudah sering mengirim paket termasuk lewat agen Pos, tapi baru hari ini CS-nya sendiri yang menghina pengirimannya dan menyampaikan estimasi pengiriman antar pulau adalah 30 hari kerja.

Memang Pos Indonesia paling hebat se-Indonesia.

Jessica Magdalena
Bandung, Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Pos Indonesia Masalah Kiriman Paket Tujuan Pulau Sula Ternate

Kepada Yth Saudara Jessica di Bandung Pertama-tama kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Saudara Jessica atas ketidaknyamanannya. Menanggapi pemberitaan di...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Saya cek menuju Kepulauan Sula, Kec. Sanana, tidak tersedia layanan Lion Parcel soalnya Pak. Saya juga menyesal pakai pengiriman via Pos Indonesia.

      • Tambahan : Saya mengecek ketersediaan pilihan pengiriman melalui app RajaOngkir. Sayangnya tidak tersedia pilihan Lion Parcel, namun jika saja saya cek lebih teliti, pilihan ini tersedia namun harus dicek langsung ke website resmi Lion Parcel.

      • Itu pasti pake Paket ekonomi yg memang pake kapal laut. Kadang nunggu jadwal kapalnya aja sampe 10 hr baru kapalnya tiba dan kapal itu trayeknya muter2 tdk langsung. Kalo pake kilat khusus pake pesawat itu lebih cpt asalkan bkn brg larangan maskapai.Saran sy kalo mau cpt pake kilat khusus jgn ekonomi.Tujuan kepulauan memang lama itu sebabnya kurir lain tdk ada yg mau krn tdk nguntungin

        • Iya Pak, saya baru tahu dan saya menyesal juga karena estimasinya sama sekali tidak sesuai dengan apa yang disampaikan. Juga tidak ada info bahwa estimasi bisa sampai 30 hari (pada halaman website official Pos Indonesia). Kalau saya tahu estimasi sampai 30 hari, saya tidak mungkin pakai ekspedisi & pengiriman Jumbo Ekonomi.

    • Sama yg sy rasakan kemarin kirim brg dr Bandung-Jayapura estimas pos 7hr...kirim tgl 29 oktober sampai 26 november...naik perahu sepertinya.