Surat Pembaca

Keberatan dengan Tagihan Traveloka PayLater yang Nilainya Sepertiga Nominal Pesanan yang Dibatalkan

Bermula pada tanggal 16 November 2021, saya memesan kamar hotel Four Point Ungasan Bali melalui Traveloka, dengan nomor pesanan: 741286045. Pesanan untuk tanggal 27 Desember 2021 – 2 Januari 2022 (refund 100% sampai dengan tanggal 25 Desember 2021), untuk cuti akhir tahun. Pembayaran melalui Traveloka PayLater, dengan nominal Rp4.341.657, cicilan 12 x Rp476.421.

Akan tetapi dengan adanya SE Menpan No. 26 tahun 2021 tanggal 22 November 2021, tentang Pembatasan Cuti dan larangan keluar kota bagi ASN/BUMN selama tanggal 24 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022, maka dengan sangat terpaksa saya harus membatalkan rencana keluar kota saya.  Sehingga saya mengajukan pembatalan dengan refund 100% pada tanggal 22 November 2021. Refund disetujui hari itu juga.

Namun betapa terkejutnya saya, ketika membuka halaman pembayaran PayLater pada aplikasi Traveloka. Saya harus membayar bunga PayLater untuk pembatalan hotel selama 4 bulan dengan nilai seluruhnya Rp1.475.439, selama 4 bulan. Dimana nilai tersebut adalah sebesar 1/3 dari nilai pesanan yang saya batalkan.

Duh kecewa sekali saya melihatnya. Sebagai pelanggan setia Traveloka selama 7 tahun ini dan pengguna PayLater yang tidak pernah lalai dengan kewajiban benar-benar kecewa, tagihan PayLater saya hanya untuk bunga dari pesanan hotel yang sudah saya batalkan dan belum jatuh tempo.

Saya sudah melaporkan ke support system, nomor laporan: 21878435 dan email serta telepon berulang kali. Akan tetapi jawabannya gantung dan sama bahwa saya tetap harus membayar  bunga tersebut.

Saya keberatan untuk membayar tagihan bunga hotel di PayLater ini, karena saya tidak memakai atau menikmati pesanan saya, yang notabene dimungkinkan untuk pembatalan bebas biaya 100%. Juga bunga yang dikenakan sangat mencekik leher, ditagihkan langsung pada account saya.

Saya mohon bantuan dari manajemen Traveloka untuk meninjau kembali pengenaan bunga 1/3 dari nilai pesanan yang dibatalkan/refund 100%. Untuk kami sangat memberatkan dan tidak fair sekali. Apalagi masa pandemi begini, perusahaan besar sekelas Traveloka harusnya tanggap dan peduli.

Semoga dapat segera mendapatkan solusi dan jalan keluar terbaik. Sehingga customer tidak merasa terjebak dan diperas oleh Paylater Traveloka, karena prakteknya bahkan lebih berat dari pinjol (kalau pinjol dana sudah dinikmati). Sebagai catatan saya juga memesan hotel yang sama dengan pembayaran menggunakan kartu kredit dan dibatalkan juga, tetapi tidak ada biaya sama sekali. Miris bukan? Lain cerita kalau saya jadi menginap, saya akan bayar semua yang menjadi tanggung jawab saya.

Akhir kata, semoga dengan adanya surat ini manajemen Traveloka dapat merespon dan memberikan tanggapan, karena jatuh tempo saya tanggal 25 Desember 2021. Terima kasih.

Susiana Ketty Mait
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Setau aku traveloka itu memang ada ketentuannya jika pesanan terbatalkan maka biaya cicilan paylater tidak dapat di kembalikan. Aku pernah baca di apps traveloka karena kebetulan aku juga pengguna. Di ketentuan itu ada tertulis seperti ini: jika anda melakukan pemesanan dengan 100% refund guarantee, mohon dingat bahwa kebijakan tersebut hanya meliputi harga produk saja. Anda tetap harus membayar biaya cicilan paylater, yang bersifat tidak bisa di refund. Itu berdasarkan yang aku baca di apps traveloka. Tapi mungkin anda bisa coba bicarakan lagi ke pihak terkait. Semoga permasalahannya cepat selesai.

  • Main pesan aja, tp gak baca terms and condition.
    pas ada pembatalan, koar koar sebagai korban.
    iya korban kebodohan gak baca terms and condition

    • terima kasih atas tanggapannya pak Steven yang terhormat,maafkan kebodohan saya makanya saya tulis di media konsumen agar kebodohan saya bisa menjadi pelajaran buat konsumen lain yang belum tau atau tidak teliti seperti saya, semoga kepintaran bapak berkomentar menjadi guru buat saya yang masih bodoh, semoga tidak ada teman saudara atau kenalan bapak yang menjadi bodoh seperti saya. tks salam dari saya yang masih belajar. Gbu

  • Bagi saya, liburan itu bukan suatu yang penting jadi tidak akan saya berhutang buat liburan. Yang penting bagi saya adalah buat makan, pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan orang beda2, jadi mungkin bagi TS adalah hal yang penting, makanya berhutang.

    Saran saja yah, TS sudah tahu liburan itu penting dan alangkah bijaknya pola pikirnya dirubah menjadi:

    Nabung 12 bulan ==>> lalu liburan.
    bukan
    Liburan ===>>> bayar hutang 12 bulan dan bayar bunga 12 bulan.

    Semoga cepet selesai saja dan jauh dari hutang.

  • PayLater ini gak jelas aturannya karena di bawah OJK. Harusnya PayLater ini diawasi dan diatur oleh Bank Indonesia seperti kartu kredit, karena fungsinya juga sebagai alat pembayaran transaksi.

  • Logkinya begini.. kau pinjam uang yg ada bunganya. Uang itu kau pake Bayar hotel, karena TDK jadi kau batalkan hotelnya uang di kembalikan pihak hotel nya.. yg jdi pertanyaan kan, uang yg kau pinjam yg ada bunganya kau kembalikan apakah utuh sesuai yg kau pinjam?? Atau kau kembalikan dengan bunganya? Ini contoh kau pinjam direntenir.

    • Terima kasih tanggapannya, masalahnya saya juga pesan pake kreditcard dan dibatalkan tetapi tidak ada biaya bahkan saudara saya pake platform sejenis (Ti...t.C.M) dibatalkan juga tdk ada biaya juga, hanya saya yang apes pake PaylaterTraveloka yang harus membayar bunga pembatalan.

      • Nimbrung ah. Kredit card nya full payment atau cicilan? Kalau full payment sih mana ada bunga jika bayar tepat waktu. Gak match apple to apple. Paylater ya bandingkan dengan paylater bukan kredit card.

        hadeeeh....

        • Sy sering pakai paylater Shopee, walaupun option cicilan kalaupun pesanan dibatalkan selalu kembali penuh kok dananya. Nah itu kan perbandingan yg apple to apple kan sama paylater nya traveloka yg ga punya otak.

  • Ruginya Traveloka apa ya kalau cancel order ? Kok masih harus bayar bunga dan biaya ? Baru kali ini ada model beginian. Udah bunga gede banget. Semoga segera ada regulasi dari pemerintah ngatur paylater yang ngawur.
    Kalau terpaksa nyicil mending pake CC, kalau ga ada ya beli di ecommerce lain yang bisa nyicil pake metode selain Travelokapaylater. Setau saya di Tokopedia bisa pesan hotel dan pesawat juga, di ecommerce lain pasti juga bisa.

    • Lu baca dulu sana terms and condition. Jangan lu koar koar setelah setuju ada bunga di terms and condition. Berarti lu GOVLOK

      • Terima kasih Pak stevan yang maha pintar atas tanggapannya, maafkan kami yang masih govlok ya. Moga dengan saya tulis ts ini jadi pembelajaran buat kami yang masih dovlok, bisa ketularan pintar kayak pak stevan heheheheh. Jangan lelah menghujat dan menggovlokin kami kaum doflok heheheh... namanya manusia pasti punya salah dan khilafff.. sekali lagi makasih Pak Stevan atas govlok nya ..saya terima .. maafin ya (Tuhan aja pemaaf masa manusia enggak hehhe)

      • Aaah emang dasar aja perusahaan mau manfaatin kelemahan orang yg ga baca semua. Kalo emang niat ma**ng mau di legalkan pake term and condition tetep aja pd akhirnya orang2 bakal tau. Noh Shopee jg punya pay later, tp ya ga gitu2 amat, kalo cancel ya balik semua duitnya.

  • Seperti beli mobil pinjam duit bank, sudah setor ke dealer tapi anda batalkan, uang dikembalikan dan anda setor ke bang pemberi pinjaman, bank tetap nagih bunga kan? walau udah lunasin setoran pokok. Masalah disini lebih ke besaran bunga, jadi lebih baik pakai metode pembayaran atau penyedia jasa yang lain untuk itu. Saran, selesaikan anggap dana untuk dapat ilmu, tutup keanggotaan paylater dan uninstall app nya, kadang kita harus nekat utk ambil keputusan biarpun sudah famili ar dengan app ini, biar juga penyedia jasa sadar bahwa kita konsumen tegas yang gak mau diperas sejenak udel mereka.. saya kira duit sebesar itu tidak berat untuk anda jika melihat hal yang anda belanja an, Salam..

    • "kadang kita harus nekat utk ambil keputusan biarpun sudah famili ar dengan app ini."

      ini berarti lu GOVLOK. Lu asal pesan aja tp gak liat terms and condition.

      jika lu udah tau ada bunga di term and condition, apakah lu mau pesan?

      Dan jika lu pesan lalu lu batalin, lalu lu merasa jadi korban kezolimian paylater gitu? GOVLOK...!!!

  • Paylater ini limitnya gede gede y... Kyaknya banyak cuan ini traveloka ✈️️apalagi aturannya spt itu...

    • Terima kasih tanggapannya, benar pak Heru limit besar tanpa kita minta, ternyata endingnya saya harus membayar hutang bunga saja tanpa menikmati apa apa.

    • Terima kasih tanggapannya pak, dengan adanya masalah ini membuat saya belajar tentang pinjol.