Surat Pembaca

Luar Biasa Telkomsel, Jual Paket Zoom Pro 1,5 GB/3 Hari, Kenyataannya Kurang dari 12 Jam

Pada hari Rabu tanggal 24 November 2021, untuk kebutuhan perkuliahan anak, saya membeli Paket Zoom Pro 1,5 GB/3 hari melalui aplikasi MyTelkomsel. Setelah melakukan pembayaran, muncul pesan notifikasi “Paket Zoom Pro 1.5 GB/ 3 hari, Rp 25.000 telah Aktif, Berlaku s.d 26/11/2021 Pkl 23.59 WIB. Mohon tunggu SMS berikutnya dari TSEL ZOOM untuk aktivasi akun Zoom Pro Cek Kuota di Tsel.me/qi atau hub *336#. Info 188…

Setelah ditunggu hingga pukul 22.02, tidak ada SMS untuk aktivasi tersebut. Padahal Zoom tersebut sangat dibutuhkan segera. maka saya menghubungi call center Telkomsel dan karena “Urgent”, saya meminta agar segera diaktifkan. Operator pun mengatakan laporan sudah dicatat dan akan diteruskan ke pihak terkait, untuk proses maksimal pelaporan 72 jam. Kepada operator saya menekankan bahwa Zoom “sangat diperlukan untuk perkuliahan”.

Namun hingga pagi harinya, Kamis, 25 November 2021 pukul 08.00, kondisi masih tetap sama, aktivasi Zoom belum dilakukan. Maka saya kembali menelpon call center dan meminta dalam waktu 1 Jam sudah harus diaktifkan karena “sangat dibutuhkan”. Petugas mengatakan laporan masih diproses untuk proses maksimal pelaporan 72 jam.

Sorenya dari pukul 17.16 saya melakukan chat melalui Veronika “Selesaikan Keluhan Saya”. Setelah komunikasi melalui chat yang panjang jawaban yang saya terima “Kendala aktivasi udah dibantu pelaporannya tanggal 24/11/2021 dan saat ini masih dalam proses pengecekan tim terkait, disarankan untuk menunggu proses maksimalnya” yaitu 72 jam.

Tanggal 25 adalah tenggat terakhir pembayaran pasca bayar Kartu Halo, maka sebagai penutup saya kirim pesan “Saya akan lihat, Apakah Telkomsel akan menunggu kalau kelalaian ada pada konsumen”.

Hingga hari Jum,at, 26 November 2021 pukul 10.51, penantian kami sia-sia, Zoom tidak juga diaktifkan.
Sementara karena saya belum membayar tagihan, Kartu Halo saya langsung diblokir. Kemudian saya kembali menelpon call center.

Awalnya saya tetap diminta menunggu hingga proses maksimal pelaporan 72 jam. Setelah saya bersikeras kalau sudah 72 jam (3 hari) Zoom Pro ini sudah tidak dibutuhkan lagi. Anak saya beli karena akan dipakai tanggal 24 – 26 November, dan akhirnya pukul 12.07, akun Zoom Pro diaktifkan.

Luar biasa pelayanan Telkomsel, keluhan konsumen harus menunggu 72 jam, sementara kalau kita lalai batas tenggat bayar tagihan, detik itu juga akan diblokir. Yang sangat luar biasanya lagi, ternyata Paket Zoom Pro 1,5 GB/3 hari yang dibeli anak saya, hanya dapat digunakan kurang dari 12 jam, karena malam harinya, tanggal 26 Noemberv 2021, pas waktu menunjukan pukul 23:59, Zoom Pro langsung tidak aktif.

Muhammad Ichwan
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Menurut screenshot yang dibagikan, paket tsb sdh aktif sejak tgl 24 November 2021 pukul 06.32 PM. Biasanya paket yang aktif sdh tertera di MyTelkomsel, walaupun tanpa pemberitahuan melalui SMS. Cmiiw.

    • Yang aktif paket zoomnya tapi aktivasi akunnya belum

      DAN klo memang sdh aktif seharusnya ini diinfokan oleh CS ketika konsumen melapor bukannya disuruh tunggu smpai 72 jam, karna kosnumen ngira memang ada kesalahan, dan seprtinya laporannya ga diapa2in.

      Konsumen seprtinya juga sdh pakai My Telkomsel, jadi sehrsnya sdh tau hal ini.

      Hampir semua atau bs dibilang semua, ada aja operator pakai cara haram untuk ngambil uang pelanggannya dan sok tanggap hanya klo sdh masuk media konsumen

  • Ya udah gak usah bayar tagihan selamanya aja. Ganti nomer, gak usah pakai produk BUMN lagi.

  • Terima Kasih Tanggapannya...

    bagi kami bukan masalah kerugian materil yang hanya Rp.25.000
    namun kerugian immateril terhadap anak saya, yang terganggu proses perkuliahannya dikarenakan Zoom yang saat itu dibutuhkan tidak bisa digunakan....

    • Salam hormat pak ichwan, saya juga mengalami pengalaman yang sama dan baru seminggu (terhitung sejak tgl 22 Maret 2022) saat itu tenggat waktu dari 22 feb ke 22 maret, dan sampai dengan saat ini (29/03/22) masih berproses dgn CS-Telkomsel. Paket Zoom yg saya order adalah 15G untuk sebulan Rp 130.000. hal yg sangat membuat kami tidak nyaman adalah, saat ini kampus kami lagi lockdown sehingga perkuliahan, konsultasi skripsi dllnya kami lakukan secara daring. memang menghadapi hal seperti ini adalah sabar, tetapi dibalik kita bersabar terdapat banyak hal yg dikorbankan smentara nilai perngorbanan yang hilang tsb sama sekali tidak diperhitungkan oleh pemberi jasa, sbg kompensasi atas nilat tak wujud yg hilang tadi. utk sementara kami masih berkomunikasi dgn CS-Tesel semoga ada solusi.