Surat Pembaca

Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat

Saya membeli smartphone dari power merchant Tokopedia pada tanggal 15 November 2021, dengan nomor invoice: INV/20211125/MPL/1791556102. Saya sangat senang karena barang dikirim pada hari itu juga, menggunakan kurir Anteraja dengan nomor resi: 10002866916534.

Pada tanggal 27 November 2021 barang datang dan saya terima sendiri. Akan tetapi saya merasa ada yang janggal, karena paket tersebut lebih ringan dari hp saya Asus Zenfone 4 Selfi (kebetulan saat menerima paket saya sedang memegang HP).

Pada saat unboxing, saya terkejut karena HP dan charger tidak ada. Paket hanya berisi dus kosong dan kartu perdana Smartfren.

Saya ajukan komplain ke Tokopedia pada hari itu juga. Komplain saya ditanggapi oleh seller pada tanggal 30 November 2021 dan seller meminta video unboxing. Setelah saya upload video unboxing tanggal 1 Desember 2021, pihak Tokopedia juga menyatakan bahwa barang tidak ada isinya dan dilaporkan ke pihak Anteraja untuk investigasi dengan estimasi 7×24 jam.

Namun sampai dengan hari ini, tanggal 10 Desember 2021, belum ada informasi lebih lanjut. Saya berusaha menghubungi pihak Anteraja, tetapi teleponnya selalu sibuk. Saya akhirnya menanyakan status investigasi melalui email cs@anteraja.id, tapi tapi belum juga ada kepastian sampai saat ini.

Baru kali ini saya kecewa sekali belanja online di Tokopedia, karena saya merasa penanganan untuk masalah ini terkesan lambat. Saya sudah enggan bertanya di pusat resolusi Tokopedia, karena pasti jawabannya masih dikoordinasikan dengan kurir.

Enik Kuswati
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Enik Kuswati

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Enik Kuswati yang berjudul: “Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Halo kak saran coba upload juga ke IG dengan mention akun @ecommerceshitposting. Kebetulan beberapa hari lalu saya ada masalah juga sama ekspedisi itu. Selama ini hubungi CS berasa ngomong sama robot. Jadi kmrn udah kesel juga saya posting disitu juga. Langsung ada tanggapan dr pihak ekspedisi tersebut.

    • Tapi ini kayak nya dari penjual nya ..
      Semua masih segel rapih..
      Gak ada tanda2 di buka ..
      Jangan sampe bilang ilang di expedisi gak akan di ganti ..orang gak di asuransi

      • Ini pembelian di official store bang jadi otomatis udah asuransi tokio merine. Di pusat resolusi memang respon penjual selow aja g kayak saya kebakaran jenggot. Saya hanya butuh uang saya cepet balik aja

      • Tapi keknya pas liat videonya plastik bagian bawahnya gak ada gak sih? Liat detik ke 0:52 dan 1:11 pas buka. Harusnya kan plastik pembungkus kardusnya melapisi semua permukaan. Segel stikernya emang masih nempel tapi plastik bawahnya gak ada

        • Mata anda jeli sekali, memang saya lihat juga nggak ada plastik bagian bawah.
          Tapi kalau hp beli online sudah biasa,hampir semua seller membuka segel sebelum dikirim untuk mengaktifkan garansi resmi (hanya alasan)
          Padahal kenyataannya mereka melakukan itu untuk menghindari produsen dan klaim bonus penjualan yg nilainya cukup lumayan.

  • Fix ini seller bermasalah tidak amanah, banyak buyer ketipu jualnya hp baru tapi yg datang hp bekas ini rata2 ulasan dari pembeli yg paling amazing rating 1 nya tak terbendung. Official store tapi seperti pedagang seken emperan. Anehnya tokopedia@ hanya diam saja.

  • Seller setau saya bintangnya bagus. Plastik pembungkus dusbook cuma sebagian tapi masih tertempel dengan sangat rapi. Saya tidak buka segel. Segel sudah terbuka dengan sangat rapi mungkin dipotong dengan cutter atau sejenisnya. Tapi semuanya sangat rapi saya buka kotaknya aja agak susah.
    Trimakasih untuk media konsumen setelah tulisan ini saya post di IG saya langsung ditelpon pihak toped dan status resolusi sekarang pada tahap "pengajuan klaim oleh pihak seller". Semoga kedepan tidak ada halangan lagi

  • Klo mau beli sesuatu apalagi brand2 ternama ya di official store nya donk, mis beli Xiaomi ya di official nya lngsung Xiaomi di marketplace jngn yg abal2 gtu suka gak amanah.. dan klo emng HP nya gak ada isi mnding laporin aja ke pihak berwajib (kepolisian) agar di usut tuntas jngn hanya laporan ke Tokped dan ekspedisi saja.. agar kelak dikemudian hari toko2 yg kurang amanah tidak lagi berkeliaran di marketplace..

  • Mbak enik, agak mirip kasus sy, sy beli samsung harga sekitar 3.5 kirim pakai go**k instan, hp gak sampai tapi status terkirim. Masuk resolusi tokped sampai duit balik masuk rekening lg kurang lebih 45 hari mbak. Karna ada pihak² yg di untungkan selama dana kita masih tertahan. Yg sabaaar aja ya..