Surat Pembaca

Berdalih Pembaruan Sistem, Pinjol Uang Nasional Menagih 2 Hari Sebelum Jatuh Tempo

Tanggal 8 Desember 2021, saya men-download aplikasi pinjaman online Saku Maju. Saya mengajukan pinjaman dan disetujui pada hari itu juga oleh penyedia dana “Uang Nasional”, sebesar Rp1.800.000. Dengan ketentuan jatuh tempo 7 hari, pada tanggal 14 Desember 2021.

Hari ini, Minggu, tanggal 12 Desember 2021, saya mendapat WA dari pihak yang mengaku dari Uang Nasional agar saya melunasi pinjaman hari ini juga. Saya tanyakan, kenapa harus hari ini? Sedangkan di sistem jatuh tempo masih 2 hari lagi. Dia menjawab, karena ada pembaruan sistem.

Saya merasa aneh, jika ada pembaruan sistem, kenapa saya harus melunasi pinjaman saya? Bahkan 2 hari sebelum jatuh tempo.

Mohon solusi dari pembaca mediakonsumen.com. Terima kasih.

Reski Agustina
Kab. Magetan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu pinjol ilegal pak. Jangan dibayar, tapi siap mental data Anda disebar ke semua kontak di HP.Bikin broadcast di WA, bilang bahwa data Anda diretas dan suruh abaikan jika ada yang menagih. Dibayar pun juga percuma, ntar juga ditagih lagi walau sudah tidak meminjam.
    Modusnya gitu, kalau ga pembaruan sistem ya alasannya lagi PPKM dll.

      • Iya , siap mental aja. Apalagi sekarang banyak yang udah paham pinjol ilegal macam gimana. Saya yakin teman kerabat Anda juga paham, malu sementara. Jangan dibayar ntar pasti situ menyesal. Ada yang nagih cuekin, jangan dibuka jangan dibalas. Kalau direspon mereka makin menjadi. Jadi warga negara yang baik, ikut himbauan pemerintah. Pinjol ilegal jangan pernah dibayar !

        • Mantap..om..mungkin habis minjam penagihan langsung dijual kepihak ketiga..mungkin disitu pinjol cari aman dananya...mw bagaimana cara pengihan terserah pihak ketiga..gk usah dibayar sekalian..klau emang sudah diluar prosedur..paling dc nya juga abg!!

        • jelas itu pinjol ilegal
          jangan dibayar
          abaikan telp/wa/sms
          klo mmg mau bayar hrs lwt aplikasinya jgn mau suru trf ke rek apapun

        • Emang kayak gtu uang nasional mana nagihnya pake ngancem2 kayak preman pake bahas binatang, maling, open penggalangan Dana. Semua pinjol ilegal kayak gitu, nagih ga pake otak.

    • Itu pinjol ilegal
      Jangan di bayar sesuai anjuran pemerintah
      Walau di bayar kedepanz mereka akan menagih kembali.

      • Yang legal dan ilegal sama aja permainannya seperti itu. Sebelum jatuh tempo ud dikejar2 via tlp, sms maupun wa. Lebih parahnya lagi spaylater ud jelas2 sudah dibayar kemarin sblm jam 12. Esok harinya ttp wa menagih

    • Memang semua pinjol begitu giliran nawarin manis manis giliran nagih sudah tata bahasa seperti preman. Jangan lah pinjam di pinjol lagi manis di awal pahit di akhir

    • Bayarkan saja sesuai tgl jatuh tempo. Ada dikontrak semuanya itu. Dan harus bayar lebih awal karena masalah teknis tidak ada di kontrak.

  • Orang blm telat / blm jatuh tempo dipaksa dengan kata kata kasar suruh bayar. Biadab itu, kok saya yg emosi ya liatnya

    ... next jgn minjol lagi bu ya ...

  • kg usah di bayarkan pak,,itu pinjol ilegal.. kalau perlu anda kuras sekalian pinjol-pinjol ilegal.. habis itu anda instal hpnya dan ganti no, klau perlu jual hp anda.. asal anda siap mental saja.

    • Hati hati sama skema permainan Pinjol Legal dan Ilegal. Antara lain :
      1. Data anda bisa di sebar diperjualbelikan dan bisa disalahgunakan oleh oknum2 tertentu. (Seringkan dpt SMS gak jelas menawarkan pinjaman uang gak jelas, diteror org yang mau menipu anda, dihub sama sales asuransi yang benar2 mengganggu kehidupan real kita)
      2. Segala iming iming untuk mengambil pinjaman isinya PHP doang
      3. Biaya fee tidak masuk akal walaupun bunga harian kecil kalo ditotal bisa 12% dr hutang (kalah lintah darat)
      4. Suka memaksa dan mengancam Debitur membayar sebelum jatuh tempo yang sudah menjadi hak dan kewajiban debitur sesuai perjanjian karena fee biaya dan bunga tetap dibulatkan sesuai tanggal jatuh tempo yang jelas merugikan debitur.
      (Contoh : kita kos 1 bulan dr tgl 1 selesai tgl 30 kan trus sama pemilik kos tgl 25 kita diusir dr kos brati pemilik kos mencuri hak kita 5 hari tanpa ganti rugi)
      5. Intinya mereka terlihat malaikat diluar dengan embel embel OJK menjalankan usaha sesuai aturan tapi kenyataannya mereka iblis 180%.

      Intinya hati hati sama urusan uang didunia online isinya setan semua.
      Yah karena TUHANNYA UANG JADI TIDAK ADA NAMANYA DOSA.

      Kalo cuman ingin tau cara maennya mereka buat belajar hal baru silahkan coba coba bermain.

      Tapi kalo kepepet uang mending jadi PENGEMIS dijalan aja gak perlu takut dipermalukan hanya utang recehan dan dikejar kejar seperti teroris.

      Sekian dan terima kasih.

      • betul sekali, bahkan kadang muncul tagihan lengkap dg data diri peminjam. padahal jelas2 dia tdk menerima pinjaman itu dan selalu mengancam akn menyebarkan tagihan ke nomor2 di hp peminjam.. yg kyk gini harusnya segera diusut, karna menyangkut nama baik dan ketenteraman hidup orang lain..

        • Di minta alamat kantor pinjolnya mana, kalo ga mau kasih mau jangan bayar, kalo masih ngancam dengan tebar pesona eh salah sebar data, laporin satgas ojk, biar di bungkus
          sekalian..

  • sebenarnya masih ada banyak lg crita dg pinjol ilegal. bukannya kenapa, memang mau tau aja gmana cara mereka bekerja.. eh taunya seram.. kapan2 lg saya kirimkan surat pwmbaca bagaimana mreka mengedit poto peminjam dg ancaman open BO.. sya hrap dg adanya aduan ini OJK dan polisi segera bertindak..

    • Ini yang bahaya, ada teman saya disuruh foto dengan lidah menjulur keluar mirip anjing gitu. Bisa jadi foto kayak gitu nantinya digunakan pelaku untuk diedit sedemikian rupa.

  • Pinjol ilegal di bayar gak di bayar ttp bikin repot .....bnyk investor luar juga yg danain pinjol2 ilegal

  • pernah ya ngadu ke OjK lewat WA tentang pinjol ilegal. eh OJk nya jwab "pinjol yg tdk terdaftar di OJK pengawasan dan tindakannya diluar wewenang OJK"... maksud saya, kalau tdk trdaftar, brarti ilegal. kalau ilegal kan brarti hrus ditertibkan.. knapa malah diluar wewenang? bingung saya

    • Begitu kinerja ojk biar oh indonesia tau apakah wajib di pertahankan atau tidak dari pada buang buang anggaran negara yang di ambil dari duit rakyat