Surat Pembaca

Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penjual Sudah Jelas

Pertama-tama saya mau berterima kasih kepada Media Konsumen dan teman-teman pembaca yang membagi ide dan saran. Dengan berbagi pengalaman di sini, semoga hal tersebut bisa selesaikan dengan baik.

Saya seller di Shopee dengan akun: Sanindo (jual spare part komputer). 3 kali saya posting di Media Konsumen, semua kasus tentang mediasi Shopee. Untuk kasus pertama dan kedua, harus dipos di sini baru ditangani dengan baik dan akhirnya selesai. Semua kasusnya terkait penukaran barang oleh pembeli yang nakal.

Namun pihak mediasi Shopee sungguh pro ke pembeli. Padahal bukti yang saya lampirkan sudah lengkap, apakah harus ke Media Konsumen terus baru bisa ditangani dengan baik? Apakah tidak dikasih edukasi sama tim terkait! Bukti sudah jelas, kok tidak dicek dulu?

Kasus ini bermula ketika pada tanggal 08 Desember 2021 pukul 17:16, pembeli dengan user id: whdofficialstore, melakukan pembelian mainboard 1155 Asrock H61 DDR3 X1. Pengiriman dengan kurir Shopee Express dan nomor resi Standard: # SPXID01029851814C. Pada tanggal 12 Desember 2021 14:21 paket telah diterima oleh pembeli.

Tanggal 14 Desember 2021 00:15 , pembeli melakukan komplain dengan solusi refund full. Saya minta pembeli lampirkan video unboxing dan video pengecekan dan beberapa foto fisik, untuk dicek lebih lanjut.

komplain pembeli

Dalam bukti yang dilampirkan oleh pembeli, socket tempat pasang prosesor jarumnya sudah hancur. Ternyata setelah dicek lebih lanjut, barang yang dilampirkan tidak sesuai dengan barang yang kami kirim. Untuk barang yang kami kirim, sebagai penjual, kami ada doumentasinya. Hasil pengecekan normal sebelum dikirim ke pembeli dan ada kami ada dokumentasi packing, serta ada segel juga di tiap paket. Berikut saya lampirkan video packing sebelum dikirim ke pembeli:

Sementara dari bukti video unboxing oleh pembeli, kelihatan paket udah pernah kebuka. Berikut bukti unboxing dari pembeli dan backup dari seller (takut dihapus oleh pembeli tersebut):

Dari video itu jelas kelihatan barang yang berbeda. Kami juga ada foto hasil cek dan kirim ke chat pembeli, jadi barang yang dikirim kami sangat yakin, sesuai yang di-packing.

barang yang saya kirim ke pembeli
foto barang dari pembeli

Dari diskusi, jelas kami ajukan ke banding dan melampirkan bukti di atas. Namun sangat disayangkan, tim Mediasi Shopee malah menerima pengajuan dengan solusi mengembalikan produk dan dana. Karena pembeli sangat paham bakal disetujui oleh admin Shopee, kasus begini terus menjamur dan dimaafin terus.

keputusan admin Shopee

Saya rasa banyak penjual yang kena kasus begini, soalnya ini sudah kali ketiga saya alami. Saya harap dari pihak manajemen Shopee menjelaskan dasar kenapa diterima pengajuannya? Karena hal begini sudah terjadi sampai 3 kali.

Hermanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Coba untuk selanjutnya dikemas dengan selotip atau stiker custom. Banyak yang jual di ecommerce manapun,biasanya PO sih, lebih susah dicurangi kalau begitu. Pengalaman saya gitu beli beberapa barang, ada beberapa yang pakai selotip/stiker custom.

    • lihat video unboxing detik 00:12 sampai 00:16. disana terlihat jelas selotip merah bagian bawah sudah dicutter kemudian disolatip lagi dengan yang bening. masih kelihatan ada celah sambungan. Untuk kasus ini pakai selotip custom pun percuma kalau tidak teliti.

      Sementara video packing solatip merah nya nyambung dan tidak ada celah atau tidak terputus. jelas video unboxing nya tidak valid.

      • Pernah dapat paket ,disambungan kardus diberi stiker trus diatasnya diselotip bening custom. Kalau dibuka stiker hancur karena dari kertas, saya rasa itu bisa bikin gentar yang mau nakal. Ya buat mengantisipasi pembeli yang nakal..

        • oh jadi bagian sambungan atas dan bawah kardus packing diberi stiker/ kertas yang dilapisi selotip bening. Agar nanti saat dibuka atau dicutter akan lebih jelas kelihatan bekas dibukanya ya? ide bagus itu.

          tapi kalau dilihat dari kasus yang ini, Si pembeli membongkar bagian bawah kardus packing tapi saat video unboxing hanya memperlihatkan bagian atas saja tanpa memperlihatkan bagian bawahnya. Si Pembeli dengan sengaja tidak memperlihatkan kondisi seluruh bagian dari paket. jadi agak sulit juga.

      • ya ni dari videonya, saya ada kelihatan, selotip dah ada bekas buka, makanya dah di lampirkan bukti packing, dan juga, di infokan bawa barang berbeda sama yg di kirim, masih aja di acc , lagian pembeli yakin benar bakalan di acc, keknya sering terjadi kasus begini.

        • Mendingan laporin ke polisi, ini sudah masuk ranah penipuan, jangan dibiarkan buyer seperti ini, juga sebagai tamparan ke pihak marketplace agar tidak membeli pembeli... Biar para pembeli seperti model gini di ringkus, saya yakin ini kerugian besar,

          • Ada yg namanya sticker pecah telur. Sticker tersebut ketika dibuka akan hancur dan tidak dapat digunakan lagi.

        • untuk mengindari paket ditukar mungkin bisa dengan memperlihatkan nomor seri atau nomor unik dari sparepart nya.

          • ada, di setiap spare part ada segel, dan fisik barang tu jelas dah beda, seri mainboard yg di kirim , sama seri mainboard yg lampirkan beda, serta fisik barangnya juga beda

          • Lebih baik seblmnya di foto utk serial number taw part number dr motherboard utk berjaga" klo barang ditukar...

        • Agar adil boca penjual kasih full video packing? Banyak penjual mensyaratkan video unboxing ke pembeli tapi penjual juga wajib membuat video packing. Agar jelas apa barang yg di kirim bener2 ada pin yg bengkok atau tdk

          • Bukannya di atas ada video packing ?

            Cuma saran saya bikin video packing juga diperjelas, posisi packingnya, terlalu ke atas bagian camera.
            Tapi ini sih jelas krn pembeli nakal.
            dan lagi² Shopee, mmg timnya shopee ini busuk.

          • @Lau Dari video pertama juga jelas beda sama video yang kedua saya bisa liat jelas barang yang di packing sama yang unboxing biar adil kamu pake kacamata pembesar biar jelas liat nya

      • Betul saya checker dan itu benar sambunganya garata di solatip fragile merah, yg aneh juga itu kan katanya shopee express kenapa ada tempelan sicepat ya?

    • masalah ni udah ketahuan di curangin, masih di acc sama admin, admin shopee, beda sama admin ecommence lain, kalau admin ecommence lain, lebih ada close cek bukti2 yg di lampirkan

      • JUSTRU SAYA SELAKU PEMBELI KAPOK BELANJA DI TOKOPEDIA, 2 KALI KEJADIAN TOKOBUSUK ITU SELALU BERPIHAK KEPADA PENJUAL !!! PERTAMA BELI CELANA XXL TIDAK SESUAI SIZE TIDAK BISA DITUKAR APALAGI DIBALIKIN UANGNYA, KEDUA BELI RACUN RAYAP SEHARGA HAMPIR 200 RBAN, BARANG YANG DATANG CUMAN SEUKURAN PERBAN KECIL PADAHAL DIFOTO TERLIHAT BESAR, TANPA KETERANGAN APAPUN...GAK TAU ISINYA APA, DICOBA 1 MINGGU RAYAP TIDAK MATI WALAUPUN MAKAN UMPAN...!!! SEKALIPUN / SEANDAINYA DI SHOPEE HARGANYA LEBIH MAHALPUN SAYA PREFER BELANJA DI SHOPEE DARIPADA DI TOKOPEDIA !!! DI UNINSTALL SISAN !!!

    • Saya saja sebagai pembeli juga sempat dirugikan oleh penjual dari bandung bernama pastelstationary, beli tinta sarasa dikasih yang palsu/kw padahal ditulis 100% original. Shineplaza style juga sama dan sama-sama dari bandung.
      Sempat saya komplain ke shopee tapi dimenangkan secara sepihak oleh penjual yang disahkan oleh shopee. Akan tetapi kedua toko ini dapat ranking penjualan tinggi karena marketing yang gencar. Padahal kita bisa dapat yang asli dengan harga sama kalau benar2 mencari

  • Bukannya masalah seperti ini tokopedia 1x dan shopee 2x ya? Jualan dimana aja banyak penipunya. Penjual harus lebih hati-hati. Solusinya mungkin pake lakban yg custom semua sisi dan segel di dus luarnya juga.

  • Laporkan polisi , kayak gini jangan kasih kendor, biar panas dalam, Dan pihak marketplace Tau... Jgn jgn orang dalam sendiri

    • ya , ni saya ga kasih lewat begitu aja, kalau sekali lewat, nanti yg lain ikutan, terus seller pasti di bikin capek, ni aja ada documentasi bisa di accept, bayangkan kalau ga ada documentasi,

      • Jadi Ragu Ikut Jadi partner Reseller Di Shoppe kalau Real Pelanggan Adalah Raja ,reseller selalu di salahkan ??

  • Kalo liat dari fotonya itukan mainboard yang beda serie..yang pertama Asrock H61M-DGS sedangkan yang bawah Asrock H61M-VS3..masa pihak shoope ndak sadar..???

    • Iya juga ya, kalo adminnya beneran ngecek pasti sadar antara barang penjual dan pembeli beda tipe.. Biarpun bukan orang yang tau komputer, kalo diliat dari bentuk mobonya pasti sudah ketahuan bedanya

    • Yahh UDH SERING gw Di jailn pembeli nakal kaya gni d shopee..dan paling banyak di shopee..dan tim mediasi shopee sangat memihak pembeli...payah

  • Emang tim mediasi shopee slalu brpihak pada pembeli. Tim mediasi GK perna serius dalam nangani kasus. Apalagi admin chatnya ampun...! sy. Jika semua plapak angkat kaki dari shopee baru sadar tim mediasinya.