Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Katanya Sudah Lunas, Tahu-tahu Ada Penagihan Lagi ke Orang Kantor

Saya adalah pengguna Shopee. Saya ada 2 tunggakan di Shopee yaitu Shopee SPinjam dan Shopee SPayLater. Saya akui saya salah, karena sudah menunggak hutang yang harusnya saya cicil tepat waktu. Dikarenakan tunggakan sudah mulai jalan beberapa bulan, akun Shopee saya jadi benar-benar tidak bisa dipakai sama sekali, bahkan walaupun itu transaksi langsung bayar. Akhirnya aplikasi Shopee saya hapus dan saya tidak pernah memakai lagi.

Banyak sekali WA dan telepon yang masuk dari Shopee menagih saya, dan banyak teman kantor ataupun teman saya yang lain bilang kalau ada dari pihak Shopee yang menelepon mereka untuk mencari saya. Padahal nomor saya itu aktif dan saya kooperatif untuk angkat telepon atau balas WA penagihan.

Saya juga tidak mungkin memasukkan nomor teman kantor saya sebagai nomor emergency. Apa Shopee memang menyadap kontak? Kayak pinjol ilegal aja. Namun pada akhirnya saya maklumi atas kejadian tersebut, karena saya sadar diri saya ada hutang di sana.

Pada tanggal 1 September 2021, saya ada rezeki untuk melunasi hutang di Shopee. Saya langsung mencari bagian collection Shopee yang pernah WA menagih saya. Saya ingat sekali pernah ditawarkan keringanan. Wow siapa coba yang gak minat sama keringanan? Namun ini awal malapetaka buat saya.

Pada tanggal 1 September 2021, saya WA bagian collection yang pernah menagih saya. Saya bilang : “Totalkan seluruh hutang saya”, ternyata betul saya dapat keringanan bayar pokok saja sesuai dengan hitungan saya. Langsung saya bayar hari itu juga. Tenang hati saya, tagihan Shopee saya sudah lunas!!!

Seminggu kemudian, betapa terkejutnya saya, ketika SPV tempat saya bekerja diteleponoleh pihak Shopee yang mencari saya atas hutang saya. Saya marah dan malu. Karna nomor saya itu aktif selalu, tapi tidak ada tuh telepon dari Shopee. Keesokannya, teman saya juga ada lapor ke saya, bahwa Shopee juga mencari saya dengan menelepon ke mereka. Bahkan teman saya ini ada 3 orang loh yang mengadu ke saya.

Wah langsung naik darah saya. Saya telepon Shopee, gak bisa-bisa. Saya email akhirnya. Tahu jawabannya apa? Katanya hutang yang saya bayarkan itu belum full, masih ada tagihan lain. Katanya ketika pada tanggal 1 September waktu saya nanya berapa total hutang saya, itu belum termasuk tagihan bulan Agustus.

Makin menjadi-jadi marah saya. Jelas-jelas saya tidak pernah memakai aplikasi Shopee lagi, itu tagihan apa? Kok bisa perusahaan sebesar Shopee, tidak update mengenai total hutang? Saya itu tanya pada tanggal 1 September, yang harusnya tagihan Agustus sudah masuk di situ. Terlebih lagi, attitude-nya enggak ada!! Bukannya mengkonfirmasi yang punya hutang, eh main nelponin ke kontak yang saya tidak daftarkan jadi emergency atau apapun!!Penjelasan via email

Sampai sekarang penagihan tetap ada, saya sih tetap keukeuh gak mau bayar, karena saya merasa Shopee tidak ada SOP penagihan yang benar. Berulang kali juga DC saya suruh datangin saya aja, ngobrol sama saya biar saya ceritain semua, malah jawabannya “Memang ibu waktu butuh dana datang ke kantor kami?”. Lah?

Sekian kejadian yang saya alami, saya berharap tidak ada yang mengalami seperti saya. Terima kasih.

Inayatul Aliyah
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Penagihan Shopee SPinjam dan SPayLater:
[Total:153    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

52 komentar untuk “Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Katanya Sudah Lunas, Tahu-tahu Ada Penagihan Lagi ke Orang Kantor

  • 20 Desember 2021 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Bayar itu langsung ke di aplikasi shope mbak ..
    Bayar kok di pihak ke 3 ..
    Itu uang nya masuk ke depkolektor

    10
    1
    • 20 Desember 2021 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Maaf pak agus. Uang yg saya bayarkan sudah berkurang kok dr tagihan saya. Yg saya permasalahkan, tagihan yg katanya saya bayarkan lunas eh malah ada tagihan baru.

      3
      1
      • 20 Desember 2021 - (15:28 WIB)
        Permalink

        Ya disitu salah anda. Nego itu langsung sama shopee, dc itu sudah pihak ketiga tugasnya yg penting nagih berapapun dapatnya. Jd benar itu pak agus, meski nanti ada nuduh sebagai dc, dan yg nuduh biasanya otaknya isinya ta1.

        5
        2
        • 20 Desember 2021 - (20:56 WIB)
          Permalink

          shopee emng begitu, nagihnya ke yg lain padahal nomor kita bisa dihubungin, dan selalu nomor mereka spam jadi ngak bisa kita hubgin balik kecuali melalui email. saya juga ada hutang, tpi dikit, begitu lunas langsng uninstal aja.

      • 26 Desember 2021 - (09:06 WIB)
        Permalink

        Beda cerita, saya galbay Spinjam dan Spaylater hampir 6 bulan karena belum ada uang buat melunasi. Tiba-tiba dc mau ke rumah dan saya lagi ada rezeki tapi hanya buat lunasin Spinjamnya aja. Dan pihak dc hanya menyuruh aku buat lunasin di aplikasinya terus kirim bukti pembayarannya. Alhamdulillah sampai sekarang gak ada tagihan lagi. Tinggal bayar Spaylater tapi pihak shopee/pihak ketiga sudah gak ada menghubungi lagi. Tapi bukan berarti aku gak mau bayar. Tetep dibayar walau dicicil untungnya penagihan shopee selalu sopan dan baik gak.

        • 28 Desember 2021 - (11:47 WIB)
          Permalink

          Ka saya juga di whatsaap sm pihak ketiga shopee tapi ke nomor ayah saya. Tapi whatsaapnya kehapus. Kira2 bakal di whatsaap lagi ga ya? Soalnya pihak ketiga ini mau datang kerumah untuk penagihan. Saya mau lunasi spinjam nya dulu sama seperti kaka. Cuma buat konfirmasi ke pihak ketiganya ini saya gaada kontaknya. Takutnya sudah dibayar tapi tetap datang kerumah

      • 20 Desember 2021 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Sudah paham itu pak agus, anda yg mungkin tidak paham. Kl buka aplikasi nanti bisa jelas berapa hutangnya, berapa dendanya.

        ” Saya bilang : “Totalkan seluruh hutang saya”, ternyata betul saya dapat keringanan bayar pokok saja sesuai dengan hitungan saya. ”

        Penulis cuma kira2 saja, tidak hitung denda dll. Dan negonya dgn dc, dan dc yg penting dpt uang uang dr menagih berapapun.

        • 21 Desember 2021 - (13:54 WIB)
          Permalink

          Kyknya shopee sekarang jadi area pinjol legal jadi illegal..soalnya DC nya yg telp dari para pinjol illegal semuanya bukan resmi dari shopee dan masih sopan di indodana deh

    • 20 Desember 2021 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Lah aneh bermasalah sm sipinjam sm spl trs ngambek gak mau pake shopee lg, delete shopee 😄😄! Emang shopee maksa kita hrs ajuin sipinjam atau bayar pake spl, khan tergantung kitanya, aneh!

      4
      2
  • 20 Desember 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Ternyaata Benar ya mba… penagihan shopee tidak beretika. Saya pernah tanya ke kebagian penagih dan memang sistem mereka sengaja random telp ke nomer telp orang lain yanh kita kenal tp tidak tell ke pihak pengeplay pinjaman.
    Saya tanya kenapa begitu, tidak ada etikanya, apa shopee sudah minta ijin ke pengeplay pinjaman untuk masukan no telp2 lain2 itu untuk di telp? Tidak ada jawaban hanya bilang itu sistem.
    Ga banget menurut saya mba.. jelek banget dan rendah caranya.

    Klo saran saya tidak usah dipakai lagi mba itu spinjam atau paylater nya. Klo ada uang lgs top up saja.

    7
    3
    • 20 Desember 2021 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Astaga asli baru tahu ,ternyata emang gitu yah kak sistem penagihan Shopee skrg? Random call tapi gak ke yang punya tagihan ,parah asli kalo gitu bikin malu dan ngelanggar privasi banget!

      4
      2
      • 20 Desember 2021 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Nah kan! Kaya pinjaman ilegal ga sih kak. Kita gatau klo kontak kita di sadap. Malu2in aja.

        3
        1
      • 20 Desember 2021 - (15:10 WIB)
        Permalink

        Resikonya berhubungan dengan rentenir online
        Klo merasa dah bayar lunas
        Baiknya ga usah di bayar
        Klo perlu ajak ketemuan DC nya
        Kasih kopi sianida

        3
        2
  • 20 Desember 2021 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Mau tanyan ,kejadian baru aja saya di tlfn Mama saya terkait ada nya DC Shopee yang menagih SPL yang kebetulan jatuh tempo di tgl 20 an ini ,yang saya kaget nya kenapa tidak ada SATU PUN yang menagih ke saya??
    Tapi malah ke Mama saya ,memang sejak awal pakai SPL salah satu syarat nya akses Kontak sih ,tapi apa memang seperti itu kalo menagih Shopee skrg?

  • 20 Desember 2021 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Shopee ada nelfon ke saya hari ini : katanya total tagihan yg di kasih tau debcoll shopee itu blm termasuk tagihan bulan Oktober.
    Alibinya beda lg, padahal jelas2 di email(bukti terlampir) dia blg yg tidak termasuk tagihan Agustus. Eh tau2 skrg blg tagihan Oktober😂

    • 20 Desember 2021 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Saran saya kakak jangan hapus aplikasi, kalau hapus jadi ga tau perkembangan. Kalau pinjol kan kalau kakak belum lunasi semuanya bakal tetap berjalan tuh denda bunganya. Kalau soal ditelpon kayak gitu, saya juga pernah ditelpon atas utang teman saya, kasian. Saya juga kesel diteror pinjol. Bedanya shopee ngomongnya lebih kalem. Lembut ga kayak pinjol lain sih, Yang sangat tidak sopan.

    • 20 Desember 2021 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Selain itu saya liat kakak ga detailin berapa lama kakak memilih untuk membayar pinjaman. Total utang yang harusnya kakak sampaikan adalah total utang diaplikasi. Bukan tunggakan kakak. Itu hanya tunggakan aja yang ditagih sama debcollectornya. Bukan total keseluruhan. Ingat kakak transfer uang di bulan sepetember tapi sebelum tanggal jatuh tempo, tanggal 5. Jelas itu ga bisa sembarangan mereka totalkan kak, menyalahi prosedur. Dan kakak harusnya sc total tagihan kakak di aplikasi. Biar jelas. Buat saya kakak agak teledor sih, masa aplikasi dihapus?? . Karna kakak hapus kakak lupa lah akad pinjam uang awalnya. Ga tau cicilan sampe kapan dan prosedur pembayarannya.

      15
      1
      • 20 Desember 2021 - (23:29 WIB)
        Permalink

        ****** Pinjol gak sah bayar semua emang licik semua gak ada yg terbuka, jujur..
        System pinjol masih dipelihara di negara kita masyarakat nya udah susah, malah di bikin susah lagi

        • 21 Desember 2021 - (08:40 WIB)
          Permalink

          Kamu nih, biasa makan uang orang ya? Pinjol terdaftar ojk wajib anda bayar. Yang diperbolehkan ga bayar adalah pinjol ilegal ini menurut fatwa ya. Itupun pokonya anda lunasi. Kasian saya sama anda. Dibantu malah nyusahin orang. Itulah skrng makin banyak orang ga mau lagi minjamin uang ke orang, karna memang kalau sudah pinjam modelnya kayak anda ini. Kotor!

  • 20 Desember 2021 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Nanti responya pasti.. Mohon maaf atas ketidaknyaman, kami sudah melakukan konfirmasi kepada pihak yang bersangkutan dan beliau sudah memahami atas kejadian ini. Kedepan kami akan perbaiki kembali.

    *gamaudiviralkanyajagaprivasipelanggandong

    1
    6
      • 20 Desember 2021 - (21:25 WIB)
        Permalink

        “tunggakan sudah jalan beberapa bulan sampai aplikasi tidak bisa dipakai lagi”.. trus di apus! disini yg salah siapa??
        pak agus sendiri tau gak dari bulan apa gak bayar tunggakanya??
        entahlah ya..

      • 21 Desember 2021 - (11:50 WIB)
        Permalink

        Kejadian seperti ini juga pernah saya alami, saat itu dari pinjaman online LEGAL infonya, tagihan saya 350.000,
        Dan saya bayar sesuai dengan yg ada di aplikasi, sebesar 350.000 dan nomer VA juga ada nama saya, saya screenshoot juga, tapi 3 hari kemudian saya dapat email tagihan karena belom terbayarkan, saya balas email tersebut dan saya sertakan bukti pembayaran saya, dibalas lah email saya, diinfokan banyak yg mengatasnamakan pinjol tersebut dan saya tertipu membayar ke aplikasi yg salah, akhirnya saya ga mau bayar lagi dunk…. Karena pikir saya ach ntar juga bilang gini lagi…. Trus sampai detik ini aplikasi pinjol yg katanya legal itu masih aja nagih dan WA, ga saya respon, karena pasti ujung2nya saya bayar salah…. Logikanya aplikasi yg saya bayar itu aplikasi dari awal saya pengajuan… Dan ga pernah saya tutup, menurut saya memang ada permainan yg kotor antar aplikasi… Jadi saran saya, kalo sudah terlanjur pi jam di pinjol entah itu legal maupun ilegal, mending ga sah dibayar…. Jujur saya juga sangat kecewa. Aplikasi pinjol saya tersebut namanya “dana bijak”. Trimakasih.

        • 21 Desember 2021 - (17:07 WIB)
          Permalink

          Punya kakak dan crita penulis berbeda. Penulis membayarkan dan masuk ke shopee. Cuman si penulis disini kelihatan lupa total utang berapa. Dalam bayangannya total tagihan yang disampaikan debcollector adalah total utangnya. Padahal itu tagihan 3 bulan tunggakan beserta denda keterlambatan.

          • 21 Desember 2021 - (17:08 WIB)
            Permalink

            Bukan dc tapi orang yang pelaharib sistem pinjol sebelum digunakan. Karna mengerti sistem jadi ga mau minjam. Gitu kak

  • 20 Desember 2021 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Yang saya tau kalau shopee paylater emang ga bisa bayar sekaligus tapi memang harus perbulan.. Pengalaman sih soalnya mau bayar sekaligus karena pernah beli barang cicil 6 bulan tapi rasanya kelamaan..tapi pas mau bayar sekaligus ga bisa, harus perbulan gitu…

    Kalau spinjam bisa bayar sekaligus…

  • 20 Desember 2021 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Tiap aplikasi yg kita install pasti minta ijin akses kontak, gps, penyimpanan, kamera dan lain2. Kalau kita setuju ya berarti kita yang secara sadar/tidak sadar kasih akses ke aplikasi itu karena kita butuh fitur di aplikasinya.

  • 20 Desember 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Woi, lu punya hutang berapa? Ya lu harus bayar hutang lu. Misal hutang lu 3 juta, lalu lu bayar 1,3 juta. Lah lu pura pura lupa sama hutang lu?

    mau lu uninstall shopee kek, ya lu harus sadar hutang lu berapa. Kalau lu lupa hutang lu, ya instal lagi itu shopee, lu liat hutang lu, lalu lu bayar.

    Bertingkah sebagai korban ya mba? Korban kebodohan sih iya. Attitude lu BUSUK mba. Kalau gak bisa bayar hutang, ya setidak nya lu itu sadar dan tahu brp hutang lu…!

    semoga dipecat lah karyawan kayak gini. Kewajiban sendiri aja lepas tangan gimana mau care ke perusahaan nya

    15
    21
    • 21 Desember 2021 - (15:39 WIB)
      Permalink

      @STEVAN.. WOI ADA SI KUTU KUPRET LG DI SINI…!!! INSYAFFF OIII….. KOPI SEREBUAN LO UDAH HBS BLM NIH? UDAH MINGGAT SONO BURUAN SBLM DI USIR SAMA PEMILIK WARKOP GARA2 BELI KOPI CUMA SEREBU PERAK NONGKRONGNYA DR PAGI SAMPE MLM CUMA MAU MANFAATIN WIFI GRATISAN BUAT KOMEN YG KAGA2 DI MK.

      2
      2
  • 20 Desember 2021 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Info nya dong gan sist ,kalo pernah telat sekali di SPL/SPinjam apa pas bayar kemudian bisa apply kembali??

    • 20 Desember 2021 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Kl punya sy sdh tdk bisa digunakan lagi kak spletterny..kemarin saya terlambat 2bln spletter nov des sbrnnya hanya 2 minggu itu pun jg krn akun shopee saya direset yg tdnya saya sdh member gold tiba2 jd member clasic dan shopeepayletter saya ikut hilang dan sy tdk bisa melihat transaksi pinjaman pembayaran dll hanya krn sya mengganti no tlp saya diakun shopee. kenapa saya ganti krn br terlambat 2 minggu semua kel saya ortu anak saya dihub terus menerus kyk org gila..saya pikir mungkin pihak shopee tdk bisa menghubungi saya via tlp krn no yg saya daftarkan itu sdh sangat lama dr thn 2017 dan kebetulan br sj no hp itu mati krn lupa diisi pulsa efek drmh pake wifi jdnya lupa. Tp sy pikir2 kan wa dg no itu aktif shopee jg sering mengirimkan psn pembayaran pinjaman stp blnnya via wa knp tdk hub saya lwt wa saja. Sya langsung tanyakan via chat agent shopee menanykan ttg akun sya yg direset dan ingin membayar tunggakan tp mereka sendiri tdk bisa menemukan jwban dan meminta sya menunggu 3 hr utk dihub lwt email ditunggu2 tdk ada email yg msk sya chat lagi agent shopeenya sya jelaskan dr awal bla bla bla sama aja tdk ada solusi g lama dgr2 gedung shopee terbakar sehingga kehilangan data2 sy pikir mgkn krn itu kali ya sya tunggu aja smpe jdny 2 bln..kel saya diteror terus bkg sya marah krn saya bkn nya lari mmg pingin byr tp g tau mau byr dimn n kmn..banyak tlp yg masuk dr no tlp berbeda diangkat malah dimatikan berulangulang bgtu..bkn jengkel..suami sya hub semua no yg menelepon tp tdk digubris berulang2 kita bls chatnya g dibalas pas sekali tiba2 ada yg bls wa suami saya pdhl saya sendiri g dibalas diread jg tdk dan suami sya kasi tu no hp sy yg br pdhl mereka jg tdk menghubungi utk berbicara hanya tlp berulang dan matikan ketika sya menerima tlpnya. Minggu kemarin tiba2 dr pihak shopee menelepon suami sya dan suami sya jelaskan trus dikasi lah no rek PT commers finance utk kita lakukan pembayaran . Sya tdk mau gegabah saya chat agent shopee saya tanya kan apa benar itu no rek yg benar? Mereka blg iy benar. G yakin takutny penipuan suami sya cek juga lwt app shopeeny dia..agent shopee membenarkan dan akhirnya saya bisa menyelesaikan utang sya 2 bln. Smpe sekarang akun sya dimember clasicc tdk dikembalikan ke member gold kak jd ya bersyukur aja ini jlnnya Tuhan spy g usah deh utang2 kl mau bli brg..cash aja lbh aman. Pdhl shopeepayletter itu sangat membantu loh cmn cara penagihan keterlambatanny aja yg kurang sopan.

      • 20 Desember 2021 - (23:45 WIB)
        Permalink

        Oh gitu ya kak ,tapi kan kasus kaka nya telat bayar karna bingung mau bayar dll yah
        Kalo punya saya telat karna ada temen pinjam uang yg niat nya buat bayar shopee malah gak ada ,intinya yah telat tapi nanti ada mau bayar 2-2 nya cuma takut gak bisa ACC lagi karna baru ini ada history telat

        • 21 Desember 2021 - (11:47 WIB)
          Permalink

          Harusnya bisa sih kalo udah pembayaran dan pemutihan tagihan ya kak terus gak ada keterlambatan lagi, biasanya kan nanti bisa dibantu untuk cek spaylater ke pihak cs buat pengaktifan semisal udah bayar tagihan tapi masih ke blokir n gak bisa pake,, cmiiw
          Terus kalo reset aplikasi shopee n ganti nomor hp atau email ya jelas itu namanya ganti akun ya kak makanya gak bakal keliatan spaylaternya jadi kalo semisal uninstall terus login lagi biar keliatan spaylaternya pake nomor atau email yg didaftar sebelumnya kalo pake baru ya namanya bikin baru ke reset data membernya ya kak wkwkwk

  • 20 Desember 2021 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Jadi gini yah ibu/mba naya dan kawan² lain nya, kalau pny hutang di shopee ad 2 jenis :
    Shopee pay later itu asli tanggungan shopee, sedangkan shopee pinjam itu cmn sebagai jembatan antara peminjam utk ketemu pihak yg memberi pinjaman alias shopee pinjam itu kerja sama dgn pihak yg memberikan pinjaman..
    Dan shopee pinjam ini lah yg biasa nya pakai DC kalau ad mogok bayar..dan karena ini lah pihak ke 3 (pemberi pinjaman) pny kebebasan memakai DC yg mereka sewa..

    Nah disini jelas ya..ibu naya sudah mengakui kesalahannya karena menunggak bbrp bulan jadi wajar saja jika ad DC yg menghubungi beliau.
    Sedangkan permasalahan utama nya adalah kenapa ibu naya malah membereskan hutang bukan dgn pihak shopee..malah ke pihak dc..
    Sgtu sebenarnya ibu naya masih terbilang hoki karena emang DC bersangkutan yg nagih..
    Coba kalau penipu ngaku² DC..
    Itu duit raib langsung..

    Dan sejujur nya emang ciri khas org zaman skrg mudah minjam tapi sulit/ga mau mengembalikan hutang..

    Jgn salahkan pihak shopee,.karena ini murni kesalahan ibu naya dan ketidak pahaman ibu naya sendiri..

    Saran saya..samperin langsung ke kantor shopee atau telepon CS shopee..

    10
    2
  • 21 Desember 2021 - (01:36 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pribadi pake spaylater galbay selama 3 bulan total keseluruhan 1,3 jt. Itu DC nya ramah dan masih lembut cara nagihnya. Prnah awal jatuh tempo telat dua hari belum ada telpon. DC nlpon lewat 3 hri dari tgl jatuh tempo, emang benar nlpon sehari bisa 10x lbih. Tpi tetap sopan. Dan mereka ga akan nelpon ke kontak emergency kalo kita ada respon baik di wa maupun via telpon. Dan menghubungi kontak emergency pun hanya melalui chat wa saja. Memang sy sendiri juga risih ya kok ditelpon sehari sebanyak itu sampe pusing. Tpi ya sy sadar karna gimanapun juga Spaylater itu membantu banget bagi sy, dan telat bayar itu kesalahan saya. Jadi kalo pihak DC shopeenya begitu ya maklum saja mungkin itu prosedur mereka. Yg jelas kalo berhutang apalagi online begitu kn mulanya dari kemauan kita, bukan mereka yg maksain dan ketika telat bayar ya terima konsekuensinya. Dan saran sja kalo mau bayar Spaylater lebih baik top up shopepay saja di Minimarket atau TF bank. Jgn lewat pihak ketiga, diluar aplikasi. Penipu dan sejenisnya lebih cerdik dri kita. Spaylater itu juga salah satu bentuk ujian si, supaya kita belanja seperlunya yg benar” dibutuhkan saja. Mengingat adanya resiko krn berhutang.
    Krn adanya Spaylater yg tadinya ga ada ngutang malah jdinya ngutang lantaran ngikutin kepenginan. Makanya tetep bijaksana dlm belanja, jgn sampe khilaf belanja yg bikin kita keberatan bayar tagihan. Ga ada larangan berhutang, tpi ya berfikir dulu kalo mau ngutang. Jgn sampe udh ngutang lalu giliran bayarnya telat, malah marah saat ditagih.
    Ini pengalaman Spaylater, kalo SPinjam belum pernah.

  • 21 Desember 2021 - (08:05 WIB)
    Permalink

    saya hanya fokus pada “penyadapan nomor kontak”.
    pada OS android, google + play store sudah berusaha maksimal untuk mengawasi, menerima laporan, dan menghapus aplikasi² yang sekiranya bisa membocorkan data² pengguna.
    ternyata, di indonesia, hal ini seperti hal yang biasa saja.
    saya khawatir, akan menjalar kemana².
    bukti :
    beberapa email saya, beberapa kali terdeteksi oleh mesin google, ada beberapa aplikasi yang berusaha menembus ke beberapa email saya.
    begitu juga dengan google-drive, beberapa kali menerima laporan dari mesin-google, bahwa ada aplikasi yang berusaha menembus ..

  • 21 Desember 2021 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Steven, mungkin kamu blom paham mengenai dunia politiknya pinjaman online, dimana semua saling ngelink, dan dibikin seolah² nasabah lah yg salah, Mohon stevan kalo ngomong juga dipikir ya, semoga stevan baik² saja dan lancar rejeki… Amiin

  • 21 Desember 2021 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Coba jgn ngamuk, marah okelah silakan tp jgn ngamuk, kek bocah aja

    Install dlu aplikasi shopeenya, niar anda tau perkembangannya, apa yg salah dmn, klo ada error lapor, jgn ngamok kek bocah sd malah di uninstall aplikasinya 🤣🤣🤣 wkwk, klo anda bodoh amat sama masalah ginian yang ada anda yg kalah.

    Coba2 kalem santai lapor, dan terus kasih bukti, terus follow up kasusnya jgn bodo amat, klo udh benar2 selesai tunggu dlu bbrp baru hapus aplikasinya

  • 21 Desember 2021 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Di Aplikasi shopee kan ada catatan tagihan lengkap bu, kenapa harus dihapus aplikasi nya, ya ibu gk akan tau dong jumlah utangnya,. Coba instal lagi, dilihat limitnya. Kesannya ibu kaya malas banget liat catetan tagihannya 🤦🤦.

  • 22 Desember 2021 - (01:11 WIB)
    Permalink

    klo ada tlf mengatasnamakan shoppe lngsng maki2 aj,jgn kelamaan.nti anda kena hipnotis.sy pernah di tlf mengatasnamakan soppe.dye blng sy dpt casback 1jt rupiah.lngsng sy maki2 aj tuh org.dan lngsng di blok wa nya

  • 22 Desember 2021 - (01:13 WIB)
    Permalink

    haii shoppe tolng sistem nya di tingkatkan lg,biar gk ada org yg mengatanamakan shoppe dan ingin berbuat jahat.krn serinv sekali dpt tlf atau wa dr pihak shoppe.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Penagihan Shopee SPinjam dan SPayLater?

Ada 52 komentar sampai saat ini..

Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Katanya Sudah Lunas, Tahu-tahu Ad…

oleh Naya dibaca dalam: 2 menit
52