Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Bank Neo Commerce dan DANA

Pada tanggal 14 Desember 2021 pukul 23.02, saya melakukan top up saldo Bank Neo Commerce dari aplikasi DANA, pakai virtual account PermataBank dengan nominal Rp. 656.757. Setelah transfer dengan status berhasil di akun DANA, saya cek akun Neo saya, tapi belum masuk.

Besok paginya tanggal 15 Desember 2021 saya cek lagi, tapi belum masuk juga. Lalu saya menghubungi CS Bank Neo Commerce, mereka jawab suruh tunggu 24 jam. Oke saya tunggu. Namun sampai 24 jam masih belum masuk dan status di aplikasi Neo-nya gagal. Lalu saya menghubungi CS Bank Neo Commerce lagi via email. Mereka minta data saya yang cukup banyak dan dibuatkan laporan dengan tiket: TIC-0262739 dan lagi-lagi yang membuat jengkel harus menunggu selama maksimal 14 hari kerja.

Tanggal 17 Desember 2021 saya telepon CS Bank Neo Commerce untuk follow up kasus saya. Jawaban merek,a uang saya ada di PermataBank (bank penampung) dan sudah di-refund oleh pihak PermataBank. Namun ketika saya cek di aplikasi DANA, uang saya belum di-refund.

Kemudian saya hubungi CS PermataBank lewat Twitter, jawaban mereka saya harus menghubungi pihak DANA sebagai pengirim. Akhirnya saya telepon CS DANA menjelaskan detail kasus saya. Akhirnya mereka bilang akan buat laporan dan meminta untuk menunggu selama 3-5 hari kerja.

Lagi-lagi saya harus menunggu, dengan hasil yang belum dipastikan uang saya akan kembali. Saya bingung apa bisa PermataBank yang hanya sebagai bank penampung melakukan refund ke aplikasi DANA saya?

Sangat melelahkan dan menguras pulsa menyelesaikan kasus seperti ini, dilempar ke pihak sana sini tapi belum pasti uang saya akan kembali. Tolong untuk pihak Bank Neo Commerce, PermataBank, dan DANA bisa menyelesaikan kasus saya dan uang saya kembali. Kalau kasus seperti ini saja tidak selesai, bagaimana konsumen akan loyal?

Waginah
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Waginah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Waginah di Media Konsumen, “Pelayanan Buruk Aplikasi DANA”....
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Untuk saran saja jika melakukan top up pengisian aplikasi neobank. Bagusnya lewat Alfamart saja. Sangat aman. Saya top up jutaan juga gak ada masalah sampai skrg. Tapi jika antar aplikasi ngeri2 sedap karena kita tidak tahu yg error' aplikasi mana. Dan pihak bank menunggu 14hari kerja sudah sesuai prosedur bank seperti layaknya bank konvensial. Untuk mengecek transfer masuk dari aplikasi lain ke neobank dg sifat kehati hatian. Disini kalau bisa saya menyimpulkan kemungkinan ada Jedah dari dana ke neobank. Dan pada saat waktu top up habis masih belum terkirim dari dana maka sifatnya akan dikembalikan atau masuk dengan Jedah tsb. Agak rumit namanya sistem. Harus konsultasi ke neobank. Biar clear

  • Halo kak, jika kakak mengalami kendala kakak bisa informasikan melalui DM twitter kami ya. Terima kasih-LM

  • Klo menurut saya. Ini bukan kesalahan pihak bank manapun.. yg ga peka yg pengirim nya.. udh tau kirim melalui dana lewat bank penyalur. Pdhal di atas 50 rb itu grtis. Tnpa admin..

    • Ada batas transfer gratis hanya 10x perbulan jika habis dikenakan biaya Rp. 2500. Memang paling aman top up Neobank ya ke rekening nya langsung, jangan via VA KECUALI boleh via VA tapi dari aplikasi mobile banking nya bank permata tempat dimana VA dari Neobank itu tersimpan. Contoh saya sering TopUp Neobank via VA CIMB Niaga dari mobile banking CIMB Niaga langsung dan gak pernah ada masalah, langsung masuk dalam hitungan detik. Pilihan kedua TopUp tunai via minimarket Alfamart/Alfamidi/Indomaret dan itu masih gratis tanpa biaya admin.

  • wah, ternyata aku tidak sendirian. aku juga seperti itu kasusnya beberapa hari yg lalu. jadi aku topup DANA pake saldo Neo Now lewat aplikasi Bnc. dinotifikasi transfer gagal, saya cek DANA juga tidak masuk tapi saldo Neo Now aku tetep terpotong. aku coba hubungi via email, isi data diri ini itu, whatsapp juga tapi disuruh nunggu terus

  • Apasih keuntungannya pake DANA? Kalau banyak benefitnya gpp soalnya saya baca di media konsumen banyak yang mengeluhkan transfer dari DANA ke bank sering berkendala. Kalau melihat kejadian seperti ini lebih baik di kurangi saja pemakaian dari aplikasi DANA daripada rugi waktu, cost dan energi mengurusi hal-hal yang seharusnya mudah seperti ini.

    • Ya karena yang tulis MK hanya yang komplain, apakah 99% lain yang mendapatkan layanan baik dan handal tidak ada yang menulis MK.
      Saya pengguna Dana sktr lebih dari 3 tahun. Tidak ada service mereka yang bermasalah

      • Saya yang termasuk kapok menggunakan DANA, dan Nov 2020 saya nggak pakai lagi.
        Harap diperhatikan, kalau bermasalah dengan akun DANA, laporan tidak akan selesai kalau bukan pengguna premium. Setelah diupgrade baru selesai. Klaim Juni 2019, Selesai Okt 2019.

  • Saya juga mengalami hal yang sama pada tanggal 15 desember 2021 . Top up dari NEO ke DANA "gagal" namun saldo NEO berkurang. sudah buat laporan ke pihak NEO namun pihak NEO menyatakan transaksi tsbt berhasil . Dan menyuruh saya untuk menghubungi PERMATA BANK . Setelah telpon PERMATA . Pihak permata menyuruh pihak NEO buat laporan terkait keluhan saya. Saya konfirmasi ke NEO . NEO menyuruh untuk menghubungi pihak DANA. sudah jelas bahwa transaksi nya GAGAL di NEO. kenapa saya harus menghubungi pihak2 penerima dana tersebut. Sudah 1 minggu belum juga ada hasilnya.

  • Iya saya baru merasakan tnggl 21 desember 2021 melakukan top up dana dri bank BNC .. alhasill saldo nyangkut status sukses tapi gak masuk ke dana saya .. udh 3 harii dan akhirnya saya telpon pihak BNC tlong dipercpt jika tidak kasus ini akan virall ke media sosial .